cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur yang Lucu & Edukatif

Pernahkan Yupiers mendongeng untuk anak-anak? Mendongeng atau menceritakan sebuah dongeng sering dilakukan oleh para orang tua sebagai bagian dari cerita anak sebelum tidur.

Secara umum dongeng adalah sebuah kisah yang menceritakan berbagai macam hal, seperti kehidupan manusia, binatang, sampai tumbuhan. 

Dongeng juga menjadi sebuah cerita anak sebelum tidur yang baik. Hal ini karena selain menghibur, dongeng juga banyak menceritakan pelajaran moral yang penting bagi anak-anak. 

Sementara mendongeng adalah sebuah kegiatan menceritakan sebuah dongeng dan merupakan sarana komunikasi yang baik bagi anak-anak serta sudah ada sejak berabad-abad yang lalu.

Nah, ada banyak pilihan cerita dongeng untuk Yupiness sebelum tidur yang seru dan mendidik. Penasaran apa saja sih? Langsung saja simak dibawah ini, ya!

5 Pilihan Dongeng Anak yang Lucu dan Mendidik

Meskipun mendongeng atau memberikan cerita anak sebelum tidur sudah semakin tergantikan oleh perkembangan teknologi, namun kegiatan ini tetap menarik dan bermanfaat bagi anak-anak.

Berikut ini adalah beberapa pilihan dongeng anak-anak yang lucu dan edukatif yang bisa Yupiers cerita kepada mereka sebagai cerita anak sebelum tidur, simak daftar lengkapnya berikut ini.

1. Kancil dan Siput

Pilihan cerita anak sebelum tidur bahasa indonesia adalah kancil dan siput. Cerita ini bercerita tentang seekor kancil yang lincah dan cepat namun sombong dimana dia suatu hari bertemu dengan siput. 

Setelah melihat dan mendengar ucapan sombong dari kancil tentang dirinya yang kecil dan lambat, siput menantang kancil untuk melakukan lomba lari.

Sebelum hari perlombaan tiba, siput memberitahu dan mengajak siput lainnya untuk membantunya dalam perlombaan dengan kancil.

Semua teman siput terlihat sama persis antara satu dengan yang lainnya dan teman-teman siput ini akan bersembunyi di sepanjang jalur perlombaan dan keluar ketika mendengar langkah kaki kancil

Hari perlombaan pun tiba, pada saat garis awal perlombaan kancil dengan sombongnya sudah berlari kencang meninggalkan siput, namun setiap kali kancil merasa sudah meninggalkan siput jauh di belakangnya, ternyata siput justru ada di depan kancil.

Hal tersebut berulang terus menerus di sepanjang jalur lintasan balap lari, hingga ketika tiba di garis akhir, kancil yang lelah semakin terkejut ketika sudah melihat siput ada di garis akhir lomba. Hal ini membuat kancil kalah dalam perlombaan tersebut.

Dongeng kancil dan siput ini sudah terkenal sejak dahulu kala karena mengajarkan anak-anak tentang janganlah berbuat atau bersikap sombong, karena semua makhluk hidup punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. 

Selain itu juga dongeng ini mengajarkan anak-anak tentang kerja sama dan pentingnya kepintaran dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Dongeng dengan cerita yang hampir sama dengan makna yang sama juga ada dalam beberapa versi seperti salah satu contohnya adalah kelinci dan kura-kura.

Kancil memang merupakan salah satu karakter dongeng yang cukup sering diceritakan, ada juga dongeng kancil lainnya yang cukup terkenal yaitu dongeng kancil dan buaya.

Baca Juga : Rekomendasi Novel Persahabatan (Spesial Hari Buku Nasional)

2. Singa dan Tikus

Dongeng cerita anak sebelum tidur yang kedua adalah cerita tentang singa dan tikus. Pada suatu hari, tikus sedang usil kepada singa yang sedang tidur dan ternyata singa tersebut marah dan menangkap serta hendak memakan tikus.

Tikus pun menangis ketakutan sampai menangis dan memohon agar tidak dimakan oleh singa. Singa tersebut kemudian dengan besar hati melepaskan tikus, dan kemudian tikus itu berjanji akan membalas kebaikan singa suatu hari nanti.

