menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

15 Judul Film Dinosaurus Terpopuler dengan Plot Cerita Menarik!

Dinosaurus adalah makhluk purba yang telah punah jutaan tahun yang lalu. Hal ini membuat dinosaurus menjadi makhluk unik nan misterius yang banyak membuat orang yang penasaran dengan bagaimana rupa dinosaurus, bagaimana mereka hidup, dan bagaimana mereka punah.

Dikarenakan rasa penasaran tersebut, banyak sekali bermunculan film-film dinosaurus yang memberikan gambaran tentang kehidupan mereka yang menarik, sehingga dapat memuaskan rasa penasaran penonton. Tak jarang, film-film dinosaurus sering dibumbui dengan aksi-aksi yang menegangkan dan penuh adrenalin.

Film-film dinosaurus selalu menjadi salah satu genre film yang paling populer di dunia. Sejak dirilisnya film Jurassic Park pada tahun 1993, film-film dinosaurus selalu berhasil menarik perhatian penonton dari berbagai kalangan. 

Penonton akan diajak untuk merasakan sensasi teror dan ketakutan saat melihat dinosaurus-dinosaurus buas mengejar dan memangsa manusia. Hal ini membuat film-film dinosaurus menjadi hiburan yang seru dan menantang.

Tidak hanya itu, film dinosaurus juga ada yang berbentuk kartun, yang dapat menjadi media untuk mengedukasi anak tentang dinosaurus. Film kartun dinosaurus ini juga dapat memberikan gambaran tentang kehidupan dinosaurus, seperti bagaimana mereka hidup, berburu, dan bersosialisasi. Selain itu, film ini juga dapat mengajarkan anak tentang nilai moral dan sosial, seperti kerjasama, persahabatan, dan keberanian.

Nah, maka dari itu, kali ini Yumin akan memberikan rekomendasi judul film dinosaurus terbaik yang pernah dirilis, mulai dari yang menegangkan hingga memberikan nilai moral kehidupan. Perhatikan baik-baik, ya!

1. The Good Dinosaur (2015)
The Good Dinosaur (2015)

Rekomendasi film yang pertama berjudul The Good Dinosaur (2015) yang menceritakan tentang petualangan seekor anak Apatosaurus bernama Arlo. Arlo adalah seekor dinosaurus yang pemalu dan penakut. Dia selalu diganggu oleh saudara-saudaranya yang lebih besar dan lebih kuat.

Suatu hari, Arlo mengalami peristiwa yang mengubah hidupnya. Dia terseret oleh banjir dan terpisah dari keluarganya. Arlo harus berjuang untuk bertahan hidup di dunia yang berbahaya.

Dalam perjalanannya, Arlo bertemu dengan seorang anak manusia bernama Spot. Spot adalah anak yatim piatu yang melarikan diri dari sukunya. Arlo dan Spot awalnya tidak menyukai satu sama lain, tetapi mereka perlahan-lahan menjadi teman.

Bersama-sama, Arlo dan Spot menghadapi berbagai tantangan. Mereka harus menghindari predator, menemukan makanan, dan menemukan jalan pulang. Arlo belajar banyak hal dari Spot. Dia belajar tentang keberanian, persahabatan, dan pentingnya keluarga.

  • Rating Rotten Tomatoes: 75% Tomatometer dan 64% Audience Score
  • Genre: Kids & family, Comedy, Adventure, Animation
  • Durasi: 1 jam 32 menit
  • Voice Actor: Raymond Ochoa (Arlo), Jack Bright (Spot), Jeffrey Wright (Poppa)
  • Platform Menonton: Vudu, Prime Video, Disney+ Hotstar, Apple TV

2. The Rite of Spring Fantasia (1940)
The Rite of Spring Fantasia (1940)

Film The Rite of Spring (1940) adalah salah satu segmen dari film animasi Fantasia (1940). Segmen ini menceritakan tentang evolusi kehidupan di Bumi, mulai dari Big Bang hingga kepunahan dinosaurus. 

