menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Jenis-Jenis Aktivitas Fisik, Contoh & Manfaatnya Untuk Anak

Aktivitas fisik adalah salah satu kegiatan yang pasti akan dilakukan oleh semua orang termasuk anak-anak. Ada beragam jenis-jenis aktivitas fisik yang masing-masing jenisnya tersebut dapat memberikan manfaat yang berbeda-beda. 

Aktivitas fisik sangat penting bagi pertumbuhan semua orang termasuk anak-anak, karena akan memberikan beberapa manfaat seperti dapat meningkatkan kebugaran, sampai dengan menjaga kesehatan jantung.

Bahkan jika seseorang tidak memiliki aktivitas fisik yang cukup, bukan tidak mungkin seseorang akan terkena berbagai masalah kesehatan.

Aktivitas fisik juga tidak harus selalu merupakan aktivitas berat atau aktivitas yang dilakukan di luar rumah, beberapa aktivitas fisik di dalam rumah juga bisa menjadi aktivitas fisik yang akan bisa memberikan banyak manfaat untuk Yupiers.

Karena aktivitas fisik ini sangat penting, kali ini Yumin akan menjelaskan banyak hal tentang aktivitas fisik, termasuk salah satunya adalah beberapa jenis-jenis aktivitas fisik yang penting untuk Yupiers ketahui.

Apa itu Aktivitas Fisik?

Sebelum mengetahui berbagai jenis-jenis aktivitas fisik, ada baiknya Yupiers kembali mengetahui pengertian dari apa itu aktivitas fisik.

Menurut penjelasan Kementerian Kesehatan, aktivitas fisik adalah segala bentuk gerakan yang dilakukan oleh seseorang yang terjadi karena kerja otot rangka, dan menggunakan tenaga serta energi dalam tubuh untuk pergerakannya.

Sementara perlu juga Yupiers ketahui, aktivitas fisik yang dimaksud disini berbeda dengan aktivitas olahraga. Perbedaan tersebut adalah dalam aktivitas olahraga, dilakukan dengan tujuan tertentu seperti memperkuat tangan, atau melatih anggota tubuh lainnya.

Sementara aktivitas fisik, ada beragam jenisnya, dan bahkan beberapa aktivitas yang ringan seperti berjalan juga dapat sebagai aktivitas fisik.

Selain itu juga, aktivitas fisik juga tidak mengenal tempat, atau bisa dilakukan dimana saja. Seperti salah satunya adalah di sekolah, adalah dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Jenis-Jenis Aktivitas Fisik Pada Umumnya

Setelah mengetahui pengertian dari apa itu aktivitas fisik, berikut ini adalah beberapa jenis-jenis aktivitas fisik yang biasa dilakukan oleh seseorang.

1. Aktivitas Fisik Sehari-Hari

Jenis aktivitas fisik yang biasanya umum dilakukan oleh seseorang adalah aktivitas fisik yang sehari-hari sangat sering dilakukan. Beberapa contoh dari aktivitas fisik yang sehari-hari dilakukan adalah seperti berjalan kaki, membersihkan rumah, berkebun, bermain dengan anak-anak, merawat hewan peliharaan, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan beberapa sumber, jumlah kalori yang terbakar pada beberapa kegiatan fisik yang sehari-hari dilakukan ini adalah sebesar 50 sampai 200 kcal per kegiatan.

2. Aktivitas Latihan Fisik

Jenis aktivitas fisik yang sering dilakukan oleh seseorang selanjutnya adalah aktivitas latihan fisik. Aktivitas latihan fisik ini biasanya adalah gerakan yang memang sudah direncanakan dan memiliki struktur tertentu.

Beberapa contoh aktivitas latihan fisik ini adalah seperti pemanasan sebelum melakukan olahraga, bersepeda, berlari dan masih banyak lagi.

3. Olahraga

Jenis aktivitas fisik umum yang berikutnya adalah melakukan olahraga. Hampir sama seperti aktivitas latihan fisik, aktivitas olahraga juga merupakan gerakan yang memang sudah direncanakan dan memiliki struktur atau aturan tertentu. 

Perbedaanya dengan aktivitas latihan fisik, olahraga biasanya memiliki intensitas dan juga gerakan lebih beragam, jika membandingkannya dengan aktivitas latihan fisik pada poin sebelumnya.

Jenis-Jenis Aktivitas Fisik Berdasarkan Kekuatannya

Jenis-jenis aktivitas fisik yang berikutnya juga terbagi berdasarkan tingkat kekuatannya. Beberapa jenis aktivitas fisik tersebut adalah aktivitas fisik ringan, aktivitas fisik sedang, dan juga aktivitas fisik berat.

Untuk mengetahui penjelasan dan berbagai contohnya, simak informasi berikut ini.

1. Aktivitas Fisik Ringan

Jenis aktivitas fisik pertama berdasarkan tingkat kekuatannya adalah aktivitas fisik ringan. Sesuai dengan namanya, aktivitas fisik ringan ini biasanya tidak akan mudah membuat seseorang lelah.

Beberapa contoh aktivitas fisik ringan adalah seperti memasak, mencuci piring, berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, mengemudikan kendaraan bermotor, dan masih banyak lagi.

