menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Cara Bermain Rubik 3x3 Untuk Pemula & Manfaat Pada Otak Anak

Ada berbagai cara untuk mengasah kemampuan otak anak salah satunya adalah dengan melalui permainan anak yang mengasah otak. Permainan untuk mengasah otak ini sendiri juga ada banyak jenisnya dan salah satu yang paling terkenal adalah permainan rubik.

Saat ini rubik juga banyak jenisnya, mulai dari rubik 2x2, 3x3, 5x5 dan masih banyak lagi. Namun rubik yang paling umum dimainkan adalah rubik 3x3.

Rubik adalah permainan mekanis yang berbentuk kubus di mana setiap sisi kubus tersebut terdapat 9 buah kotak kubus kecil yang memiliki warnanya masing-masing. Pada dasarnya cara bermain rubik ini sangat sederhana, yaitu dengan memutar -mutar kotak kecil tersebut hingga menghasilkan warna yang sama pada setiap sisi rubik. 

Meskipun cara bermainnya sederhana, namun bagi banyak orang cara bermain rubik ternyata cukup sulit. Namun tahukah Yupiers bahwa sebenarnya bermain rubik ini ternyata cukup mudah jika Yupiers mengetahui langkah-langkahnya dengan tepat.

Selain untuk mengasah dan melatih kemampuan otak kanan dan kiri anak permainan rubik ini masih memiliki beberapa manfaat lainnya. Bagi yupiers yang ingin bermain rubik dengan mudah, simak cara bermain rubik 3x3 dari Yupi berikut ini.

Mengenal Istilah Dasar Permainan Rubik
bagian-bagian rubik

Sebelum mengetahui langkah-langkah cara bermain rubik dengan mudah ada beberapa istilah dasar mainan edukasi rubik yang perlu Yupiers ketahui. Beberapa istilah tersebut adalah sebagai berikut.

  • Center: Bagian tengah rubik yang posisinya tidak dapat dipindahkan dan bisa menjadi acuan untuk warna pada setiap sisi rubik.
  • Edge: Bagian tengah pada sisi samping rubik.
  • Corner: Bagian ujung-ujung dari sebuah rubik.
  • Layer: Layer Terbagi menjadi tiga sisi yaitu layer 1 yang berada pada bagian bawah rubik, layer 2 pada bagian tengah dan layer 3 pada bagian atas rubik.

Notasi Dasar Pergerakan Rubik

Setelah mengenal beberapa istilah dasar permainan rubik langkah selanjutnya yang perlu Yupiers ketahui adalah mengetahui beberapa dasar pergerakan rubik. berikut adalah beberapa gerakan dasar tersebut.

  • R (Right): putar sisi kanan rubik mengikuti arah jarum jam.
  • R’ (R aksen): putar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam.
  • L (Left): putar sisi kanan rubik mengikuti arah jarum jam.
  • L’ (L aksen): putar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam.
  • U (Up): putar sisi atas rubik mengikuti arah jarum jam.
  • U’ (U aksen): putar sisi atas rubik berlawanan arah jarum jam.
  • D (Down): putar sisi bawah rubik mengikuti arah jarum jam.
  • D’ (D aksen): putar sisi bawah rubik berlawanan arah jarum jam.
  • F (Front): putar sisi depan rubik mengikuti arah jarum jam.
  • F’ (F aksen): putar sisi depan rubik berlawanan arah jarum jam.
  • f (F kecil): putar sisi depan 2 layer dari rubik mengikuti arah jarum jam.
  • f’ (F kecil aksen): putar sisi depan 2 layer dari rubik berlawanan arah jarum jam.
  • B (Back) : putar sisi belakang rubik mengikuti arah jarum jam.
  • B’ (B aksen): putar sisi belakang rubik berlawanan arah jarum jam.

Langkah-Langkah Menyelesaikan Rubik 3x3 Paling Mudah & Tanpa Rumus

Setelah mengetahui beberapa istilah dasar pergerakan rubik, berikut ini adalah langkah-langkah menyelesaikan permainan rubik dengan mudah.

