menu
logo mobile
sound
Yupi Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

15 Ide Kerajinan Sabun yang Cantik dan Mudah Dibuat!

Sabun tentu bukanlah benda asing bagi semua orang, hampir setiap harinya sabun digunakan untuk membersihkan diri. Selain digunakan untuk membersihkan diri, ternyata benda satu ini juga bisa digunakan untuk membuat berbagai kerajinan yang cantik.

Memiliki tekstur yang tidak terlalu keras, ada berbagai kerajinan sabun yang bisa Yupiers buat. Kali ini, Yupi akan memberikan cara lengkap membuat berbagai kerajinan sabun yang mudah dibuat dan pastinya juga cocok untuk pemula, simak selengkapnya ya.

1. Kerajinan Sabun Berbentuk Asbak

Kerajinan Sabun Berbentuk Asbak
Sumber: Ali Express

Kerajinan sabun pertama yang paling sering dibuat oleh seseorang sekaligus menjadi yang paling mudah dibuat adalah kerajinan sabun berbentuk asbak. Untuk membuat kerajinan ini bisa menggunakan dua cara, yaitu teknik ukir pahat atau cetak.

Jika menggunakan teknik ukir pahat, maka ukuran asbak tidak akan terlalu besar, atau Yupiers bisa mencari sabun batang dengan ukuran yang cukup untuk dijadikan sebuah asbak.

Jika menggunakan teknik cetak, Yupiers harus mencampurkan beberapa bahan dan warna sesuai selera, lalu menuangkannya ke dalam cetakan.

2. Kerajinan Sabun Berbentuk Bunga
Kerajinan Sabun Berbentuk Bunga

Sumber: Bang DIY on YouTube

Kerajinan sabun berbentuk bunga, merupakan salah satu bentuk yang paling sering dibuat oleh seseorang, termasuk anak-anak. Kerajinan sabun ini dapat Yupiers buat dengan cara mengukirnya menggunakan alat ukir atau pahat.

Untuk membuat kerajinan sabun ini, jangan lupa juga untuk membuat pola ukiran terlebih dahulu sebelum mulai mengukir atau memahat.

Selain itu juga, ada banyak referensi dari internet yang mengajarkan cara membuat kerajinan sabun berbentuk bunga ini.

3. Kerajinan Sabun Berbentuk Kura-kura

Kerajinan Sabun Berbentuk Kura-kura
Sumber: Pinterest

Kerajinan sabun yang selanjutnya adalah berbentuk kura-kura. Kerajinan sabun berbentuk kura-kura ini terbilang cukup mudah untuk dibuat mengingat bentuk sabun batang yang oval dan cembung, mirip dengan tempurung kura-kura.

Kerajinan sabun berbentuk kura-kura ini sangat cocok untuk seorang pemula karena mudah untuk dibentuk.

4.  Kerajinan Sabun Berbentuk Mobil

Kerajinan Sabun Berbentuk Mobil
Sumber: Bang DIY on YouTube

Anak laki-laki pada umumnya akan menyukai mobil, karena hal tersebut, kerajinan sabun berbentuk mobil ini pasti akan cocok untuk anak laki-laki.

Membuat kerajinan sabun berbentuk sabun bisa dikatakan tidak terlalu sulit, namun juga tidaklah terlalu mudah. Hal ini karena untuk membuat bentuk ini, Yupiers membutuhkan teknik ukiran yang cukup baik agar hasilnya sesuai dengan apa yang diinginkan.

5. Kerajinan Sabun Berbentuk Ikan

Kerajinan Sabun Berbentuk Ikan
Sumber: Pinterest

Untuk membuat kerajinan sabun berbentuk ikan ini, Yupiers bisa menggunakan dua cara, yaitu dengan teknik ukir pahat atau menggunakan teknik cetak.

Untuk membuat bentuk ikan dengan menggunakan teknik ukir pahat, Yupiers bisa mencari referensi cara membuatnya dari internet.

Sementara untuk membuat bentuk ini dengan menggunakan teknik cetak, Yupiers perlu mempersiapkan alat cetak berbentuk ikan terlebih dahulu, cairkan sabun, lalu tuang ke dalam cetakan.

Kerajinan sabun berbentuk ikan ini termasuk salah satu bentuk yang cukup disukai banyak orang sehingga kerajinan ini juga cocok untuk dijadikan souvenir yang menarik kepada orang lain.

6.  Kerajinan Sabun Berbentuk Gajah

Kerajinan Sabun Berbentuk Gajah
Sumber: Rome Art Store

Contoh kerajinan sabun berikutnya adalah berbentuk gajah. Untuk membuat kerajinan sabun berbentuk gajah ini, Yupiers bisa membuatnya dengan menggunakan teknik ukir.

Bentuk terbilang tidaklah terlalu mudah untuk dibuat, karena hal tersebut, sebaiknya Yupiers melihat referensi cara membuatnya dari internet.

