cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Ide Menu Bekal Anak Sekolah Sederhana & Lezat

Memberikan asupan makanan yang menarik, bergizi dan lezat merupakan salah satu tips mengatasi anak susah makan. Saat memasuki usia sekolah, untuk tetap dapat memberikan makanan yang bergizi, Yupiers bisa membuatkan bekal anak sekolah yang sehat, simple, sederhana namun tetap lezat.

Memberikan bekal makan siang yang sehat, bergizi dan lezat juga bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi anak-anak dan Yupiers. Beberapa manfaat tersebut adalah seperti Yupiers dapat mengontrol asupan makanan yang anak-anak makan dan dapat menjadi energi bagi mereka saat mereka di sekolah.

Dengan memberikan bekal makanan untuk anak juga dapat menghemat keuangan keluarga dan mengajarkan anak-anak untuk mengelola uang saku mereka agar lebih bermanfaat.

Selain itu bekal makanan sekolah yang Yupiers buat untuk anak-anak, akan menurunkan resiko mereka terkena berbagai macam penyakit yang bisa bisa timbul dari beberapa jajanan yang tidak sehat. Beberapa penyakit tersebut adalah seperti obesitas, menurunkan tekanan darah tinggi dan diabetes.

Dilansir dari Center for Disease Control and Prevention (CDC), makanan yang bergizi dapat mendukung prestasi anak-anak dalam pendidikan mereka karena dapat membantu pertumbuhan fisik dan otak mereka.

Baca Juga : Bangun Interaksi Sosial Si Kecil Lewat Bekal Untuk Teman Tercinta

Daftar Ide dan Inspirasi Menu Bekal Sekolah Anak TK/SD

Setelah mengetahui mengapa bekal makanan begitu penting bagi anak-anak, untuk membuatnya juga cukup mudah. 

Berikut ini Yupi berikan beberapa ide menu bekal makan siang atau sarapan sehat untuk anak sekolah. Tentunya daftar ide dibawah ini simple, sehat, bergizi, lezat dan praktis bagi anak-anak. Simak dibawah ini :

1. Nugget
menu bekal anak sekolah nugget

Menu bekal anak sekolah untuk tk maupun sekolah dasar yang pertama adalah nugget. Nugget merupakan salah satu inspirasi makanan yang cocok untuk bekal anak yang dapat Yupiers buat dengan mudah dan cepat.

Nugget ini juga menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi lauk makan pendamping beberapa makanan lainnya seperti nasi atau kentang.

Untuk mendapatkan gizi yang lebih baik, Yupiers juga dapat mengolah kembali nugget tersebut sebelum digoreng dengan cara memasukan sayur-sayuran seperti bayam ke dalam nugget tersebut.

Setelah digoreng dan matang, maka selanjutnya adalah menyiapkan bekal makanan yang menarik tersebut bagi anak-anak.

2. Fish Katsu

Selain nugget, contoh bekal anak sekolah TK atau sekolah dasar yang kedua kali ini  bernama fish katsu. Makanan ini juga bisa menjadi pilihan Yupiers yang ingin membuat bekal makanan dengan cepat dan mudah.

Fish katsu ini juga cocok menjadi lauk makanan pendamping beberapa makanan karbohidrat seperti nasi atau kentang. 

Fish katsu juga menjadi pilihan yang sangat bagi anak-anak yang menyukai makan Jepang. Untuk membuat makanan yang satu ini juga cukup mudah, karena sudah banyak tersedia di beberapa supermarket dekat rumah.

Namun untuk membuat yang lebih sehat lagi, Yupiers bisa membuat sendiri bahan-bahannya yaitu potongan daging ikan yang telah dilumuri oleh telur dan tepung terigu. 

3. Roti

Jika membahas tentang bekal anak TK selain nasi, maka roti juga menjadi salah ide makanan yang harus Yupiers coba.

Roti sangat mudah untuk Yupiers kreasikan baik dari rasa dengan berbagai selai yang tersedia di supermarket dan juga Yupiers dapat berkreasi dengan menciptakan berbagai bentuk yang menarik bagi anak-anak.

Salah satu bentuk yang menarik tersebut adalah ikan. Untuk membuat roti dengan bentuk ikan, maka Yupiers hanya memerlukan keju yang akan digunakan sebagai mulut, sirip dan ekor ikan.

Lalu pada bagian mata, Yupiers bisa menggunakan Yupi Apple Ring yang memiliki bentuk bulat seperti mata dengan rasa yang lezat dan bergizi bagi anak-anak.

4. Nasi Goreng
resep-bekal-sekolah-sayur-nasi-goreng-sosis-sedap

Salah satu menu makanan yang sangat cocok menjadi bekal anak sekolah dalam sebulan yang harus Yupiers coba adalah nasi goreng.

