menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

8 Contoh Cerita Pendek Tentang Liburan Sekolah, Singkat & Seru!

Ketika waktu liburan sekolah tiba, tidak sedikit juga guru yang tetap memberikan tugas kepada mereka, misalnya seperti membuat cerita pendek tentang liburan sekolah. Tujuan diberikan tugas ini adalah bisa menjadi pengisi waktu luang anak-anak agar tetap belajar, namun tentu saja dengan intensitas yang lebih rendah.

Ada berbagai contoh cerita pendek tentang liburan sekolah yang bisa menjadi contoh tugas untuk anak-anak ini. Seperti apa sajakah contoh cerita pendek tentang liburan sekolah bagi anak-anak tersebut? Simak selengkapnya di sini ya.

Kumpulan Cerita Pendek Tentang Pengalaman Liburan Sekolah

Waktu liburan sekolah adalah salah satu waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh semua anak-anak sekolah. Pada waktu liburan sekolah ini, tentunya anak-anak bisa bersenang-senang menikmati waktu mereka, seperti pergi ke tempat wisata, melakukan aktivitas yang menyenangkan dan belum pernah dilakukan, serta masih banyak lagi hal lainnya. Berikut ini adalah beberapa cerita pendek tentang liburan sekolah dari Yumin :

1. Cerita Pendek Liburan Sekolah "Petualangan Seru Liburan di Pantai"

Pada suatu liburan sekolah yang cerah, Mia dan keluarganya memutuskan untuk pergi berlibur ke Pantai Carita. Mereka sangat bersemangat karena akan menghabiskan waktu bersama di tepi pantai yang indah. Saat tiba di pantai, mereka merasa kagum dengan keindahan alam sekitar dan bersiap-siap untuk menjalani petualangan seru.

Mia dan adiknya, Rian, segera berlari ke tepi air dan merasakan pasir putih di antara jari-jari kaki mereka. Mereka berlarian ke sana kemari, tertawa riang, dan merasakan tetes-tetes air laut yang menyegarkan. Ayah dan ibu mereka duduk di dekatnya, menikmati sinar matahari yang hangat sambil membawa bekal makan siang.

Namun, petualangan yang seru tak selalu berjalan mulus. Ketika mereka sedang menikmati ombak yang datang dan pergi, sepupu mereka, Andi, tanpa sengaja terbawa ombak yang kuat. Keadaan menjadi panik, namun beruntungnya, seorang penjaga pantai dengan cepat datang untuk menyelamatkan Andi. Insiden itu meninggalkan kesan mendalam bagi mereka semua, dan menjadi pengingat akan pentingnya keselamatan di pantai.

Setelah kejadian tersebut, orang tua Mia memberikan instruksi kepada mereka semua untuk berhenti berenang dan membersihkan diri sebelum makan siang. Mereka semua patuh pada perintah tersebut, karena mereka menyadari betapa pentingnya menjaga keselamatan saat berlibur.

Setelah makan siang, Mia dan keluarganya melanjutkan petualangan mereka di pantai. Mereka bermain layang-layang, membangun istana pasir, dan berjalan-jalan di sepanjang tepi pantai yang indah. Mereka menikmati suara deburan ombak dan angin sepoi-sepoi yang melintas.

Waktu berlalu begitu cepat, dan hari sudah hampir sore. Mia dan keluarganya memutuskan untuk mengakhiri petualangan mereka di pantai Carita dengan makan malam bersama di restoran pinggir pantai. Mereka duduk di meja dengan senyum bahagia di wajah mereka, berbagi cerita dan kenangan indah yang mereka buat selama liburan ini.

Malam itu, saat mereka pulang ke rumah, Mia dan keluarganya merasa bahagia dan puas dengan petualangan seru mereka di pantai. Mereka memutuskan bahwa liburan sekolah ini adalah salah satu yang terbaik yang pernah mereka alami.

Akhirnya, liburan sekolah pun berakhir, dan Mia serta keluarganya kembali ke kehidupan sehari-hari mereka dengan penuh kenangan indah dari petualangan seru di pantai. Liburan sekolah telah memberikan mereka pengalaman yang tak terlupakan dan mengisi masa istirahat mereka dengan kebahagiaan dan kegembiraan.

