menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Fakta Unik dan Menarik tentang Hewan yang Jarang Diketahui!

Hai, hai, Yupiers!

Siapa disini Yupiers yang animal lovers? Yumin yakin banyak yang mengangguk di sana. Nah, siapa nih di antara Yupiers yang tahu kalo dunia hewan itu penuh dengan fakta-fakta unik yang ngga banyak orang ketahui? Yup, bener banget! Kali ini, Yumin bakal berbagi beberapa fakta seru tentang hewan-hewan yang jarang diketahui. Yuk simak 10 fakta unik tentang hewan berikut ini bareng Yumin!

1. Katak Pohon yang Bisa Meluncur Seperti Parasut

Siapa bilang hanya burung dan pesawat yang bisa terbang? Ada satu katak bernama "katak terbang" yang punya kemampuan unik, yaitu meluncur seperti parasut dari pohon ke pohon. Mereka punya "sayap" kulit yang menolong mereka melayang-layang. 

Menurut Journal of The Royal Society Interface yang berjudul "Sticking like sticky tape: tree frogs use friction forces to enhance attachment on overhanging surfaces.”, katak pohon mengubah postur tubuhnya untuk memanjangkan anggota tubuhnya dan meningkatkan gaya lateral, yang membantu menjaga sudut antara vektor gaya dan platform tetap kecil, sehingga menghasilkan gaya keterikatan yang lebih besar yang dapat dijelaskan dengan teori peeling.

Kalo Yupiers biasanya cuma mimpi bisa terbang, katak ini justru beneran bisa terbang loh!

2. Ratu Semut Dapat Hidup Puluhan Tahun

Kamu tahu nggak, semut betina dan jantan punya hidup yang berbeda banget? Setelah memulai koloninya, si semut betina nggak langsung berhenti bekerja. Mereka masih bisa bertelur selama bertahun-tahun, bahkan lebih lama dari hidup kita! Kalau di laboratorium, semut betina jenis tertentu bahkan bisa hidup hampir 30 tahun. 

Hal ini didukung oleh sebuah studi yang berjudul “Immune priming and pathogen resistance in ant queens.” yang menyebutkan bahwa bahwa ratu semut memiliki kemampuan untuk meningkatkan ketahanan tubuh mereka terhadap penyakit setelah terpapar dosis penyakit yang tidak mematikan. 

Hal ini terutama terjadi pada semut ratu yang telah kawin, yang menunjukkan bahwa kawin dapat memicu peningkatan sistem kekebalan tubuh mereka, memberikan perlindungan yang lebih baik selama hidup panjang mereka serta kemungkinan investasi yang lebih besar dalam reproduksi dan pertahanan tubuh

Sedangkan semut pekerja cuma bisa hidup sekitar satu tahun, dan jantan? Mereka hidup cuma sekitar seminggu saja, meskipun sperma mereka bisa bertahan lebih lama. Bedanya yang luar biasa ini sebenarnya karena gen-gen mereka yang hidupnya bisa dimatikan dan dihidupkan.

Gimana? Hebat banget kan Yupiers!

3. Kuda Tidur Sambil Berdiri

dr. Susan Hazel, seorang pakar perilaku hewan dari University of Adelaide mengatakan bahwa kuda pertama kali berevolusi di padang terbuka sebagai hewan mangsa, dan kemampuan untuk beristirahat dan tidur sambil berdiri memungkinkan mereka untuk dengan cepat melarikan diri jika mendeteksi kehadiran predator. 

Hal Ini juga merupakan salah satu alasan mengapa kuda dapat berlari dengan sangat cepat, karena kuda-kuda awal yang berlari paling cepat memiliki peluang lebih besar untuk bertahan hidup.

Selain itu, kuda juga punya mekanisme yang unik loh! Mereka bisa tidur sambil berdiri, berkat kunci-kunci di kaki mereka yang bisa terkunci otomatis. Jadi, ngga heran kalau Yupiers sering lihat kuda yang tiba-tiba terlelap di padang rumput!

4. Kumbang Memiliki Dampak Besar Terhadap Perekonomian

Menurut data Departemen Pertanian AS, kumbang Jepang adalah masalah serius di Amerika Serikat dimana mereka merusak pohon, tanaman, dan rumput dengan nilai lebih dari $450 juta setiap tahun. Itu artinya mereka bikin kerugian besar bagi pertanian dan lingkungan kita.

Mereka suka makan pohon-pohon kita, dan itu bisa merusak banyak hal. Para petani harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli bahan kimia dan alat untuk melindungi tanaman mereka dari serangga-serangga itu. Ada juga serangga seperti kumbang Khapra yang bisa merusak biji-bijian yang kita simpan, sehingga kita bisa kehilangan banyak uang. 

Bahkan, uang yang digunakan untuk perangkap kumbang Jepang bisa lebih banyak daripada pendapatan beberapa negara kecil! Jadi, serangga memang punya peran penting dalam cerita ekonomi juga.

