cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Pentingnya Tanggung Jawab Anak di Rumah dan Cara Melatihnya

Hak dan kewajiban atau tanggung jawab merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk Yupiers ajarkan kepada anak. Kedua hal itu dapat kita mulai dari dalam rumah. Mengajarkan tentang hak dan kewajiban atau tanggung jawab anak di rumah memang butuh cara tersendiri.

Hal yang cukup penting adalah agar anak bisa mengerti dan tidak merasa tertekan terutama saat melaksanakan kewajiban atau tanggung jawabnya. Kali ini Yupi akan memberikan beberapa informasi tentang apa sajakah hak dan kewajiban atau tanggung jawab anak di rumah, cara menjadi anak yang bertanggung jawab, serta contoh perbuatan anak yang bertanggung jawab. Simak informasinya berikut ini.

Apa Saja Kewajiban atau Tanggung Jawab Anak?

Hal pertama yang akan Yupi bahas adalah apa saja kewajiban atau tanggung jawab anak di rumah. Kewajiban atau tanggung jawab adalah suatu hal yang harus dilakukan untuk menciptakan keharmonisan. Berikut ini adalah beberapa kewajiban atau tanggung jawab anak di rumah.

1. Kewajiban untuk Belajar

Jika berbicara tentang kewajiban atau tanggung jawab anak, tentunya hal yang paling utama adalah belajar. Belajar tidak haruslah disekolah, belajar tentunya juga dimulai dari rumah. Seorang anak memiliki kewajiban untuk belajar banyak hal, mulai dari mana yang baik dan tidak baik, apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan, sampai dengan belajar mengenai makhluk hidup dan masih banyak hal penting lainnya.

Sebagai orang tua yang baik, sangat penting bagi Yupiers untuk mendampingi dan membimbing atau mengarahkan anak dalam proses belajar mereka. Yupiers dapat juga mendatangi mereka dan mendengarkan apa sajakah pengalaman mereka untuk membantu mereka belajar dari apa yang telah mereka lakukan.

2. Mematuhi Peraturan Keluarga

Kewajiban atau tanggung jawab anak di rumah yang kedua adalah mematuhi peraturan keluarga. Peraturan keluarga biasanya berbeda antara satu keluarga dengan keluarga yang lainnya. Dalam hal ini tentunya setiap anggota keluarga, baik anak-anak maupun orang tua memiliki peran peraturan yang harus diterapkan.

Seorang anak harus terbiasa dengan peraturan yang ada di rumah. Tidak hanya anak, sebagai orang tua, Yupiers juga harus mematuhi peraturan ini sesuai dengan peran Yupiers. Cara terbaik untuk melatih anak agar mematuhi peraturan keluarga adalah dengan mengarahkan dan harus memberikan contoh dalam melakukannya. Sangat penting juga bagi Yupiers dalam mengarahkan hal ini, Yupiers janganlah memaksakan anak terlalu keras.

3. Bersifat Jujur

Kejujuran merupakan salah satu sifat penting yang harus dimiliki oleh semua orang termasuk anak-anak. Sifat jujur haruslah diterapkan dan diajarkan kepada anak-anak sejak kecil. Perlu juga bagi Yupiers untuk mengajarkan bahwa berkata jujur akan jauh lebih baik daripada berbohong.

Kejujuran sangat berkaitan erat dengan kepercayaan seseorang, karena hal tersebut sangat penting bagi Yupiers untuk menjadi sosok yang dipercaya oleh seorang anak. Jangan pernah memarahi mereka sekalipun mereka telah berbuat salah namun telah berkata jujur. 

Cobalah untuk memberikan nasihat dengan cara yang baik dan nyaman agar anak-anak terbiasa dan tidak takut untuk berkata jujur sekalipun mereka merasa telah melakukan hal yang salah.

4. Menjaga Kebersihan Rumah

Kewajiban atau tanggung jawab anak di rumah yang berikutnya adalah menjaga kebersihan rumah. Menjaga kebersihan rumah tidak hanya menjadi tanggung jawab mereka, namun semua orang yang ada dalam rumah tersebut.

Yupiers bisa mengajarkan anak-anak untuk menjaga kebersihan rumah dimulai dari hal-hal yang sederhana seperti mengajak anak untuk menempatkan barang pada tempatnya, merapikan mainan mereka setelah bermain, dan masih banyak lagi hal lainnya. Hal-hal tersebut akan membuat anak mengetahui apa saja yang menjadi tanggung jawab mereka di rumah.

