cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Mental Yupi Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Susunan Acara Ulang Tahun Anak Singkat Tapi Meriah

Ulang tahun anak adalah salah satu momen yang akan berkesan dan akan diingat oleh anak-anak dalam sepanjang hidup mereka. Perayaan ulang tahun ini akan berjalan dengan lancar jika dalam acara tersebut terdapat susunan acara ulang tahun anak yang telah dibuat dengan baik sebelumnya.

Selain susunan acara ulang tahun anak, ada juga beberapa hal yang perlu Yupiers perhatikan seperti dekorasi yang menarik, kue ulang tahun, games, souvenir dan masih banyak lagi.

Dengan adanya susunan acara yang baik akan membuat kegiatan berjalan dengan rapi, sistematis, dan sesuai harapan. Susunan acara ini juga  membuat setiap waktunya dilalui dengan lebih pasti karena setiap kegiatan sudah memiliki nama dan batasan waktu yang jelas. Baik Yupiers dan keluarga maupun tamu undangan akan menikmati setiap waktu dengan rasa nyaman.

Nah, karena adanya susunan acara ini sangat penting maka kali ini Yupi akan memberikan informasi mengenai contoh susunan acara ulang tahun anak untuk MC yang singkat tapi tetap meriah. Penasaran kan? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Contoh Susunan Acara Ulang Tahun Anak Singkat Tapi Berkesan

Pada umumnya perayaan ulang tahun anak ini tentunya akan dibuat sebaik mungkin namun tidak ingin terlalu banyak memakan waktu. Untuk membuat hal tersebut, Yupiers bisa menggunakan contoh susunan acara ulang tahun anak yang singkat, simpel tapi tetap kece.

Lantas apa saja susunan acara ulang tahun anak? Simak saja simak dibawah ini :

1. Penyambutan Tamu yang Sudah Datang

Sebagai penyelenggara acara, Yupiers dan keluarga sebaiknya sudah siap menyambut tamu undangan yang berdatangan. Selain Yupiers, ada baiknya juga jika anggota keluarga lainnya seperti kakak, adik, paman, tante, kakek, atau nenek juga sudah bersiap menyambut dan menerima hadiah atau kado ulang tahun dari tamu yang datang pada acara ini.

Yupiers bisa menyediakan berbagai produk dari Yupi sebagai salah satu cemilan tamu. Contohnya yaitu Yupi Jungle Fun dengan berbagai karakter hewan atau Yupi Aquarium dengan bentuk hewan di dalam aquarium .

2. Pembukaan Acara

Agar Yupiers dan keluarga bisa lebih menikmati acara, sebaiknya gunakanlah bantuan pembawa acara atau MC untuk membuka dan menuntun setiap rangkaian acara. Pada saat pembukaan acara ulang tahun anak, MC akan menyapa tamu, dan pada saat ini MC akan memperkenalkan diri, mengenalkan penyelenggara acara, dan akan menjelaskan rangkaian acara yang akan dilakukan.

3. Sambutan dari Keluarga

Pada kesempatan ini, MC memberikan kesempatan kepada Yupiers dan anggota keluarga lainnya yang menyelenggarakan ulang tahun untuk menyapa tamu dan mengucapkan rasa syukur serta terima kasihnya. 

Supaya tidak terlalu menghabiskan banyak waktu, sebaiknya cukup satu orang saja yang melakukan sambutan dan sebaiknya orang tersebut sudah mempersiapkan apa saja yang akan dia katakan.

4. Acara Inti

Acara berikutnya setelah acara pembukaan dan sambutan dari keluarga adalah acara inti yang meliputi pemotongan kue ulang tahun dan do’a bersama. 

Agar lebih unik, Yupiers bisa menambahkan karakter-karakter unik dan camilan menarik lainnya pada kue ulang tahun misalnya seperti Yupi Fruit Cocktails.

Do’a bersama bisa Yupiers lakukan dengan meminta bantuan tokoh pemuka agama seperti dalam agama islam adalah ustad, MC, atau anggota keluarga yang sekiranya berkompeten. Selain itu Yupiers juga bisa memberikan makanan inti dan hidangan lainnya pada saat acara inti ini.

5. Permainan Ringan

Agar acara ulang tahun anak semakin meriah, maka dalam susunan acara ulang tahun anak perlu Yupiers masukan beberapa games atau permainan saat acara ulang tahun anak yang akan menghidupkan suasana.

Lantas hiburan apa saja yang ada di pesta ulang tahun? Misalnya saja seperti limbo, freeze dance, kursi musik, bermain menggunakan balon, dan masih banyak lagi.

Selain itu juga, agar permainan ringan ini semakin menarik, Yupiers juga bisa memberikan hadiah untuk para peserta yang memenangkan permainan ringain ini seperti beberapa produk permen Yupi yaitu 

Sebagai hadiahnya, tamu undangan yang memenangkan Games bisa Yupiers beri bingkisan berisi Yupi Milly Moos, Baby Bears, Yupi Big Frank atau produk permen Yupi lainnya yang menarik.

6. Penutupan

Acara terakhir dalam susunan acara ulang tahun anak adalah penutupan. Penutupan dilakukan oleh MC dengan mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf atas kesalahan dan kekurangan selama berlangsungnya acara. 

Kemudian disusul dengan mempersilahkan untuk berjabat tangan dengan penyelenggara acara ulang tahun dan memberi bingkisan atau souvenir kepada tamu undangan.