Setelah beberapa hari berlalu, singa tertangkap oleh jaring pemburu dan terjebak di dalamnya sehingga tidak bisa keluar. Singa itu pun kemudian menangis semalaman dan ternyata terdengar oleh tikus.

Tikus teringat akan kebaikan singa dan kemudian membantu melepaskan singa dari jaring pemburu dengan menggigit-gigit jaring tersebut hingga putus. Singa akhirnya terbebas dari jaring pemburu. Sejak kejadian tersebut, kini singa dan tikus menjadi teman baik.

Dongeng singa dan tikus tersebut dapat memberikan pesan moral kepada anak-anak bahwa suatu perbuatan baik akan mendapatkan balasan yang baik dengan cara yang tidak diketahui, karena berbuat baiklah kepada siapapun.

Dongeng yang mengajarkan anak-anak tentang berbuat baik kepada siapapun karena kebaikan nantinya orang yang baik akan mendapatkan balasan yang baik juga hadir dalam cerita semut dan merpati.

3. Petani dan Angsa dengan Telur Mas

Jika beberapa dongeng atau cerita sebelum tidur sebelumnya adalah tentang kehidupan hewan, cerita anak sebelum tidur berikut ini berpusat pada seorang petani yang mendapatkan seekor angsa yang dapat menghasilkan telur emas. Dongeng ini termasuk cerita yang pendek dan banyak sekali pelajaran yang bisa didapat.

Pada awal angsa mengeluarkan telur emas satu kali sehari, pada hari pertama sang petani sedikit tidak percaya akan hal tersebut dan memeriksanya di toko emas. 

Setelah dilakukan pemeriksaan di toko emas, emas tersebut ternyata asli dan petani mendapatkan banyak uang dari telur emas tersebut.

Setelah beberapa hari berlalu, kini petani memiliki beberapa telur emas dan kembali menjualnya di toko emas. 

Namun petani tetap merasa tidak puas dan meminta angsa tersebut untuk mengeluarkan banyak telur mas dalam satu hari.

Angsa tersebut mengikuti keinginan petani tersebut dan menghasilkan banyak telur mas dalam satu hari.

Namun petani tersebut tidak kunjung puas dan akhirnya berpikir bahwa akan mengambil seluruh emas yang dia pikir ada di dalam angsa tersebut dengan cara menyembelih angsa tersebut.

Angsa tersebut kemudian disembelih oleh petani, namun bukannya mendapatkan emas berlimpah, petani tersebut justru tidak mendapatkan apapun.

Dongeng ini dapat memberikan pesan moral kepada anak-anak agar jangan memiliki sifat serakah dan untuk mendapatkan apa yang diinginkan butuh kesabaran. Sifat serakah juga akan merugikan diri sendiri pada akhirnya.

Baca Juga : 10 Daftar Film Kartun Anak yang Mendidik & Seru

4. Malin Kundang

Siapa yang tidak kenal dengan cerita rakyat Malin Kundang ini. Malin Kundang juga dapat menjadi dongeng sebelum tidur yang panjang dan bisa Yupiers ceritakan kepada sikecil. Cerita Malin Kundang merupakan cerita yang mengisahkan cerita seorang anak yang berasal dari desa kecil serta hidup kurang berkecukupan.

Malin Kundang adalah anak tunggal atau anak satu-satu dari seorang ibu yang memiliki pekerjaan nelayang dengan penghasilan yang tidak terlalu cukup. 

Ketika beranjak dewasa, Malin Kundang pergi ke kota dan ketika dewasa, Malin Kundang menjadi orang sukses dengan banyak harta yang melimpah dan memiliki seorang istri yang cantik.

Suatu ketika Malin Kundang pulang ke kampung halaman dengan istrinya. Ketika tiba di kampung halaman, Malin Kundang yang kaya raya membagikan uang kepada para penduduk desa. 

Salah seorang penduduk desa yang mengenali Malin Kundang segera pergi memberitahu ibu Malin Kundang bahwa anaknya telah sukses dan menjadi kaya raya serta kini ada di desa.

Ibu Malin Kundang kemudian segera bergegas menemui anak satu-satunya yang dia cintai. Ketika ibu Malin Kundang bertemua Malin Kundang, dia segera memanggil anaknya. 

