cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Ketahui Kebutuhan Gula Per Hari agar Anak Selalu Sehat

Berapa kebutuhan asupan gula untuk anak per hari? Nah, Yupiers bisa temukan jawabannya disini, ya. Seperti yang kita tahu, gula merupakan salah satu zat atau senyawa yang hampir setiap saat dikonsumsi oleh banyak orang termasuk anak-anak.

Banyak manfaat yang kita dapatkan untuk mengkonsumsi gula. Namun gula juga memiliki dampak negatif bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena hal tersebut sangat penting bagi Yupiers untuk mengetahui batas konsumsi gula per hari.

Gula merupakan salah satu karbohidrat yang memiliki rasa manis yang dapat dengan cepat diolah oleh tubuh. Karbohidrat ini memiliki fungsi utama sebagai bahan bakar energi tubuh manusia dan mendukung proses metabolisme dalam tubuh.

Selain itu, gula seringkali digunakan untuk memberikan rasa manis pada sebuah makanan atau minuman. Gula sendiri juga ternyata bisa didapatkan pada beberapa bahan yang alami dan tersedia di alam seperti buah dan madu.

Untuk lebih mengetahui tentang zat yang satu ini, mulai dari batas mengkonsumsi gula per hari untuk anak-anak, manfaat, dan bahaya gula bagi tubuh, serta cara mengontrol asupan gula pada anak, simak beberapa informasi penting dari Yupi berikut ini.

Baca Juga : Daftar Makanan Manis yang Menyehatkan Bagi Tubuh

Batas Konsumsi Gula Per Hari Untuk Anak

Informasi pertama yang akan Yupi bagikan adalah batas konsumsi gula per hari menurut beberapa organisasi kesehatan terkemuka yaitu WHO dan AHA. Berikut ini adalah informasi selengkapnya.

1. Menurut WHO

Menurut WHO (World Health Organization) atau badan kesehatan dunia kebutuhan gula pada anak-anak tidak boleh melebihi 10% dari total kebutuhan energi yang mereka butuhkan.

Anak-anak dengan usia 1 sampai 3 tahun memiliki kebutuhan energi rata-rata 1000 kilo kalori dan hal ini juga berdasarkan angka kecukupan gizi Indonesia.Maka dengan angka tersebut, kebutuhan gula per hari untuk anak-anak dengan usia 1 sampai 3 tahun hanya 25 gram atau setara dengan dengan 6 sendok teh gula per hari.

Sementara untuk anak-anak dengan usia 3 sampai 6 tahun memiliki kebutuhan energi yang lebih banyak, yaitu 1550 kilo kalori. Untuk anak-anak dengan usia tersebut, konsumsi gula per hari mereka adalah 38 gram atau setara dengan 8 sendok teh gula per hari.

Sangat penting juga bagi Yupiers untuk memperhatikan asupan gula yang berasal dari makanan dan minuman yang anak-anak konsumsi dan memperkirakan berapa sisa kebutuhan gula per hari yang masih bisa mereka konsumsi. Hal ini karena beberapa makanan dan minuman yang mereka konsumsi mengandung gula sebagai pemanis atau sebagai bumbu penyedap.

2. Menurut AHA

Selain dari WHO, Yupi juga akan memberikan informasi mengenai batas kebutuhan gula per hari berdasarkan asosiasi jantung Amerika atau AHA (American Heart Association). Menurut AHA, konsumsi gula per hari untuk anak-anak berusia mulai dari 2 sampai 18 tahun adalah 25 gram atau setara dengan 6 sendok teh gula per hari.

AHA juga mengungkapkan angka kebutuhan gula per hari bagi pria dewasa adalah 36 gram atau setara dengan 9 sendok teh dan untuk wanita dewasa adalah 25 gram atau setara dengan 6 sendok teh gula per hari.

Baca Juga : Usia Berapa Anak Kecil Boleh Makan Permen?