1. Buatlah Cross atau Tanda Tambah Pada Sisi Berwarna Putih

Langkah pertama untuk menyelesaikan permainan rubik adalah dengan membuat tanda cross atau simbol tanda tambah (+) pada sisi berwarna putih. Hal yang perlu Yupiers perhatikan pada tahap ini adalah agar setiap sisi edge putih sesuai dengan warna center pada sisi yang lainnya. 

Seringkali warna edge ini tidak cocok dengan warna center pada sisi yang lainnya, dan untuk memperbaiki hal tersebut Yupi harus dapat melakukan langkah berikut ini.

R’ > U > F’ > F’

Jika Yupiers berhasil melakukannya, maka hasil akhir untuk langkah yang pertama ini adalah sebagai berikut.
rubik tahap pertama

2. Menyelesaikan Satu Sisi Warna Putih dan Satu Layer

Pada tahap ini, hal yang perlu Yupiers perhatikan adalah sisi corner dari rubik Yupiers. Setiap corner akan memiliki satu warna putih dan dua warna yang lainnya.

Hal yang perlu Yupiers perhatikan pada tahap ini adalah warna pada masing-masing corner dan warna center pada masing-masing sisi rubik.

Setelahnya, ada beberapa langkah yang bisa Yupiers pilih tergantung dari kondisi rubik Yupiers. Perhatikan gambar dan langkanya berikut ini.

Jika rubik Yupiers terlihat seperti ini
rubik 2

Maka Yupiers dapat menggunakan langkah berikut ini D’ > R’ > D > R

Jika rubik Yupiers terlihat seperti ini
rubik 3

Maka Yupiers dapat menggunakan langkah berikut ini R’ > D > R

Jika rubik Yupiers terlihat seperti ini
rubik 4

Maka Yupiers dapat menggunakan langkah berikut ini R’ > D’ > D’ > R > D > R’ > D’ > R

Jika Yupiers telah melakukan langkah pada tahap ini dengan benar, maka hasilnya rubik Yupiers akan terlihat seperti berikut ini.
rubik 5

3. Masukan Edge dan Selesaikan 2 Layer

Langkah yang berikutnya adalah dengan menempatkan edge pada posisi yang benar sehingga rubik Yupiers nantinya pada akhir tahap ini akan terlihat seperti berikut ini.
rubik 6

Untuk membuat rubik terlihat seperti gambar di atas, ada beberapa langkah yang perlu Yupiers lakukan sesuai kondisi rubik Yupiers.

Jika Yupiers ingin memindahkan edge pada posisi berikut ini
rubik 7

Maka langkah yang perlu Yupiers lakukan adalah U > R > U’ > R’ > U’ > F’ > U > F

Jika Yupiers ingin memindahkan edge pada posisi berikut ini
rubik 8

Maka langkah yang perlu Yupiers lakukan adalah U’ > L’ > U > L > U > F > U’ > F’

Ulangi beberapa langkah tersebut sehingga semua edge berada pada posisi yang tepat dan 2 layer rubik telah Yupiers selesaikan.

4. Membuat Cross Sisi Atas

Sama seperti pada langkah awal, untuk menyelesaikan tahap ini adalah Yupiers perlu membentuk pola cross atau tanda tambah (+) sesuai dengan warna center pada sisi ini. 

Ada beberapa langkah yang bisa Yupiers lakukan tergantung kondisi warna pada sisi ini, berikut ini adalah beberapa langkah tersebut.