Namun ketika bertemu Malin Kundang, istri Malin Kundang pun tidak percaya bahwa wanita yang tersebut adalah ibu Malin Kundang dan bertanya kepada Malin Kundang.

Malin Kundang yang malu mengakui ibunya kemudian tidak mengakui bahwa wanita tersebut adalah ibunya dan bahkan memaki, menghina, serta mengusir ibunya.

Ibu Malin Kundang sedih dan sakit hati dengan apa yang dilakukan oleh Malin Kundang, kemudian ibu Malin Kundang mengutuk Malin Kundang menjadi batu. Malin Kundang pun akhirnya berubah menjadi batu.

Cerita Malin Kundang ini sangat bisa menjadi contoh kepada anak-anak agar menghormati dan berbakti kepada orang tua mereka.

5. Itik Buruk Rupa

Dongeng anak sebelum tidur yang terbaru adalah tentang itik buruk rupa. Cerita ini merupakan dongeng yang terkenal dengan judul The Ugly Duckling karya Hans Christian Andersen dan menjadi dongeng yang juga cukup sering diceritakan.

Dongeng cerita anak sebelum tidur ini bercerita tentang seorang itik buruk rupa yang sejak kecil memiliki penampilan berbeda dengan beberapa saudaranya. Meskipun berbeda, sang ibu itik tetap memperlakukan dan menyayangi itik tersebut sama seperti yang lainnya.

Perlakuan tidak menyenangkan justru datang dari saudara-saudara itik buruk rupa tersebut. Hal tersebut membuat itik buruk rupa tersebut sedih dan tidak percaya diri.

Namun seiring berjalannya waktu, itik buruk rupa tersebut kini telah berubah menjadi angsa yang sangat cantik dibandingkan dengan saudara-saudaranya.

Dongeng ini memberikan pesan moral kepada anak-anak agar tidak merendahkan orang lain, membuat anak-anak sadar bahwa perbedaan itu ada tapi bukanlah suatu hal yang pantas untuk dihina, dan mengajarkan anak-anak bahwa semua orang punya kesempatan menjadi yang terbaik.

Baca Juga : Drakor Persahabatan Dan Keluarga Yang Wajib Ditonton

Manfaat Mendongeng Untuk Anak

Mendongeng ternyata punya beberapa manfaat tersendiri bagi anak-anak, berikut ini adalah beberapa manfaat tersebut.

  • Merangsang dan mengembangkan daya imajinasi anak-anak
  • Mengembangkan kreativitas anak-anak
  • Meningkatkan sikap peduli terhadap berbagai macam hal kepada anak-anak
  • Dapat menjadi contoh kepada anak-anak tentang apa saja yang merupakan perbuatan baik dan bisa mereka contoh, serta perbuatan buruk yang tidak baik untuk mereka contoh
  • Dapat menjadi contoh anak-anak tentang bagaimana karakter atau sifat seseorang yang baik atau tidak baik
  • Meningkatkan sikap proaktif pada anak-anak
  • Mempererat hubungan Yupiers dengan anak-anak
  • Menambah pengetahuan anak-anak
  • Menambah kosa kata yang perlu anak-anak ketahui
  • Meningkatkan minat baca pada anak-anak
  • Dapat memberikan contoh kepada anak-anak tanpa terkesan menggurui

Agar dapat memberikan dongeng yang baik bagi anak-anak, maka ada beberapa hal yang perlu Yupiers ketahui. 

Beberapa hal tersebut adalah mendongeng dengan ekspresif, energik dalam menyampaikan cerita agar anak-anak semakin tertarik, banyak membaca juga bisa membuat cerita menjadi menarik, memilih cerita yang lucu dan edukatif serta sesuai dengan umur anak-anak.

Itulah beberapa dongeng atau cerita anak sebelum tidur yang bisa Yupiers ceritakan kepada anak-anak. Selain beberapa dongeng tersebut, masih ada banyak lagi cerita menarik lainnya yang bisa Yupiers ceritakan kepada anak-anak.

Salah satunya adalah beberapa cerita dinosaurus yang tentunya seru bagi anak-anak. Cerita dinosaurus tersebut juga bisa Yupiers cerita sambil memberikan anak-anak cemilan Yupi Dino Land yang memiliki bentuk seperti dinosaurus dengan tampilan yang menarik, rasa yang lezat dan bergizi tinggi.