menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

7 Manfaat Flashcard Anak, Mainan Seru untuk Latih Daya Ingat

Banyak cara untuk menumbuhkan perkembangan anak. Bukan hanya dengan memberikan asupan bernutrisi, tapi juga memberikan mainan edukatif yang seru. Menurut Childpsych, mainan dapat menstimulasi level perkembangan daya ingat hingga perkembangan emosional anak. Salah satu mainan yang bisa digunakan adalah flashcard anak. 

Sebelum memberikan mainan flashcard, apakah Yupiers sudah tahu manfaat flashcard untuk anak? Tenang, kali ini Yumin akan menjelaskan tentang manfaat flashcard agar Yupiers mudah memahaminya. Simak penjelasan di bawah ya.

Apa itu Flashcard? Media Pembelajaran yang Seru dan Menarik Untuk Anak

Flashcard anak adalah mainan edukasi yang bisa digunakan oleh anak-anak dari segala usia. Menurut Very Well Family, fungsinya adalah untuk mengasah keterampilan anak. Agar anak memiliki kemampuan unggul.

Selain itu, flashcard dirancang untuk membantu anak dalam memahami lingkungan sekitarnya dengan cara yang simpel, tapi juga menarik. Flashcard biasanya dibuat sederhana. Namun, visualisasinya sengaja dibuat eye catching agar menarik perhatian anak.

Meskipun dianggap sebagai mainan, tapi flashcard memiliki sisi-sisi edukasi. Sehingga, anak bisa merasakan pengalaman bermain sekaligus belajar. mainan ini juga memudahkan para orang tua karena proses belajar anak menjadi lebih interaktif dan tidak membosankan.

Sesuai dengan arti namanya, flashcard anak berbentuk kartu yang menampilkan dua sisi. Satu sisi menunjukkan informasi yang bisa dipelajari anak, seperti informasi angka. Sedangkan sisi lainnya berisi informasi dengan visualisasi menarik. Misalnya, visualisasi dadu dengan lima titik yang menggambarkan angka 5.

Inilah Manfaat Flashcard Untuk Anak
manfaat flashcard

Tertarik memberikan flashcard untuk anak untuk menunjang perkembangannya agar optimal? Berikut manfaat flashcard anak yang harus Yupiers tahu terlebih dulu. Sehingga, Yupiers juga bisa memberikan jenis flashcard yang tepat untuk anak.

1. Melatih dan Meningkatkan Daya Ingat Anak

Anak perlu mendapatkan stimulasi yang tepat agar kemampuan otaknya berkembang maksimal.   Selain kemampuan kognitif yang perlu diasah, daya ingat anak juga tak kalah penting untuk diperhatikan.

Orang tua harus memberikan asupan yang dapat meningkatkan daya ingat anak. Imbangi juga dengan memberikan flashcard anak. Mainan ini dapat merangsang kemampuan anak untuk menghafal.

Anak akan terus menerima informasi yang tertera di flashcard. Secara otomatis, anak yang memainkan flashcard akan mengingat informasi tersebut secara berulang. 

2. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus

Saat bermain flashcard, anak akan memegang kartu tersebut. Secara tidak langsung, kemampuan motorik anak dilatih. Khususnya kemampuannya dalam menggunakan tangan.

Menariknya, mainan ini cukup efektif untuk mendukung anak dalam mengkoordinasikan mata dan tangan. Kemampuan motorik halusnya akan terstimulasi dengan baik.

3. Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah

Selain meningkatkan keterampilan motorik halus, flashcard anak juga dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Terutama jika anak diberikan flashcard angka atau pola.

Dengan memainkan flashcard, anak akan berusaha memahami matematika sederhana. Anak juga belajar urutan angka. Dalam proses ini, anak belajar untuk memecahkan masalah atau tantangan.

Flashcard bisa menjadi mainan tepat untuk anak yang tertarik belajar coding. Mengapa? Coding memerlukan kemampuan pemecahan masalah. Nah, kemampuan ini dilatih sejak dini dengan menggunakan flashcard.

4. Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Cepat

Perkembangan kognitif anak juga perlu dioptimalkan. Perkembangan ini mencakup kemampuan membaca dengan cepat.

Nah, manfaat flashcard anak adalah kemampuan membaca akan terstimulasi dengan baik. Pasalnya, mainan ini membuat otak bekerja aktif saat anak memahami visualisasi yang ada di flashcard.

Tak jarang flashcard disertai dengan kata-kata tertentu. Ketika anak memainkannya, maka ia juga belajar mengingat sekaligus membaca kata tersebut. Apabila sering memainkan flashcard, daya ingat anak meningkat. Di sisi lain, anak belajar membaca kata-kata yang dilihatnya dalam flashcard dengan cepat.

