menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

7 Teknik Vokal Bernyanyi yang Harus Dikuasai Dengan Benar

Bernyanyi adalah salah satu aktivitas yang disukai banyak orang, baik orang dewasa maupun anak-anak. Kegiatan bernyanyi ini juga bisa diasah sejak dini dengan cara mengetahui beberapa teknik bernyanyi yang benar.

Bernyanyi juga bisa menjadi salah satu bakat pada anak-anak yang apabila diasah dengan baik, bukan tidak mungkin anak-anak akan bisa mengikuti beberapa kontes atau ajang pencarian bakat di Indonesia dan berhasil dalam ajang tersebut.

Karena hal tersebut, melatih teknik bernyanyi dan vokal sangat penting untuk dilakukan agar dapat menghasilkan suara yang merdu, jelas serta nyaring.

Ada beberapa teknik bernyanyi dan vokal yang dapat Yupiers latih bersama dengan anak-anak untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi mereka. 

Apa sajakah itu? Kali ini Yumin akan membantu memberikan informasi tentang beberapa teknik bernyanyi dan teknik vokal yang baik serta benar, simak selengkapnya ya.

Apa itu Teknik Vokal Dalam Bernyanyi?

Pertama-tama Yumin akan menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu teknik vokal dalam bernyanyi.

Teknik vokal dalam bernyanyi adalah kemampuan seseorang untuk memproduksi suara yang baik dan efisien saat orang tersebut bernyanyi. 

Dengan menguasai teknik vokal ini, maka seseorang akan menghasilkan suara yang terdengar jelas, indah, merdu, nyaring saat orang tersebut bernyanyi. 

Selain itu juga, dengan melatih teknik vokal yang baik dan benar, maka seseorang juga bisa menghasilkan karakter suaranya tersendiri, yang mana ini bisa menjadi daya tarik yang kuat bagi seorang penyanyi.

Tidak hanya dari sisi suara, dengan menguasai teknik vokal yang baik, maka seseorang juga akan terbantu dalam menjaga anatomi tubuhnya menjadi lebih kuat dan stabil saat bernyanyi. 

Ada beberapa teknik bernyanyi dan teknik vokal yang bisa dilatih setiap harinya, mulai dari artikulasi, resonansi, pernapasan, intonasi serta masih banyak lagi yang nantinya akan dibahas lebih lanjut oleh Yumin pada artikel ini.

Dengan menguasai beberapa teknik bernyanyi tersebut, juga bisa menjadi bekal yang sangat baik bagi anak-anak yang ingin menguasai bidang tarik suara atau ingin menyalurkan bakat dan minat dalam hal bernyanyi. 

7 Langkah Dasar Teknik Vokal Dalam Bernyanyi yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui apa itu teknik vokal dalam bernyanyi, berikut ini adalah langkah-langkah dasar dalam teknik bernyanyi yang baik dan benar.

1. Artikulasi
artikulasi

Dalam teknik bernyanyi dan teknik vokal pertama yang akan dibahas oleh Yumin kali ini adalah artikulasi.

Teknik artikulasi adalah teknik bernyanyi dan teknik vokal yang dilakukan untuk melakukan perubahan saluran pada ruang rongga udara.

Tujuan dari teknik artikulasi ini adalah agar seorang penyanyi dapat menghasilkan bunyi, suara, kata-kata dan kalimat yang jelas saat bernyanyi.

Dalam dunia tarik suara sendiri, teknik artikulasi sendiri dapat diartikan sebagai sebuah teknik pelafalan kata-kata dan kalimat dengan jelas, lancar serta baik, agar pendengar yang mendengarkan dapat dengan lebih mudah, lebih mengerti serta lebih memahami pesan dari lagu yang dinyanyikan.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam teknik artikulasi ini agar dapat dikuasai dengan baik, yaitu seperti posisi mulut, latihan vokalisis dan latihan teknik pembentukan bunyi huruf vokal, a i u e o, serta latihan teknik pembentukan huruf konsonan.

2. Pernapasan

Dalam teknik bernyanyi dan teknik vokal kedua yang akan dibahas oleh Yumin kali ini adalah teknik pernapasan.

Teknik pernapasan menjadi salah satu teknik yang sangat penting saat bernyanyi dan perlu dilatih secara rutin atau berkelanjutan. 

Hal tersebut karena dalam bernyanyi, seorang penyanyi sangat mengandalkan udara yang keluar dan masuk melalui paru-paru. 

Apabila teknik pernapasan ini tidak dilatih secara rutin atau berkelanjutan, maka hal ini akan berdampak pada daya tahan tubuh seorang penyanyi saat bernyanyi sehingga seorang penyanyi bisa tersengal-sengal saat bernyanyi, dan menjadikan lagu yang dinyanyikan mudah terjeda atau terputus.

