menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

3 Makanan Tradisional Terunik

Hi Yupiers!

Selain memiliki berbagai macam suku dan budaya yang beragam, Indonesia juga memiliki ragam kuliner yang tak kalah unik dari negara lain. Sebagai negara yang dikenal kaya akan berbagai jenis rempah - rempah, nggak heran kalau Indonesia punya banyak jenis makanan tradisional yang lezat dan unik. Dari Sabang sampai Merauke, seluruh daerah pasti punya jenis makanan unik yang khas dengan cita rasa daerahnya masing - masing. Kira - kira ada makanan tradisional unik apa aja ya yang bisa Yupiers coba?

Nah, Yumin mau kasih tahu nih 3 makanan tradisional terunik yang udah Yumin rangkum buat Yupiers. Tapi sebelum itu, biar semakin seru, Yupiers wajib baca rangkuman ini sambil menikmati Yupi Bolicious yang tersedia dalam 6 pilihan rasa yaitu Strawberry, Blackberry, Mandarin Orange, Lychee, White Grape, dan Mango. Lengkap dengan perpaduan 20% sari buah asli dan kolagen, menjadikan Yupi Bolicious sebagai permen gummy yang unik, enak, juicy, sehat, dan pastinya bernutrisi!

  • Ampiang Dadiah
3 makanan tradisional terunik-02

Makanan ini merupakan salah satu makanan unik khas Sumatera Barat. Makanan ini terdiri dari ampiang dan dadiah. Ampiang adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk, sedangkan dadiah adalah susu kerbau yang sudah difermentasi.
Dadiah ini diolah dengan cara tradisional khas Minangkabau, yaitu disimpan di dalam sebuah potongan bambu selama beberapa malam. Campuran ampiang dan dadiah ini biasanya disajikan dalam satu mangkuk yang lengkap dengan es serut. Rasa makanan unik satu ini sangat segar dan manis karena memiliki kandungan santan dan gula merah.

  • Tempoyak
3 makanan tradisional terunik-03

Makanan ini merupakan makanan unik yang cukup populer di daerah Bengkulu, Palembang, Lampung, Jambi, dan Kalimantan Barat. Tempoyak merupakan makanan unik yang terbuat dari durian matang dan kemudian difermentasi.
Tempoyak ini diolah dengan cara melumuri durian matang dengan garam, kemudian disimpan di dalam wadah tertutup selama kurang lebih 3 - 5 hari. Tempoyak yang sudah difermentasi dapat diolah menjadi sambal untuk campuran berbagai macam jenis masakan. Mulai dari ayam, udang, pepes, atau disantap bersama pindang. Tempoyak memiliki rasa yang unik dan memiliki rasa asam yang berasal dari proses fermentasi.

  • Botok Tawon
3 makanan tradisional terunik-04

Makanan ini merupakan makanan unik yang bisa Yupiers temukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di daerah tersebut, sarang tawon atau lebah biasanya dikonsumsi dan diolah menjadi masakan yang menyehatkan karena memiliki protein yang tinggi.
Olahan sarang tawon atau lebah ini dikenal dengan nama Botok Tawon. Makanan unik ini dilengkapi dengan daging kelapa muda dan petai cina. Botok Tawon memiliki ciri khas rasa yang gurih, nikmat, dan cocok dimakan sebagai lauk bersama nasi putih.

Itulah 3 makanan tradisional terunik yang Yumin rangkum untuk Yupiers. Dari ketiga makanan tadi, makanan tradisional unik mana nih yang bikin Yupiers penasaran dan tertarik untuk mencoba?

Dapatkan lebih banyak #Yupiness!

Home Our Story Events Games Profile