7. Kerajinan Sabun Berbentuk Kelinci

Kerajinan Sabun Berbentuk Kelinci
Sumber: Flowerherd

Kerajinan sabun berbentuk kelinci adalah salah satu bentuk yang paling mudah dibuat. Hal ini karena untuk membuat bentuk ini, Yupiers bisa menggunakan teknik cetak, dan alat cetak berbentuk kelinci termasuk yang paling mudah untuk ditemukan.

Namun jika Yupiers cukup yakin dengan kemampuan ukir pahat Yupiers, Yupiers bisa menggunakan teknik ukir pahat untuk membuat kerajinan sabun berbentuk kelinci ini.

8. Kerajinan Sabun Berbentuk Anjing

Kerajinan Sabun Berbentuk Anjing
Sumber: Mamikos

Kerajinan sabun berikutnya adalah kerajinan sabun berbentuk anjing. Bentuk ini bisa dikatakan hampir mirip dengan bentuk kelinci yang baru saja dijelaskan Yupi.

Yupiers bisa menggunakan teknik cetak untuk membuat bentuk ini, dan alat cetak berbentuk anjing juga cukup mudah untuk didapatkan di situs jual beli di Indonesia. Namun jika Yupiers cukup yakin dengan kemampuan ukir pahat Yupiers, Yupiers bisa menggunakan teknik ukir pahat untuk membuat bentuk ini.

9. Kerajinan Sabun Berbentuk Kupu-kupu

Kerajinan Sabun Berbentuk Kupu-kupu
Sumber: Pinterest

Kerajinan sabun berbentuk hewan lainnya yang cukup sering dibuat dan cukup populer adalah berbentuk kupu-kupu. 

Untuk membuat kerajinan ini, diperlukan kesabaran agar mendapatkan hasil yang maksimal. Yupiers juga sebaiknya melihat referensi dari internet untuk membuat bentuk ini agar hasilnya lebih maksimal.

Karena bentuknya yang indah, kerajinan sabun berbentuk kupu-kupu bisa menjadi pajangan yang menarik, atau menjadi ide bisnis yang menjanjikan.

10. Kerajinan Sabun Berbentuk Bayi

Kerajinan Sabun Berbentuk Bayi
Sumber: Pinterest

Kerajinan sabun berbentuk bayi ini sangat cocok untuk dijadikan hadiah untuk teman atau keluarga yang baru saja mendapatkan bayi.

Untuk membuat bentuk ini, jika Yupiers cukup yakin dengan kemampuan ukir pahat Yupiers, Yupiers bisa membuat kerajinan berbentuk bayi ini dengan teknik ukir pahat.

Namun jika kurang yakin, Yupiers bisa menggunakan teknik cetak dengan mencampurkan sabun yang telah dilelehkan dengan pewarna sesuai dengan keinginan.

11. Kerajinan Sabun Berbentuk Es Krim

Kerajinan Sabun Berbentuk Es Krim 
Sumber: Pinterest

Es krim adalah salah satu makanan yang paling disukai oleh anak-anak. Karena hal tersebut, kerajinan sabun berbentuk es krim ini pasti akan disukai oleh anak-anak.

Untuk membuat kerajinan sabun berbentuk es krim ini, Yupiers bisa menggunak teknik cetak dengan cara melelehkan sabun batang cair lalu menuangkannya ke dalam cetakan. Agar lebih menarik, Yupiers bisa membuat dengan berbagai warna sesuai keinginan.

12. Kerajinan Sabun Berbentuk Kado

Kerajinan Sabun Berbentuk Kado

Sumber: Orami

Kado selalu menjadi hal yang menarik bagi banyak orang, karena hal tersebut, memberikan kerajinan sabun berbentuk kado pastinya akan membuat orang lain yang menerimanya menjadi senang.

Untuk membuat bentuk ini terbilang cukup mudah, cukup lelehkan batang sabun, lalu cetak ke dalam cetakan dan biarkan mengeras, maka kerajinan sabun berbentuk kado siap diberikan kepada orang lain.

13. Kerajinan Sabun Berbentuk Mermaid

Kerajinan Sabun Berbentuk Mermaid
Sumber: Orami

Mermaid adalah salah satu karakter yang sangat disukai oleh anak-anak, terutama anak perempuan. Karena hal tersebut, membuat kerajinan sabun berbentuk mermaid pastinya akan disukai oleh anak-anak.

Untuk membuat kerajinan sabun berbentuk mermaid ini, maka diperlukan teknik ukir pahat yang cukup baik. Yupiers bisa melihat referensi cara membuat bentuk ini di internet. Hasil akhir dari kerajinan sabun berbentuk mermaid ini juga akan terlihat indah dan mewah.

14. Kerajinan Sabun Berbentuk Doraemon

Kerajinan Sabun Berbentuk Doraemon

Sumber: pinterest

Siapa yang tidak mengetahui karakter kartun yang satu ini, yaitu Doraemon. Tidak hanya anak-anak, banyak juga orang dewasa yang menyukai karakter Doraemon ini. Untuk membuat bentuk Doraemon ini, Yupiers bisa menggunakan teknik ukir pahat atau cetak. 

