cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Perlengkapan Traveling dengan Anak agar Aman dan Menyenangkan

Traveling merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi semua orang, baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Melakukan traveling dengan anak tentunya akan berbeda dengan Yupiers melakukan traveling bersama orang dewasa.

Apa saja yang perlu dibawa saat traveling dengan anak? Lalu untuk Yupiers yang memiliki bayi apa saja perlengkapan bayi yang harus dibawa saat traveling? Untuk mengetahui jawaban dari beberapa pertanyaan tersebut, simak beberapa informasi pentingnya berikut ini.

Apa yang Perlu Dibawa Saat Traveling dengan Anak?

Saat melakukan traveling, sebagai orang tua tentunya Yupiers harus mempersiapkan beberapa hal agar kebutuhan anak tetap terpenuhi dan perjalanan menjadi aman serta menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Yupiers bawa saat melakukan perjalanan dengan anak

1. Pakaian

pakain anak
Pakaian tentunya menjadi hal pertama yang harus Yupiers bawa untuk anak-anak. Yupiers dapat membawa pakaian sesuai dengan tujuan wisata yang Yupiers rencanakan. Jika tujuan wisata Yupiers adalah pantai, wisata alam seperti air terjun atau sungai, Yupiers harus membawa pakaian renang anak agar anak-anak dapat bermain saat tiba di tempat wisata tersebut.

Jika tujuan wisata Yupiers adalah pegunungan, maka Yupiers bisa membawa jaket dan selimut hangat agar anak-anak tidak kedinginan saat tiba di tempat wisata tersebut. Jaket juga merupakan pakaian yang harus selalu Yupiers bawa saat melakukan traveling dengan anak untuk berjaga-jaga dari kondisi buruk saat melakukan perjalanan.

2. Botol Minum dan Alat Makan

botol anak
Selain pakaian, saat melakukan traveling dengan anak, Yupiers juga harus mempersiapkan botol minum dan alat makan. Anak-anak pada umumnya memiliki peralatan makannya sendiri dan berbeda dengan orang dewasa, karena itu Yupiers harus memastikan membawa kedua perlengkapan ini.

Yupiers juga harus membawa wadah makanan yang bisa dengan mudah untuk dibuka oleh Yupiers ketika sedang dalam perjalanan seperti saat sedang di dalam mobil. Hal tersebut karena biasanya anak-anak lebih senang untuk ngemil jika dibandingkan dengan makan makanan berat.

3. Makanan Ringan

makanan ringan
Saat melakukan traveling dengan anak, Yupiers juga harus selalu menyediakan makan ringan untuk anak. Carilah makan ringan yang sehat, mudah untuk dikonsumsi dan memiliki warna atau tampilan yang menarik agar anak suka dengan makanan ringan tersebut.

Sebagai rekomendasi bagi Yupiers, Yupiers dapat membawa Yupi Gummy CDZ yang memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin D dan Zinc dengan rasa buah yang pastinya anak suka. Yupi Gummy CDZ juga memiliki warna-warna yang akan membuat anak semakin ingin menikmatinya.

4. Obat-obatan

obat-obatan
Obat-obat juga harus Yupiers bawa saat melakukan traveling dengan anak. Obat-obatan tentunya dapat mencegah anak menjadi sakit berkelanjutan dan menjadi tidak dapat menikmati waktu liburan bersama Yupiers.

Yupiers dapat membawa beberapa obat-obatan yang umum seperti obat flu, obat batuk, atau obat demam. Obat-obatan menjadi sangat penting dan harus Yupiers bawa ketika melakukan traveling dengan anak jika anak tersebut menderita suatu penyakit, bawalah obat untuk penyakit tersebut.

5. Mainan

mainan anak
Anak-anak pastinya tidak terlepas dari yang namanya mainan. Karena hal tersebut, mainan juga perlu untuk Yupiers bawa ketika melakukan traveling dengan anak-anak. Mainan dapat menjadi penenang anak dan membuat anak menjadi tidak bosan selama dalam perjalanan menuju tempat wisata.

