cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Bangun Pagi untuk Anak: Manfaat Dan Cara Membiasakannya

Bangun pagi merupakan bangun tidur antara pukul 4.30 sampai pukul 6.00 pagi. Namun, diantara kamu ada yang masih sulit membiasakan anak bangun pagi? Nah, penjelasan lengkap kali ini cocok sekali buat kamu yang ingin menerapkan bangun pagi untuk anak: manfaat dan cara membiasakannya.

Dengan membiasakan anak bangun pagi, anak akan merasakan beragam manfaat khususnya pada tubuh sang anak itu sendiri. Maka dari itu, si ibu perlu membiasakan anak untuk bangun pagi dan melakukan aktivitas selanjutnya.

Apa Manfaat Bangun Pagi?

Bagi sebagian orang, bangun pagi merupakan salah satu hal yang tidak diperhatikan. Namun, dibalik itu justru bangun pagi menyimpan berbagai manfaat yang jarang diketahui oleh banyak orang. Apa saja manfaat bangun pagi?

  • Merasa Lebih Bahagia

Salah satu manfaat penting yang bisa dirasakan adalah ketika bangun pagi, akan merasa lebih bahagia. Bagaimana tidak, dengan bangun pagi akan membuat suasana hati terasa lebih bahagia setiap hari.

Tidak hanya itu, bangun pagi akan membuat aktivitas yang akan dilakukan mempunyai waktu lebih banyak dibandingkan dengan menghabiskan waktu tidur sepanjang pagi. Dengan begitu, aktivitas dapat terlaksana dengan baik dan tenang.

  • Membuat Hidup Lebih Sukses

Pasti diantara kamu pernah mendengar kalau membiasakan bangun pagi, hidup kedepan akan lebih sukses. Pembicaraan itu tidak semata-mata menjadi pembicaraan biasa. Nyatanya penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang sering bangun pagi akan lebih sukses daripada orang yang sering begadang sampai larut malam.

Hal tersebut kemudian dikaitkan dengan orang yang bangun pagi dapat memiliki waktu lebih banyak, jadi aktivitas yang dilakukan lebih produktif. Dengan begitu, seseorang akan memiliki kesempatan untuk menjadi sukses.

  • Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Jika kamu atau anak kamu berhasil membiasakan bangun pagi dengan istirahat yang cukup maka kamu memiliki dampak positif bagi kesehatan fisik. Bagaimana tidak, dengan bangun pagi tubuh akan lebih bugar dan bersemangat saat menghirup udara segar.

Apalagi jika kamu melakukan aktivitas olahraga di pagi hari bisa meningkatkan suasana hati dan memberikan energi pada saat akan beraktivitas sepanjang hari.

  • Membuat Mental Sehat Dan Positif

Jika kamu membiasakan bangun lebih pagi maka akan cenderung memiliki suasana yang lebih baik dan mental yang sehat. Perasaan puas setelah melakukan suatu hal juga akan timbul di diri kamu.

Kenapa mental bisa berpengaruh pada saat bangun pagi? Karena pada saat bangun pagi tubuh mampu membuat pikiran lebih positif tanpa ada rasa kekhawatiran tertentu.

Apakah Boleh Tidur Jam 8 Pagi?

Tidur dan istirahat yang cukup merupakan suatu kebutuhan tubuh yang perlu diperhatikan. Pastikan kamu cukup istirahat dan tidur malam yang berkualitas dengan memperhatikan minimal 5-6 jam waktu istirahat.

Cara Membiasakan Bangun Pagi untuk Anak

Kebiasaan bangun pagi untuk anak justru sangat penting dilakukan sejak dini karena bisa menjadi dasar membiasakan anak untuk terus bangun pagi sampai beranjak usia remaja tanpa harus kamu bangunkan. Untuk itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara membiasakan bangun pagi untuk anak.

  • Mendisiplinkan Waktu Tidur Setiap Harinya

Sebelum melakukan kedisiplinan waktu tidur, sebelumnya kamu harus mengetahui kebutuhan waktu tidur sang anak karena setiap anak mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.

