menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Cara Menjaga Kesehatan Mental pada Remaja, Efektif & Stabil!

Kesehatan mental merupakan perbincangan yang kini cukup sering dibicarakan. Diantara berbagai topik perbincangan tentang kesehatan mental yang kini sering dibicarakan, topik tentang cara menjaga kesehatan mental pada remaja adalah salah satu topik yang sangat penting Yupiers simak.

Kenapa usia remaja? Hal ini karena pada usia remaja, adalah rentan usia yang paling rentan mengalami perubahan emosional dan psikologis yang signifikan. Oleh karena hal tersebut, menjaga kesehatan mental remaja menjadi sangat penting untuk Yupiers simak.

Menjaga kesehatan mental remaja akan memberikan beberapa manfaat bagi anak remaja tersebut. Beberapa manfaatnya adalah seperti mereka dapat menghadapi tantangan hidup yang lebih baik, dapat menjalin hubungan yang lebih sehat dengan orang lain, dan dapat meraih kualitas hidup yang lebih baik.

Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan remaja yang tepat dan efektif? Berikut ini Yumin akan menjelaskan beberapa cara yang tepat dan efektif untuk menjaga kesehatan mental remaja, simak informasinya berikut ini ya.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental? Terapkan Hal Ini!

Untuk menjaga kesehatan mental remaja, berikut ini adalah beberapa cara yang tepat dan efektif.

1. Pahami Emosi dan Ekspresikan dengan cara yang Sehat

Cara menjaga kesehatan mental remaja yang pertama dari Yumin adalah dengan memahami emosi dan mengekspresikannya dengan cara yang tepat.

Memahami emosi dengan cara tidak menyangkal berbagai perasaan yang sedang dirasakan seperti sedih, marah atau kehilangan, dan menghormati berbagai perasaan tersebut, akan dapat mengurangi tekanan emosional yang dirasakan oleh seseorang.

Setelah dapat memahami dan menerima emosi serta perasaan yang dirasakan, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengekspresikannya dengan cara yang sehat. 

Ada beberapa cara mengekspresikan emosi yang sehat seperti diantaranya adalah dengan menangis, menuliskan apa yang dirasakan, atau bercerita dengan orang yang tepat.

2. Menjaga Pola Tidur yang Teratur

Cara menjaga kesehatan mental remaja yang kedua adalah dengan menjaga pola tidur yang teratur.

Berdasarkan beberapa penelitian, seperti salah satunya adalah penelitian dari Jurnal Cureus tahun 2018, memiliki waktu pola tidur yang tidak teratur akan dapat memberikan efek negatif yang signifikan pada suasana hati seseorang, dan dapat meningkatkan emosi marah menjadi lebih agresif.

Saat seseorang tidak memiliki pola tidur yang tidak teratur, maka pusat emosi di otak tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga rentan terhadap stress.  

Karena hal tersebut, pastikan Yupiers memberikan waktu tidur selama 7 sampai 8 jam sehari kepada para remaja. Yupiers juga bisa mengatasi anak yang susah tidur dengan cara disini!

3. Melakukan Aktivitas Fisik

Salah satu cara paling efektif untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan melakukan aktivitas fisik yang bermanfaat untuk diri sendiri. Perlu Yupiers ketahui, melakukan aktivitas fisik ringan ternyata dapat menenangkan pikiran dan membangun emosi yang lebih baik.

Ada berbagai aktivitas fisik yang mudah untuk dilakukan dan dapat menjaga kesehatan mental, seperti beberapa diantaranya adalah latihan pernapasan, melakukan peregangan, dan berbagai aktivitas fisik yang sejenis.

4. Bersosialisasi Dengan Teman Seusianya

Manusia merupakan makhluk sosial, karena hal tersebut, sangat penting untuk menjaga hubungan sosial dengan sesama termasuk kepada teman sebaya atau seusia.

Memiliki hubungan sosial dengan teman seusia yang baik dapat membantu melindungi seseorang dari stres.

Yupiers dapat mencoba berbagai macam cara untuk menjaga hubungan sosial dengan teman seusia seperti berkumpul bersama, melakukan aktivitas bersama, sampai dengan terlibat dalam beberapa komunitas untuk memperluas jaringan atau koneksi kolega yang bisa bermanfaat kedepannya.