2. Liburan Dirumah Nenek yang Indah dan Seru

Pada suatu liburan sekolah yang cerah, Rina dan keluarganya memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan di rumah nenek mereka yang terletak di sebuah desa yang indah. Mereka sangat antusias dengan rencana ini karena mereka tahu bahwa liburan di rumah nenek selalu penuh petualangan dan kegembiraan.

Ketika tiba di rumah nenek, udara segar dan harum bunga menyambut mereka. Mereka merasa seolah-olah memasuki dunia yang penuh keajaiban. Tanpa membuang waktu, Rina dan adiknya, Dika, segera menjelajahi halaman belakang rumah nenek dengan penuh semangat. Mereka berkeliling dengan hati-hati, mengeksplorasi setiap sudut halaman dengan rasa ingin tahu yang besar. Tumbuhan hijau yang lebat dan bunga-bunga yang mekar memikat perhatian mereka, seakan mereka menjadi penjelajah yang menemukan spesies tanaman baru dengan setiap langkah. Mereka bahkan bertemu dengan serangga-serangga kecil dan belajar tentang kehidupan mereka. Tidak puas hanya dengan halaman belakang, Rina dan Dika meminta izin kepada nenek mereka untuk menjelajahi desa sekitar. Dengan persetujuan dan bimbingan nenek, mereka berjalan di sepanjang jalan-jalan kecil desa, bertemu penduduk lokal yang ramah, yang berbagi cerita menarik tentang sejarah desa, tradisi, dan kehidupan liar yang ada di sekitar desa tersebut. Dengan penuh antusias, mereka mendengarkan dan mengajukan banyak pertanyaan, sehingga mereka mendapatkan pengetahuan yang berharga tentang desa tersebut. Namun, petualangan mereka belum berakhir. Rina memutuskan untuk menjelajahi hutan di dekat rumah nenek, di mana pohon-pohon tinggi dan pepohonan lebat mengelilinginya. Bergerak perlahan, ia dengan saksama mengamati setiap suara dan gerakan di sekitarnya.

Selama liburan di rumah nenek, Rina dan keluarganya juga menikmati momen-momen kebersamaan yang indah. Mereka menghabiskan waktu berkumpul di sekitar meja makan, bercerita, berbagi tawa, dan menikmati hidangan lezat yang disiapkan oleh nenek. Momen ini menguatkan ikatan keluarga mereka dan membuat mereka merasa bahagia.

Meskipun liburan ini hanya di rumah nenek, Rina dan keluarganya merasa bahwa mereka telah mengalami petualangan yang indah dan seru. Mereka merasa bersyukur dapat menghabiskan waktu bersama-sama, menjelajahi alam sekitar, dan menciptakan kenangan tak terlupakan. Liburan di rumah nenek memberikan mereka kesempatan untuk melupakan kesibukan sehari-hari dan menikmati keindahan sederhana yang ada di sekitar mereka.

Akhirnya, liburan sekolah pun berakhir, dan Rina serta keluarganya kembali ke rutinitas sehari-hari mereka. Namun, mereka membawa pulang kenangan yang indah dan cerita-cerita seru tentang liburan di rumah nenek yang akan mereka simpan selamanya.

3. Petualangan Seru Liburan di Kota Wisata

Pada liburan sekolah yang baru-baru ini, Rani dan keluarganya memutuskan untuk pergi berlibur ke kota wisata yang menarik. Mereka sangat bersemangat untuk menjelajahi tempat-tempat baru dan menciptakan kenangan indah bersama.

Ketika tiba di kota wisata, mereka disambut dengan keindahan pemandangan alam yang memukau. Udara segar dan sinar matahari yang cerah membuat semangat mereka semakin tinggi. Mereka memulai petualangan mereka dengan mengunjungi taman bermain yang menawarkan berbagai atraksi seru. Rani dan adiknya bermain roller coaster, wahana perosotan, dan bermain di taman air yang menyegarkan.

Tidak hanya itu, keluarga Rani juga mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah yang menakjubkan. Mereka mengunjungi museum yang dipenuhi dengan peninggalan sejarah, seperti benda-benda purbakala dan lukisan-lukisan indah. Mereka juga mengikuti tur keliling kota untuk mengetahui lebih banyak tentang budaya dan tradisi setempat.

