menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Susunan Acara Ulang Tahun Anak Simple dan Meriah!

Ulang tahun anak adalah salah satu momen yang akan berkesan dan akan diingat oleh anak-anak dalam sepanjang hidup mereka. Perayaan ulang tahun ini akan berjalan dengan lancar jika dalam acara tersebut terdapat susunan acara ulang tahun anak yang telah dibuat dengan baik sebelumnya.

Selain susunan acara ulang tahun anak, ada juga beberapa hal yang perlu Yupiers perhatikan seperti dekorasi yang menarik, kue ulang tahun, games, souvenir dan masih banyak lagi.

Dengan adanya susunan acara yang baik akan membuat kegiatan berjalan dengan rapi, sistematis, dan sesuai harapan. Susunan acara ini juga  membuat setiap waktunya dilalui dengan lebih pasti karena setiap kegiatan sudah memiliki nama dan batasan waktu yang jelas. Baik Yupiers dan keluarga maupun tamu undangan akan menikmati setiap waktu dengan rasa nyaman.

Nah, karena adanya susunan acara ini sangat penting maka kali ini Yumin akan memberikan informasi mengenai contoh susunan acara ulang tahun anak untuk MC yang singkat tapi tetap meriah. Penasaran kan? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Penyambutan Tamu yang Sudah Datang

Sebagai penyelenggara acara, Yupiers dan keluarga sebaiknya sudah siap menyambut tamu undangan yang berdatangan. Selain Yupiers, ada baiknya juga jika anggota keluarga lainnya seperti kakak, adik, paman, tante, kakek, atau nenek juga sudah bersiap menyambut dan menerima hadiah atau kado ulang tahun dari tamu yang datang pada acara ini.

Yupiers bisa menyediakan berbagai produk dari Yupi sebagai salah satu cemilan tamu. Contohnya yaitu Yupi Jungle Fun dengan berbagai karakter hewan atau Yupi Aquarium dengan bentuk hewan di dalam aquarium .

2. Pembukaan Acara

Agar Yupiers dan keluarga bisa lebih menikmati acara, sebaiknya gunakanlah bantuan pembawa acara atau MC untuk membuka dan menuntun setiap rangkaian acara. Pada saat pembukaan acara ulang tahun anak, MC akan menyapa tamu, dan pada saat ini MC akan memperkenalkan diri, mengenalkan penyelenggara acara, dan akan menjelaskan rangkaian acara yang akan dilakukan.

3. Sambutan dari Keluarga

Pada kesempatan ini, MC memberikan kesempatan kepada Yupiers dan anggota keluarga lainnya yang menyelenggarakan ulang tahun untuk menyapa tamu dan mengucapkan rasa syukur serta terima kasihnya. 

Supaya tidak terlalu menghabiskan banyak waktu, sebaiknya cukup satu orang saja yang melakukan sambutan dan sebaiknya orang tersebut sudah mempersiapkan apa saja yang akan dia katakan.

4. Acara Inti

Acara berikutnya adalah acara inti yang meliputi pemotongan kue ulang tahun dan do’a bersama. 

Agar lebih unik, Yupiers bisa menambahkan karakter-karakter unik dan camilan menarik lainnya pada kue ulang tahun misalnya seperti Yupi Fruit Cocktails.

Do’a bersama bisa Yupiers lakukan dengan meminta bantuan tokoh pemuka agama seperti dalam agama islam adalah ustad, MC, atau anggota keluarga yang sekiranya berkompeten. Selain itu Yupiers juga bisa memberikan makanan inti dan hidangan lainnya pada saat acara inti ini.

5. Mempersiapkan Kue Ulang Tahun

Sebelum memasuki momen penting pemotongan kue ulang tahun, pastikan bahwa kue tersebut telah dipersiapkan dengan penuh perhatian. Akan lebih menarik jika kue tersebut sesuai dengan tema pesta dan dihiasi dengan elemen-elemen yang menggambarkan kebahagiaan dan usia anak yang merayakan ulang tahun.

Pastikan juga kue tersebut telah diletakkan dengan cantik di tempat yang khusus, siap untuk dipotong dan dibagikan kepada para tamu. Kue ulang tahun adalah salah satu pusat perhatian dalam acara ini, sehingga pastikan tampilannya menarik dan mengundang selera.

6. Memotong Kue dan Tiup Lilin

Saat momen pemotongan kue tiba, seorang anggota keluarga atau bahkan anak yang merayakan ulang tahun dapat diberi kesempatan untuk memotong kue. Ini adalah momen yang penuh kegembiraan di mana anak merayakan ulang tahun dapat memotong kue tersebut, yang kemudian akan dibagikan kepada para tamu sebagai simbol berbagi kebahagiaan.