5. Burung kolibri adalah satu-satunya burung yang bisa terbang mundur

Sebuah Journal of Experimental Biology yang ditulis oleh N. Sapir, R. Dudley mengatakan kalau burung kolibri bisa terbang mundur dikarenakan adanya konvergensi evolusi dalam gaya terbang kolibri dan beberapa gaya terbang serangga enam kaki. 

Serangga yang terbang mungkin menggunakan gerakan serupa saat terlibat dalam terbang mundur, misalnya saat menjaga posisi tetap di udara atau mengangkat beban.

6. Burung Flamingo tidak berwarna merah muda, tetapi Abu-abu

Flamingo terlahir berwarna abu-abu, tetapi makanan mereka berupa udang air asin dan ganggang hijau biru mengandung pewarna merah muda alami yang disebut canthaxanthin yang membuat bulu mereka menjadi merah muda.

Dr. Paul Rose, seorang zoologis dari Universitas Exeter, menjelaskan bahwa flamingo cenderung tinggal di wilayah rawa-rawa yang sulit dihuni dan agak terpencil, seperti danau-danau dengan tingkat pH yang sangat tinggi sehingga dapat merusak kulit manusia. Di dalam air tersebut, terdapat sumber makanan yang belum dimanfaatkan, seperti krustasea, cyanobacteria, dan alga diatom. Yang menarik, makanan-makanan ini dapat berbahaya bagi banyak hewan lain karena mengandung senyawa kimia yang disebut karotenoid.

7. Nyamuk adalah hewan paling mematikan di dunia

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebanyak 725,000 orang tewas setiap tahun akibat penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, seperti Malaria, demam berdarah, dan demam kuning. Jumlah nyamuk melebihi jumlah hewan lainnya di dunia, selain semut dan rayap. Penyakit ini juga dapat ditemukan di hampir seluruh belahan dunia, sehingga menambah risiko bagi manusia.

Jadi Inget ya Yupiers, hewan yang paling berbahaya itu bukan singa, hiu, ataupun gorila, tetapi nyamuk, yang bahkan ukurannya sangat kecil. Jangan remehin ya!

8. Cheetah adalah hewan paling cepat di darat

Melansir dari National Geographic, cheetah, yang merupakan mamalia tercepat di darat, bisa berlari dengan kecepatan mencapai 60 hingga 70 mil (sekitar 97 hingga 113 kilometer) per jam dalam jarak yang pendek. Meskipun demikian, ketika mengejar mangsanya, cheetah biasanya menggunakan hanya setengah dari kecepatannya itu. Setelah berhasil mengejar mangsa, cheetah membutuhkan sekitar setengah jam untuk meresapi nafasnya sebelum bisa mulai makan.

9. Burung Unta adalah burung terbesar di dunia

Burung Unta atau Ostrich, burung terbesar di dunia yang biasa ditemukan di daerah savana panas dan hutan terbuka di Afrika. Melansir dari National Geographic, Burung Unta bisa tumbuh setinggi 2,7 meter dan beratnya mencapai 159 kilogram - lebih tinggi dari manusia biasa dan beratnya setara dengan dua laki-laki dewasa lho Yupiers!

Burung ini tidak bisa terbang dan memiliki leher panjang tanpa bulu, kaki yang kuat, dan tubuh besar yang ditutupi bulu. Jantan dan betina punya warna bulu yang berbeda - jantan berbulu hitam dengan ekor putih, sementara betina kebanyakan berwarna coklat. Kedua jenis kelamin ini punya kepala kecil, paruh pendek dan lebar, serta mata coklat besar yang dilindungi oleh bulu mata panjang.

10. Paus sperma adalah predator terbesar di dunia

Paus sperma adalah predator terbesar yang bisa tumbuh hingga panjang 20 meter dan beratnya mencapai 80 ton. Melansir dari Live Science, Paus raksasa sering melakukan penyelaman hingga kedalaman hampir 3.000 meter di bawah permukaan laut untuk berburu cumi-cumi raksasa. Cumi-cumi raksasa ini bisa seukuran atau bahkan lebih besar dari paus sperma dan sering bertarung sengit dengan mereka. Paus dewasa sering memiliki luka bekas gigitan paruh cumi-cumi raksasa di kepala mereka.

Nah, itulah beberapa fakta unik tentang hewan yang mungkin jarang Yupiers ketahui. Jangan hanya terpaku sama fakta-fakta umum aja, ya! Dunia hewan penuh kejutan yang menarik dan ngga bisa ditebak. Yuk, terus eksplorasi dan kenali lebih dekat hewan-hewan yang ada di sekitar Yupiers sambil ngemil Yupi Wild Safari dan Yupi Baby Bears biar makin seru dan #Yupiness! Yupiers bisa beli di Yupilandstore.com, Shopee, dan Tokopedia. 

Dapatkan lebih banyak #Yupiness!

Home Our Story Events Games Profile