Ketahui Manfaat dan Bahaya Gula Bagi Tubuh
manfaat dan bahaya gula bagi tubuh anak

Setelah mengetahui informasi diatas, hal penting berikutnya yang perlu Yupiers ketahui adalah apa sajakah manfaat dan bahaya gula bagi tubuh. Berikut ini adalah informasi selengkapnya.

1. Sebagai Sumber Energi

Manfaat gula yang pertama adalah sebagai sumber energi. Saat gula masuk ke dalam darah, maka gula akan berubah menjadi glukosa yang kemudian diserap oleh tubuh dan dapat menghasilkan energi.

Hal ini juga telah dibuktikan oleh beberapa olahragawan yang mengkonsumsi sugar cube atau gula kotak yang dipadatkan ketika mereka membutuhkan energi secara instan.

Selain melalui sugar cube, Yupiers juga dapat memenuhi kebutuhan gula melalui Yupi Bolicious Lychee atau Yupi Bolicious Strawberry yang memiliki vitamin C dan sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan gula per hari bagi anak-anak.

2. Menimbulkan Perasaan Senang

Manfaat gula yang berikutnya adalah dapat meningkatkan mood atau perasaan senang. Gula dapat mengaktifkan pusat kesenangan yang berada di otak seseorang dan dapat membantu tubuh melepaskan serotonin atau hormon yang dapat meningkatkan perasaan senang seseorang.

Perasaan yang senang ini akan menjauhkan Yupiers dari depresi atau stress yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Saat seseorang mengalami depresi atau stress, otak akan membutuhkan 12% energi lebih banyak dan gula dapat menjadi bahan bakar energi tersebut.

3. Meningkatkan Kemampuan Otak

Manfaat gula yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kemampuan otak seseorang. Sebagai contohnya adalah coklat yang merupakan sumber gula alami yang memiliki kandungan flavonoid kakao.

Kandungan tersebut akan memberikan lonjakan antioksidan dan dapat meningkatkan fungsi kognitif anak-anak serta meningkatkan kemampuan keterampilan seseorang dalam berpikir.

4. Membuat Kulit Menjadi Lebih Sehat

Manfaat gula yang terakhir adalah dapat membuat kulit menjadi lebih sehat. Gula memiliki asam glikolat yang dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Fungsinya untuk meningkatkan kemampuan untuk menjaga keseimbangan minyak pada kulit dan menghilangkan noda pada wajah.

Gula juga dapat memberikan nutrisi tambahan bagi tubuh. Dalam beberapa produk makanan atau minuman yang mengandung gula seperti susu, biasanya akan terdapat beberapa nutrisi tambahan lainnya. Beberapa nutrisi tersebut adalah seperti vitamin, mineral, serat dan antioksidan.

5. Dapat Menyebabkan Kelebihan Berat Badan

Selanjutnya adalah bahaya mengkonsumsi gula terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan. Bahaya mengkonsumsi gula yang pertama adalah dapat menyebabkan kelebihan berat badan. Bahaya ini merupakan bahaya yang paling umum dan sudah banyak penelitian yang membuktikannya.

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang gemar mengkonsumsi makanan dan minuman manis cenderung memiliki berat badan berlebih dan bahkan memiliki resiko lebih besar untuk terkena penyakit diabetes tipe 2.

Dalam penelitian lainnya seseorang yang kelebihan gula juga dapat membuat sel lemak melepaskan bahan kimia yang dapat meningkatkan berat badan.

6. Gigi Berlubang

Bahaya mengkonsumsi gula secara berlebihan yang berikutnya adalah dapat membuat gigi berlubang. Bahaya ini akan semakin meningkat terlebih jika seseorang sering mengkonsumsi makanan manis tanpa mengimbanginya dengan membersihkan mulut dengan baik, benar dan teratur. Sisa-sisa makanan yang ada dan menempel pada gigi inilah yang dapat membuat gigi rentan berlubang. 