Dalam teknik pernapasan, terdapat tiga jenis teknik pernapasan yang bisa Yupiers latih setiap harinya. Tiga teknik pernapasan tersebut adalah pernapasan dada, pernapasan perut dan pernapasan diafragma.

Teknik pernapasan dada dalam bernyanyi adalah teknik pernapasan pendek yang cocok untuk lagu yang memiliki nada-nada rendah, namun teknik pernapasan dada ini akan membuat penyanyi lebih mudah kehabisan nafas saat bernyanyi.

Dengan menerapkan teknik pernapasan perut dalam bernyanyi dapat menghasilkan suara yang lebih keras dan dilakukan dengan cara memasukan atau menghirup udara yang kemudian ditahan dalam rongga perut hingga mengembang besar. Teknik pernapasan perut ini juga masih kurang efektif dalam bernyanyi, karena udara yang masuk dan keluar lebih cepat sehingga penyanyi dapat mudah kehabisan nafas.

Terakhir, teknik pernapasan diafragma adalah teknik pernapasan dalam bernyanyi yang paling baik dilakukan oleh seorang penyanyi. Hal tersebut karena penyanyi akan mendapatkan udara yang lebih banyak dan lebih mudah dalam mengontrol udara tersebut sehingga nafas menjadi lebih panjang. 

Pada teknik pernapasan diafragma, nafas dikontrol dengan baik oleh diafragma dan otot bagian kiri, dimana ketika diafragma menegang, rongga perut serta dada akan mengembang sehingga udara yang masuk ke paru-paru menjadi lebih baik.

3. Sikap Badan
sikap badan dalam bernyanyi

Selanjutnya adalah sikap badan saat bernyanyi. Saat bernyanyi, seorang penyanyi sangat perlu mempunyai sikap badan yang baik dan benar. 

Tujuan mempunyai sikap badan yang baik dan benar saat bernyanyi adalah untuk membuat sirkulasi udara yang merupakan hal utama dalam bernyanyi dapat berjalan dengan lebih baik dan lancar.

Sikap badan yang baik saat bernyanyi adalah posisi kepala tegak lurus, pandangan mengarah ke depan, posisi tulang punggung lurus, posisi dada agar membusung ke depan, dan kedua kaki kokoh di lantai dengan sedikit melebar.

4. Resonansi

Teknik bernyanyi dan teknik vokal yang baik serta benar dari Yumin selanjutnya adalah teknik resonansi. Teknik resonansi adalah suatu gejala bunyi yang mengembalikan bunyi ke suatu ruangan lain sehingga menimbulkan gema karena adanya pantulan suara yang berasal dari ruangan dan dinding keras.

Sangat penting menguasai teknik resonasi dalam bernyanyi karena membuat pita suara menjadi lebih indah dan nyaring saat bernyanyi sehingga menghasilkan nyanyian yang enak serta indah untuk didengarkan.

Teknik resonansi secara alami dapat dibentuk dan akan menghasilkan suara yang nyaring. Hal tersebut karena udara yang berasal dari pita suara hanya memiliki ukuran 1,5cm sampai 2cm saja atau bisa juga dikatakan lemah.

Ada empat resonansi pada tubuh manusia yang perlu Yupiers ketahui. 

Ada resonan atas atau langit-langit keras yang terletak di atas mulut dan tenggorokan. Resonan tengah atau terletak pada bagian faring atau mulut bagian belakang. Resonan bawah atau dada, dan terakhir resonan yang tidak bisa diubah dimana letaknya ada pada rongga dahi, tulang baji, rongga tulang saringan serta rongga rahang.

5. Improvisasi

Tidak kalah penting dengan teknik bernyanyi dan teknik vokal yang telah dijelaskan sebelumnya, improvisasi atau teknik pembawaan menjadi sangat penting bagi seseorang saat bernyanyi.

Hal tersebut karena tanpa adanya improvisasi atau teknik pembawaan ini, maka seorang penyanyi tidak akan menarik atau kurang disukai oleh pendengarnya. 

Perlu menjadi catatan penting juga bagi Yupiers, sebaik apapun teknik bernyanyi dan teknik vokal yang dimiliki oleh seseorang, akan tetap saja kurang apabila tidak memiliki improvisasi atau teknik pembawaan yang baik.

Beberapa hal yang mempengaruhi improvisasi atau teknik pembawaan ini adalah seperti tema, tempo, dinamik, ekspresi, irama, pesan lagu dan juga gaya dalam bernyanyi.