Segmen ini dimulai dengan adegan Big Bang, yang menciptakan alam semesta. Kemudian, kita melihat evolusi kehidupan di laut, mulai dari makhluk uniseluler hingga ikan.

Setelah itu, kita melihat evolusi kehidupan di darat, mulai dari amfibi hingga dinosaurus. Kita melihat berbagai macam dinosaurus, mulai dari herbivora hingga karnivora. Segmen ini berakhir dengan adegan kepunahan dinosaurus. Hal ini disebabkan oleh meteor yang jatuh ke Bumi.

  • Rating Rotten Tomatoes: 95% Tomatometer dan 83% Audience Score
  • Genre: Kids & family, Fantasy, Animation
  • Durasi: 2 jam
  • Voice Actor: Deems Taylor (Narator)
  • Platform Menonton: Vudu, Prime Video, Disney+ Hotstar, Apple TV

3. King Kong (2005)
King Kong (2005)

Film King Kong (2005) adalah remake dari film klasik tahun 1933 dengan judul yang sama. Film ini menceritakan tentang petualangan seorang sutradara film bernama Carl Denham dan krunya ke Skull Island, sebuah pulau misterius yang dihuni oleh makhluk-makhluk prasejarah. 

Di pulau itu, mereka menemukan seekor gorila raksasa bernama Kong. Kong adalah makhluk yang baik hati dan penyayang, tetapi dia sering diserang oleh predator lain di pulau itu.

Denham memutuskan untuk menangkap Kong dan membawanya ke New York City untuk dipamerkan. Namun, Kong melarikan diri dan menyebabkan kekacauan di kota.

  • Rating Rotten Tomatoes: 84% Tomatometer dan 50% Audience Score
  • Genre: Adventure, Action, Fantasy
  • Durasi: 3 jam 7 menit
  • Pemain: Naomi Watts, Adrien Brody, Jack Black
  • Platform Menonton: Vudu, Peacock, Prime Video, Apple TV

4. Jurassic Park (1993)
Jurassic Park (1993)

Film Jurassic Park (1993) menceritakan tentang sekelompok ilmuwan dan pengacara yang diundang ke taman hiburan yang terletak di sebuah pulau tropis. Taman hiburan tersebut berisi dinosaurus yang telah dikloning dari DNA fosil.

Para ilmuwan, yang dipimpin oleh Dr. Alan Grant, skeptis tentang kelangsungan hidup dinosaurus di taman hiburan tersebut. Namun, mereka akhirnya diyakinkan oleh Dr. John Hammond, pemilik taman hiburan tersebut.

Namun, keadaan berubah menjadi kacau ketika sistem keamanan taman hiburan tersebut mengalami gangguan. Dinosaurus-dinosaurus melarikan diri dari kandangnya dan mulai menyerang manusia.

Para ilmuwan dan pengacara tersebut harus berjuang untuk bertahan hidup dan menemukan jalan keluar dari pulau tersebut.

  • Rating Rotten Tomatoes: 91% Tomatometer dan 91% Audience Score
  • Genre: Adventure, Action, Sci-fi, Mystery & thriller
  • Durasi: 2 jam 6 menit
  • Pemain: Sam Neill, Laura Dern, Jeff Goldblum
  • Platform Menonton: Vudu, Peacock, Prime Video, Apple TV, Google Play Film

5. The Land Before Time (1988)
The Land Before Time (1988)

Film The Land Before Time (1988) menceritakan tentang petualangan seekor anak brontosaurus bernama Littlefoot bersama teman-temannya untuk mencari rumah baru setelah rumah mereka dihancurkan oleh badai. 

Littlefoot adalah seekor anak brontosaurus yang pemalu dan penakut. Dia selalu diganggu oleh saudara-saudaranya yang lebih besar dan lebih kuat.