5. Membantu Memperkaya Kosa Kata

Salah satu cara mendukung perkembangan anak adalah dengan memberikan mainan yang tepat. Orang tua bisa memberikan mainan rubik untuk melatih otak anak. Selain itu, berikan flashcard anak agar kemampuan kosakatanya juga meningkat.

Dilansir The Utilization of Flashcards in Children Information Literacy Development, mainan flashcard cukup efektif sebagai media belajar. Terutama untuk anak yang baru belajar bahasa, baik bahasa Indonesia atau bahasa asing.

Tak perlu khawatir anak akan bosan ya. Flashcard anak dirancang menarik secara visual. Penggambaran kosa kata tertentu akan disertai dengan gambar. 

Seiring dengan kosakatanya yang bertambah, anak juga belajar mengekspresikan perasaan lewat kata-kata. Ketika semakin tumbuh dewasa, anak akan menjadi sosok yang mudah mengkomunikasikan perasaan atau pemikirannya. 

6. Mengurangi Stres dan Kecemasan pada Anak

Manfaat flashcard anak satu ini juga sangat penting. Ternyata, flashcard punya manfaat yang lebih luas, bukan hanya melatih kemampuan motorik dan kognitif.

Bermain dengan flashcard bisa menjadi cara anak mengurangi stres dan kecemasan. Anak juga tumbuh menjadi lebih percaya diri. 

Proses memecahkan masalah saat bermain flashcard dapat menurunkan risiko anak stres. Di satu sisi, bermain flashcard juga menyenangkan karena mainan ini dirancang menarik secara visual. Anak bisa tahu jenis-jenis warna, kosakata, hingga objek tertentu.

7. Meningkatkan Konsentrasi

Banyak aktivitas yang dilakukan saat anak bermain flashcard. Mulai dari memahami objek, mengenali warna, hingga menghafal atau membaca kata.

Aktivitas-aktivitas tersebut berdampak positif bagi kemampuan konsentrasi anak. Ketika bermain flashcard, anak dikondisikan untuk fokus pada kartu-kartu yang ada di hadapannya. Dengan kata lain, anak pun berusaha tidak terganggu dengan faktor-faktor eksternal.

Flashcard Bisa Digunakan untuk Anak Umur Berapa?

Setelah mengetahui manfaat flashcard anak, berikut penjelasan mengenai kapan waktu yang tepat untuk memberikan anak mainan tersebut. Orang tua bisa memberikan flashcard saat anak masih bayi, yaitu umur 6 bulan. Di umur itu, otak akan mengalami perkembangan pesat sehingga perlu dioptimalkan.

Bahkan, orang tua bisa memberikan flashcard pada anak umur 4 bulan. Hanya saja, pemilihan flashcard-nya harus diperhatikan agar cocok dengan perkembangan anak. Apalagi pemberian flashcard pada anak kurang dari 1 tahun bertujuan untuk menstimulasi saja. Kemampuan anak untuk memahami, membaca, atau mengenali objek belum berkembang baik.

Tips dan Cara Menggunakan Flashcard untuk Anak

Memberikan flashcard anak juga tidak boleh sembarangan. Orang tua harus memperhatikan beberapa hal agar mainan ini benar-benar bermanfaat untuk perkembangan anak. 

Sebaiknya, berikan flashcard gambar dan pola menarik pada anak usia 4-6 bulan. Tujuannya, adalah untuk merangsang kemampuan motorik bayi, terutama gerak mata. Gunakan kartu dengan warna cerah supaya anak semakin tertarik.

Apabila anak sudah berumur 18 bulan, berikan flashcard berisi huruf dan angka. Supaya anak belajar mengenali matematika dan kosakata. 

Satu lagi tips buat Yupiers, coba pisahkan kartu yang dipahami dan kartu yang tidak dipahami anak. Orang tua bisa mengarahkan sesi latihan agar anak memahami kartu-kartu yang memang belum diketahui. Secara tidak langsung, orang tua juga paham apa yang menjadi kesulitan anak dalam proses belajarnya.

Itulah manfaat flashcard anak yang telah dirangkum oleh Yumin. Meningkatkan tumbuh kembang anak memang butuh kesabaran dan usaha keras. Namun, perkembangan anak bisa dioptimalkan dengan cara seru, misalnya dengan menggunakan mainan edukasi yang tepat.

Supaya proses belajar dan bermain anak makin menyenangkan, Yupiers bisa memberikan camilan sehat seperti Yupi Exotic Mango dan Yupi Little Star yang punya bentuk menggemaskan dan rasa manis yang pasti disukai anak-anak.

Home Our Story Events Games Profile