Sebelum kue dipotong, anak tersebut dapat membuat sebuah harapan yang disembunyikan saat meniup lilin-lilin di atas kue. Semua mata akan tertuju pada momen magis ini, dan setelah itu, kue akan dibagi dengan penuh cinta dan senyum kepada para tamu yang hadir.

7. Acara Makan Bersama

Do’a bersama bisa Yupiers lakukan dengan meminta bantuan tokoh pemuka agama seperti dalam agama islam adalah ustad, MC, atau anggota keluarga yang sekiranya berkompeten. Selain itu Yupiers juga bisa memberikan makanan inti dan hidangan lainnya pada saat acara inti ini.

8. Permainan Ringan

Agar acara ulang tahun anak semakin meriah, maka dalam susunan acara ulang tahun anak perlu Yupiers masukan beberapa games atau permainan saat acara ulang tahun anak yang akan menghidupkan suasana.

Lantas hiburan apa saja yang ada di pesta ulang tahun? Misalnya saja seperti limbo, freeze dance, kursi musik, bermain menggunakan balon, dan masih banyak lagi.

Selain itu juga, agar permainan ringan ini semakin menarik, Yupiers juga bisa memberikan hadiah untuk para peserta yang memenangkan permainan ringain ini seperti beberapa produk permen Yupi yaitu 

Sebagai hadiahnya, tamu undangan yang memenangkan Games bisa Yupiers beri bingkisan berisi Yupi Milly Moos, Baby Bears, Yupi Big Frank atau produk permen Yupi lainnya yang menarik.

9. Acara Foto Bersama

Do’a bersama bisa Yupiers lakukan dengan meminta bantuan tokoh pemuka agama seperti dalam agama islam adalah ustad, MC, atau anggota keluarga yang sekiranya berkompeten. Selain itu Yupiers juga bisa memberikan makanan inti dan hidangan lainnya pada saat acara inti ini.

10. Penutupan dan Doa

Pada tahap akhir acara, MC akan mengucapkan terima kasih dan memohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan yang mungkin terjadi selama acara berlangsung. 

MC juga dapat mengajak tamu undangan untuk bersama-sama mengucapkan doa bersyukur atas kelancaran acara ini dan berharap yang terbaik untuk anak yang merayakan ulang tahun.

Doa bersama ini bisa menjadi momen yang penuh makna dan menyentuh hati, menciptakan kenangan indah yang akan terus diingat oleh semua yang hadir.

11. Bersalaman dan Pembagian Souvenir

Setelah semua momen spesial telah dilalui, saatnya bagi penyelenggara acara ulang tahun dan tamu undangan untuk saling berjabat tangan dan berbagi senyuman hangat. Ini adalah saat yang penuh dengan rasa terima kasih dan penghargaan atas kehadiran para tamu yang telah hadir untuk merayakan bersama.

Selain itu, sebagai tanda penghargaan tambahan, penyelenggara acara dapat memberikan souvenir yang telah dipersiapkan sebelumnya kepada tamu undangan sebagai kenang-kenangan dari hari yang berkesan ini.

Souvenir tersebut bisa berupa cenderamata kecil atau bingkisan yang sesuai dengan tema pesta, yang akan membantu tamu untuk selalu mengingat dan merasa bahagia atas momen yang mereka habiskan bersama di acara ulang tahun anak ini.

Baca Juga : 10 Ide Souvenir Ulang Tahun Anak yang Bermanfaat dan Unik

Contoh Teks Susunan Acara Ulang Tahun Anak Untuk MC

Setelah mengetahui susunan acara ulang tahun anak yang singkat namun berkesan, bagi seorang pembawa acara atau MC ada beberapa contoh teks susunan acara ulang tahun anak yang bisa digunakan. Berikut ini adalah contoh tersebut :

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat (pagi, siang, sore atau malam) kepada para tamu undangan. Selamat datang di acara ulang tahun (nama anak yang merayakan ulang tahun)

Ada yang sudah tahu atau belum nih ulang tahun yang ke berapa? Ayo coba ditebak? 

Ada bingkisan menarik untuk yang bisa menjawab paling cepat dan tepat pertanyaan Kakak. 

Iya, kamu yang tunjuk langit paling pertama. 

Iya betul, hari ini adalah acara ulang tahun (nama anak yang merayakan ulang tahun). Yang ke-(usia anak saat merayakan ulang tahun).

Apa kabar semuanya?

Di sini Kakak MC akan memanggil semua tamu undangan dengan teman ya. Kakak akan bersama teman-teman semua sampai acara ini berakhir. 

