menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

7+ Ide Kerajinan dari Plastisin Unik dan Mudah Untuk Anak

Mengasah kreativitas anak-anak sejak usia dini adalah salah satu hal penting agar tumbuh kembang anak bisa meningkat dengan maksimal. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan membuat kerajinan dari plastisin.

Plastisin sendiri adalah salah satu bahan kerajinan yang mudah untuk dibentuk dan hampir mirip dengan clay atau lilin, dengan berbagai warna yang menarik, terbuat dari bahan sintetis serta memiliki tekstur seperti tanah liat.

Bermain dan membuat kerajinan dari plastisin akan memberikan beberapa manfaat untuk anak-anak, seperti diantaranya tentunya adalah untuk mengasah kreativitas, dan dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak, serta ada beberapa manfaat lainnya.

Karena bermain dan membuat kerajinan dari plastisin ini sangat menarik, kali ini Yumin akan membahas tentang hal tersebut, simak selengkapnya di sini.

Mengenal Apa itu Plastisin

Sebelum mengetahui beberapa ide kerajinan dari plastisin, sebaiknya Yupiers kembali mengenal lebih tentang apa itu plastisin.

Seperti penjelasan singkat yang telah disebutkan pada awal artikel ini, plastisin adalah bahan yang mirip dengan clay atau lilin dan mudah untuk dibentuk sesuka hati. Plastisin juga memiliki berbagai macam warna yang menarik.

Nama plastisin sendiri bukanlah nama dari sebuah zat, melainkan nama dari sebuah merek tanah liat pemodelan yang dimiliki oleh Flair Leisure Plc.

Meskipun bisa digunakan atau dimainkan oleh semua usia, plastisin ini biasanya dimainkan oleh anak-anak. Namun saat anak-anak bermain dengan plastisin ini, sangat penting bagi Yupiers untuk mengawasi anak-anak agar tidak memakan plastisin ini. 

7+ Contoh Ide Kerajinan dari Plastisin yang Mudah dan Unik

Setelah mengenal apa itu plastisin, berikut ini adalah beberapa contoh kerajinan dari plastisin yang bisa Yupiers dan anak-anak coba buat. 

1. Kerajinan Plastisin Bentuk Buah-Buahan
Kerajinan Plastisin Bentuk Buah-Buahan

Ide kerajinan dari plastisin yang pertama adalah dengan bentuk buah-buahan yang menggemaskan. 

Untuk membuat kerajinan ini, maka tentunya Yupiers dapat menyesuaikan dengan bentuk dan warna buah aslinya. 

Semisalnya Yupiers ingin membuat plastisin dengan bentuk pisang, maka Yupiers bisa menggunakan plastisin dengan warna kuning, jika ingin membuat plastisin dengan bentuk strawberry, maka Yupiers bisa menggunakan plastisin dengan warna merah, dan begitu juga dengan bentuk-bentuk buah lainnya.

Agar hasilnya lebih menarik, Yupiers bisa menambahkan aksesoris atau pernak-pernik lainnya.

2. Kerajinan Bentuk 3D

Bentuk kerajinan dari plastisin yang kedua adalah dengan menggunakan kerajinan dengan bentuk 3D atau 3 dimensi. 

Untuk membuat kerajinan dari plastisin ini, pertama-tama Yupiers perlu membuat atau menyisipkan gambar yang akan menjadi tempat untuk menempelkan plastisin terlebih dahulu. 

Selanjutnya, Yupiers dapat menempelkan plastisin sesuai dengan keinginan di atas gambar tersebut. Yupiers dapat menyesuaikan warna plastisin yang ditempelkan pada gambar tersebut sesuai dengan kreativitas Yupiers.

3. Kerajinan Plastisin Bentuk Hewan
Kerajinan Plastisin Bentuk Hewan

Bentuk kerajinan dari plastisin yang satu ini mungkin adalah bentuk yang paling banyak diminati oleh anak-anak, yaitu kerajinan dari plastisin dengan bentuk hewan yang lucu.

Yupiers dapat membuat berbagai macam bentuk hewan seperti dinosaurus, kucing, anjing, dan hewan-hewan lainnya. 

Membuat kerajinan dari plastisin dengan bentuk hewan ini tentunya akan sangat membutuhkan kreativitas. Yupiers juga dapat membuat kerajinan Yupiers dengan menggunakan warna plastisin sesuai dengan warna asli hewan tersebut.

4. Kerajinan Bentuk Kue Ulang Tahun
kreasi plastisin bentuk kue ulang tahun

Salah satu hal yang paling menarik bagi anak-anak adalah acara ulang tahun, dimana dalam acara ini tentunya identik dengan kue ulang tahun.

Karena hal tersebut, Yupiers dapat membuat kerajinan dari plastisin dengan bentuk kue ulang tahun.

Hal sangat perlu beritahu kepada anak-anak adalah bahwa kue ulang tahun yang Yupiers buat ini adalah kerajinan dari plastisin, sehingga tidak dapat dimakan. 