5. Mengurangi Penggunaan Media Sosial yang Berlebihan

Bermain dan menggunakan berbagai media sosial untuk berbagai macam hal tentunya termasuk hal yang menyenangkan. Namun ternyata, jika aktivitas satu ini dilakukan secara berlebihan, maka akan bisa berdampak buruk bagi seseorang.

Sebagai contoh dampak buruk bermain media sosial secara berlebihan adalah bisa saja kita membandingkan diri kita dengan teman-teman atau orang lain di media sosial, yang pada akhirnya akan mempengaruhi mental kita dan membuat diri kita rendah.

Salah satu waktu paling sering bermain sosial media adalah pada saat ketika ingin tidur. Akan jauh lebih baik jika Yupiers tidak bermain media sosial sebelum tidur, menjauhkan gadget dari tempat tidur, dan langsung beristirahat.

6. Praktikkan Teknik Relaksasi dan Mindfulness

Cara menjaga kesehatan mental yang selanjutnya adalah dengan melakukan teknik relaksasi dan mindfulness seperti teknik pernapasan, termasuk salah satunya adalah meditasi.

Aktivitas ini adalah aktivitas yang memusatkan perhatian dan menjernihkan pikiran. Dengan melakukan aktivitas ini, maka pikiran akan menjadi lebih tenang dan akhirnya tingkat stres juga akan menurun.

Dalam melakukan teknik ini, jangan lupa juga untuk melakukan teknik relaksasi latihan pernapasan. Menurut Stanford University School of Medicine dan University of California, melakukan aktivitas meditasi dapat membantu mengatur saraf pada otak yang disebut juga sebagai kompleks pre-Botzinger.

7. Temukan Hobi atau Aktivitas yang Menyenangkan

Cara menjaga kesehatan mental berikutnya adalah dengan menemukan hobi, atau aktivitas lainnya yang menyenangkan untuk dilakukan. Aktivitas-aktivitas ini juga bisa menjadi waktu Yupiers untuk memanjakan diri sendiri.

Yupiers dapat menjalankan berbagai aktivitas yang menyenangkan seperti mendengarkan musik, pergi berbelanja, sampai dengan membaca buku. Atau bisa baca macam-macam hobi untuk anak yang bermanfaat pada artikel tersebut, ya!

8. Minta Dukungan dan Bicarakan dengan Orang Terpercaya

Salah satu cara yang paling tepat lainnya untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan meminta dukungan dan bicarakan dengan orang yang terpercaya.

Saat seseorang sedang dalam kondisi mental yang tidak baik, sendirian menahan semua emosi yang dirasakan tentunya akan sangatlah sulit. Karena hal tersebut, salah satu cara yang paling tepat adalah meminta dukungan dan membicarakannya dengan orang yang tepat serta Yupiers percayakan.

Beberapa orang terpercaya tersebut adalah seperti mulai dari anggota keluarga, seorang psikolog sampai dengan teman yang terpercaya.

9. Perhatikan Gizi dan Pola Makan yang Seimbang

Cara untuk menjaga kesehatan mental selanjutnya adalah tentunya dengan memperhatikan gizi dan pola makan yang seimbang.

Sangat penting bagi Yupiers untuk tetap menjaga asupan gizi dengan mengkonsumsi buah, sayur dan makanan-makanan bergizi seimbang lainnya.

Sebagai rekomendasi terbaik untuk mencukupi kebutuhan gizi sehari-hari, maka Yupiers bisa mempercayakannya kepada beberapa permen Yupi seperti Yupi Bolicious Strawberry, Yupi Bolicious Lychee, dan masih banyak lagi permen Yupi lainnya yang pasti sehat dan juga tentunya enak.

10. Berpikir Positif, Bersyukur & Selalu Hepi

Cara menjaga kesehatan mental terakhir dari Yumin kali ini adalah dengan tetap berpikir positif, bersyukur dan selalu hepi.

Sangat penting bagi Yupiers untuk memiliki pikiran yang positif, meminimalkan negatif di tengah-tengah situasi yang sulit. Mendominasi pikiran dengan berbagai hal-hal yang positif, bersyukur dan selalu hepi tentunya akan dapat meningkatkan kesehatan mental, serta membuat suasana hati menjadi lebih tenang.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan mental pada usia remaja dari Yumin kali ini. Semoga informasi yang sangat penting dari Yumin kali ini tentang bagaimana cara menjaga kesehatan mental tersebut bisa bermanfaat untuk Yupiers.

Home Our Story Events Games Profile