cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Menulis Bagi Anak Sejak Dini : Manfaat dan Caranya

Menulis merupakan aktivitas yang tentu banyak orang lakukan termasuk anak-anak. Aktivitas yang satu ini ternyata sangat bermanfaat bagi anak-anak. Ada beberapa manfaat menulis bagi anak yang mungkin Yupiers belum ketahui. 

Menurut KBBI, menulis adalah aktivitas untuk mengungkapkan gagasan, opini, atau sebuah ide dalam sebuah rangkaian kalimat. Dalam sebuah rangkaian kalimat terdapat juga hasil pemikiran, pandangan, karangan cerita atau penggambaran seseorang tentang sesuatu. 

Seseorang yang menulis tentu juga memiliki tujuan tersendiri, Apakah tujuan tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut dan juga mengetahui apa saja manfaat menulis bagi anak, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Manfaat Menulis Bagi Anak Sejak Dini

Hal pertama yang akan Yupi bahas adalah apa saja manfaat menulis bagi anak dengan usia dini, terutama jika aktivitas ini sering mereka lakukan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari aktivitas menulis yang Yupiers perlu ketahui.

1. Meningkatkan Kecerdasan Anak 

Manfaat menulis bagi anak yang pertama adalah meningkatkan kecerdasan anak, baik itu kecerdasan intelektual maupun kecerdasan kinestetik.

Ketika anak menulis maka dia tentu akan melakukan hal lain seperti mempelajari sesuatu yang baru. Lalu setelahnya anak tentunya akan berpikir secara sistematis dan terstruktur agar tulisannya dapat terselesaikan. 

Selain kecerdasan, beberapa hal lainnya juga ikut meningkat seperti daya ingat, kreativitas, rasa percaya diri dan juga menulis tentunya akan membantu anak mengekspresikan apa yang ada di dalam pikirannya.

2. Media Berkomunikasi

Manfaat menulis bagi anak yang kedua adalah sebagai media berkomunikasi dengan orang lain termasuk dengan orang tua.

Ketika Yupiers membaca tulisan anak-anak, dari tulisan tersebut Yupiers dapat mengetahui beberapa hal mulai dari apa yang mereka pikirkan, apa yang terjadi dalam hidup mereka, bahkan sampai beberapa hal yang mungkin sulit untuk mereka katakan.

Sebagai contoh apabila ada seorang anak yang memiliki sifat pendiam, melalui tulisannya maka Yupiers dapat mengetahui apa saja yang telah terjadi dalam hidup anak tersebut.

Sering kali juga melalui melalui sebuah tulisan, ada beberapa hal yang kurang mereka sukai dalam hidup mereka dan belum bisa mereka sampaikan kepada Yupiers.

Baca Juga : Bangun Komunikasi Cinta Keluarga melalui Momen Kreatif

3. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Manfaat menulis bagi anak selanjutnya dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kegiatan menulis yang akan menambah wawasan anak dengan berbagai kosakata baru yang dia ketahui. 

Jika pada awalnya anak hanya dapat menggunakan kosakata yang sederhana, dengan aktivitas menulis ini, anak akan mulai mengenal berbagai kosakata.

Beberapa kosakata lainnya adalah seperti kosakata yang bersifat resmi, jarang terdengar atau banyak digunakan pada beberapa buku dan media informasi lainnya. Kosakata tersebut akan mereka lihat sebelum mereka menulis.

Selain itu, wawasan Bahasa Inggris anak menjadi luas. Jadi, secara tidak langsung akan mengajarkan anak menguasai dua bahasa.

Manfaat Menulis Untuk Kesehatan dan Otak
mengajarkan-anak-dua-bahasa

Setelah mengetahui beberapa manfaat menulis bagi anak yang perlu Yupiers ketahui, aktivitas menulis juga memiliki beberapa manfaat yang secara spesifik dapat meningkatkan kesehatan dan juga kemampuan otak. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut. 

1. Membuat Jiwa Lebih Tenang

Manfaat menulis untuk kesehatan dan otak yang pertama adalah dapat membuat jiwa seseorang menjadi lebih tenang. Saat seseorang merasakan sesuatu, seperti sedih atau kecewa, maka dengan menuliskan apa yang dia rasakan akan membuat jiwa menjadi lebih tenang.

Hal ini akan lebih baik daripada mengumbar-umbar perasaan tersebut di sosial media. Selain itu juga kualitas tidur yang mungkin sebelumnya terganggu, bisa menjadi lebih baik dengan aktivitas ini.

Jiwa yang lebih tenang ini juga tentunya tidak terlepas dari tingkat stres yang ikut menurun ketika melakukan aktivitas menulis.

Stres juga dapat dirasakan oleh anak-anak, contohnya adalah saat mereka merasa terbebani dengan aktivitas sekolah atau dengan lingkungan dengan teman-teman sepermainannya. Saat mereka merasakan hal tersebut, maka aktivitas menulis dapat mereka lakukan untuk melepaskan beban tersebut. 

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat menulis untuk kesehatan dan otak yang kedua adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh sangat penting bagi kesehatan manusia karena akan mencegah timbulnya berbagai macam penyakit. 

Mengutip dari Intermountain Healthcare, seseorang yang memiliki kebiasaan menulis secara rutin dan ekspresif tentang apa yang dia rasakan, dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu meningkatkan fungsi beberapa organ penting dalam tubuh seperti jantung dan paru-paru.