Gigi yang berlubang ini dapat menyebabkan beberapa masalah seperti karies gigi atau rusaknya struktur gigi dan bahkan gigi yang berlubang dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Jika kondisi ini dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, maka bisa muncul masalah yang lebih mengkhawatirkan seperti pembusukan gigi.

7. Dapat Merusak Organ Penting

Bahaya mengkonsumsi gula secara berlebihan yang terakhir adalah dapat merusak beberapa organ penting yang ada dalam tubuh manusia seperti hati, pankreas, ginjal, sampai dengan jantung. 

Gula dapat merusak organ hati karena dapat menyebabkan timbulnya lemak berlebih pada organ hati. Pada organ pankreas, jika mengkonsumsi gula secara berlebih dapat membuat pankreas bekerja lebih keras untuk memompa lebih banyak insulin yang dapat merusak pankreas. 

Organ ginjal akan menjadi rusak dikarenakan akibat dari penyakit diabetes yang dapat disebabkan oleh gula berlebih. Sementara pada jantung, dapat membuat dinding arteri menjadi meradang akibat kadar insulin yang meningkat dan membuat jantung lambat laun akan terganggu secara keseluruhan.

Baca Juga : Beberapa Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Makan Makanan Yang Manis

Cara Kontrol Asupan Gula Pada Anak

Informasi terakhir yang akan diberikan oleh Yupi adalah bagaimana cara mengontrol asupan gula pada anak.

Informasi ini sangat berguna bagi Yupiers agar dapat mengatur dan tetap memenuhi angka batas konsumsi gula per hari bagi anak-anak sesuai dengan jumlah yang ditentukan. Berikut adalah beberapa cara tersebut.

1. Mengurangi Makanan dan Minuman Manis

Cara yang pertama adalah dengan mengurangi asupan makanan dan minuman manis yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak.Makanan dan minuman manis merupakan salah satu sumber gula yang dapat masuk ke dalam tubuh dan harus Yupiers perhatikan.

2. Memperhatikan Informasi Kandungan Makanan dan Minuman

Dalam setiap kemasan makanan dan minuman tentunya sudah ada informasi mengenai kandungan apa saja yang ada dalam makanan dan minuman tersebut. Yupiers dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk menjaga kebutuhan gula per hari bagi anak-anak .

3. Melatih Indera Perasa

Cara yang berikutnya adalah dengan melatih indera perasa anak-anak. Yupiers bisa memberikan beberapa makanan dengan rasa yang lainnya selain rasa manis yang ada pada gula. Sangat penting juga bagi Yupiers untuk tidak berlebihan dalam memperkenalkan rasa manis pada gula kepada anak sejak dini.

4. Membuat Makanan dan Minuman Sendiri

Cara berikut ini merupakan salah satu cara yang cukup ampuh untuk Yupiers lakukan untuk menjaga kebutuhan gula per hari anak-anak, caranya adalah dengan membuat makanan dan minuman sendiri.

Dengan membuat makanan dan minuman sendiri tentunya Yupiers dapat dengan lebih mudah untuk mengatur jumlah gula yang ada pada makanan dan minuman yang akan dikonsumsi oleh mereka.

5. Memberikan Pemahaman pada Anak

Cara yang terakhir adalah hal yang paling penting untuk Yupiers lakukan, yaitu dengan memberikan pemahaman kepada anak sejak dini.

Berikanlah arahan dan pemahaman mengenai beberapa hal mengenai gula, mulai dari bahaya jika mengkonsumsi gula secara berlebih, manfaat sampai dengan jumlah konsumsi gula per hari yang dapat mereka konsumsi.

Itulah beberapa informasi tentang gula yang perlu Yupiers ketahui. Berdasarkan informasi tersebut maka sangat penting bagi Yupiers untuk menjaga batas konsumsi gula per hari bagi anak-anak agar tetap sesuai dalam batas yang telah ditentukan dan tetap dapat bermanfaat bagi mereka.

Semoga informasi tentang gula tersebut dapat membantu Yupiers menjadi lebih bijak dalam memenuhi kebutuhan gula per hari bagi anak-anak.