menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Jenis-jenis Peta Berdasarkan Isinya

Hi Yupiers!

Kali ini Yumin mau ajak Yupiers untuk belajar geografi nih hihi! Yumin mau membahas tentang peta. Hayo, ada yang tau ngga sih peta itu apa? Kata peta berasal dari bahasa Yunani 'mappa' yang berarti 'kain penutup meja', terus apa sih hubungannya sama peta? Nah, secara umum peta itu seperti lembaran yang menampilkan sebagian maupun seluruh permukaan bumi dengan skala tertentu pada sebuah bidang datar. Sama nih kayak taplak di meja yang datar.

Dari pengertiannya, peta merupakan salah satu alat yang penting dalam navigasi dan orientasi di dalam ruang geografis, juga biasa digunakan untuk menunjukkan letak dan kondisi geografis suatu daerah. Peta sendiri dibagi jadi dua jenis, yaitu peta umum dan peta khusus/tematik. 
  1. Peta umum sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu peta topografi, peta chorografi, dan peta dunia/geografi. Untuk jenis prta yang satu ini, Yumin mau kasih tau tentang peta topografi nih!
jenis jenis peta-03

Peta topografi adalah peta yang menunjukkan relief atau ketinggian suatu daerah. Peta ini sangat berguna untuk kegiatan luar ruangan seperti
hiking atau pendakian gunung. Peta topografi ini menunjukkan kontur dan ketinggian dari suatu gunung.

    2. Peta Tematik

jenis jenis peta-02

Peta tematik adalah peta yang menunjukkan data khusus, seperti penduduk, iklim, keanekaragaman hayati, dan lain sebagainya. Jenis peta ini biasanya digunakan untuk memperlihatkan kondisi lingkungan dan keadaan sosial suatu daerah. Contohnya yaitu peta geologi!

jenis jenis peta-05 (2)

Yaitu peta yang menunjukkan jenis dan struktur batuan suatu daerah. Jenis peta ini sangat berguna untuk kegiatan eksplorasi mineral dan sumber daya alam lainnya. 

Selain itu, ada juga peta irigasi, peta arkeologi, peta kepadatan penduduk, peta air tanah, peta transportasi, peta isohyet, peta tanah, peta penggunaan lahan, dll dalam peta khusus/tematik ini.

Nah, itulah beberapa jenis peta berdasarkan isinya. Peta sangat penting dalam berbagai kegiatan seperti navigasi, eksplorasi, dan kegiatan luar ruangan lainnya. Selain itu, peta juga dapat menjadi sumber informasi yang berguna bagi penelitian dan pengembangan suatu daerah loh! Yupiers juga bisa memanfaatkan peta untuk memperluas pengetahuan dan wawasan tentang geografi dan lingkungan di sekitar kita. 

Masih banyak lagi yang bisa dipelajari dari peta. Sambil belajar geografi gini, paling seru kalau sambil ngemil Yupi Bolicious Lychee untuk jadi teman belajar. Yupiers bisa di beli di Yupiland, Shopee, dan Tokopedia! 

Dapatkan lebih banyak #Yupiness!

Home Our Story Events Games Profile