menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

15 Judul Film Natal Terbaik, Penuh Kehangatan dan Pesan Moral

Liburan adalah waktu yang paling dinanti oleh kita semua, saat di mana orang-orang dapat melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari dan menikmati momen berharga bersama keluarga dan teman-teman. Salah satu hari libur yang paling ditunggu adalah hari libur Natal. 

Tidak ada momen liburan yang lebih istimewa daripada Natal. Pada hari Natal, suasana hati tentu penuh dengan kehangatan dan kasih sayang. Keluarga juga berkumpul untuk berbagi kebahagiaan melalui kegiatan seperti perayaan Natal, pertukaran hadiah, dan menyantap hidangan bersama keluarga.

Selain kegiatan tersebut, satu hal yang juga menjadi bagian tak terpisahkan dari libur Natal adalah menonton film-film Natal. Film-film ini memiliki keunikan tersendiri dengan menggambarkan cerita-cerita yang penuh keajaiban dengan pesan positif, dan gambaran kegembiraan khas hari Natal.

Banyak film Natal menampilkan cerita-cerita yang ringan, penuh kegembiraan, dan sering kali mengandung aspek komedi. Karakter seperti Santa Claus seringkali muncul dalam film Natal. Kehadiran karakter ini dapat menambahkan unsur-unsur keajaiban dan fantasi yang dapat memikat penonton, terutama anak-anak.

Berbagai film Natal juga cocok untuk ditonton anak-anak dirumah, karena memiliki berbagai pesan moral yang terkandung didalamnya. Seperti kepedulian terhadap orang lain, hingga nilai-nilai didalam keluarga seperti toleransi dan sikap saling menghormati.

Maka dari itu, kali ini Yumin akan membahas 15 film Natal terbaik yang bisa menjadi tontonan kalian bersama keluarga dirumah. Simak baik-baik, ya!

1. Rudolph the Red-Nosed Reindeer
Rudolph the Red-Nosed Reindeer

Rudolph the Red-Nosed Reindeer adalah sebuah film animasi klasik yang diadaptasi dari lagu populer dengan judul yang sama. Dirilis pada tahun 1964, film ini diproduksi oleh Videocraft International dan menjadi salah satu tradisi menonton Natal yang sangat dicintai.

Film ini menceritakan tentang Rudolph, seekor rusa kutub yang memiliki hidung merah yang bersinar terang, merasa terasing karena perbedaannya. Meskipun awalnya dianggap aneh oleh teman-temannya, Rudolph menemukan kekuatan dan keunikan dalam hidungnya yang khas ketika kabut tebal menyelimuti desa. Rudolph menjadi pahlawan ketika hidungnya yang bersinar membantu membimbing kereta pada hari Natal di malam yang gelap.

  • Rating Rotten Tomatoes: 95% Tomatometer dan 84% Audience Score
  • Genre: Animation, Kids & family
  • Durasi: 53 menit
  • Pengisi Suara: Burl Ives, Larry D. Mann, Billie Mae Richards
  • Platform Menonton: Vudu, Prime Video

2. Guardians of the Galaxy: Holiday Special
Guardians of the Galaxy Holiday Special

The Guardians of the Galaxy Holiday Special" merupakan film spesial liburan yang diproduksi oleh Marvel Studios, berdasarkan karakter-karakter dari seri Guardians of the Galaxy. 

Film ini menceritakan Guardians of the Galaxy yang telah mengakuisisi Knowhere dari Collector dan menjadikan Cosmo the Spacedog sebagai anggota baru. 

Setelah itu, ketika Natal semakin dekat, Kraglin bercerita kepada para Guardians tentang bagaimana Yondu merusak Natal Peter Quill saat kecil. Lalu Mantis dan Drax berkolaborasi untuk menemukan hadiah Natal yang dapat menghibur Quill, yang masih sedih karena kehilangan Gamora.

  • Rating Rotten Tomatoes: 94% Tomatometer dan 80% Audience Score
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Holiday
  • Durasi: 44 menit
  • Aktor: Chris Pratt, Dave Bautista, Karen Gillan
  • Platform Menonton: Disney +

3. Tokyo Godfathers
Tokyo Godfathers

Tokyo Godfathers adalah film animasi Jepang yang rilis tahun 2003 yang ditulis dan disutradarai oleh Satoshi Kon. Film ini berkisah tentang tiga orang tunawisma di Tokyo yang menemukan bayi yang ditinggalkan di tempat sampah pada malam Natal. 