Suatu hari, Littlefoot mengalami peristiwa yang mengubah hidupnya. Dia terseret oleh banjir dan terpisah dari keluarganya. Littlefoot harus berjuang untuk bertahan hidup di dunia yang berbahaya.

Dalam perjalanannya, Littlefoot bertemu dengan seekor anak Tyrannosaurus rex bernama Cera, seekor anak triceratops bernama Ducky, seekor anak stegosaurus bernama Spike, dan seekor anak pteranodon bernama Petrie.

Bersama-sama, Littlefoot dan teman-temannya menghadapi berbagai tantangan. Mereka harus menghindari predator, menemukan makanan, dan menemukan jalan pulang.

  • Rating Rotten Tomatoes: - Tomatometer dan 41% Audience Score
  • Genre: Kids & family, Adventure, Animation
  • Durasi: 1 jam 17 menit
  • Voice Actor: Jeff Bennet, Nancy Cartwright, Aria Noelle Curzon
  • Platform Menonton: Vudu, Prime Video, Apple TV, Netflix, Youtube

6. Jurassic World (2015)
Jurassic World (2015)

Film Jurassic World (2015) adalah sekuel dari film Jurassic Park (1993). Film ini menceritakan tentang petualangan sepasang saudara kandung, Zach dan Gray Mitchell, yang mengunjungi taman hiburan Jurassic World di Isla Nublar, lepas pantai Kosta Rika.

Taman hiburan tersebut merupakan tempat di mana dinosaurus telah dikloning dan dipelihara di habitat yang terkontrol. Namun, keadaan berubah menjadi kacau ketika dinosaurus-dinosaurus melarikan diri dari kandangnya dan mulai menyerang manusia.

Zach dan Gray terjebak di taman hiburan tersebut dan harus berjuang untuk bertahan hidup. Mereka bertemu dengan Claire Dearing, manajer operasi taman hiburan tersebut, yang membantu mereka menemukan jalan keluar.

  • Rating Rotten Tomatoes: 71% Tomatometer dan 78% Audience Score
  • Genre: Adventure, Action, Sci-fi, Mystery & thriller
  • Durasi: 2 jam 4 menit
  • Pemain: Chris Pratt, Bryce Dallas, Irrfan Khan
  • Platform Menonton: Vudu, Peacock, Prime Video, Apple TV, Google Play Film

7. The Lost World: Jurassic Park (1997)
The Lost World Jurassic Park (1997)

Film dinosaurus berikutnya adalah The Lost World: Jurassic Park (1997) yang merupakan sekuel dari film Jurassic Park (1993). Film ini menceritakan tentang petualangan tim ilmuwan yang dikirim ke Isla Sorna, sebuah pulau kembaran dari Isla Nublar, untuk menjelajahi habitat dinosaurus liar. 

Tim tersebut dipimpin oleh Dr. Ian Malcolm, yang masih trauma dari peristiwa di Isla Nublar. Mereka bertemu dengan Dr. Sarah Harding, seorang ahli dinosaurus yang telah tinggal di Isla Sorna selama bertahun-tahun.

Tim tersebut segera menyadari bahwa dinosaurus di Isla Sorna tidak hanya berbahaya, tetapi juga pintar dan adaptif. Mereka harus berjuang untuk bertahan hidup di pulau tersebut dan menemukan jalan keluar.

  • Rating Rotten Tomatoes: 54% Tomatometer dan 51% Audience Score
  • Genre: Adventure, Action, Sci-fi, Mystery & thriller
  • Durasi: 2 jam 14 menit
  • Pemain: Jeff Goldblum, Julianne Moore, Pete Postlethwaite
  • Platform Menonton: Vudu, Peacock, Prime Video, Apple TV, Google Play Film

8. Journey to The Center of The Earth (2008)
Journey to The Center of The Earth (2008)

Film Journey to the Center of the Earth (2008) menceritakan tentang petualangan Sean Anderson, seorang remaja yang menerima pesan misterius dari ayahnya yang telah lama hilang. Pesan tersebut berisi petunjuk untuk menemukan sebuah gua di Islandia yang mengarah ke pusat Bumi. 