Jika pada sisi ini terlihat seperti berikut
rubik 9

Maka langkah yang bisa Yupiers lakukan adalah F > U > R > U’ > R’ > F’

Jika pada sisi ini terlihat seperti berikut
rumus rubik 10

Maka langkah yang bisa Yupiers lakukan adalah F > U > R > U’ > R’ > F’

Jika pada sisi ini terlihat seperti berikut 
rubik 11

Maka langkah yang bisa Yupiers lakukan adalah F > R > U > R’ > U’ > F’

Hasil akhir pada tahap ini adalah kubik Yupiers akan terlihat seperti berikut ini.
rubik 12

5. Menyelesaikan Sisi Atas

Untuk menyelesaikan tahap ini, langkah-langkah yang perlu Yupiers lakukan adalah sebagai berikut R > U > R’ > U > R > U > U > R’ lakukanlah 1, 2 atau beberapa kali pada tahap ini sehingga rubik Yupiers akan terlihat seperti berikut ini.
rubik 13

6. Memindahkan Corner Layer Terakhir

Langkah yang selanjutnya adalah memindahkan corner layer terakhir pada posisi yang tepat. Hasil akhir pada langkah ini adalah sebagai berikut ini :
rubik 14

Hal yang perlu Yupiers perhatikan adalah jika 2 corner sudah berada pada posisi yang tepat, maka Yupiers dapat menggunakan langkah-langkah berikut ini R’ > F > R’ > B > B > R > F’ > R’ > B > B > R > R > U’

7. Memindahkan Edge Layer Terakhir

Langkah yang terakhir untuk menyelesaikan permainan rubik ini adalah dengan memindahkan edge ke tempat yang sesuai. Sebelum melakukannya Yupiers perlu memperhatikan gambar berikut ini.
rubik 15

Untuk memindahkan F ke G, G ke H, H ke E dan E ke F atau memindahkan edge sesuai arah jarum jam, maka Yupiers bisa melakukan langkah-langkah berikut ini F > F > U > L > R’ > F > F > L’ > R > U > F lalu putar F kembali. 

Jika ingin memindahkan edge berlawanan dengan arah jarum jam, maka Yupiers bisa melakukan langkah-langkah berikut ini F > F > U’ > L > R’ > F > F > L’ > R > U’ > F > F.

Jika semua edge sudah berada pada posisi yang tepat maka selamat, Yupiers telah menyelesaikan permainan rubik ini dan rubik Yupiers tentunya akan terlihat seperti berikut ini.
rubik 16

Baca Juga : Cara Membuat Kerajinan Dari Kertas Origami Bersama Anak

Manfaat Bermain Rubik Bisa Melatih Otak Anak? Yuk Simak Manfaat Selengkapnya!

Setelah mengetahui cara bermain rubik yang merupakan mainan edukasi bagi anak dengan mudah, bermain rubik memiliki beberapa manfaat bagi anak berikut adalah beberapa manfaat tersebut.

  1. Meningkatkan kemampuan analisa anak.
  2. Meningkatkan kemampuan anak untuk fokus dan berkonsentrasi.
  3. Meningkatkan kesadaran spasial atau kemampuan untuk memahami sebuah objek.
  4. Meningkatkan kemampuan untuk mengenal pola.
  5. Meningkatkan daya ingat.
  6. Meningkatkan gerak refleks pada anggota tubuh anak yaitu tangan dan jari-jari tangan.
  7. Melatih ketekunan.
  8. Melatih kesabaran pada anak.
  9. Membuat pikiran sel-sel otak anak tetap aktif.

Itulah beberapa informasi tentang cara bermain rubik dan beberapa manfaat bermain rubik bagi anak-anak yang perlu Yupiers ketahui. Membuat anak menjadi lebih pintar ada beragam caranya, dan salah satunya adalah melalui game edukasi

Bermain rubik ini tentunya membutuhkan kesabaran, ketekunan dan akan membutuhkan waktu, karena hal tersebut, agar Yupiers tetap bisa berkonsentrasi dalam melakukannya, Yupiers bisa bermain rubik sambil menikmati beberapa camilan sehat dari Yupi.

Beberapa camilan sehat tersebut adalah seperti Yupi Bolicious Strawberry, Yupi Bolicious Lychee dan masih banyak lagi.

Semoga informasi tentang cara bermain rubik dari Yupi kali ini dapat membantu Yupiers menyelesaikan rubik dengan lebih mudah.

Home Our Story Events Games Profile