2. Menyeimbangkan Otak Kiri dan Kanan

Menulis ternyata juga dapat memberikan manfaat untuk menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan seseorang termasuk anak-anak. Otak kiri memiliki fungsi yang lebih mengarah ke analisa dan perhitungan, sementara otak kanan memiliki fungsi yang lebih mengarah ke kreativitas dan imajinasi. 

Banyak orang beranggapan bahwa menulis harus dimulai dengan berimajinasi, padahal hal tersebut belum tentu benar. Yupiers dapat mulai untuk menulis dengan mengetahui beberapa hal dan menentukan tujuan menulis. Nantinya, dengan sendirinya saat Yupiers menulis maka akan mulai melakukan improvisasi seperti berimajinasi dan mengembangkan topik-topik yang sedang ditulis.

Apa Tujuan Menulis?

Setelah mengetahui beberapa hal tentang menulis, mulai dari manfaat menulis bagi anak, manfaat menulis bagi kesehatan dan otak, berikut ini Yupi akan memberikan informasi apa saja yang menjadi tujuan utama dan sering seseorang harapkan ketika menulis, berikut ini adalah informasinya.

1. Memberikan Informasi

Tujuan menulis yang pertama tentunya adalah untuk memberikan informasi. Informasi adalah suatu hal yang telah diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan sesuatu yang bisa dipahami oleh orang lain dan memiliki manfaat bagi orang lain.

Untuk memberikan informasi Yupiers dapat menulis dalam berbagai hal seperti fakta, pendapat, peristiwa, pandangan, sampai dengan data kepada para pembacanya dan masih banyak lagi. Hal-hal tersebut akan menambah wawasan atau pengetahuan baru bagi orang yang membaca sebuah tulisan. 

2. Membujuk

Tujuan menulis yang kedua adalah untuk membujuk seseorang yang membaca sebuah tulisan. Membujuk adalah suatu usaha untuk meyakinkan seseorang yang akan suatu hal.

Untuk membuat tulisan yang membujuk, Yupiers dapat menggunakan gaya bahasa yang bersifat persuasif dan banyak menggunakan kata-kata yang terlihat seperti mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu.

Tulisan yang memiliki tujuan untuk membujuk orang lain adalah sebuah tulisan yang dapat mengajak orang lain untuk menentukan sikap, menyetujui atau mendukung sebuah pendapat atau ide yang tertulis dalam sebuah tulisan. 

3. Mendidik

Tujuan menulis yang berikutnya adalah untuk mendidik. Tujuan ini bisa terlaksana jika Yupiers dapat memberikan wawasan atau pengetahuan baru bagi orang dalam sebuah tulisan. Sebuah tulisan yang mendidik dapat membantu seseorang untuk mengasah kemampuan berpikir dan menambah tingkat kecerdasan seseorang termasuk anak-anak.

Selain melalui tulisan, untuk mendidik anak juga bisa dilakukan dengan cara lain seperti memperkenalkan berbagai macam produk dari Yupi yang memiliki bentuk yang menarik. Hal ini akan membantu anak-anak mengetahui berbagai macam hal seperti bentuk makanan burger melalui Yupi Big Burger, bentuk makanan pizza melalui Yupi Pizza atau berbagai bentuk buah melalui Yupi Fruit Cocktails.

4. Menghibur

Tujuan menulis yang terakhir adalah tujuan menulis yang umumnya dilakukan oleh seseorang ketika menulis, yaitu untuk menghibur. Beberapa karya tulisan seperti novel, cerpen, atau cerita lucu dibuat dengan tujuan yang satu ini.

Sebuah tulisan yang memiliki tujuan untuk menghibur umumnya menggunakan kata-kata yang lebih mudah untuk dipahami seseorang dan bahkan dapat mengajak orang yang membaca tulisan tersebut untuk berimajinasi. 

Baca Juga : Tips dan Manfaat Tetap Bahagia di Kala Pandemi

Mengapa Menulis itu Sangat Penting?

Berdasarkan beberapa informasi penting tentang aktivitas menulis yang telah Yupi sampaikan diatas, maka Yupiers kini tentunya dapat mengetahui alasan mengapa menulis menjadi sangat penting bagi seseorang termasuk bagi anak-anak.

Menulis dapat memberikan berbagai manfaat untuk anak-anak. Beberapa manfaat menulis bagi anak adalah seperti dapat meningkatkan kecerdasan anak, dapat menjadi media berkomunikasi dan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak-anak.

Menulis juga dapat memberikan manfaat untu k kesehatan dan otak seseorang seperti dapat membuat jiwa menjadi lebih tenang dan meredakan stress termasuk pada anak-anak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit, serta dapat menyeimbangkan otak kiri dan kanan seseorang.

Dalam menulis Yupiers juga dapat terlebih dahulu menentukan tujuan apa yang ingin Yupiers raih dalam tulisan yang akan dibuat. Apakah tulisan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi, membujuk, mendidik, atau menghibur orang-orang yang membaca tulisan tersebut.

Itulah beberapa informasi penting mengenai menulis yang perlu Yupiers ketahui. Setelah mengetahui beberapa informasi tersebut, Yupiers bisa mulai mengajak anak-anak agar terbiasa untuk menulis. Semoga informasi dari Yupi ini bermanfaat untuk Yupiers.