Bekal makanan ini dapat dikreasikan dengan berbagai pilihan topping seperti potongan daging ayam, sapi, ikan, bakso, sosis, udang dan masih banyak lagi pilihan topping lainnya.

Untuk membuat nasi goreng ini tentunya juga sangat mudah, karena sekarang sudah ada beberapa pilihan bumbu nasi goreng di supermarket dengan berbagai pilihan rasa yang dapat Yupiers pilih. Yupiers juga bisa menambahkan sayur-sayuran pada nasi goreng ini.

Baca Juga : Inspirasi Resep Makanan Menggunakan Yupi

5. Nasi Gulung

Selain nasi goreng, ada juga ide bekal anak sekolah yang terbuat dari nasi dan dapat Yupiers coba, ide tersebut adalah nasi gulung. Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia dan oleh karena itu ide nasi gulung ini harus Yupiers coba.

Nasi gulung bisa Yupiers kreasikan isinya dengan beberapa makanan lainnya seperti  sosis atau wortel. Sementara untuk bagian luar dari nasi gulung, Yupiers bisa menggunakan telur atau rumput laut.

6. Mie

Selain beberapa olahan nasi, mie juga termasuk salah satu makanan yang cukup sering dimakan oleh orang-orang Indonesia. Mie juga merupakan salah satu makanan yang cukup mudah untuk Yupiers buat.

Agar kebutuhan gizi anak-anak tetap seimbang dan meningkat rasa dari mie, Yupiers bisa menambahkan beberapa potongan daging seperti daging ayam atau daging sapi dalam bekal tersebut.

7. Spageti
resep-spaghetti-bekal

Makanan yang bernama spageti ini sekilas terlihat seperti mie hanya saja memiliki tampilan bentuk yang lebih besar dan lurus. Makanan khas Italia ini juga termasuk makanan favorit banyak orang termasuk anak-anak.

Resep spageti untuk bekal anak TK cukup sederhana. Untuk mendapatkan spageti ini juga cukup mudah karena banyak tersedia di beberapa supermarket.

Cara membuat spageti ini hampir sama seperti mie, hanya saja untuk pilihan sausnya, Yupiers dapat berkreasi dengan berbagai macam saus. Yupiers juga bisa menambahkan potongan parutan keju dalam spageti ini.

8. Makaroni

Selain spageti, ada juga makanan khas Italia yang bisa menjadi ide bekal anak TK lainnya yaitu makaroni.

Hampir sama seperti spageti, makaroni juga bisa Yupiers kreasikan dengan berbagai macam rasa dan makanan lainnya serta makanan yang satu ini cocok menjadi pengganti sumber karbohidrat selain nasi dan kentang.

Hal terpenting saat menyajikan makaroni adalah pastikan tingkat kematangan makaroni ini adalah matang sempurna. Tingkat kematangan yang sempurna ini adalah dari tekstur makaroni yang tidak lembek, tapi tidak keras saat digigit.

Baca Juga : 12 Daftar Menu Harian Keluarga Untuk Segala Acara

9. Burger Tempe

Burger merupakan salah satu makanan cepat saji yang terkenal akan kelezatannya. Namun burger ternyata kurang sehat bagi anak-anak apabila dikonsumsi secara berlebihan. Agar membuat burger menjadi lebih sehat, maka Yupiers bisa mengganti daging burger dengan tempe.

Perpaduan antara  kandungan gizi dari tempe dan sayuran dalam sebuah burger tempe yang dikombinasikan dengan roti burger sebagai sumber karbohidrat, dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak.

Yupi juga mengeluarkan produk Yupi Burger, lho! Tentu saja varian ini sangat sehat disajikan kepada anak.

10. Puding Coklat
puding coklat

Untuk meningkatkan nafsu makan anak-anak terhadap bekal yang mereka bawa, maka puding coklat juga merupakan salah bekal anak sekolahan yang bisa Yupiers pilih. Cara membuat puding coklat juga cukup mudah.

Cara membuat dessert enak yang satu ini adalah hanya dengan memasak bubuk puding coklat dengan air sampai matang, lalu kemudian memasukkannya ke dalam wadah cetakan.

Puding coklat juga bisa menjadi pilihan tepat dan bergizi bagi anak-anak karena Yupiers bisa memasukan berbagai tambahan di dalamnya seperti buah-buahan.

Itulah beberapa daftar menu bekal anak sekolah untuk TK, sekolah dasar, SMP, hingga SMA dalam sebulan. Ide diatas dapat Yupiers coba untuk menjadi bekal yang sehat, bergizi, dan lezat bagi anak-anak. Dari beberapa ide tersebut, manakah yang menjadi favorit Yupiers dan anak-anak?

Semoga informasi ide bekal anak yang sederhana dan enak dari Yupi ini bisa membantu Yupiers memberikan asupan makanan terbaik bagi anak-anak.