cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

5 Tips Mengajarkan Anak Merapikan Mainan Sendiri di Rumah

Melatih tanggung jawab anak bisa dimulai dengan mengajarkan anak sedini mungkin untuk merapikan mainan sendiri di rumah. Hal ini memang membutuhkan usaha dari orang tua. Untuk itu, Yupiers harus sabar dan konsisten melatih anak mau beres-beres mainan sendiri usai dipakai.

Setidaknya terdapat 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk melatih anak merapikan mainannya sendiri di rumah, berikut tipsnya.

Cara Mengajarkan Anak Merapikan Mainannya Sendiri

Agar mainan si kecil rapi, orang tua perlu membiasakan anak berbenah sedini mungkin. Bagaimana caranya? Simak cara dan tips ampuh agar anak mau merapikan mainan sendiri, antara lain :

1. Sediakan Tempat Mainan

Langkah pertama agar si anak mau merapikan mainan sendiri yaitu dengan menyediakan tempat atau wadah mainan. Cara ini sangat penting dilakukan. Siapkan wadah khusus sebagai "rumah" bagi mainan-mainan kesayangan si kecil.

Jika dirasa perlu, pilih tempat mainan yang lucu dan menarik supaya anak bersemangat untuk merapikan mainannya sendiri. Tak perlu mahal-mahal, apabila kamu memiliki budget yang terbatas, cobalah untuk memanfaatkan wadah apapun yang berukuran besar di rumah untuk dijadikan sebagai tempat mainan.

Jika ingin wadah tersebut lebih menarik, kamu bisa menghias atau melukis wadah tersebut. Adanya tempat khusus mainan juga bisa membantu untuk menyortir mainan mana yang masih bagus dan mana yang rusak. Sehingga mainan yang layak pakai saja yang disimpan rapi dan dipakai berulang.

Baca Juga : 5 Manfaat Bangun Pagi Untuk Anak dan Cara Membiasakannya

2. Mulai dari Tugas yang Mudah

Tips selanjutnya untuk mengajarkan anak untuk merapikan mainan sendiri dapat dimulai dengan tugas yang mudah terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena biasanya anak akan lebih mudah teralihkan jika diminta untuk mengerjakan tugas yang besar.

Jadi, Yupiers harus menguraikan tugas anak menjadi lebih kecil, contohnya dengan meminta anak untuk membereskan mainan dan memasukkannya ke dalam box atau tempat mainan satu per satu.

3. Melatih Tanggung Jawab Anak

Upayakan selalu memberikan pengertian bahwa mainan miliknya merupakan tanggung jawabnya. Misalnya dengan mengatakan bahwa mainan miliknya bisa rusak karena tidak sengaja diinjak akibat dibiarkan tergeletak di lantai. 

Berikan pemahaman tersebut berulang kali. Dengan begitu kemungkinan anak akan belajar tentang risiko dan mau berinisiatif merapikan mainannya karena tak ingin mainannya rusak.

4. Beri Arahan yang Jelas

Pastikan untuk mendidik anak dengan baik dan benar yaitu dengan cara memberikan arahan yang jelas kepada si kecil agar tidak bingung dengan perintah yang diberikan. Misalnya ketika kamu mengatakan “Nak, tolong bersihkan mainannya ya!” tentu hal ini akan membuat si kecil bingung.

Agar anak tidak bingung, sebaiknya beri perintah misalnya seperti ini “Nak, tolong masukkan robot ini ke dalam keranjang warna merah ya!”

Agar anak mau mendengarkan dan merapikan mainan sendiri, cobalah untuk tidak memberikan perintah dan langsung meninggalkan si kecil. Fokus dan perhatikan anak beberapa menit sebelum melakukan aktivitas lainnya. 

Jika kamu sedang luang, cobalah untuk ikut merapikan mainan bersama anak. Dengan cara ini, anak akan merasa lebih enjoy untuk merapikan mainannya sendiri.

Baca Juga : 12 Permainan Anak yang Mendidik, Seru dan Manfaatnya

5. Apresiasi Hasil Kerja Si Kecil

Setelah anak selesai merapikan mainannya, jangan lupa untuk mengapresiasi anak atas usahanya. Kamu bisa memberikan pujian dengan mengatakan bahwa kamarnya tampak rapi, bersih dan bagus.

Jika memungkinkan, cobalah membuat jadwal beres-beres mainan agar anak lebih disiplin untuk merapikan mainannya. Melatih kebiasaan disiplin membutuhkan kesabaran yang tinggi. Namun lambat laun, si kecil akan belajar memahami tanggung jawabnya sendiri.

Untuk menambah semangat si kecil merapikan mainannya, kamu bisa memberikan camilan sehat dan kekinian seperti permen Yupi. Tak hanya sehat, Yupi gummy juga memiliki tekstur yang kenyal dan lembut sehingga sangat aman dikonsumsi oleh anak-anak.

Itulah 5 tips jitu yang bisa kamu terapkan untuk mengajarkan anak merapikan mainan sendiri di rumah. Jika informasi ini bermanfaat, silahkan share ke orang lain dengan menekan menu share di bawah ini. Jangan lupa juga untuk mengikuti informasi permen Yupi terbaru lainnya di website www.yupiland.com.