Sean bersama teman-temannya, Axel dan Hannah, berangkat ke Islandia untuk menemukan gua tersebut. Mereka menemukan gua tersebut dan turun ke dalam, dan mereka menemukan dunia yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Di dalam Bumi, Sean dan teman-temannya bertemu dengan berbagai macam makhluk prasejarah, termasuk dinosaurus, pterosaurus, dan makhluk-makhluk lainnya. Mereka juga harus menghadapi berbagai tantangan, seperti lava yang mendidih, air terjun yang deras, dan makhluk-makhluk berbahaya.

  • Rating Rotten Tomatoes: 60% Tomatometer dan 54% Audience Score
  • Genre: Kids & family, Adventure, Action, Fantasy, Sci-fi
  • Durasi: 1 jam 33 menit
  • Pemain: Brendan Fraser, Josh Hutcherson, Anita Briem
  • Platform Menonton: Vudu, Prime Video, MAX, Apple TV, bilibili

9. 65 (2023)
65 (2023)

Film 65 (2023) menceritakan tentang petualangan seorang pilot bernama Mills yang mengalami kecelakaan dan terdampar di planet misterius. Berdua dengan Koa, satu-satunya penumpang selamat, berusaha bertahan hidup di tempat tersebut karena menyadari mereka ternyata tidak sendirian.

Mills dan Koa harus menghadapi berbagai tantangan, seperti makhluk-makhluk berbahaya, cuaca ekstrem, dan lingkungan yang tidak bersahabat. Mereka juga harus bekerja sama untuk menemukan jalan keluar dari planet tersebut.

  • Rating Rotten Tomatoes: 34% Tomatometer dan 65% Audience Score
  • Genre: Sci-fi, Adventure, Action, Mystery & thriller
  • Durasi: 1 jam 33 menit
  • Pemain: Adam Driver, Ariana Greenblatt, Chloe Coleman
  • Platform Menonton: Vudu, Prime Video, Netflix, Apple TV, bilibili, catchplay

10. Walking with Dinosaurs (2013)
Walking with Dinosaurs (2013)

Film Walking with Dinosaurs (2013) menceritakan tentang petualangan Patchi, seekor Pachyrhinosaurus muda, yang lahir di era Cretaceous. Patchi harus menghadapi berbagai tantangan untuk bertahan hidup, termasuk pemangsa, bencana alam, dan persaingan dari sesama dinosaurus.

Patchi tumbuh besar dan cerdas walaupun dulunya ia adalah yang paling kecil diantara saudaranya yang lain. Ia kemudian menjadi salah satu Pachyrhinosaurus yang paling kuat di kawanannya.

  • Rating Rotten Tomatoes: 23% Tomatometer dan 41% Audience Score
  • Genre: Kids & family, Adventure, Comedy, Animation
  • Durasi: 1 jam 27 menit
  • Voice Actor: John Leguizamo, Justin Long, Karl Urban
  • Platform Menonton: Vudu, Prime Video, Apple TV, bilibili

11. Ice Age 3 (2009)
Ice Age 3 (2009)

Film Ice Age 3: Dawn of the Dinosaurs (2009) menceritakan tentang petualangan Manny, Sid, Diego, dan kawan-kawan mereka di dunia bawah tanah yang penuh dengan dinosaurus.

Ellie, istri Manny, sedang hamil dan Manny menjadi sangat protektif terhadapnya. Sid menemukan tiga telur dinosaurus dan mengira bahwa mereka adalah telurnya sendiri. Diego sedang mengejar seekor rusa betina yang sombong bernama Shira.