5. Bersikap Sopan dan Santun

Kewajiban atau tanggung jawab anak di rumah yang berikutnya akan Yupi bahas adalah bersikap sopan dan santun. Bersikap sopan dan santun kepada semua orang terutama kepada orang tua merupakan kewajiban yang harus anak-anak lakukan. Setiap orang tua tentunya memiliki caranya tersendiri untuk mengajarkan sopan dan santun kepada anak-anak mereka.

Yupiers dapat mulai mengajarkan tentang sopan dan santun kepada anak-anak dari hal-hal sederhana seperti tidak boleh menaikan kaki ke atas meja makan saat sedang makan, memukul-mukul barang, menggunakan kata panggilan yang sopan kepada orang tua, dan masih banyak lagi hal lainnya.

Hak Anak di Rumah

Setelah mengetahui beberapa kewajiban atau tanggung jawab anak di rumah, anak tentunya memiliki beberapa hak yang harus mereka dapatkan sebagai bagian dari keluarga. Hak adalah sesuatu yang harus seseorang terima. Berikut ini adalah beberapa hak anak di rumah yang harus Yupiers berikan kepada anak.

1. Memperoleh Kasih Sayang

Hak anak yang paling pertama adalah memperoleh kasih sayang. Kasih sayang merupakan hak paling dasar yang harus anak terima dalam sebuah keluarga. Jika sudah memiliki anak, Yupiers haruslah memberikan kasih sayang yang tulus kepada seorang anak.

Memperoleh kasih sayang bisa beragam bentuknya. Salah satunya adalah seperti mengajak anak bermain seperti bermain masak-masakan dengan Yupi Noodles atau bermain permainan lainnya. Yupiers juga bisa meluangkan waktu menonton film bersama sambil menikmati cemilan seperti Yupi Strawberry Kiss 1000 gram dan masih banyak kegiatan lainnya.

2. Mendapatkan Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer yaitu sandang, pangan dan papan merupakan hak semua orang termasuk anak-anak. Mulai dari sandang yang berarti pakaian yang layak. Kemudian ada pangan yang berarti makanan yang dapat memberikan anak-anak nutrisi dan vitamin sesuai dengan apa yang mereka butuhkan pada usia mereka.

Memberikan pakaian dan makanan yang mereka suka juga merupakan bentuk kasih sayang yang dapat Yupiers berikan kepada anak. Lalu ada juga papan yang berarti tempat tinggal yang layak dan nyaman serta merupakan tempat pertama mereka untuk tumbuh dan berkembang. Ketiga hal tersebut akan membuat seseorang merasa aman dan nyaman dan harus anak dapatkan.

3. Mendapatkan Pendidikan

Hak anak yang selanjutnya adalah mendapatkan pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu bekal paling utama untuk memperoleh masa depan yang terbaik bagi anak. Pendidikan ini juga mampu membentuk pola pikir, kebiasaan sampai karakter anak. 

Karena hak yang satu ini cukup penting, maka tidak sedikit orang tua yang bekerja keras untuk memperoleh biaya yang cukup agar anak mereka mendapatkan pendidikan terbaik. Hak yang satu ini juga merupakan hak yang cukup istimewa agar anak tumbuh dengan maksimal.

4. Dapat Mengembangkan Diri

Hak anak yang selanjutnya adalah dapat mengembangkan diri. Setiap anak pasti memiliki perbedaan mulai dari kemampuan sampai apa yang mereka sukai. Karena perbedaan inilah, sangat penting bagi Yupiers untuk memberikan hak agar anak dapat mengembangkan diri mereka sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Selain memberikan hak tersebut, sebagai orang tua yang baik, Yupiers haruslah mendukung apa yang mereka inginkan melihat dari kemauan dan kemampuan mereka. Sebagai contoh apabila anak memiliki ketertarikan atau hobi dalam bidang memasak, maka Yupiers bisa mengajak anak ke dapur dan mengajarkan anak beberapa resep sederhana.

5. Mendapatkan Hiburan

Salah satu hak yang cukup penting adalah hak anak untuk mendapatkan hiburan. Hak yang satu ini juga bisa Yupiers berikan setelah anak melakukan sesuatu untuk mengajarkan tentang hak dan kewajiban atau tanggung jawab anak di rumah.