Baca Juga : 10 Ide Souvenir Ulang Tahun Anak yang Bermanfaat dan Unik

Contoh Teks Susunan Acara Ulang Tahun Anak Untuk MC

Setelah mengetahui susunan acara ulang tahun anak yang singkat namun berkesan, bagi seorang pembawa acara atau MC ada beberapa contoh teks susunan acara ulang tahun anak yang bisa digunakan. Berikut ini adalah contoh tersebut :

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat (pagi, siang, sore atau malam) kepada para tamu undangan. Selamat datang di acara ulang tahun (nama anak yang merayakan ulang tahun)

Ada yang sudah tahu atau belum nih ulang tahun yang ke berapa? Ayo coba ditebak? 

Ada bingkisan menarik untuk yang bisa menjawab paling cepat dan tepat pertanyaan Kakak. 

Iya, kamu yang tunjuk langit paling pertama. 

Iya betul, hari ini adalah acara ulang tahun (nama anak yang merayakan ulang tahun). Yang ke-(usia anak saat merayakan ulang tahun).

Apa kabar semuanya?

Di sini Kakak MC akan memanggil semua tamu undangan dengan teman ya. Kakak akan bersama teman-teman semua sampai acara ini berakhir. 

Oiya apa kabarnya teman-teman? Sudah bersyukurkah hari ini? Yuk kita ucapkan Alhamdulillah bersama atas apa yang sudah Allah SWT berikan kepada kita sampai saat ini.

Alhamdulillah ya kita bisa berjumpa di acara ulang tahun (nama anak yang merayakan ulang tahun) dalam keadaan sehat. 

Wah sepertinya teman-teman bersemangat sekali di acara ini. Agar acara ini dapat terlaksana dengan baik, Kakak bacakan susunan acaranya ya.

  1. Pembukaan acara
  2. Sambutan dari keluarga
  3. Acara inti
  4. Games Ringan
  5. Penutupan

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini keluarga dari (nama anak yang merayakan ulang tahun) sedang melakukan acara ulang tahun ke-(usia anak saat merayakan ulang tahun), mari tepuk tangan yang meriah kepada (nama anak yang merayakan ulang tahun).

Selain itu juga, untuk memperlancar acara ini, mari kita berdoa sesuai dengan agama kita masing-masing terlebih dahulu ya, berdoa dimulai.

Berdoa selesai.

Sebelum kita memasuki acara utama, mari kita dengar terlebih dahulu sambutan dari pihak keluarga yang akan diwakilkan oleh (orang tua atau wali anak yang merayakan ulang tahun ) Kepada (orang tua atau wali anak yang merayakan ulang tahun ) kami persilahkan.

Terima kasih kepada (orang tua atau wali anak yang merayakan ulang tahun ) yang telah memberikan sambutan hangatnya pada acara tasyakuran ulang tahun (nama anak yang merayakan ulang tahun) yang ke-(usia anak saat merayakan ulang tahun).

Sekarang kita masuk ke acara inti kita, dan sebelum itu Kakak ada satu bocoran nih untuk teman-teman. Setelah acara inti ada games ringan dengan hadiah-hadiah menarik. Jadi mari kita nikmati acara ini sampai selesai ya.

Baik, sekarang kita akan ke acara inti yang akan diawali dengan pemotongan kue ulang tahun, pembacaan do’a bersama.

Kepada (nama anak yang merayakan ulang tahun) kami persilahkan untuk memotong kue ulang tahun dengan didampingi Bapak dan Ibu. 

Kita beri tepuk tangan yang renyah yuk sambil menyanyikan lagu potong kuenya. Kira-kira potongan pertamanya untuk siapa ya? Wah ternyata untuk Ibu tercinta.

Terima kasih (nama anak yang merayakan ulang tahun) untuk potongan kue ulang tahunnya. 

Lanjut ke acara berikutnya yaitu do’a bersama yang akan dipimpin oleh (nama orang yang berkompeten dalam memimpin doa)

Kepada (nama orang yang berkompeten dalam memimpin doa) kami persilahkan.

Terima kasih kepada (nama orang yang berkompeten dalam memimpin doa) yang telah memimpin do’a pada acara ulang tahun yang ke-(usia anak saat merayakan ulang tahun)  dari (nama anak yang merayakan ulang tahun) 

Supaya lebih semangat menuju ke acara games ringan, kita mulai dengan tepuk ya. Ikuti nyanyian dan gerakan kakak ya.

Kalau kau suka hati tepuk tangan,

Kalau kau senang hati tepuk kaki,

Kalau kau senang hati injak bumi.

Kalau kau suka hati tepuk tangan, tepuk kaki, injak bumi. 

Sudah semakin semangat kan ya. Kita lanjut ke acara games ya. 

Sembari menikmati hidangan yang ada, Kakak ada games ringan. Bagi yang bisa menjawab bisa tunjuk langit dan sebutkan jawabannya. 

Kalau jawabannya benar ada hadiah menarik yang bisa teman-teman bawa. Siap-siap ya teman-teman, karena hadiah yang akan kalian dapatkan ini sangat besar. Kira-kira siapa yang akan dapat ya.

Akhirnya semua rangkaian acara sudah terlaksana. 

Mari kita ucapkan hamdallah bersama. Alhamdulillahirabbilalamin. Sebagai pembawa acara saya mohon maaf atas segala kekurangan dan terima kasih atas kehadiran dan perhatiannya. Billahitaufik Walhidayah Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh susunan acara ulang tahun anak yang singkat tapi meriah dan contoh teksnya untuk MC. Contoh teks susunan acara ulang tahun anak di atas hanya sebagai gambaran. Yupiers bisa mengkreasikan dengan lebih ciamik lagi.