Ketika Manny, Sid, Diego, dan kawan-kawan mereka mencari tempat tinggal baru, mereka menemukan gua bawah tanah yang penuh dengan dinosaurus. Sid membawa telur-telur dinosaurus tersebut dan diserang oleh induk dinosaurus Tyrannosaurus rex. Manny, Diego, dan kawan-kawan mereka harus menyelamatkan Sid dan telur-telur tersebut.

  • Rating Rotten Tomatoes: 46% Tomatometer dan 63% Audience Score
  • Genre: Kids & family, Comedy, Adventure, Animation
  • Durasi: 1 jam 34 menit
  • Voice Actor: Ray Romano, Denis Leary, John Leguizamo
  • Platform Menonton: Vudu, Hulu, Prime Video, Disney+ Hotstar, Apple TV

12. Dinosaur (2000)
Dinosaur (2000)

Film Dinosaur (2000) menceritakan tentang petualangan Aladar, seekor Iguanodon muda, yang dibesarkan oleh keluarga lemur prasejarah. Setelah selamat dari hujan meteor yang menghancurkan, keluarga itu pindah ke rumah baru mereka dan berteman dengan kawanan dinosaurus di sepanjang jalan saat dalam perjalanan ke "Nesting Grounds".

  • Rating Rotten Tomatoes: 65% Tomatometer dan 48% Audience Score
  • Genre: Kids & family, Adventure
  • Durasi: 1 jam 22 menit
  • Voice Actor: D.B. Sweeney, Alfre Woodard, Ossie Davis
  • Platform Menonton: Vudu, Prime Video, Disney+ Hotstar, Apple TV

13. Land of the Lost (2009)
Land of the Lost (2009)

Film Land of the Lost (2009) menceritakan tentang petualangan Dr. Rick Marshall, seorang ahli paleontologi yang sedang melakukan penelitian di hutan hujan Amazon. Saat penelitiannya terganggu oleh badai, Rick dan dua asistennya, Holly dan Will, terlempar ke dimensi lain yang penuh dengan dinosaurus dan makhluk prasejarah lainnya.

Di dunia baru ini, Rick, Holly, dan Will harus bekerja sama untuk bertahan hidup dan menemukan jalan pulang. Mereka harus menghadapi berbagai tantangan, termasuk serangan dinosaurus, suku primitif, dan makhluk-makhluk berbahaya lainnya.

  • Rating Rotten Tomatoes: 26% Tomatometer dan 32% Audience Score 
  • Genre: Comedy, Adventure
  • Durasi: 1 jam 42 menit
  • Pemain: Will Ferrell, Anna Friel, Danny McBride
  • Platform Menonton: Vudu, Peacock, Netflix, Apple TV, Prime Video

14. We're Back! A Dinosaur's Story (1993)
Were Back! A Dinosaurs Story (1993)

Film We're Back! A Dinosaur's Story (1993) menceritakan tentang petualangan empat dinosaurus, Rex, Elsa, Woog, dan Dweeb, yang dibawa ke masa depan oleh Dr. Screweyes, seorang ilmuwan gila yang ingin menguasai dunia.

Dr. Screweyes memberikan dinosaurus-dinosaurus tersebut Brain Grain Cereal, yang membuat mereka menjadi cerdas dan bisa berbicara. Rex, Elsa, Woog, dan Dweeb kemudian melarikan diri dari Dr. Screweyes dan bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Louie.

Louie membantu Rex, Elsa, Woog, dan Dweeb untuk kembali ke masa lalu. Dalam perjalanannya, mereka harus menghadapi berbagai tantangan, termasuk serangan para dinosaurus yang dikendalikan Dr. Screweyes.

  • Rating Rotten Tomatoes: 38% Tomatometer dan 50% Audience Score
  • Genre: Kids & family, Fantasy, Animation
  • Durasi: 1 jam 12 menit
  • Voice Actor: John Goodman, Jay Leno, Rhea Perlman
  • Platform Menonton: Vudu, Apple TV, Prime Video

15. Jurassic World Dominion (2022)
Jurassic World Dominion (2022)

Film Jurassic World Dominion (2022) menceritakan tentang petualangan Owen Grady , Claire Dearing, dan Maisie Lockwood dalam menghadapi ancaman baru dari dinosaurus yang telah beradaptasi dengan kehidupan di dunia modern.

