menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Punya Bakat Gamers? Inilah 5 Sekolah Esport di Indonesia

Sejak dahulu, bermain game adalah salah satu kegiatan yang disukai oleh banyak hal, mulai dari orang dewasa sampai dengan anak-anak. Kegiatan ini semakin populer dalam beberapa tahun belakang ini semenjak hadirnya esport yang kini sudah banyak dimainkan, bahkan telah hadir juga sekolah esport di Indonesia.

Electronic sports atau yang lebih dikenal dengan nama esport, kini adalah salah cabang olahraga yang menggunakan game sebagai bidang kompetitifnya. esport ini biasa dimainkan di berbagai perangkat elektronik seperti PC atau komputer, smartphone, sampai dengan console game seperti PlayStation, Xbox atau yang lainnya.

Ada berbagai alasan kenapa alasan kenapa esport bisa sangat populer dan dimainkan oleh banyak orang. Beberapa alasan kenapa esport bisa sangat populer adalah sebagai berikut ini.

  1. Mudah dipelajari meskipun sulit untuk dikuasai.
  2. Memiliki komunitas yang kompak.
  3. Dapat melatih kemampuan individu dan juga kerjasama tim.
  4. Banyak orang suka menonton orang lain bermain game, baik sebagai hiburan, ataupun untuk mempelajari permainan.
  5. Pemain dapat bersosialisasi dengan idola mereka.
  6. Memiliki pilihan permainan yang beragam.
  7. Tidak mengenal usia.

Sebagai salah satu cabang olahraga yang kini diakui, dan bahkan dikompetisikan, ternyata ada beberapa tempat yang menyediakan jasa sebagai sekolah esport. Hal ini tentunya akan semakin menarik dan bahkan bisa bermanfaat untuk anak-anak yang berminat, terlebih memiliki bakat dalam beberapa permainan game di esport.

Dimana sajakah sekolah esport tersebut? Kali ini Yumin akan memberikan beberapa rekomendasi sekolah esport terbaik yang bisa Yupiers pilih. Simak selengkapnya ya.

Apa itu Sekolah esport?

Sebelum mengetahui beberapa daftar sekolah esport, tentunya terlebih dahulu Yupiers perlu mengetahui apa itu sekolah esport.

Sekolah esport adalah sekolah yang bertujuan untuk membina orang-orang yang memiliki ketertarikan untuk menjadi esport sebagai salah satu pilihan karir yang akan mereka tekuni.

Apakah Ada Sekolah eSport di Indonesia? Ini Daftarnya!

Berikut ini adalah daftar rekomendasi nama-nama sekolah esport di Indonesia yang bisa Yupiers pilih.

1. SMA 1 Perkumpulan Sekolah Kristen Djakarta

Rekomendasi sekolah esport yang pertama adalah SMA 1 Perkumpulan Sekolah Kristen Djakarta. SMA 1 Perkumpulan Sekolah Kristen atau SMA 1 PSKD ini adalah sekolah pertama yang membuat program esport pada tahun ajaran 2016/2017.

Pada awalnya ada tiga game yang masuk dalam kurikulum program esport, yaitu DOTA 2, Overwatch dan Counter Strike: GO. Namun seiring berjalannya waktu, SMA 1 PSKD juga telah menambah banyak game lainnya dalam daftar mereka seperti Mobile Legends, Arena of Valor, PUBG Mobile, dan masih banyak lagi.

Pada program esport SMA 1 PSKD ini, Yupiers akan belajar banyak hal, mulai dari pembinaan esport, pengajaran tentang jam latihan, strategi bermain, sampai dengan pelatihan decision making dalam permainan.

2. Academy esport ID

Rekomendasi sekolah esport yang kedua adalah Academy esport ID, yang merupakan sekolah khusus esport pertama di Indonesia, berdiri sejak tahun 2020, dan didirikan oleh seorang YouTuber terkenal, yaitu Edho Zell.

Dengan ditemani kedua temannya, Arya Djatmika dan Hobert Kurniawan, saat ini, setidaknya ada 4 game yang menjadi kurikulum dalam Academy esport ID, game tersebut adalah Valorang, Mobile Legends, PUBG, dan Free Fire.

3. Bina Bangsa School Malang

Rekomendasi sekolah esport yang ketiga adalah Bina Bangsa School Malang. Merupakan sekolah internasional yang ada di Malang, Bina Bangsa School Malang melakukan kerja sama dengan Hardcore iCafe Malang untuk memberikan pelatihan esport melalui bootcamp.

4. Universitas Dian Nuswantoro

Universitas DIan Nuswantoro atau UDINUS, bekerja sama dengan IeSPA, atau Indonesian esport Association di Jawa Tengah, membuat program kerja sama di tahun 2018. Melalui program ini, Yupiers akan memilih untuk belajar game apa, apakah DOTA 2, Counter Strike, Mobile Legends, DOTA 2, dan masih banyak lagi.

UDINUS juga membuka kesempatan untuk memberikan kepada siswanya yang menang dalam perlombaan esport dengan skala regional Jawa Tengah.

Selain itu terdapat fasilitas untuk penyaluran atau UDINUS bisa memberikan rekomendasi mahasiswa untuk masuk tim esport di Indonesia seperti salah satunya adalah EVOS.