Masa kecil anak-anak haruslah menjadi masa yang paling menyenangkan dalam hidup mereka. Karena itulah sangat penting bagi Yupiers untuk jangan pernah melakukan eksploitasi agar anak hanya melakukan kewajibannya terus menerus dan tidak mendapatkan hiburan sebagaimana layaknya anak-anak pada umumnya.

Cara Menjadi Anak yang Bertanggung Jawab

Hal berikutnya yang sangat penting adalah beberapa cara yang Yupiers harus terapkan agar anak menjadi sosok yang bertanggung jawab. Untuk hal tersebut, Yupiers bisa memulai dengan menjelaskan tentang tanggung jawab anak di rumah dan mengajarkannya sejak dini.

Arahkan anak untuk melakukan beberapa tanggung jawab mereka. Selanjutnya Yupiers dapat melibatkan anak dalam berbagai aktivitas yang mengajarkan tentang tanggung jawab seperti pekerjaan rumah, melakukan olahraga, mengembalikan barang ke tempat semula atau berbagai aktivitas lainnya dan berikanlah mereka contoh yang baik dalam melakukan aktivitas tersebut.

Yupiers juga dapat mengajak atau memberikan anak aktivitas yang bersifat rutinitas yang baik bagi anak-anak seperti bangun pagi hari dan merapikan tempat tidur, mandi pada waktu yang tepat dan beberapa rutinitas lainnya. Yupiers dapat membantu mereka mulai dari mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan rutinitas mereka sampai membuat jadwal yang mudah mereka pahami

Hal tersebut nantinya akan membuat anak terbiasa untuk melakukan kegiatan yang baik hingga mereka dewasa. Hal penting lainnya adalah mulai mengajarkan anak tentang konsekuensi. Mulailah dari konsekuensi sederhana seperti jika mereka melakukan sesuatu, maka mereka akan mendapatkan konsekuensi yang baik atau buruk dan mereka harus bertanggung jawab terhadap hal tersebut.

Terakhir adalah jangan pernah lupa dan bosan untuk memberikan pujian kepada anak-anak saat mereka sudah melakukan hal baik dan tanggung jawab mereka di rumah. Hal ini akan membuat anak menjadi semangat untuk melakukan apa yang menjadi tanggung jawab mereka di rumah. 

Sebagai tambahan, Yupiers juga bisa mulai memelihara hewan peliharaan dan mengajarkan anak untuk memelihara hewan tersebut. Yupiers bisa membiarkan anak memilih hewan apa yang mereka suka dan ajarkan mereka untuk mulai bertanggung jawab terhadap hewan peliharaan mereka.

Contoh Perbuatan Anak yang Bertanggung Jawab

Setelah mendapatkan berbagai informasi tentang hak dan kewajiban atau tanggung jawab anak di rumah, sebagai orang tua yang baik Yupiers dapat mulai melihat apakah seorang anak sudah memiliki sikap atau perbuatan yang menunjukan bahwa mereka bertanggung jawab. 

Dari beberapa informasi penting yang telah disampaikan Yupi, berikut ini adalah beberapa perbuatan yang dapat menjadi pertanda bahwa mereka adalah sosok yang bertanggung jawab.

  • Memiliki kemauan untuk terus belajar dan mengetahui hal-hal baru
  • Bisa mendengarkan dengan baik apa yang dinasehatkan kepada mereka
  • Terbiasa menjalankan apa yang menjadi peraturan keluarga 
  • Jujur dalam berkata dan bersikap
  • Berani mengakui kesalahan
  • Menjaga kebersihan rumah
  • Merapikan barang-barang mereka sendiri
  • Berkata dan bersikap sopan serta santun kepada orang tua
  • Menjaga barang-barang mereka sendiri

Dan masih banyak lagi perbuatan lainnya yang dapat menjadi pertanda bahwa anak memiliki sikap bertanggung jawab. Sangat penting bagi Yupiers untuk lebih peka dalam mengetahui dan membantu anak memahami apa yang menjadi hak dan kewajiban atau tanggung jawab anak di rumah. 

Semoga informasi penting tersebut membantu Yupiers dalam mengembangkan dan membantu anak tumbuh dengan maksimal sesuai dengan apa yang mereka inginkan dan Yupiers harapkan.