0
× Dear Me Beauty x Yupiland Bake Ground x Yupiland Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Rayakan Tahun Baru Islam Yang Asyik Di Rumah Aja

 

Tahun Baru Islam 1443 Hijriah dimulai pada 1 Muharram yang bertepatan dengan Selasa, 10 Agustus 2021. Tradisi tahun baru Islam ini dilakukan menjelang pergantian tahun, saat pergantian tahun, dan juga setelah pergantian tahun. Tradisi ini tersebar di banyak daerah di Indonesia dan ternyata banyak banget loh kegiatannya!

 

Yuk kita lihat apa aja sih yang biasanya diakukan masyarakat daerah saat perayaan ini!

 

  1. Yogyakarta – Mubeng Beteng

Tradisi ini biasa dilakukan dengan para abdi dalem Punokawan, Keprajan, dan prajurit keraton yang mengeliling benteng keraton di malam hari dengan mengenakan pakaian adat Jawa peranakan, namun tanpa membawa keris dan tidak beralas kaki.

Pada saat menjalani ritual, para peserta dilarang berbicara satu sama lain loh! Hanya diperbolehkan untuk memanjatkan doa permohonan keselamatan lahir dan batin serta kesejahteraan bagi diri sendiri, keluarga, dan bangsa.

 

  1. Jawa Barat – Tradisi Bubur Suro

Dalam rangka menyambut tahun baru Islam, masyarakat di Jawa Barat memiliki sebuah tradisi yang diberi nama tradisi Bubur Suro yang dilakukan guna memperingati wafatnya cucu Nabi Muhammad ketika perang.

Masyarakat setempat akan menyiapkan bubur merah dan bubur putih yang disajikan secara terpisah, atau yang dikenal sebagai bubur Suro ini dan kemudian akan dibawa ke masjid terdekat bersamaan dengan hidangan lezat lainnya.

 

  1. Garut – Pawai Obor

Tradisi tahun baru Islam di Indonesia selanjutnya berasal dari daerah Garut. Sesuai dengan namanya, setelah pelaksanaan sholat Isya hingga malam, warga Garut akan berkeliling di beberapa jalanan protokol sambil membawa obor ditambah dengan iringan sholawat oleh suara tabuh bedug.

Walaupun rute yang diambil cukup jauh, banyak masyarakat dari kalangan muda yang biasa antusias dalam mengikuti kegiatan.


Namun, pada masa pandemi Covid-19 ini, sejumlah tradisi tahun baru Islam terpaksa tak bisa dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. Lalu apa saja nih kegiatan untuk memeriahkan Tahun Baru Islam di tahun 2021 ini?

 

  1. Kamu bisa berkumpul dan makan bersama dengan keluarga di rumah. Makanan yang dihidangkan tentunya harus special juga dong! Jangan lupa siapkan Yupi Gummy untuk hidangan penutup.
  2. Memajatkan doa dan harapan untuk tahun-tahun berikutnya. Tentunya doa yang baik ya Yupiers!
  3. Mendengarkan kisah dan sejarah tahun baru Islam atau ceramah agama sebagai bentuk refleksi diri.

 

Itulah cara merayakan tahun baru Islam denga naman dan nyaman di rumah aja!

 

Kalau Yupiers kira-kira mau ngapain aja nih untuk memeriahkan tahun baru Islam di rumah?

 

Permen Yupi Gummy yang kenyal, healthy, dan bikin hepi ini bisa didapatkan di Yupi Gummy Store saat berada di Yupiland. Kamu bisa temukan Yupi favorit kamu secara lengkap di sini, gratis ongkir serta dapatkan banyak promo menarik lainnya!

 

Permen Yupi Gummy juga punya merchandise yang ga kalah menarik, lho! Yuk intip di Yupi Gummy Store.

 

Dapatkan lebih banyak #Yupiness!

 

Sumber: https://www.cekaja.com/info/9-tradisi-tahun-baru-islam-di-indonesia