5. Petra Alpha School

Rekomendasi sekolah esport yang terakhir dari Yumin adalah Petra Patra School. Di sekolah ini, bahkan sejak usia sekolah SMP sudah bisa mengikuti kelas hingga nantinya disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkannya.

Perlu Yupiers ingat dengan baik, program intrakurikuler sports dasri Petra Alpha School ini bahkan sudah bisa dilakukan oleh anak-anak SMP.

Tips Memilih Sekolah esport

Memberikan tips untuk memilih sekolah esport yang tepat, seperti menentukan tujuan karir, mencari informasi tentang program pendidikan, dan mempertimbangkan biaya dan lokasi sekolah.

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi sekolah esport di Indonesia, ada beberapa hal yang tentunya perlu Yupiers perhatikan. Beberapa hal yang perlu Yupiers perhatikan tersebut adalah mulai dari meyakinkan diri sendiri untuk memilih esport sebagai pilihan karir, dan mempertimbangkan biaya, kolas dan juga tentu saja program pendidikan di tempat anak-anak akan belajar esport.

Keuntungan Belajar di Sekolah Esport

Informasi selanjutnya adalah beberapa keuntungan belajar esport di sekolah esport. Berikut ini. adalah beberapa keuntungannya.

1. Mendapatkan Keterampilan Bermain yang Baik Dalam Hal Teknis dan Strategi

Keuntungan belajar esport di sekolah esport yang pertama adalah mendapatkan keterampilan teknis dan strategis dalam bermain game.

2. Membentuk Jaringan Profesional

Keuntungan belajar esport di sekolah esport yang kedua adalah dapat membentuk jaringan profesional. Hal tersebut bisa terwujud karena bukan tidak mungkin kamu akan berkenalan, berteman, dengan beberapa orang yang mungkin akan sukses dalam dunia esport ini.

3. Mengembangkan Bakat dan Kemampuan Bermain Game Secara Profesional

Keuntungan belajar esport di sekolah esport selanjutnya adalah tentunya dapat mengembangkan bakat dan kemampuan bermain game hingga ke tingkat pemain profesional.

Hal tersebut tentunya dapat terwujud mengingat sistem pembelajaran dan pelatihan yang telah ditetapkan melalui berbagai macam hasil riset dan penelitian dalam dunia esport.

4. Peluang Kerja yang Menjanjikan

Keuntungan belajar di sekolah esport yang selanjutnya adalah bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi melalui peluang kerja yang menjanjikan.

Hal ini karena ketika Yupiers mengikuti kompetisi esport dan menang, Yupiers akan mendapatkan hasil yang sangat luar biasa tinggi. Selain dari uang hasil kemenangan kompetisi, nantinya Yupiers juga bisa mendapatkan uang dari provider game, royalti streaming, dan masih banyak logi cara lainnya.

5. Mendapatkan Hadiah Kompetisi yang Cukup Menggiurkan

Ini adalah salah satu keuntungan yang paling terkenal dari bermain dan menekuni esport dengan masuk ke sekolah esport, yaitu mendapatkan hadiah kompetisi yang cukup menjanjikan.

Total jumlah hadiah kompetisi ini cukup beragam tergantung dari lomba yang diadakan. Sebagai contoh, kompetisi terbesar DOTA 2 pada tahun 2018 yang diadakan oleh Valve memiliki hadiah dengan total USD25,5 juta, atau kompetisi Fortnite dari Epic Game yang menawarkan hadiah hingga USD30 juta.

6. Mendapatkan Dukungan Dari Pemerintah

Tahukan Yupiers bahwa cabang bidang olahraga esport ini juga menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh pemerintah semenjak beberapa tahun kebelakang hingga saat ini.

Pemerintah di Indonesia atau bahkan di beberapa negara maju di dunia, sudah mendukung perkembangan esport di negara mereka masing-masing, termasuk di Indonesia.

Bentuk dukungan tersebut juga beragam, seperti beberapa contohnya adalah negara China yang mengakui profesi yang cukup menjanjikan, selain itu juga, contoh lainnya datang dari negara Denmark, dimana negara Denmark memberikan kemudahan mengurus visa kepada tim esport.

7. Dapat Menjadi Penonton Maupun Pemain dalam Game

Jika pada olahraga lainnya, umumnya seorang penonton hanya bisa menjadi penonton saja, dalam esport, selain menjadi penonton, Yupiers juga bisa menjadi pemain dalam game yang diperlombakan.

Itulah beberapa informasi tentang sekolah esport dari Yumin, termasuk beberapa rekomendasi sekolah esport dari Yumin. 

Bermain game memanglah kegiatan yang mengasyikan, dan kegiatan ini tentunya akan semakin asyik dengan ditemani beberapa produk dari permen Yupi seperti Yupi Bolicious Strawberry, Yupi Baby Bears, dan masih banyak lagi.

Selain beberapa game yang populer dalam dunia esport, Yumin juga punya beberapa rekomendasi game mengasah otak lainnya, dan game edukasi anak lainnya yang bisa Yupiers simak.

Semoga informasi tentang sekolah esport dari Yumin kali ini bermanfaat untuk Yupiers ya.

Home Our Story Events Games Profile