Oiya apa kabarnya teman-teman? Sudah bersyukurkah hari ini? Yuk kita ucapkan Alhamdulillah bersama atas apa yang sudah Allah SWT berikan kepada kita sampai saat ini.

Alhamdulillah ya kita bisa berjumpa di acara ulang tahun (nama anak yang merayakan ulang tahun) dalam keadaan sehat. 

Wah sepertinya teman-teman bersemangat sekali di acara ini. Agar acara ini dapat terlaksana dengan baik, Kakak bacakan susunan acaranya ya.

  1. Pembukaan acara
  2. Sambutan dari keluarga
  3. Acara inti
  4. Games Ringan
  5. Penutupan

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini keluarga dari (nama anak yang merayakan ulang tahun) sedang melakukan acara ulang tahun ke-(usia anak saat merayakan ulang tahun), mari tepuk tangan yang meriah kepada (nama anak yang merayakan ulang tahun).

Selain itu juga, untuk memperlancar acara ini, mari kita berdoa sesuai dengan agama kita masing-masing terlebih dahulu ya, berdoa dimulai.

Berdoa selesai.

Sebelum kita memasuki acara utama, mari kita dengar terlebih dahulu sambutan dari pihak keluarga yang akan diwakilkan oleh (orang tua atau wali anak yang merayakan ulang tahun ) Kepada (orang tua atau wali anak yang merayakan ulang tahun ) kami persilahkan.

Terima kasih kepada (orang tua atau wali anak yang merayakan ulang tahun ) yang telah memberikan sambutan hangatnya pada acara tasyakuran ulang tahun (nama anak yang merayakan ulang tahun) yang ke-(usia anak saat merayakan ulang tahun).

Sekarang kita masuk ke acara inti kita, dan sebelum itu Kakak ada satu bocoran nih untuk teman-teman. Setelah acara inti ada games ringan dengan hadiah-hadiah menarik. Jadi mari kita nikmati acara ini sampai selesai ya.

Baik, sekarang kita akan ke acara inti yang akan diawali dengan pemotongan kue ulang tahun, pembacaan do’a bersama.

Kepada (nama anak yang merayakan ulang tahun) kami persilahkan untuk memotong kue ulang tahun dengan didampingi Bapak dan Ibu. 

Kita beri tepuk tangan yang renyah yuk sambil menyanyikan lagu potong kuenya. Kira-kira potongan pertamanya untuk siapa ya? Wah ternyata untuk Ibu tercinta.

Terima kasih (nama anak yang merayakan ulang tahun) untuk potongan kue ulang tahunnya. 

Lanjut ke acara berikutnya yaitu do’a bersama yang akan dipimpin oleh (nama orang yang berkompeten dalam memimpin doa)

Kepada (nama orang yang berkompeten dalam memimpin doa) kami persilahkan.

Terima kasih kepada (nama orang yang berkompeten dalam memimpin doa) yang telah memimpin do’a pada acara ulang tahun yang ke-(usia anak saat merayakan ulang tahun)  dari (nama anak yang merayakan ulang tahun) 

Supaya lebih semangat menuju ke acara games ringan, kita mulai dengan tepuk ya. Ikuti nyanyian dan gerakan kakak ya.

Kalau kau suka hati tepuk tangan,

Kalau kau senang hati tepuk kaki,

Kalau kau senang hati injak bumi.

Kalau kau suka hati tepuk tangan, tepuk kaki, injak bumi. 

Sudah semakin semangat kan ya. Kita lanjut ke acara games ya. 

Sembari menikmati hidangan yang ada, Kakak ada games ringan. Bagi yang bisa menjawab bisa tunjuk langit dan sebutkan jawabannya. 

Kalau jawabannya benar ada hadiah menarik yang bisa teman-teman bawa. Siap-siap ya teman-teman, karena hadiah yang akan kalian dapatkan ini sangat besar. Kira-kira siapa yang akan dapat ya.

Akhirnya semua rangkaian acara sudah terlaksana. 

Mari kita ucapkan hamdallah bersama. Alhamdulillahirabbilalamin. Sebagai pembawa acara saya mohon maaf atas segala kekurangan dan terima kasih atas kehadiran dan perhatiannya. Billahitaufik Walhidayah Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Acara Ulang Tahun Anak

Persiapan acara ulang tahun anak dapat bervariasi tergantung pada tema pesta dan kompleksitas acara. Namun, berikut adalah beberapa persiapan umum yang perlu Yupiers pertimbangkan:

  1. Tentukan Tema Pesta:

    • Pilih tema yang sesuai dengan minat dan keinginan anak.
    • Persiapkan dekorasi, pernak-pernik, dan atribut sesuai dengan tema yang telah dipilih.
  2. Atur Tanggal dan Waktu:

    • Tentukan tanggal dan waktu yang sesuai untuk acara, sesuaikan dengan jadwal anak dan tamu undangan.
  3. Undangan:

    • Buat undangan dengan tema pesta dan kirimkan kepada tamu undangan beberapa minggu sebelum acara.
    • Pastikan untuk mencantumkan rincian seperti alamat, tanggal, waktu, dan kontak yang bisa dihubungi.
  4. Lokasi:

    • Tentukan tempat di mana pesta akan diadakan, apakah di rumah, di taman, atau di tempat sewa.
    • Pastikan lokasi cocok dengan jumlah tamu yang diundang.
  5. Dekorasi:

    • Siapkan dekorasi sesuai dengan tema pesta, termasuk balon, spanduk, meja hias, dan pajangan.
    • Pastikan untuk mengatur dekorasi dengan baik sebelum tamu tiba.
  6. Makanan dan Minuman:

    • Rencanakan menu makanan dan minuman yang sesuai dengan tema pesta dan preferensi anak.
    • Sediakan kue ulang tahun yang sesuai dengan tema pesta.
    • Pertimbangkan kebutuhan makanan untuk tamu yang memiliki diet khusus.
  7. Camilan dan Kudapan:

    • Sediakan camilan dan kudapan seperti permen, keripik, dan makanan ringan lainnya yang sesuai dengan tema pesta.
    • Persiapkan meja camilan yang menarik.
  8. Kue Ulang Tahun:

    • Pesan atau buat kue ulang tahun yang sesuai dengan tema pesta dan selera anak.
    • Pastikan ada lilin untuk kue.
  9. Hiburan dan Permainan:

    • Rencanakan permainan dan aktivitas yang sesuai dengan usia anak dan tema pesta.
    • Sediakan hadiah atau penghargaan untuk pemenang permainan.
  10. Musik dan Hiburan:

    • Siapkan pemutar musik atau hiburan seperti penampilan artis, pertunjukan sulap, atau pertunjukan boneka sesuai dengan tema pesta.
  11. Hadiah Ulang Tahun:

    • Jika Yupiers merencanakan memberikan hadiah kepada anak yang merayakan ulang tahun, pastikan untuk membeli atau membuat hadiah yang sesuai dengan minatnya.
  12. Goodie Bags atau Souvenir:

    • Siapkan goodie bags atau souvenir untuk para tamu undangan sebagai kenang-kenangan.
    • Isi dengan permen, mainan kecil, atau item yang relevan dengan tema pesta.
  13. Fotografer atau Kamera:

    • Pastikan Yupiers memiliki fotografer atau kamera untuk mengabadikan momen-momen berharga selama acara.
    • Persiapkan backdrop foto untuk sesi foto bersama.
  14. MC atau Pembawa Acara:

    • Jika Yupiers ingin memiliki MC atau pembawa acara, atur untuk memiliki seseorang yang akan mengoordinasikan acara dan berinteraksi dengan tamu.
  15. Perlengkapan Pesta:

    • Siapkan perlengkapan pesta seperti piring, gelas, garpu, pisau, dan serviette sesuai dengan tema pesta.
    • Pastikan ada cukup tempat duduk dan meja untuk para tamu.
  16. Keamanan:

    • Pastikan ada langkah-langkah keamanan seperti pengawasan anak-anak kecil dan pemeriksaan mainan yang aman.
  17. Pakaian Tema:

    • Jika tema pesta melibatkan pakaian khusus, pastikan anak dan anggota keluarga lainnya memiliki pakaian sesuai.
  18. Rencanakan Susunan Acara:

    • Buat susunan acara yang mencakup semua aktivitas dan waktu untuk masing-masing bagian acara.
  19. Cadangan Cuaca:

    • Jika acara dilakukan di luar ruangan, persiapkan rencana cadangan jika cuaca buruk.
  20. Kesiapan Mental:

    • Ingatlah untuk bersenang-senang dan tidak terlalu stres selama acara. Jika Yupiers rileks, anak dan tamu akan lebih menikmati pesta.

Pastikan untuk mempersiapkan semua detail dengan baik sebelum acara dan berkomunikasi dengan baik dengan tamu undangan agar semuanya berjalan lancar dan pesta ulang tahun anak menjadi momen yang menyenangkan dan berkesan.

Itulah contoh susunan acara ulang tahun anak yang singkat tapi meriah dan contoh teksnya untuk MC. Contoh teks susunan acara ulang tahun anak di atas hanya sebagai gambaran. Yupiers bisa mengkreasikan dengan lebih ciamik lagi.

Home Our Story Events Games Profile