Ketiga orang tersebut adalah Gin, seorang pemabuk tua, lalu Hana, seorang transgender yang bercita-cita menjadi seorang ibu, dan Miyuki, seorang gadis remaja yang melarikan diri dari rumah. Gin, Hana, dan Miyuki memutuskan untuk merawat bayi tersebut dan mencari orang tuanya.

Dalam perjalanan mereka, mereka bertemu dengan berbagai orang dan menghadapi berbagai tantangan. Mereka juga mulai belajar lebih banyak tentang diri mereka sendiri dan satu sama lain.

  • Rating Rotten Tomatoes: 92% Tomatometer dan 91% Audience Score
  • Genre: Comedy, Drama, Anime
  • Durasi: 1 jam 30 menit
  • Pengisi Suara: Yoshiaki Umegaki, Aya Okamoto, Toru Emori
  • Platform Menonton: Vudu, Prime Video, Apple TV

4. Gremlins
Gremlins

Gremlins adalah film komedi horor Amerika yang rilis pada tahun 1984 yang disutradarai oleh Joe Dante, ditulis oleh Chris Columbus.

Film ini berkisah tentang Billy Peltzer, seorang pemuda yang menerima mogwai yang merupakan makhluk aneh sebagai hadiah Natal dari kakeknya. Billy diberi tiga aturan untuk merawat mogwai, yakni jangan memberinya makan setelah tengah malam, jangan biarkan terkena sinar matahari, dan jangan biarkan terkena air.

Billy melanggar aturan pertama saat dia memberi makan mogwai setelah tengah malam. Mogwai itu berkembang biak menjadi Gremlins, makhluk kecil yang jahat dan perusak. Gremlins mulai menyerang kota kecil Kingston Falls, New York, menyebabkan kekacauan dan kerusakan dimana-mana.

  • Rating Rotten Tomatoes: 92% Tomatometer dan 91% Audience Score
  • Genre: Holiday, Fantasy, Mystery & thriller, Comedy, Horror
  • Durasi: 1 jam 46 menit
  • Aktor: Zach Galligan, Phoebe Cates, Hoyt Axton
  • Platform Menonton: Vudu, Prime Video, Apple TV, Max

5. The Lego Star Wars Holiday Special
The Lego Star Wars Holiday Special

The Lego Star Wars Holiday Special adalah film televisi animasi yang rilis pada 2020. Film ini menceritakan bagaimana Rey melatih Finn untuk menjadi seorang Jedi. Film ini disutradarai oleh Ken Cunningham dan ditulis oleh David Shayne dan diproduksi oleh Lucasfilm.

Film ini bercerita tentang Rey yang berusaha membimbing Finn menjadi seorang Jedi, tetapi dia merasa kecewa dengan kurangnya perkembangan mereka. Mencari petunjuk dari teks-teks Jedi kuno, Rey menemukan referensi tentang sebuah kunci di planet Kordoku yang dia yakini dapat meningkatkan pelatihan Finn.

  • Rating Rotten Tomatoes: 75% Tomatometer dan 60% Audience Score
  • Genre: Action, Adventure, Animation, Kids & family, Sci-fi
  • Durasi: 49 menit
  • Pengisi Suara: Kelly Marie Tran, Billy Dee Williams, Anthony Daniels
  • Platform Menonton: Disney +

6. The Polar Express
The Polar Express

The Polar Express adalah film animasi musikal fantasi Amerika yang rilis pada tahun 2004 yang disutradarai oleh Robert Zemeckis berdasarkan buku anak-anak tahun 1985 berjudul sama karya Chris Van Allsburg. Pengisi suara di film ini juga merupakan aktor dan aktris papan atas, seperti Tom Hanks, Eddie Deezen, hingga Nona Gaye.

Film ini berkisah tentang seorang anak laki-laki yang skeptis tentang keberadaan Santa Claus. Pada malam Natal, dia mendengar suara kereta api yang lewat di luar rumahnya. Dia mengikuti suara itu dan menemukan kereta ajaib yang membawa anak-anak ke Kutub Utara untuk bertemu dengan Santa Claus.

Dalam perjalanannya, anak laki-laki itu bertemu dengan sekelompok anak lain yang juga percaya pada Santa Claus. Mereka bersama-sama mengalami petualangan yang ajaib, termasuk bertemu dengan makhluk-makhluk ajaib seperti peri dan rusa kutub. Film ini juga menjadi salah satu film Natal terbaik yang dapat kalian tonton bersama si kecil dirumah.