Selama liburan, Rani dan keluarganya juga menikmati kelezatan kuliner khas daerah tersebut. Mereka mencicipi hidangan lezat seperti makanan tradisional, makanan laut segar, dan camilan khas yang membuat lidah mereka bergoyang.

Selain mengunjungi tempat-tempat wisata, Rani dan keluarganya juga menghabiskan waktu bermain dan bersantai di pantai yang indah. Mereka bermain pasir, berenang di laut yang jernih, dan menikmati keindahan matahari terbenam yang spektakuler. Setiap hari di pantai memberi mereka kesempatan untuk bersantai, bermain, dan menikmati keindahan alam.

Saat liburan sekolah berakhir, Rani dan keluarganya merasa bahagia dan puas dengan petualangan seru mereka di kota wisata. Mereka membawa pulang kenangan yang indah dan pengalaman yang tak terlupakan. Liburan sekolah ini mengajarkan mereka tentang keindahan alam, keanekaragaman budaya, dan pentingnya menjaga kebersamaan dalam keluarga.

4. Petualangan Seru di Taman Wisata Alam

Pada suatu liburan sekolah yang indah, saya dan teman-teman sekelas memutuskan untuk pergi berpetualang ke Taman Wisata Alam. Cerita ini mengisahkan pengalaman seru kami selama berlibur di taman wisata tersebut.

Kami berangkat pada pagi hari dengan bus sekolah yang telah disediakan. Setelah perjalanan yang cukup lama, kami tiba di Taman Wisata Alam yang luas dan indah. Udara segar dan pepohonan hijau menyambut kami dengan hangat.

Kami segera memulai petualangan kami dengan menjelajahi berbagai jalur hiking yang ada di taman wisata. Kami berjalan melalui hutan yang rimbun, melintasi jembatan gantung, dan melewati sungai yang jernih. Setiap langkah kami dipenuhi dengan kegembiraan dan keindahan alam.

Selama perjalanan, kami bertemu dengan berbagai jenis flora dan fauna. Kami melihat burung-burung berwarna indah, kupu-kupu yang menari di sekitar bunga, dan kera-kera yang lincah bermain di pepohonan. Kami merasa seperti berada di dunia yang baru dan menakjubkan.

Tidak hanya itu, kami juga mencoba beberapa aktivitas menarik di taman wisata. Kami mengikuti kegiatan outbound, seperti panjat tebing dan flying fox, yang membuat kami merasakan adrenalin yang menggebu-gebu. Kami juga mengikuti workshop tentang menjaga kelestarian alam dan pentingnya menjaga lingkungan.

Setelah seharian berpetualang, kami kembali ke area perkemahan yang telah disediakan. Kami berkumpul di sekitar api unggun sambil memanggang marshmallow dan bercerita tentang pengalaman seru yang telah kami alami. Tawa dan keceriaan mengisi malam itu.

Pagi harinya, sebelum pulang, kami mengunjungi pusat informasi taman wisata untuk belajar lebih banyak tentang flora dan fauna yang kami temui selama petualangan kami. Kami juga membeli beberapa oleh-oleh dari toko souvenir sebagai kenang-kenangan.

Liburan sekolah di Taman Wisata Alam menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi kami. Kami belajar tentang keindahan alam, pentingnya menjaga lingkungan, dan mengasah keterampilan petualangan kami. Liburan ini mengisi hari-hari kami dengan kegembiraan dan menambah kenangan indah dalam hidup kami.

5. Berkunjung Melihat Hewan-Hewan Hutan di Kebun Binatang

Pada liburan sekolah yang baru saja berlalu, saya dan keluarga memutuskan untuk menghabiskan waktu di kebun binatang. Kami sangat antusias untuk melihat berbagai hewan-hewan yang hidup di dalamnya. Cerita ini mengisahkan pengalaman seru kami saat berkunjung ke kebun binatang.

Kami tiba di kebun binatang pada pagi hari yang cerah. Udara segar dan riuh-suasana dari pengunjung yang lain membuat kami semakin bersemangat. Ketika masuk ke dalam, kami disambut oleh berbagai suara hewan yang menggema di sekitar.