Hal penting yang perlu Yupiers lakukan adalah jangan membawa terlalu banyak mainan selama melakukan perjalanan wisata karena tentunya hal ini akan menghabiskan ruang kapasitas penyimpanan dalam kendaraan Yupiers. Bawalah beberapa mainan yang menjadi favorit anak-anak

Berapa Pasang Baju untuk Menginap 3 hari 2 malam?

Durasi atau waktu perjalanan untuk melakukan traveling dengan anak yang terbaik biasanya adalah 3 hari 2 malam. Waktu traveling ini bisa Yupiers lakukan mulai dari keberangkatan pada hari jumat, dan pulang pada hari minggu. Durasi traveling ini juga sering digunakan oleh banyak orang untuk melakukan perjalanan wisata.

Lalu untuk Yupiers yang akan melakukan perjalanan wisata 3 hari 2 malam, berapa pasang baju anak yang disarankan? Saat melakukan perjalanan wisata 3 hari 2 malam, sebaiknya Yupiers membawa lebih dari 5, bisa 6 atau 7 pasang baju dan celana anak.

Jumlah tersebut karena baju anak umumnya akan lebih cepat kotor dibandingkan baju orang dewasa, terutama saat anak-anak sedang makan. Sangat disarankan juga agar Yupiers melakukan packing baju-baju untuk anak dan Yupiers 3 hari sebelum hari keberangkatan agar packing dapat dilakukan dengan maksimal serta tidak terburu-buru.

Tips untuk memaksimalkan ruang penyimpanan pakaian selama melakukan perjalanan seperti menyimpan pakain dalam koper adalah dengan menggulung baju-baju yang akan Yupiers bawa. Hal ini karena pakaian yang digulung akan memakan ruang penyimpanan yang lebih sedikit.

Perlengkapan Bayi saat Traveling

Bagi Yupiers yang memiliki anak bayi dan ingin melakukan traveling dengan anak bayi, tentunya ada beberapa perlengkapan khusus bayi yang harus Yupiers bawa demi memenuhi kebutuhan anak bayi Yupiers. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan bayi yang harus Yupiers bawa saat melakukan traveling dengan anak bayi.

1. Popok

popok
Perlengkapan yang harus dibawa saat traveling dengan anak bayi yang pertama adalah popok. Yupiers dapat membawa popok secukupnya agar tidak terlalu membuat koper atau tas penyimpanan menjadi penuh. Lalu jika popok yang dibawa sudah habis, Yupiers bisa segera membelinya di supermarket terdekat.

Yupiers dapat menggunakan popok langsung pakai yang akan lebih menghemat waktu ketika memakaikan popok untuk bayi. Selain itu perhatikan agar popok yang digunakan tersebut tidak membuat kulit anak bayi menjadi iritasi terlebih jika anak bayi tersebut memiliki kulit yang sensitif.

2. Perlak

perlak
Perlengkapan yang harus dibawa saat traveling dengan anak bayi yang kedua adalah perlak. Perlak adalah alas tidur bayi yang berfungsi agar kasur tidak basah saat bayi buang air kecil di kasur. Perlak juga dapat menjadi pengganti popok agar kulit anak bayi tidak iritasi akibat memakai popok terlalu lama.

Pilihlah perlak dengan jenis reusable yang mudah untuk dibersihkan atau jenis disposable yang bisa dengan mudah untuk diganti yang baru karena tidak perlu untuk dicuci. Yupiers juga perlu memperhatikan ukuran perlak agar tidak terlalu besar dan memakan ruang penyimpanan koper atau tas, dan juga pastikan bahan perlak aman untuk anak bayi.

3. Peralatan Mandi Bayi

peralatan mandi bayi
Mandi atau membersihkan diri merupakan kebutuhan semua orang termasuk anak bayi, karena hal ini sangat penting bagi Yupiers untuk membawa perlengkapan mandi bayi. Beberapa perlengkapan mandi bayi yang harus Yupiers bawa adalah seperti handuk, shampo, sabun, dan juga tisu bayi yang berfungsi untuk membersihkan kotoran pada anak bayi.

Selain itu juga Yupiers juga bisa membawa baby oil, krim atau salep yang aman dan dibutuhkan anak bayi. Yupiers dapat menggunakan beberapa peralatan tersebut secukupnya dan jangan sampai berlebihan dalam menggunakannya pada anak bayi.

