menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

3 Percobaan Sains Menarik yang Bisa Dilakukan di Rumah

Hi Yupiers!

Siapa nih yang suka banget bereksperimen, khususnya di dunia sains? Beberapa orang bilang sains itu rumit dan memerlukan peralatan canggih. Well, Yumin punya kabar seru nih, Yupiers ngga perlu punya laboratorium ala-ala tokoh dalam film-film fiksi atau peralatan super mahal, karena ada beberapa percobaan sains yang bisa Yupiers lakukan di rumah dengan aman loh! Seru banget, kan? Ayo, jadi ilmuwan ala Yumin dan siapkan diri untuk petualangan sains yang super menarik ini. Ada 3 ide percobaan sains yang mau Yumin bagikan nih! Simak baik-baik biar ngga ada yang ketinggalan ya hihi!

1. Membuat Lava dalam Botol

Siapa sih yang ngga suka melihat aliran lava yang indah dan menakjubkan? Nah, Yupiers bisa menciptakan efek yang mirip dengan lava dalam botol plastik yang sederhana. Dengan botol plastik transparan yang kosong, air, minyak, pewarna makanan, dan tablet alka seltzer yang bisa Yupiers temukan di apotek atau supermarket terdekat. Caranya, isi botol setengahnya dengan air. Kemudian, tuangkan minyak hingga hampir memenuhi botol. Berikutnya, tambahkan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam campuran air dan minyak di botol tersebut. Terakhir, masukkan satu tablet alka seltzer ke dalam botol. Tunggu beberapa detik, dan saksikanlah aliran gelembung-gelembung yang mirip dengan lava, bergerak naik dan turun dalam botol Yupiers!

2. DIY Slime

Hayo siapa yang ngga tau slime? Mainan yang satu ini sudah banyak banget yang jual. Tapi kali ini, Yumin mau ajak untuk buat sendiri di rumah! Alat dan bahannya yaitu lem PVA (lem putih), pewarna makanan, air, dan tepung maizena. Cara membuatnya dengan tuangkan lem PVA secukupnya ke dalam wadah, tambahkan beberapa tetes pewarna makanan sesuai dengan warna yang diinginkan, aduk rata lem dan pewarna makanan. Secara perlahan, tambahkan tepung maizena sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk, lanjutkan hingga campuran mengental dan membentuk tekstur slime yang khas. Jadi deh! Jangan lupa untuk membersihkan tangan setelah bermain dengan slime, ya!

3. Percobaan Air Menolak

Yupiers hanya memerlukan selembar kertas, pensil atau pulpen, dan air. Caranya dengan menggambar bentuk apa pun yang Yupiers inginkan di tengah kertas menggunakan pensil atau pulpen, tuangkan air secara perlahan di atas gambar yang dibuat, dan saksikan apa yang terjadi! Air akan "menolak" bagian yang digambar dan membentuk tetesan-tetesan kecil di permukaan kertas. Fenomena ini disebabkan oleh sifat hidrofobik atau ketidaksesuaian antara air dan tinta atau grafit pada gambar. Yupiers bisa mencoba dengan gambar-gambar yang berbeda untuk melihat efek yang menarik.

Itulah 3 percobaan sains yang menarik dan bisa Yupiers lakukan di rumah bersama teman, pastikan dibimbing juga sama orang dewasa biar lebih aman ya! Anyway, jangan lupa siapin Yupi kesukaan untuk menyemangati praktik sains nanti ya, biar tambah #Yupiness hihi! Yumin kasih rekomendasi Yupi Wild Safari yang bisa Yupiers beli di Yupiland, Shopee, dan Tokopedia!


Dapatkan lebih banyak #Yupiness!

Home Our Story Events Games Profile