  • Rating Rotten Tomatoes: 56% Tomatometer dan 64% Audience Score
  • Genre: Kids & family, Holiday, Fantasy, Animation
  • Durasi: 1 jam 40 menit
  • Pengisi Suara: Tom Hanks, Michael Jeter, Nona Gaye
  • Platform Menonton: Vudu, Hulu, Prime Video, Max, Apple tv

7. Home Alone
Home Alone

Home Alone adalah film komedi Amerika yang rilis pada tahun 1990 dan disutradarai oleh Chris Columbus, ditulis oleh John Hughes, dan dibintangi oleh Macaulay Culkin sebagai Kevin McCallister, seorang anak laki-laki berusia delapan tahun yang secara tidak sengaja ditinggalkan oleh keluarganya saat mereka pergi berlibur ke Paris. 

Film ini berkisah tentang Kevin McCallister, seorang anak laki-laki berusia delapan tahun yang suka membuat masalah. Pada malam Natal, Kevin bertengkar dengan keluarganya dan mereka secara tidak sengaja meninggalkannya di rumah saat mereka berangkat berlibur ke Paris.

Kevin awalnya senang bisa berada di rumah sendiri, tetapi dia segera menyadari bahwa dia tidak sendirian. Dua pencuri bernama Harry dan Marv telah merencanakan untuk merampok rumahnya. Kevin memutuskan untuk menggunakan kecerdasan dan kreativitasnya untuk melindungi rumahnya dari pencuri tersebut.

  • Rating Rotten Tomatoes: 65% Tomatometer dan 80% Audience Score
  • Genre: Kids & family, Holiday, Comedy
  • Durasi: 1 jam 42 menit
  • Aktor: Macaulay Culkin, Joe Pesci, Daniel Stern
  • Platform Menonton: Vudu, Prime Video, Apple tv, Disney +

8. Elf
Elf

"Elf" adalah sebuah film komedi Amerika tahun 2003 yang mengisahkan tentang Buddy, seorang manusia yang dibesarkan oleh Elf di Kutub Utara. Diceritakan bahwa Buddy, yang besar dan kuat, selalu merasa berbeda dan penasaran tentang asal-usulnya. Seiring tumbuh dewasa, Buddy memutuskan untuk pergi ke New York dengan tujuan menemui ayah kandungnya, Walter Hobbs.

Di bawah penyutradaraan Jon Favreau, "Elf" memperlihatkan perjalanan seru Buddy di kota besar tersebut. Sebagai Elf yang tidak pernah merasa seperti yang lain, Buddy berusaha menemukan tempatnya di dunia manusia, khususnya dalam hubungannya dengan ayah kandungnya. Film ini menampilkan Will Ferrell dalam peran utama sebagai Buddy, membawa penonton melalui petualangan yang penuh tawa dan kehangatan tentang pencarian identitas dan makna keluarga.

  • Rating Rotten Tomatoes: 86% Tomatometer dan 79% Audience Score
  • Genre: Kids & family, Holiday, Comedy, Fantasy
  • Durasi: 1 jam 37 menit
  • Aktor: Will Ferrell, James Caan, Bob Newhart
  • Platform Menonton: Vudu, Hulu, Prime Video, Apple tv, Max

9. The Grinch
The Grinch

The Grinch adalah sebuah film animasi musikal komedi Amerika yang berkisah tentang Grinch, makhluk hijau pemarah dan sinis yang tinggal di puncak gunung Crumpit di atas desa Whoville. Grinch memiliki kebencian mendalam terhadap Natal dan berencana untuk mencuri semua hadiah dan dekorasi Natal dari Whoville. 

Pada malam Natal, bersama anjing setianya, Max, Grinch turun ke Whoville untuk melaksanakan rencananya. Namun, perjalanannya mengambil arah yang tak terduga ketika Grinch bertemu dengan Cindy Lou Who, seorang gadis kecil yang penuh harapan dan masih percaya pada makna sejati Natal. 

Cindy Lou mengundang Grinch ke pesta Natalnya, dan dalam prosesnya, Grinch mulai merenung dan menyadari bahwa mungkin saja dia salah tentang pandangannya terhadap Natal.

Film ini dirilis pada tahun 2018, diproduksi oleh Illumination, dan didistribusikan oleh Universal Pictures. Film ini juga merupakan adaptasi dari buku anak-anak karya Dr. Seuss yang berjudul sama, diterbitkan pada tahun 1957.

  • Rating Rotten Tomatoes: - % Tomatometer dan -% Audience Score
  • Genre: Kids & family, Holiday, Comedy, Adventure, Animation
  • Durasi: 1 jam 22 menit
  • Aktor: Eugenio Derbez, Estefanía Piedra, Fanny Lu
  • Platform Menonton: Prime Video, Apple tv, Netflix

10. A Christmas Carol
A Christmas Carol

Film ini bercerita saat malam Natal yang dingin di London tahun 1843, Ebenezer Scrooge, seorang pengusaha yang terkenal dengan kekikirannya, menolak untuk terlibat dalam perayaan Natal. Bob Cratchit, pegawai yang setia tetapi yang dibayar rendah, meminta Scrooge untuk memberinya libur pada Hari Natal untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya.