Jika menggunakan teknik ukir pahat, Yupiers bisa melihat referensi cara membuatnya dari internet. Jika menggunakan teknik cetak, Yupiers bisa menggunakan alat cetak berbentuk Doraemon yang cukup mudah untuk didapatkan di situs jual beli di Indonesia.

15. Kerajinan Sabun Berbentuk Spongebob

Kerajinan Sabun Berbentuk Spongebob
Sumber: pinterest

Tidak kalah terkenal dengan Doraemon, inilah inspirasi bentuk kerajinan sabun terakhir dari Yupi, yaitu kerajinan sabun berbentuk Spongebob. 

Untuk membuat bentuk ini, tentunya agar lebih sesuai dengan karakter aslinya, Yupiers bisa menggunakan sabun batang berwarna kuning.

Membuat bentuk Spongebob ini bisa dikatakan tidaklah terlalu mudah, namun juga tidaklah sulit. Hal tersebut karena jika Yupiers hanya membuat replika wajah Spongebob yang berbentuk kotak, maka bentuk ini bisa dikatakan mudah.

Hal yang membuat bentuk ini tidaklah terlalu mudah jika Yupiers juga menginginkan bentuk Spongebob secara utuh termasuk bagian badan Spongebob.

Apa Saja Teknik Membuat Kerajinan Sabun?

Setelah mengetahui berbagai kerajinan sabun yang mudah dibuat, ada beberapa teknik membuat kerajinan sabun yang pastinya bermanfaat untuk Yupiers ketahui. Berikut ini adalah beberapa teknik membuat kerajinan sabun tersebut.

Teknik Ukir dan Pahat

Mengukir dan memahat merupakan salah satu teknik dasar dalam membuat berbagai karya seni 3 dimensi, dan teknik ini juga bisa digunakan untuk membuat kerajinan sabun.

Untuk membuat kerajinan sabun dengan teknik mengukir dan memahat ini, caranya hampir mirip dengan media seni lainnya seperti kayu. Untuk menggunakan teknik ini, Yupiers memerlukan sketsa dan pola sebelum mulai mengukir atau memahat

Teknik Leleh dan Cetak

Teknik membuat kerajinan sabun selanjutnya adalah teknik melelehkan dan mencetak. Teknik ini lebih mudah untuk dilakukan dibandingkan teknik mengukir dan memahat. 

Teknik ini juga akan memerlukan beberapa bahan dan alat lainnya seperti pewarna dan cetakan. Yupiers bisa membeli berbagai cetakan yang menarik dari situs jual beli online yang tersedia.

Teknik Membentuk Adonan

Teknik untuk membuat kerajinan sabun yang terakhir adalah teknik membentuk adonan. Untuk adonannya sendiri, Yupiers bisa memarut sabun batang, dan mencampurnya dengan tepung kanji dan air, lalu mulai membentuk kerajinan sesuai dengan kreativitas Yupiers.

Apa Manfaat Membuat Kerajinan dari Sabun?

Berikutnya adalah manfaat membuat kerajinan sabun. Membuat kerajinan sabun tentunya akan memberikan beberapa manfaat untuk Yupiers. Berikut ini adalah beberapa manfaat membuat kerajinan sabun tersebut.

  1. Meningkatkan kreativitas
  2. Bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan
  3. Bisa menjadi hiasan rumah
  4. Bisa menjadi sumber penghasilan tambahan
  5. Bisa menjadi karya seni yang indah
  6. Bisa menjadi benda yang siap digunakan sehari-hari

Apakah Kerajinan Sabun dapat dijadikan sebagai Bisnis?

Informasi terakhir tentang kerajinan sabun kali ini adalah apakah kerajinan sabun bisa dijadikan sebuah bisnis?

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ya, kerajinan sabun dapat menjadi sebuah bisnis. Seperti yang Yupiers ketahui, kerajinan sabun dapat dibuat berbagai benda yang menarik dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari kita seperti mainan edukatif, serta masih banyak lagi.

Selain itu juga, Yupiers juga dapat membuat soap bar dari sabun konvensional. Soap bar sendiri adalah batang sabun yang kini sedang diminati banyak orang. Soap bar juga adalah sabun konvensional yang dicampurkan beberapa bahan alami yang dapat bermanfaat untuk kulit, seperti mengatasi gatal untuk kulit sensitif, dan masih banyak lagi.

Selain berbagai kerajinan sabun, Yupi juga punya berbagai informasi kerajinan lainnya, seperti kerajinan dari plastisin, kerajinan dari kertas origami, kerajinan dari stik es krim, dan masih banyak lagi. 

Itulah informasi tentang kerajinan sabun dari Yupi kali ini. Semoga informasi tentang kerajinan sabun dari Yupi kali ini bermanfaat untuk Yupiers dan selamat mencoba.

Home Our Story Events Games Profile