4. Lotion Anti Nyamuk

anti nyamuk
Apabila Yupiers ingin melakukan traveling ke alam terbuka, maka Yupiers harus membawa lotion anti nyamuk agar anak bayi tetap aman dari gigitan nyamuk saat berada di alam terbuka. Hal yang harus Yupiers sangat perhatikan adalah hanya gunakan lotion anti nyamuk khusu untuk anak bayi pada kulit anak bayi, agar tidak timbul efek negatif dari penggunaan lotion nyamuk ini.

Yupiers juga harus memastikan usia anak bayi tersebut aman untuk menggunakan lotion anti nyamuk yang akan digunakan. Tips dalam menggunakan lotion anti nyamuk pada anak bayi adalah jangan menggunakan lotion terlalu tebal, cukup sewajarnya saja. Yupiers juga bisa menuangkan lotion pada tangan Yupiers terlebih dahulu sebelum mengoleskannya pada kulit anak bayi.

5. Stroller atau Baby Carrier

stroller
Peralatan terakhir yang harus dibawa saat melakukan traveling dengan anak bayi adalah stroller atau baby carrier. Yupiers dapat memilih salah satu dari kedua peralatan ini sesuai dengan kebutuhan Yupiers, tujuan tempat wisata yang akan dituju, usia anak, dan berapa lama Yupiers akan berwisata.

Yupiers dapat membawa stroller jika anak sudah berumur lebih dari 3 tahun, pergi ke tempat wisata yang stroller friendly seperti kota-kota wisata, dan juga gunakan stroller dengan bahan material yang ringan. Sementara untuk baby carrier dapat Yupiers gunakan jika anak bayi masih berumur kurang dari 2 tahun, pergi ke tempat wisata alam seperti gunung, bukit, dan waktu berwisata kurang dari 2 hari.

Bolehkah Bayi Dibawa Naik Motor?

Setelah mengetahui beberapa informasi penting mengenai traveling dengan anak, bagi Yupiers yang melakukan perjalanan wisata dengan menggunakan motor mungkin akan terlintas pertanyaan bolehkan bayi dibawa naik motor?

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah boleh saja membawa anak bayi berpergian dengan menggunakan motor, jika anak bayi tersebut sudah berusia lebih dari 3 bulan. Selain itu juga Yupiers harus mengutamakan keselamatan dalam berkendara, memperhatikan kondisi fisik anak bayi tersebut, kondisi cuaca dan waktu perjalanan yang akan ditempuh.

Apakah Bayi Boleh Naik Bus?

Selain bepergian menggunakan mobil atau motor, alternatif kendaraan lainnya yang biasa digunakan untuk melakukan traveling adalah bus. Apakah bayi boleh naik bus? Anak bayi diperbolehkan menaiki bus atau kendaraan umum jika sudah berumur lebih dari 3 bulan. Hal tersebut karena bayi yang berusia kurang dari 3 bulan masih rentan terhadap infeksi kuman dari lingkungan dan belum mendapatkan vaksin wajib bagi anak seperti imunisasi.

Bagi Yupiers yang akan melakukan perjalanan traveling dengan anak bayi ada beberapa tips yang bisa Yupiers bisa lakukan, seperti mengamati kebiasaan anak bayi tersebut, dan cara menanganinya, memilih sarana transportasi yang nyaman bagi anak bayi, Yupiers juga bisa mengajaknya berlatih menaiki kendaraan umum yang lebih kecil dan waktu perjalanan yang lebih singkat sebelum bepergian jauh dengan menggunakan bus.

Itulah beberapa informasi penting mengenai traveling dengan anak yang perlu Yupiers ketahui. Mulai dari apa saja yang perlu Yupiers bawa saat akan melakukan traveling, yaitu pakaian, botol minuman dan alat makan, makanan ringan, obat-obatan serta mainan.

Lalu berapa pasang baju yang Yupiers perlu persiapkan, perlengkapan bayi apa saja yang Yupiers perlukan untuk anak bayi, sampai jawaban dari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan yaitu apakah boleh bayi dibawa naik motor atau bus. Semoga informasi lengkap tersebut dapat membantu menambah persiapan Yupiers saat akan pergi traveling dengan anak.