Scrooge, yang enggan memberikan sedikit pun waktu atau uang, akhirnya setuju. Kembali ke rumahnya yang suram, Scrooge bertemu dengan hantu mantan rekan bisnisnya, Jacob Marley, yang telah meninggal tujuh tahun sebelumnya. 

A Christmas Carol sendiri adalah film drama musikal Amerika yang rilis tahun 2009 yang disutradarai dan ditulis oleh Robert Zemeckis. Film ini merupakan adaptasi dari novel klasik tahun 1843 dengan nama yang sama karya Charles Dickens. 

Film ini dibintangi oleh Jim Carrey sebagai Ebenezer Scrooge, Gary Oldman sebagai Jacob Marley, Colin Firth sebagai Bob Cratchit, Bob Hoskins sebagai Fezziwig, dan Robin Wright sebagai Belle. 

  • Rating Rotten Tomatoes: -% Tomatometer dan -% Audience Score
  • Genre: Kids & family, Holiday, Comedy
  • Durasi: 1 jam 36 menit
  • Aktor: Jim Carrey, Gary Oldman, Colin Firth
  • Platform Menonton: Prime Video, Disney +

11. Home Alone 2 
Home Alone 2

Home Alone 2: Lost in New York adalah film sekuel yang rilis pada 1992, dari film Home Alone yang pertama. Cerita dimulai ketika Kevin McCallister secara tidak sengaja terpisah dari keluarganya lagi, kali ini di bandara yang sangat ramai, dan akhirnya mendapati dirinya sendirian di New York pada saat liburan Natal.

Sebagai seorang anak yang cerdik dan kreatif, Kevin dengan cepat memutuskan untuk menikmati petualangan di New York. Namun, segera Kevin menyadari bahwa dua penjahat licik, Harry dan Marv, yang sebelumnya pernah ia hadapi, juga berada di kota ini dengan rencana jahat mereka.

  • Rating Rotten Tomatoes: 35% Tomatometer dan 62% Audience Score
  • Genre: Kids & family, Holiday, Comedy
  • Durasi: 2 jam 0 menit
  • Aktor: Macaulay Culkin, Joe Pesci, Daniel Stern
  • Platform Menonton: Vudu, Prime Video, Apple tv, Disney +

12. Rise of the Guardians
Rise of the Guardians

Rise of the Guardians adalah film animasi fantasi petualangan Amerika yang rilis pada tahun 2012 yang diproduksi oleh DreamWorks Animation dan didistribusikan oleh Paramount Pictures. 

Film ini berkisah tentang Guardians, sekelompok pahlawan legendaris yang melindungi harapan, kepercayaan, dan imajinasi anak-anak di seluruh dunia. Mereka harus menjaga dunia dalam keseimbangan dan harus menghadapi sosok jahat yang bernama Pitch Black.

Film ini disutradarai oleh Peter Ramsey dan dibintangi oleh Chris Pine sebagai Jack Frost, Hugh Jackman sebagai Bunnymund, Alec Baldwin sebagai Santa Claus, Isla Fisher sebagai Tooth Fairy, dan Jude Law sebagai Pitch Black.

  • Rating Rotten Tomatoes: 74% Tomatometer dan 80% Audience Score
  • Genre: Kids & family, Adventure, Fantasy, Animation
  • Durasi: 1 jam 37 menit
  • Aktor: Chris Pine, Alec Baldwin, Jude Law
  • Platform Menonton: Vudu, Prime Video, Apple tv, paramount +

13. The Nightmare Before Christmas
The Nightmare Before Christmas

The Nightmare Before Christmas adalah film animasi stop motion musikal fantasi Amerika yang rilis pada tahun 1993 yang disutradarai oleh Henry Selick. Film ini didasarkan pada puisi yang ditulis oleh Tim Burton pada tahun 1982 saat ia bekerja sebagai animator di Walt Disney Productions. 

Film ini bercerita tentang Jack Skellington yang cukup bosan dengan hidupnya dan ingin mencoba hal baru. Jack Skellington yang iri pada hari Natal yang penuh dengan kesenangan. Skellington lalu menyusun rencana buruk untuk mengambil alih momen pesta malam Natal.