2. Aktivitas Fisik Sedang

Jenis aktivitas fisik kedua berdasarkan kekuatannya adalah aktivitas fisik sedang. Aktivitas fisik sedang ini biasanya ditandai dengan nafas yang lebih pendek, detak jantung meningkat, sampai dengan suhu tubuh meningkat.

Beberapa contoh aktivitas fisik sedang ini adalah seperti bersepeda, berjalan cepat, naik tangga, menari, dan masih banyak lagi.

3. Aktivitas Fisik Berat

Jenis aktivitas fisik berdasarkan tingkat kekuatannya yang terakhir adalah aktivitas fisik berat. Hampir sama seperti aktivitas sedang, aktivitas fisik berat akan membuat nafas lebih pendek, detak jantung meningkat dan juga suhu tubuh yang meningkat.

Perbedaanya adalah pada aktivitas fisik berat, intensitas dari beberapa hal yang telah disebutkan sebelumnya menjadi lebih meningkat. Selain itu juga, pada aktivitas fisik berat, jumlah kalori yang terbakar akan lebih banyak karena tubuh membutuhkan energi yang lebih banyak.

Jenis-Jenis Aktivitas Fisik Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI)

Selain beberapa jenis aktivitas fisik yang telah disebutkan sebelumnya oleh Yumin, ada juga beberapa jenis-jenis aktivitas fisik menurut National Heart, Lung, and Blood Institute atau NHLBI, yang merupakan sebuah institusi nasional di negara Inggris. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis aktivitas fisik tersebut.

1. Aerobik

Jenis aktivitas fisik pertama menurut NHLBI adalah aerobik. Aerobik adalah salah satu aktivitas dan latihan fisik yang dilakukan dengan mengikuti irama, yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran dan kekuatan tubuh.

Jenis aktivitas fisik ini dapat memperkuat beberapa anggota tubuh seperti jantung, paru-paru dan masih banyak lagi. Beberapa contoh dari aktivitas aerobik ini adalah seperti berjalan, berlari, berenang, bersepeda, dan masih banyak lagi.

2. Peregangan

Jenis aktivitas fisik yang kedua menurut NHLBI adalah peregangan. Peregang ini adalah salah satu bentuk latihan fisik dapat dilakukan ketika otot-otot terasa kaku. Peregang ini juga biasa dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga dengan tujuan agar tubuh menjadi lebih fleksibel dan tidak kaku.

3. Penguatan Tulang

Jenis aktivitas fisik yang selanjutnya menurut NHLBI adalah aktivitas penguatan tulang. Jenis aktivitas fisik ini juga akan dapat memperkuat otot-otot pada tubuh seperti otot kaki, toto lengan, tungkai, dan otot lainnya yang menopang tubuh.

Beberapa contoh dari aktivitas penguatan tulang ini adalah seperti menaiki tangga, latihan lompat tali, berlari dan masih banyak lagi.

4. Penguatan Otot

Jenis aktivitas fisik menurut NHLBI yang terakhir adalah aktivitas fisik penguatan otot. Untuk aktivitas ini, adalah beberapa aktivitas yang memang dilakukan dengan tujuan untuk dapat memperkuat beberapa otot tubuh seperti otot kaki, otot tangan, otot perut dan masih banyak lagi.

Beberapa contoh aktivitas penguatan otot ini adalah seperti latihan mengangkat beban, push up, sit up, plank, dan aktivitas lainnya.

Mengapa Aktivitas Fisik itu Penting Untuk Anak? Ini Manfaatnya!

Setelah mengetahui cukup banyak hal tentang aktivitas fisik termasuk beberapa jenis-jenis aktivitas fisik, berikut ini adalah beberapa manfaat aktivitas fisik terutama bagi anak-anak.

  1. Dapat memperkuat otot dan tulang pada anak agar menjadi lebih kuat.
  2. Dapat membentuk bentuk tubuh yang lebih baik.
  3. Dapat mengurangi risiko mengalami obesitas.
  4. Dapat mencegah terkena diabetes tipe 2.
  5. Dapat menurunkan tekanan darah.
  6. Dapat menurunkan kadar kolesterol darah.
  7. Dapat terhindar dari gangguan kecemasan.
  8. Dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.
  9. Dapat mencegah tubuh dari berbagai macam jenis penyakit.
  10. Dapat meningkatkan kecerdasan karena fungsi otak yang meningkat.
  11. Memiliki pola berpikir yang lebih positif.
  12. Dapat meningkatkan kemampuan fisik.
  13. Dapat menjaga kesehatan fisik.

Itulah beberapa informasi tentang beberapa aktivitas fisik, termasuk beberapa informasi tentang beberapa jenis-jenis aktivitas fisik.

Menjaga kesehatan tidak hanya bisa melalui aktivitas fisik saja, menjaga asupan makanan dan mengkonsumsi berbagai makanan yang sehat untuk tubuh juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sebagai rekomendasi terbaik, Yupiers dapat mengkonsumsi berbagai permen Yupi seperti Yupi Bolicious Strawberry, Yupi Strawberry Kiss, dan masih banyak lagi permen Yupi lainnya yang sehat, serta pastinya juga lezat.

Semoga beberapa informasi tentang beberapa jenis-jenis aktivitas fisik dari Yumin tersebut dapat bermanfaat untuk Yupiers.

Home Our Story Events Games Profile