cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Kita Ngga Perlu Cari Popularitas (Dycal Siahaan)

Hi Yupiers!

Ada yang tau lagu Domikado? Itu loh yang terkenal banget sampai ditonton oleh 33 juta penonton sampai saat ini! Nah lagu Domikado sendiri dinyanyikan oleh Dycal featuring Mario & Pretty Rico. Tapi kali ini Yumin mau ceritain tentang Dycal nih! Ia berkecimpung di dunia musik sebagai talent, rapper, penyanyi, music producer, sometimes jadi director, dan produce beberapa talent di bidang musik

“Awal bisa suka rap itu waktu SD, diputerin lagu sama abang. Nah yang ngerap itu House of Pain - Jump Around. Terus ke breakdance atau b-boy, karna ngeliat orang nge-rap jadi ikutan. Langsung deh berangkat dari Balikpapan ke Jakarta” kata Dycal. Wah ternyata dari liat orang aja bisa jadi suka sama suatu hal ya!

Di awal karirnya, Dycal juga dimentor lho! Fun fact-nya dulu tuh kalau mau belajar agak sulit karena harus pakai cd. Sedangkan sekarang gampang banget mau belajar apapun bisa langsung liat di internet. Menurut Dycal, pergaulan juga sangat mempengaruhi karir lho, Yupiers! Mau kantoran ataupun dunia hiburan pasti butuh sosialisasi. Karena punya banyak teman berarti banyak relasi juga. Tinggal diri kita yang nge-filter. Nah kalau pergaulan di dunia hiburan itu untuk menunjukkan eksistensi atau bahasa gaulnya “I’m alive”. Selain itu, Dycal juga punya teman dan support system yang cukup menarik nih, yaitu fam-nya. Tapi yang dimaksud Dycal adalah teman-teman dari Zero One. Untuk sekarang, salah satu alasan Dycal untuk tetap berkarya adalah kedua putranya yang kembar. Coba deh Yupiers cek instagarmnya Dycalsiahaan. Di situ ada foto anaknya yang gemes dan #Yupiness!

Yupiers tau ngga sih, ternyata rap itu ngga cuma ngomong atau nyanyi dengan cepat doang. Tapi punya tema dan makna tersendiri. Nah, ngerap versi Dycal ini lebih ke cinta/romance. Baginya hal itu disesuaikan dengan penampilannya “Yang dibilang galak juga engga, jadi yauda ke cinta aja deh” kata Dycal. “Ga semua nge-rap harus cepet. Ada yang main speed, ada yang nyatuin atau ikutin flow musik. Kayak beberapa lagu, walaupun ngga tau liriknya tapi bikin orang jadi enjoy buat dengerin” lanjutnya.

Saat ditanya tentang pertemanan, ternyata antara teman rap dan dance Dycal beda lho! Tapi saat ditawarkan untuk ikut dance crew, Dycal menolaknya karena dirinya tau bahwa lebih suka nge-rap. Last but not least, ada satu motto dari Dycal yaitu “Fame is not a go, audience does” menurut Dycal, kita ngga usah terlalu mencari popularitas, justru yg bikin naik adalah pendengar atau penikmat.

Yuk kita sama-sama berkarya tanpa melihat kegagalan yang mungkin terjadi dan tunjukkan pada dunia kalau Yupiers bisa jadi yang terbaik!