  • Rating Rotten Tomatoes: 95% Tomatometer dan 92% Audience Score
  • Genre: Kids & family, Holiday, Fantasy, Comedy, Animation
  • Durasi: 1 jam 15 menit
  • Aktor: Danny Elfman, Chris Sarandon, Catherine O'Hara
  • Platform Menonton: Vudu, Prime Video, Apple tv, Disney +

14. A Christmas Story
A Christmas Story

A Christmas Story adalah film komedi Amerika yang rilis pada tahun 1983 yang disutradarai oleh Bob Clark yang mengisahkan tentang Ralphie Parker, seorang anak laki-laki berusia 9 tahun pada tahun 1940 yang sangat menginginkan senapan angin Red Ryder Carbine Action 200-shot Range Model untuk Natal. 

Namun, keinginannya itu ditentang oleh orang-orang di sekitarnya, termasuk ibunya, gurunya, dan bahkan Santa Claus, yang semuanya khawatir dia akan melukai dirinya sendiri dengan senjata itu.

  • Rating Rotten Tomatoes: 89% Tomatometer dan 89% Audience Score
  • Genre: Kids & family, Holiday, Comedy
  • Durasi: 1 jam 33 menit
  • Aktor: Peter Billingsley, W. Lyle Richardson, Melinda Dillon
  • Platform Menonton: Vudu, Prime Video, Apple tv, Max

15. Arthur Christmas
Arthur Christmas

Arthur Christmas adalah film animasi komedi Natal Amerika yang rilis pada tahun 2011 yang diproduksi oleh Sony Pictures Animation. 

Film ini berkisah tentang Arthur yang membantu Santa Claus untuk mengirimkan jutaan hadiah kepada anak-anak di hari Natal. Arthur adalah salah satu manusia yang membantu Santa Claus mengerjakan hal tersebut.

Film ini disutradarai oleh Sarah Smith dan dibintangi oleh James McAvoy, Hugh Laurie, Bill Nighy, Jim Broadbent, Imelda Staunton, dan Ashley Jensen.

  • Rating Rotten Tomatoes: 92% Tomatometer dan 77% Audience Score
  • Genre: Kids & family, Holiday, Comedy, Fantasy, Drama, Animation
  • Durasi: 1 jam 40 menit
  • Aktor: James McAvoy, Hugh Laurie, Bill Nighy
  • Platform Menonton: Vudu, Prime Video, Apple tv, Max

Apa tema Natal tahun 2023?

Berdasarkan penjelasan dari Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), tema Natal tahun 2023 adalah “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.”

Hari Natal itu seperti apa?

Perayaan hari Natal bagi umat Kristen melibatkan sejumlah tradisi khas, termasuk kehadiran dalam misa Natal, dekorasi rumah dan gereja dengan lampu dan pohon Natal, serta pertukaran hadiah seperti topi Santa sebagai simbol kasih sayang. 

Lagu Natal juga biasanya mengisi suasana dengan kegembiraan, sementara pesan Natal di gereja menyampaikan makna mendalam dari kelahiran Yesus Kristus dan menggarisbawahi nilai-nilai kasih dan kedamaian. 

Meskipun ada variasi dalam beberapa acara, inti dari perayaan Natal tetaplah menghormati serta merayakan kelahiran Yesus Kristus.

Nikmati produk Yupi Special Natal! Cemilan sehat untuk menonton film Natal bersama keluarga!

Saat menonton film Natal terbaik bersama keluarga dirumah, jangan lupa untuk membawa cemilan. Yupi memiliki produk Yupi Special Natal yang berupa Yupi Package Christmas yang berisi berbagai produk Yupi, seperti Yupi Burger Max dan Yupi Big Frank. Selain memiliki rasa yang lezat, produk Yupi ini juga memiliki tekstur kenyal dan memiliki bentuk yang sangat menarik.

Produk-produk ini juga dapat menjadi pilihan tepat sebagai cemilan kalian menonton film Natal bersama anak-anak dan keluarga dirumah. Kalian juga dapat berkreasi dengan membuat Pohon Natal Yupiness atau Topi Cheerful Santa ala Yupi untuk menikmati momen Natal dengan keluarga.

Jangan lewatkan produk Yupi Special Natal untuk menemani Yupiers dan keluarga dirumah menikmati film-film Natal terbaik dari masa ke masa! Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk memberi kado natal untuk orang terdekat, ya!

Sebagai informasi tambahan, Yupiers bisa lho mendapatkan Produk Yupiness Box gratis dengan ikut berkomentar di kolom komentar artikel tentang ucapan natal special 2023! Yuk ikutan jangan sampai kelewatan!

Home Our Story Events Games Profile