cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Macam-Macam Hobi dan Manfaatnya Bagi Tumbuh Kembang Anak

Setiap orang pasti memiliki sebuah hobi termasuk anak-anak. Ada macam-macam hobi yang sering dilakukan oleh anak-anak. Dalam masa pertumbuhan anak-anak, sebagai orang tua yang baik sangat penting bagi Yupiers untuk mendukung hobi mereka selagi itu positif.

Secara umum, hobi adalah kegiatan menyenangkan atau kegemaran seseorang pada suatu  hal dan sering dilakukan pada waktu luang dengan tujuan untuk menenangkan pikiran. 

Hobi memiliki banyak sekali manfaat, yaitu seperti baik untuk tubuh maupun perkembangan otak anak-anak. Karena hobi ini sangat penting, kali Yupi akan memberikan informasi macam-macam hobi yang bermanfaat bagi mereka, simak informasinya berikut ini. 

10 Macam Macam Hobi yang Bermanfaat Untuk Anak Di Rumah

Dari berbagai macam hobi yang diketahui banyak orang, berikut ini adalah macam-macam hobi yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak-anak.

1. Menggambar

hobi menggambar

Jenis hobi yang bermanfaat untuk anak yang pertama adalah menggambar. Menggambar merupakan aktivitas dirumah yang menyenangkan bagi anak-anak dan terlihat mudah, namun perlu Yupiers ketahui bahwa menggambar membutuhkan kreativitas yang tinggi dan juga ketekunan.

Kegiatan menggambar ini biasanya juga akan diikuti oleh kegiatan mewarnai yang juga memiliki banyak manfaat bagi anak-anak.

Bagi anak-anak yang memiliki hobi ini, maka Yupiers bisa terus mendukung mereka dengan beberapa cara seperti menyediakan peralatan untuk menggambar, sampai dengan menentukan memasukan mereka ke sekolah seni untuk meningkatkan keterampilan mereka.

2. Menulis

hobi menulis

Macam-macam hobi yang bermanfaat untuk anak yang kedua adalah menulis. Meskipun kegiatan ini sederhana, namun perlu Yupiers ketahui bahwa anak-anak yang memiliki hobi menulis ini dapat menandakan bahwa anak tersebut adalah anak yang cerdas.

Dengan menulis, seorang anak perlu menyalurkan gagasan atau mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran mereka. Manfaat menulis bagi anak akan melatih anak-anak untuk memiliki pemikiran yang tajam dan melatih kemampuan otot tangan mereka.

Baca Juga : 5 Contoh Kegiatan Kreatif Untuk Anak TK, Yuk Cobain!

3. Membaca Buku
macam macam hobi membaca

Buku adalah jendela dunia, dengan membaca buku seseorang akan mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan. Yupiers dapat membayangkan bahwa anak-anak yang memiliki hobi membaca buku pastinya akan memiliki banyak sekali ilmu dan pengetahuan.

Selain memperluas wawasan ilmu dan pengetahuan, membaca buku ternyata juga dapat memberikan beberapa manfaat lainnya.

Beberapa manfaat lainnya tersebut adalah seperti membuat anak-anak menjadi lebih rileks, membuat tekanan darah mereka menjadi lebih baik, melatih daya otak dan konsentrasi mereka. 

4. Belajar Bahasa Asing

Mempunyai kemampuan berbahasa asing merupakan hal yang sangat baik bagi seseorang termasuk anak-anak. Karena dengan memiliki kemampuan tersebut, mereka nantinya akan dapat memperoleh ilmu dan pengetahuan yang luas.

Bagi anak-anak yang memiliki hobi mempelajari dua bahasa asing atau lebih, Yupiers harus mendukungnya. 

Mempelajari bahasa asing juga dapat meningkatkan kecerdasan anak-anak. Mengutip dari Live Science, mempelajari bahasa asing dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Sementara berdasarkan jurnal penelitian dari Frontiers in Psychology, seseorang yang memiliki kemampuan dua bahasa memiliki kinerja dan konsentrasi yang lebih baik.

5. Musik

hobi musik

Hobi yang bermanfaat untuk anak yang selanjutnya adalah musik. Memiliki hobi musik dapat membantu anak-anak untuk melatih otak mereka dengan mengoptimalkan fungsi otak dan kemampuan motorik mereka.

Selain itu juga dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa bermain alat musik dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak-anak, melatih kemampuan untuk memecahkan masalah, sampai melatih anak-anak untuk berpikir kritis.

Anak-anak yang memiliki hobi musik ini dapat Yupiers dukung dengan memberikan alat musik yang baik untuk mereka sampai dengan memasukan mereka ke sekolah seni musik.