Setelah peristiwa di Jurassic World: Fallen Kingdom (2018), dinosaurus telah menyebar ke seluruh dunia. Owen dan Claire berusaha untuk melindungi Maisie, yang diketahui sebagai hasil kloning dari DNA dinosaurus.

Di sisi lain, Biosyn, sebuah perusahaan bioteknologi yang bertanggung jawab atas kiamat dinosaurus di Jurassic World: Fallen Kingdom, juga berusaha untuk mengendalikan dinosaurus. Biosyn dipimpin oleh Lewis Dodgson, seorang ilmuwan jahat yang ingin menggunakan dinosaurus untuk keuntungannya sendiri.

Owen, Claire, dan Maisie harus bekerja sama dengan Alan Grant, Ellie Sattler (Laura Dern), dan Ian Malcolm untuk menghentikan Biosyn dan menyelamatkan dunia dari ancaman dinosaurus.

  • Rating Rotten Tomatoes: 29% Tomatometer dan 77% Audience Score
  • Genre: Action, Adventure, Sci-fi, Mystery & thriller
  • Durasi: 2 jam 27 menit
  • Pemain: Chris Pratt, Bryce Dallas Howard, Laura Dern
  • Platform Menonton: Vudu, Peacock, Apple TV, Prime Video

Apa saja Series Jurassic World?

Jurassic World adalah sebuah franchise film yang terkenal yang menggabungkan petualangan, fiksi ilmiah, dan dinosaurus prasejarah. Seri ini telah berkembang sejak film asli Jurassic Park dirilis pada tahun 1993.

Jurassic Park yang rilis pada 1993 adalah film pertama dari seri ini, lalu dilanjutkan dengan The Lost World: Jurassic Park yang rilis pada 1997. Setelah itu, film ketiga berjudul Jurassic Park III rilis pada 2001.

Setelah 3 film tersebut rilis, Jurassic World yang menampilkan petualangan Owen Grady rilis pada 2015, dilanjutkan dengan Jurassic World: Fallen Kingdom yang rilis pada 2018, dan yang terakhir, Jurassic World: Dominion yang telah rilis pada 2022.

Taman Jurassic ada dimana?

Di Indonesia, kalian dapat menemukan taman bernuansa Jurassic Park di Jawa Timur Park 3, yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Disana, Yupiers dapat mengedukasi si kecil untuk berkenalan dengan nama-nama dinosaurus terkenal, replika dinosaurus serta berbagai permainan yang ada disana.

Wahana ini dinamakan Dino Park, yang merupakan wahana bertema dinosaurus yang menjadi salah satu daya tarik Jawa Timur Park 3. 

Selain mempelajari sejarah melalui replika dinosaurus, kalian juga dapat melihat fosil atau kerangka, dan berbagai media untuk mempelajari sejarah masa lalu dinosaurus.

Jelajahi Dunia Dinosaurus bersama Yupi Vegasaurus yang Vegan Friendly!
Yupi Vegasaurus

Agar si kecil tidak bosan saat mempelajari sejarah dinosaurus, Yupiers bisa memberikan mereka Yupi Vegasaurus yang memiliki bentuk jenis dinosaurus. Selain kenyal, dan memiliki bentuk yang lucu, Yupi Vegasaurus juga dibuat tanpa pemanis buatan dan juga pengawet.

Sangat cocok tentunya untuk jadi cemilan anak saat menonton film kartun dinosaurus, bernostalgia dengan film Jurassic Park, ataupun berkunjung ke taman dinosaurus. Gimana menurut kalian? Itu dia beberapa rekomendasi film dinosaurus yang memicu adrenalin dan seru untuk ditonton bersama keluarga!

Home Our Story Events Games Profile