6. Intonasi
intonasi

Selanjutnya adalah teknik intonasi. Dari beberapa teknik bernyanyi dan teknik vokal yang telah dijelaskan sebelumnya, teknik intonasi juga sangat penting bagi seorang penyanyi.

Teknik intonasi adalah kemampuan seorang penyanyi dalam menentukan ketepatan tinggi dan rendahnya suatu nada. 

Hal tersebut akan membuat setiap suku kata pada sebuah lirik lagu yang dinyanyikan akan berbeda satu dengan yang lainnya, karena adanya penekanan yang berbeda pada setiap suku kata tersebut.

Seorang penyanyi yang menguasai teknik intonasi dengan baik dan benar, tentunya akan menghasilkan bunyi, suara atau nyanyian yang lebih jernih, nyaring, nyaman untuk didengarkan oleh orang lain.

Ada beberapa cara untuk melatih intonasi dalam bernyanyi yang perlu Yupiers ketahui.

Beberapa cara melatih intonasi dalam bernyanyi adalah dengan latihan bernyanyi dengan tempo yang lambat, kemudian diubah menjadi tempo yang lebih cepat, bernyanyi dengan tempo yang lebih variatif, bernyanyi dengan nada yang lebih variatif mulai dari nada rendah ke tinggi dengan melafalkan artikulasi na, ka, la dan la, serta berlatih intonasi dengan cara latihan bernyanyi dengan menggunakan jenis tangga nada kromatis.

7. Vibrato

Teknik bernyanyi dan teknik vokal terakhir yang akan dibahas oleh Yumin kali ini adalah teknik vibrato. Apa itu teknik vibrato? teknik vibrato adalah teknik vokal yang akan memberikan kesan bergelombang dapat nyanyian yang lagu oleh seorang penyanyi.

Teknik vibrato ini adalah perpaduan antara pengaturan gerak pita suara dan pengaturan pernapasan. Teknik vibrato ini akan memperindah lagu yang dinyanyikan oleh seorang penyanyi. Namun di satu sisi, penggunaan teknik vibrato yang berlebihan juga tidak baik untuk dilakukan.

Seorang penyanyi yang baik harus secara sadar dan terkendali dalam melakukan teknik vibrato ini, baik dalam kapan harus menempatkannya, seberapa panjang serta lebar vibrato yang dilakukan saat bernyanyi.

Tips Melatih Vokal Suara Bernyanyi Agar Bagus dan Tidak Fals

Setelah mengetahui beberapa teknik bernyanyi dan teknik vokal yang baik serta benar, berikutnya Yumin akan memberikan beberapa tips untuk melatih vokal Yupiers, berikut ini adalah beberapa tips tersebut.

  1. Melakukan pemanasan vokal.
  2. Menghindari dehidrasi.
  3. Berlatih secara rutin.
  4. Mengistirahatkan vokal dengan cukup.
  5. Menghindari zat berbahaya seperti merokok atau vaping.
  6. Menghindari bernyanyi dengan tenggorokan.
  7. Hindari bernyanyi saat tenggorokan sakit.
  8. Memahami dan memperbaiki postur tubuh.
  9. Melatih pengucapan agar lebih jelas.
  10. Menggunakan telinga dengan lebih peka dan baik saat bernyanyi.
  11. Mencari kelemahan saat bernyanyi.
  12. Mengetahui dan mengenal vocal range atau kemampuan dalam mengambil nada dalam bernyanyi.
  13. Menyesuaikan suara dan gaya musik dalam bernyanyi.

Punya Bakat Bernyanyi? Yuk Join Yupi Good Talent 2023

Informasi terakhir dari Yumin kali ini adalah informasi yang sangat penting bagi Yupiers yang memiliki bakat bernyanyi.

Bagi Yupiers yang memiliki bakat bernyanyi, kini saatnya Yupiers menunjukan bakat tersebut dalam Yupi Good Talent 2023. Dalam ajang Yupi Good Talent 2023 ini, kemampuan bernyanyi terbaik Yupiers tersebut akan bisa menghasilkan berbagai macam hadiah menarik dari Yupi.

Selain bernyanyi, ada juga beberapa bakat yang dapat ikut serta dalam Yupi Good Talent 2023 ini seperti menari, bermain alat musik, dan masih banyak lagi. Yuk, join sekarang juga disini!

Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi berbagai macam camilan lezat dari Yupi seperti Yupi Strawberry Kiss, Yupi Bolicious Strawberry, dan masih banyak lagi camilan lezat, sehat enak dari Yupi lainnya.

Semoga informasi tentang teknik bernyanyi dan teknik vokal dari Yumin kali ini bermanfaat untuk Yupiers.

Home Our Story Events Games Profile