5. Kerajinan Bentuk Pohon/Tanaman
kerajinan bentuk pohon

Kerajinan dari plastisin berikutnya adalah kerajinan dengan bentuk pohon atau tanaman. Membuat kerajinan dari plastisin dengan bentuk ini bisa terlebih mudah dibandingkan beberapa ide bentuk sebelumnya.

Yupiers dapat menggunakan plastisin dengan warna hijau untuk membuat plastisin dengan bentuk pohon atau tanaman.

Lalu setelahnya, Yupiers dapat menambahkan berbagai macam aksesoris pada bagian kerajinan Yupiers agar hasil karya Yupiers semakin menarik.

6. Kerajinan Bentuk Mobil
Bentuk Mobil

Bentuk kerajinan dari plastisin selanjutnya adalah kerajinan plastisin dengan bentuk mobil. Bentuk mobil mungkin akan menjadi bentuk yang sangat menarik terutama bagi anak laki-laki, namun bukan berarti anak perempuan tidak akan menyukainya.

Kerajinan dari plastisin dengan bentuk mobil ini, setidaknya membutuhkan 2 plastisin dengan warna yang berbeda. Saat kerajinan ini selesai dibuat, maka kerajinan ini juga bisa menjadi hiasan meja belajar yang menarik.

7. Kerajinan Bentuk Karakter Disney
Kerajinan Bentuk Karakter Disney

Siapa yang tidak mengenal berbagai macam karakter dari Disney? Bagi anak-anak, berbagai macam karakter dari Disney tentunya adalah karakter-karakter yang menarik.

Karena hal tersebut, kerajinan dari plastisin selanjutnya yang bisa Yupiers buat adalah plastisin dengan bentuk karakter disney. 

Yupiers dapat membuat berbagai macam karakter Disney favorit anak-anak dan nantinya kerajinan ini dapat menjadi hiasan meja belajar mereka.

8. Kerajinan Plastisin Bentuk Pelangi
Kerajinan Plastisin Bentuk Pelangi

Referensi bentuk kerajinan dari plastisin selanjutnya adalah dengan bentuk pelangi. Sesuai dengan namanya, tentunya untuk membuat bentuk ini, Yupiers perlu menggunakan berbagai macam plastisin dengan berbagai macam warna.

Selanjutnya Yupiers dapat menggunakan berbagai macam plastisin tersebut dan membentuknya menjadi pelangi, lalu agar lebih menarik, Yupiers dapat menambahkan plastisin dengan bentuk awan pada bagian ujung plastisin dengan bentuk pelangi tersebut.

9. Plastisin Bentuk Es Krim
Plastisin Bentuk Es Krim

Referensi bentuk kerajinan dari plastisin yang terakhir dari Yumin kali ini adalah plastisin dengan bentuk es krim.

Hampir semua anak-anak tentunya akan menyukai es krim, karena hal tersebut membuat kerajinan dari plastisin dengan bentuk es krim ini tentunya akan menarik bagi anak-anak. 

Agar lebih menarik, tentunya bentuk es krim ini dapat Yupiers semenarik mungkin dengan berbagai bentuk, dan hiasan yang menarik.

Hal terpenting lainnya adalah kembali mengingatkan anak-anak agar tidak memakan hasil tidak memakan kerajinan dari plastisin dengan bentuk es krim ini.

Manfaat Membuat Kerajinan Dari Plastisin Untuk Anak, Ternyata Penting!

Setelah mengetahui kerajinan dari plastisin dengan berbagai macam bentuk, berikut ini adalah beberapa manfaat lengkap membuat kerajinan dari plastisin bagi anak-anak yang perlu Yupiers ketahui.

  1. Meningkatkan kreativitas anak-anak.
  2. Meningkatkan imajinasi anak-anak.
  3. Meningkatkan kemampuan motorik hasil anak-anak.
  4. Dapat memberikan efek menenangkan pada anak-anak.

Itulah beberapa informasi tentang membuat kerajinan dari plastisin dari Yumin kali ini. Selain membuat kerajinan dari plastisin, Yupiers juga bisa membuat berbagai kerajinan dari bahan lainnya. Beberapa bahan tersebut adalah seperti membuat kerajinan dari kertas origami, atau bisa juga membuat kerajinan atau mainan dari kardus. Yupiers juga bisa mengajak anak-anak untuk membuat kliping yang kreatif.

Membuat berbagai kerajinan tersebut tentunya akan menjadi salah satu kegiatan mengasah kreativitas yang bermanfaat bagi anak-anak.

Membuat kerajinan-kerajinan tersebut tentunya akan membutuhkan waktu, karena hal tersebut, agar kegiatan bermanfaat tetap menyenangkan, Yupiers dapat memberikan beberapa camilan dari Yupi.

Beberapa camilan tersebut adalah seperti Yupi Jungle Fun, Yupi Dino Land, dan masih banyak lagi camilan Yupi dengan bentuk yang menarik, dan pastinya lezat serta sehat bagi anak-anak.

Semoga informasi tentang kerajinan dari plastisin dari Yumin kali ini bermanfaat untuk Yupiers dan selamat mencoba.

Home Our Story Events Games Profile