Pertama-tama, kami mengunjungi area hewan-hewan hutan. Di sana, kami melihat macan tutul yang sedang tidur nyenyak di atas batu besar. Di sebelahnya, seekor harimau sedang berjalan dengan anggun di dalam kandangnya. Suara deru harimau membuat kami merinding, namun tetap takjub dengan keindahannya.

Kemudian, kami berjalan ke area monyet. Terdapat banyak jenis monyet yang bermain riang di atas pohon-pohon tinggi. Mereka saling berlomba-lomba dan bermain-main dengan lincah. Tawa anak-anak yang riang mengisi udara ketika melihat kelucuan tingkah laku mereka.

Setelah itu, kami mengunjungi area khusus untuk berinteraksi dengan beberapa hewan-hewan kecil. Kami memberi makan kelinci-kelinci yang lucu dan mengelus-elus bulu lembut seekor burung hantu. Kami juga menyaksikan pertunjukan dengan burung-burung berwarna yang indah.

Tak terasa waktu berlalu dengan cepat. Kami merasa sangat senang dan puas dengan pengalaman berkunjung kami. Sebelum pulang, kami mengabadikan momen dengan berfoto bersama beberapa hewan di latar belakangnya.

Kunjungan kami ke kebun binatang memberikan banyak pengetahuan dan kegembiraan. Kami belajar menghargai kehidupan hewan-hewan yang ada di sekitar kita. Kami juga semakin sadar akan pentingnya pelestarian alam dan keberlanjutan kehidupan hewan-hewan di dunia ini.

6. Camping Seru Bersama Keluarga

Pada liburan sekolah yang tiba, keluarga kami memutuskan untuk mengadakan camping seru di tengah alam bersama-sama. Kami sangat antusias dengan petualangan ini dan sudah menyiapkan segala perlengkapan yang diperlukan.

Kami memilih lokasi camping di sebuah hutan yang terletak jauh dari keramaian kota. Setibanya di sana, kami segera memasang tenda dan membuat api unggun. Suasana sekitar begitu alami dan menenangkan. Kami bersemangat untuk menjelajahi hutan sekitarnya dan melihat berbagai keindahan alam.

Selama camping, kami melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Kami berjalan-jalan di sekitar hutan, menemukan jejak binatang, dan mengamati berbagai jenis burung yang berkicau di pepohonan. Kami juga mengikuti petualangan menyusuri sungai kecil yang mengalir di dekat tempat kami berkemah. Airnya begitu jernih dan segar, membuat kami merasa segar kembali setelah beraktivitas seharian.

Pada malam hari, kami mengadakan acara bakar-bakaran dan bermain permainan tradisional di sekitar api unggun. Kami berbagi cerita, tawa, dan kebersamaan yang sangat berharga. Rasanya begitu akrab dan hangat di tengah kegelapan malam

Keesokan harinya, kami menyaksikan matahari terbit yang indah. Kami merasa begitu dekat dengan alam dan merasa bahagia bisa menghabiskan waktu bersama keluarga di tempat yang begitu alami dan tenang. Setelah sarapan pagi, kami membersihkan area perkemahan dan membongkar tenda.

Kembali ke rumah, kami membawa pulang kenangan yang tak terlupakan dari camping seru bersama keluarga. Pengalaman ini tidak hanya meningkatkan ikatan keluarga, tetapi juga memberikan pengertian pentingnya menjaga alam dan kehidupan di dalamnya.

7. Berwisata Keliling Jogja yang Seru

Pada liburan sekolah yang penuh keceriaan, keluarga kami memutuskan untuk berwisata keliling Jogja yang seru. Kami sangat antusias menjelajahi berbagai destinasi menarik di kota ini.

Hari pertama kami mengunjungi Taman Pintar, sebuah tempat edukasi yang menyenangkan. Di sana, kami menikmati berbagai atraksi interaktif dan melakukan eksperimen sains yang menarik. Kami belajar tentang sains dengan cara yang menyenangkan dan mendapatkan pengetahuan baru yang bermanfaat.

