menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

4 Mitos di Indonesia Yang Masih Banyak Dipercaya

Hi Yupiers!
 
Setiap negara pasti punya cerita mitos, baik itu tentang sebuah tempat, kenampakan alam, dan tradisinya masing-masing. Mitos sendiri berasal dari bahasa Yunani “μ?θος– mythos” yang merupakan kisah prosa rakyat berisi penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya. Sedangkan menurut KBBI, mitos merupakan cerita suatu bangsa tentang dewa dan pahlawan zaman dahulu, mengandung penafsiran tentang asal-usul semesta alam, manusia, dan bangsa tersebut mengandung arti mendalam yang diungkapkan dengan cara gaib.
 
Tapi di zaman sekarang, mitos lebih dikenal seperti kisah tradisional. Mitos juga sering banget dikaitkan sama larangan atau sesuatu yang tabu dalam adat masyarakat, bahwa untuk melakukan sesuatu itu pasti ada aturannya. Kalau kita ngga mengindahkan aturan tersebut, katanya pamali (Bahasa Sunda). Nah, Yumin mau kasih tau nih 4 mitos di Indonesia yang masih banyak dipercaya!

  1. Kejatuhan cicak
Yupiers pernah ngga sih kejatuhan cicak? Mungkin si cicak lagi jalan-jalan, eh tiba-tiba kesandung dan jatuh ke tubuh kita haha! Tapi konon katanya, ada pertanda bahwa akan terkena suatu hal buruk seperti kerugian, kegagalan, bahkan sampai berpulang ke tangan Yang Maha Kuasa. Pertandanya pun akan berbeda pada setiap bagian tubuh seperti kejatuhan di kaki, tangan, pundak, bahkan kepala. Beberapa orang masih percaya sama mitos ini, tapi Yumin percaya bahwa keberuntungan dan hidup seseorang pasti sudah ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa, bukan dari cicak.

    2. Perempuan nyapu ngga bersih
Siapa nih yang suka dibilang “nyapu tuh harus bersih, kalau ngga nanti jodohnya brewokan” haha! Saat sedang menyapu, terkadang ngga semua kotoran bisa langsung hilang 100% kan, apalagi pas lagi nyapu buru-buru. Kalau dipikirin, sebenarnya ngga ada hubungannya nih antara menyapu ngga bersih sama jodoh yang brewokan. Tapi konon katanya, orang tua dulu menganggap pria yang brewokan sebagai gambaran pria jahat. Makanya, para anak perempuan mulai menyapu dengan bersih biar jodohnya ngga jahat. Padahal mah mungkin biar rumah bersih saja, dan siapa sih yang mau punya rumah kotor, ya ngga Yupiers?

    3. Bulu mata jatuh
Nah mitos yang satu ini juga banyak dipercaya nih. Katanya kalau bulu mata sebelah kanan jatuh, artinya ada yang kangen. Tapi kalau bulu mata sebelah kiri yang jatuh, artinya ada yang kesal sama kita. Bahkan dulu Yumin tau sampai inisialnya loh! Misalnya bulu mata kanan Yupiers jatuh di tanggal 5, di abjad ke-5 yaitu huruf E yang berarti ada yang kangen sama Yupiers inisial hurufnya E, abis itu nebak-nebak deh siapa yang kangen haha! Padahal faktanya, bulu mata juga sama seperti rambut yang bisa rontok.

    4. Menabrak kucing
Salah satu mitos yang berkembang di masyarakat yaitu menabrak kucing akan mendatangkan kesialan meski ngga disengaja. Padahal ya sebagai sesama makhluk Tuhan memang seharusnya kita saling menjaga, bukan? Jika Yupiers memang ngga sengaja menabrak, alangkah baiknya kucing langsung dikubur dan didoakan. Tapi lebih baik lagi untuk kita berhati-hati dalam berkendara ya Yupiers!
 
Itu dia ke-4 mitos di Indonesia yang masih banyak dipercaya! Tapi hal di atas tentunya masih mitos ya Yupiers, kita bisa ambil moral atau sisi positifnya saja hihi! Biar ngga terlalu serius sama hal buruk dari mitos di atas, yuk Yupiers ngemil Yupi Love Burger saja biar hidup jadi lebih banyak cinta dan #Yupiness!
 
Yupi yang kenyal, halal, healthy, dan bikin hepi ini bisa didapatkan di Yupi Gummy Store saat berada di Yupiland. Shopee, dan Tokopedia. Yupiers bisa temukan Yupi favorit secara lengkap, gratis ongkir serta dapatkan banyak promo menarik lainnya! Yupi juga punya merchandise yang ga kalah menarik, lho!
 
Dapatkan lebih banyak #Yupiness!

Home Our Story Events Games Profile