6. Memasak
macam hobi memasak

Memasak merupakan hal yang menyenangkan bagi banyak orang termasuk anak-anak. Kegiatan memasak kini tidak hanya untuk anak perempuan, anak laki-laki juga dapat memiliki hobi ini, dan Yupiers dapat mendukung hobi mereka ini. 

Anak-anak yang memiliki hobi memasak jika terus didukung nantinya akan menjadi seorang koki yang terkenal dan mampu menghasilkan pendapatan yang cukup untuk hidup mereka.

Untuk mendukung hobi memasak ini, Yupiers dapat mengajak anak memasak bersama dengan membuat camilan sehat dan berkreasi dengan beberapa produk Yupi seperti Yupi Burger, Yupi Pizza, Yupi Baby Bears dan masih banyak lagi.

7. Olahraga

bermain sepatu roda

Yupiers pasti tentunya mengetahui bahwa melakukan olahraga secara rutin sangatlah baik bagi kesehatan. Namun apakah Yupiers juga mengetahui bahwa melakukan olahraga ternyata juga dapat meningkatkan kecerdasan?

Perlu Yupiers ketahui bahwa berdasarkan sebuah penelitian, melakukan olahraga secara rutin dapat menghasilkan protein yang membantu aliran darah ke otak agar lebih lancar hingga pada akhirnya dapat meningkatkan daya ingat dan fokus seseorang.

Ada macam-macam hobi olahraga yang bermanfaat untuk anak-anak seperti berenang, bermain sepak bola, bermain sepeda dan masih banyak lagi yang dapat Yupiers lakukan bersama mereka untuk mendukung hobi olahraga mereka.

8. Bermain Game

Bermain game sering kali dianggap sebagai hal yang merugikan pada anak-anak. Namun perlu Yupiers ketahui, bermain game dapat mengasah kemampuan berpikir dan motorik anak-anak.

Terlebih jika game tersebut adalah game edukatif yang bermanfaat bagi anak-anak. Game edukatif akan membuat anak mengasah kemampuan berpikir mereka, mengasah mereka untuk bertindak, mengambil keputusan dan memperkirakan suatu resiko. 

Hal ini juga telah dibuktikan sebuah studi longitudinal pada tahun 2013, yang mengatakan bahwa bermain game edukatif memiliki hubungan dengan kemampuan anak-anak untuk memecahkan masalah dan dapat meningkatkan nilai akademik mereka.

9. Bersih-Bersih dan Menata Ruang

Membersihkan dan menata ruang ternyata juga bisa menjadi hobi yang bermanfaat untuk anak-anak. Hobi sangat cocok untuk anak-anak yang aktif dan senang akan kebersihan dan keindahan ruangan.

Misalnya saja seperti merapikan mainannya sendiri di rumah. Kegiatan yang satu ini ternyata dapat memberikan dampak positif pada psikologis anak-anak.

Selain itu juga dengan menata ruang dapat menjadi cara bagi anak-anak untuk menyalurkan kreativitas mereka dan merasa mendapatkan kepercayaan dari orang tua mereka.

10. Berkebun

Dari macam-macam hobi yang sudah dijelaskan sebelumnya, hobi yang unik terakhir dan bermanfaat untuk anak-anak adalah berkebun. Selain untuk mengajarkan anak-anak untuk mencintai lingkungan, berkebun ternyata juga dapat mengasah kecerdasan mereka.

Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa berkebun dapat meningkatkan kecerdasan anak-anak karena mereka harus mempertimbangkan banyak hal seperti memilih tempat berkebun, memilih bibit tanaman yang bagus, mengetahui siklus sampai pertumbuhan tanaman.

Baca Juga : 10 Daftar Cita-Cita yang Bagus Untuk Masa Depan Anak

Manfaat Jika Anak Memiliki Hobi yang Bagus Sejak Dini

Setelah mengetahui macam-macam hobi yang bermanfaat untuk anak-anak, hobi-hobi tersebut bukan hanya sekedar kegiatan yang menyenangkan bagi mereka saja. Hobi-hobi tersebut juga memiliki beberapa manfaat bagi mereka, dan berikut ini adalah beberapa manfaat tersebut.

  • Mempelajari hal baru.
  • Mengembangkan kreativitas.
  • Memberikan waktu beristirahat
  • Mencegah kelelahan.
  • Memicu jenis stress yang sehat.
  • Meningkatkan kemampuan bersosial yang baik.
  • Meningkatkan energi positif.
  • Menyalurkan passion.
  • Meningkatkan kemampuan multitasking.
  • Menemukan minat dan bakat.

Itulah beberapa 10 macam-macam hobi terbaik yang bermanfaat untuk anak-anak dan juga beberapa manfaatnya untuk mereka. Semoga dengan informasi penting dari Yupi tersebut dapat menambah wawasan Yupiers untuk mendukung pertumbuhan anak-anak tercinta.