Hari berikutnya, kami mengunjungi Keraton Yogyakarta. Kami terpesona dengan keindahan arsitektur tradisional yang dimiliki Keraton ini. Kami berjalan-jalan di dalam kompleks keraton, mengagumi bangunan-bangunan bersejarah, dan mendengarkan penjelasan dari pemandu wisata yang ramah. Kami juga melihat pertunjukan tari tradisional yang memukau.

Selanjutnya, kami mengunjungi Candi Borobudur. Kami terpesona dengan keagungan dan keindahan candi ini. Kami berkeliling di sekitar candi, mengagumi relief-relief yang indah, dan memanjat ke puncak candi untuk menikmati pemandangan yang spektakuler. Kami merasa begitu dekat dengan sejarah dan budaya Indonesia.

Tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Pantai Parangtritis. Kami menikmati deburan ombak yang menghampar luas, bermain pasir, dan menikmati matahari terbenam yang indah. Kami juga mencoba berbagai makanan khas pantai, seperti bakpia pathok dan wedang ronde.

Setelah beberapa hari berkeliling Jogja, kami pulang dengan hati yang penuh kenangan indah. Kami sangat senang dapat menghabiskan waktu bersama keluarga sambil menikmati keindahan dan keunikan kota Jogja. Liburan ini benar-benar seru dan kami berharap dapat kembali lagi ke Jogja di lain waktu.

8. Menikmati Berbagai Tempat Wisata di Jakarta

Pada liburan sekolah kali ini, kami berkesempatan untuk menikmati berbagai tempat wisata menarik di Jakarta. Kami sangat antusias menjelajahi keindahan dan budaya kota ini.

Hari pertama, kami mengunjungi Monas, ikon kota Jakarta. Kami naik lift ke atas Monas dan terpesona dengan pemandangan megah ibu kota dari atas sana. Kami juga belajar tentang sejarah Indonesia di Museum Nasional yang berada di sekitar Monas.

Selanjutnya, kami mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah. Kami berkeliling di area taman yang luas, melihat replika bangunan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Kami juga menikmati pertunjukan seni budaya yang menarik dan mencoba berbagai makanan khas daerah.

Hari berikutnya, kami memutuskan untuk mengunjungi Ancol. Kami menikmati wahana permainan air di Atlantis Water Adventure dan berjalan-jalan di Pantai Ancol. Kami merasakan deburan ombak dan menikmati makanan laut segar di restoran di sekitar pantai.

Kami juga mengunjungi Taman Impian Jaya Ancol, di mana kami menikmati wahana permainan yang seru seperti roller coaster dan bioskop 4D. Di sana, kami bermain-main sepuasnya dan merasakan sensasi yang tak terlupakan.

Tak ketinggalan, kami mengunjungi Ragunan Zoo. Kami melihat berbagai jenis hewan, mulai dari singa, gajah, hingga burung langka. Kami juga belajar tentang upaya konservasi yang dilakukan di kebun binatang ini.

Setelah beberapa hari menjelajahi tempat wisata di Jakarta, kami pulang dengan hati yang bahagia dan penuh kenangan indah. Liburan ini benar-benar memperkaya pengetahuan dan pengalaman kami tentang budaya dan keindahan Jakarta.

Itulah beberapa cerpen atau cerita pendek liburan sekolah yang bisa menjadi contoh dan inspirasi dalam membuat cerita pendek saat liburan sekolah tiba.

Saat waktu liburan sekolah tiba, untuk semakin meningkatkan keceriaan dalam menjalankan berbagai aktivitas liburan sekolah, maka Yupiers bisa menikmati berbagai macam produk Yupi, seperti diantaranya adalah Yupi Baby Bears, Yupi Fruity Puff, dan masih banyak lagi produk permen Yupi lainnya.

Selain cerpen atau cerita pendek, Yumin juga telah memiliki beberapa cerita dongeng untuk anak-anak yang menarik, seperti diantaranya adalah cerita dongeng rakyat Indonesia, cerita dongeng sebelum anak tidur, dan masih banyak lagi.

Semoga beberapa inspirasi dan contoh cerita pendek tentang liburan sekolah dari Yumin kali ini bisa bermanfaat untuk Yupiers.