Pentingnya waktu tidur untuk anak karena akan mempengaruhi hidup yang berkualitas. Berikut ini adalah waktu kebutuhan tidur sang anak jika dilihat dari usia:

Usia 3–5 tahun waktu tidur: 10–13 jam

Usia 5–13 tahun waktu tidur: 9–11 jam

Usia diatas 13 tahun waktu tidur: 8–10 jam

Untuk membiasakannya, kamu bisa menerapkan kebiasaan tidur lebih awal daripada biasanya. Jadwal tersebut harus kamu lakukan setiap hari agar anak bisa terbiasa.

  • Ajarkan Anak Untuk Memasang Alarm Sendiri

Cara yang satu ini mungkin bisa kamu lakukan untuk membiasakan anak bangun pagi. Pasalnya, anak akan senang melakukan kegiatan yang sudah mereka tentukan. Dengan memasang alarm, anak akan mudah terbangun tanpa harus mengandalkan kamu.

Sebelumnya, pastikan membuat kesepakatan bersama sang anak. Jam berapa anak harus bangun tidur dan bangun pagi. Setelah itu, kamu bisa mengajarkan bagaimana cara memasang alarm sendiri. Untuk lebih membuat anak senang, kamu juga bisa membelikan alarm favoritnya.

  • Bangunkan Dengan Cara Menyenangkan

Cara yang selanjutnya ini merupakan suatu hal yang penting dan harus diperhatikan. Pastikan kamu tidak membangunkan anak dengan cara meneriaki atau memarahi. Apabila kamu telah melakukan itu, sang anak pasti tidak akan suka.

Saat membangunkan sang anak, kamu bisa membuka tirai dan menghidupkan lampu kamar terlebih dahulu. Selanjutnya kamu bisa membangunkan anak dengan mendekati dan memanggil dengan suara pelan.

  • Berikan Reward Jika Berhasil Bangun Pagi

Salah satu hal penting yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan sang anak reward. Dengan melakukan hal tersebut akan membiasakan anak untuk terus bangun pagi.

Reward atau hadiah akan membuat sang anak lebih bersemangat bangun pagi dan segera beranjak dari tempat tidurnya. Tidak perlu hadiah yang mewah, cukup hal sederhana yang bisa membuat anak senang.

Manfaat Mandi Pagi Bagi Anak

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara membiasakan anak untuk bangun pagi, hal penting yang tidak boleh kelewatan adalah dengan membiasakan mandi pagi bagi anak. Mandi pagi sangat bermanfaat untuk tubuh lebih sehat. Berikut ini adalah beberapa manfaat mandi pagi bagi anak.

  • Meningkatkan Produktivitas

Dengan membiasakan anak untuk mandi pagi, maka akan melatih anak lebih produktif dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari seperti sekolah, belajar, dan bermain.

Ketika melakukan mandi pagi, tubuh akan tersiram air dingin dan otomatis tubuh akan terbangun dengan sempurna. Tidak hanya itu, air dingin juga bermanfaat karena dengan paparan air dingin akan meningkatkan metabolisme tubuh agar menjaga kestabilan suhu tubuh.

  • Melatih Perkembangan Kognitif

Manfaat mandi pagi selanjutnya adalah dapat melatih perkembangan kognitif sang anak. Kemampuan tersebut dapat berkembang karena pengaruh sabun yang dipakai memiliki aroma yang khas. Aroma tersebut akan menstimulasikan otak sehingga ingatan sanga anak akan terlatih.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat penting untuk membiasakan mandi pagi adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh, apalagi pada saat usia anak masih kecil, tubuh akan terlatih dan menjadi sehat.

Dalam perkembangan sang anak untuk mencapai beberapa kebiasaan tersebut, perlu dukungan reward atau hadiah yang nantinya akan membuat lebih bersemangat. Yupi Gummy merekomendasikan beberapa cemilan sehat untuk menemani aktivitas sepanjang waktu.

Perlu kamu ketahui, Yupi merupakan makanan sehat yang aman dikonsumsi dan pastinya halal. Dengan menambahkan makanan tersebut pada aktivitasnya, sang anak akan lebih senang apalagi dengan dukungan beberapa varian bentuk dan rasa baru.

Yupi bisa kamu dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. Hadiah sederhana untuk si kecil yang berhasil melakukan tantangan dari kamu.