cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Manfaat Mengajak Anak Memasak Bersama

Mengajak anak memasak bersama ternyata memiliki sejumlah manfaat. Salah satunya membantu mempererat bonding dan semangat bekerja sama. Hal ini karena banyaknya rangkaian proses memasak yang biasa dilakukan antara orang tua dan anak. Tak hanya itu, kegiatan memasak bersama buah hati terasa menyenangkan sekaligus efektif meningkatkan keterampilan si kecil.

Sudah pernah mengajak anak memasak bersama? Jika belum, maka cobalah melakukan hal ini dan simak apa saja manfaatnya dalam artikel berikut:

Ketahui Inilah 5 Manfaat Mengajak Anak Memasak Bersama

Untuk melakukan kegiatan memasak bisa dilakukan kapan saja, bahkan bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang. Pada saat melakukan kegiatan memasak bersama ini, si kecil bisa belajar banyak hal. 

Mengasah Kreativitas Anak

Pada saat anak ikut memasak, secara tidak langsung ia dapat mengasah kreativitasnya. Anak belajar mengeksplorasi kemampuannya saat menciptakan beragam makanan. Apalagi jika anak menggunakan imajinasinya untuk membuat kue atau memasak makanan lainnya.

Biarkan si kecil berkreasi saat memasak, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya dirinya. Jangan lupa untuk mengapresiasi usaha si kecil yang telah bersusah-payah membuat olahan makanan untuk keluarga.

Melatih Keterampilan Sensorik dan Motorik Anak

Kegiatan memasak melibatkan koordinasi anggota tubuh seperti  kecekatan tangan dan pancaindera. Pada saat melakukan hal ini, maka bisa melatih keterampilan sensorik dan juga motorik si kecil. Tekstur bahan masakan bisa menjadi alat untuk melatih keterampilan sensorik anak dengan merasakan atau meraba sesuatu. Selain itu bahan dan bumbu dapur dengan variasi tekstur merupakan sarana pengenalan dan pembelajaran yang tepat bagi anak.

Apabila saat memasak anak melakukan kesalahan, tak perlu marah. Bersabarlah dan bantu ia untuk mengetahui kesalahan dan cara menyelesaikannya. Karena hal tersebut merupakan salah satu bentuk latihan keterampilan sensorik dan motorik pada anak.

Mendorong Kemampuan dalam Bekerja Sama

Saat pembagian tugas memasak, kamu bisa memberikan tanggung jawab pada anak untuk melakukan tugas tertentu. Tugas sederhana yang kamu berikan ini ternyata dapat mendorong kemampuannya dalam bekerja sama sebagai sebuah tim.

Apabila sudah menyelesaikan tugasnya, maka berikan apresiasi kepada si kecil. Hal seperti ini tampak sederhana, tetapi manfaatnya luar biasa untuk membuat anak merasa berperan penting dalam tugas memasak.  

Membangun Rasa Percaya Diri Pada Anak

Kegiatan memasak bermanfaat untuk kepercayaan diri pada anak. Apalagi jika kamu memberikan pujian terhadap hasil masakan si kecil. Hal seperti ini justru dapat meningkatkan rasa percaya diri pada buah hati.

Membangun Kebersamaan antara  Orang Tua dan Anak

Kebersamaan merupakan momen penting yang nantinya bisa menjadi kenangan indah antara anak dsn orang tua. Meskipun makanan yang dihasilkan sederhana, namun anak akan merasa senang dan antusias selama melakukan kegiatan memasak tersebut. Seringnya bonding dengan kegiatan sehari-hari ini akan tersimpan dalam memori dalam waktu lama dan membantu anak tumbuh menjadi pribadi yang akrab dengan orang tua.

Setelah mengetahui manfaat memasak bersama anak, kamu bisa  terapkan mulai dari saat ini juga. Jangan lupa berikan apresiasi untuk si kecil setelah melakukan kegiatan memasak. Kamu bisa memberikan camilan menyehatkan seperti permen Yupi. Kami memiliki banyak varian permen Gummy yang sehat dan lezat untuk anak-anak. Permen Yupi juga bisa dijadikan mainan pintar untuk mengasah sensorik otak si kecil, lho. Tertarik dengan informasi terupdate dan menarik lainnya? Langsung saja kunjungi artikel lainnya.