menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

15 Nama-nama Dinosaurus Paling Terkenal dengan Gambarnya!

Tahukah Yupiers, nama nama dinosaurus yang terkenal dari A-Z dan gambarnya? Yumin akan membahasnya secara lengkap disini, ya. Dinosaurus, adalah hewan yang sampai saat ini sangat menarik perhatian banyak pihak, tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga banyak yang menyukai dan penasaran dengan jenis hewan yang satu ini.

Hewan dinosaurus juga semakin banyak peminatnya semenjak muncul dalam berbagai film, dan salah satu film yang paling terkenal tentang dinosaurus adalah Jurassic Park. Ada banyak daya tarik dari hewan satu ini, salah satunya tentu adalah ukurannya yang sangat besar. 

Karena hewan dinosaurus ini sangat menarik, hal ini juga menjadi inspirasi Yupi untuk membuat permen Yupi Dino Land yang merupakan permen Yupi yang lezat dan sehat dengan bentuk dinosaurus yang menarik.

Pada tahun 1842, seorang ilmuwan asal Inggris yang bernama Sir Richard Owen menemukan kata "Dinosauria." Kata ini berasal dari bahasa Yunani, "deinos" yang artinya "sangat besar," dan sauros yang berarti "kadal." Jadi, kata "Dinosauria" ini digunakan untuk menggambarkan binatang-binatang purba yang sangat besar dan mirip dengan kadal. 

Gabungan dari kedua kata tersebut menghasilkan kata dinosaurus yang memiliki arti kadal yang sangat besar.

Secara umum, dinosaurus juga sama seperti hewan saat ini, yaitu ada yang memakan tumbuhan yaitu herbivora, memakan daging yaitu karnivora dan ada juga yang memakan segalanya yaitu omnivora,

Jenis-jenis hewan dinosaurus juga ada banyak sekali. Dari berbagai jenis tersebut juga muncul nama-nama dinosaurus yang kini cukup terkenal. Apa sajakah nama-nama dinosaurus yang terkenal tersebut? Temukan jawabannya dari Yupi berikut ini.

1. T-Rex (Tyrannosaurus Rex)
Nama-nama dinosaurus yang terkenal T-Rex (Tyrannosaurus Rex)

Nama-nama dinosaurus yang terkenal di urutan pertama adalah T-Rex. Sebenarnya nama asli dinosaurus T-Rex adalah Tyrannosaurus Rex. Saking terkenalnya, T-Rex juga menjadi simbol logo film yang terkenal yaitu Jurassic Park.

T-Rex adalah jenis dinosaurus karnivora atau pemangsa daging. Karena hal tersebut, T-Rex memiliki rahang yang besar dan penuh dengan gigi-gigi yang tajam dan berfungsi untuk berburu serta menggigit mangsanya dengan kuat.

Ukuran T-Rex dikatakan bisa mencapai 4 sampai 5 meter untuk tingginya, sementara untuk bobotnya dikatakan bahkan bisa mencapai 14 ton. 

Dengan ukuran tersebut, dikatakan juga bahwa T-Rex bisa memakan hingga 230 kg daging dalam sekali santapnya.

Serta dengan ukuran yang sangat besar tersebut juga ditambah termasuk hewan karnivora, maka membuat T-Rex menjadi deretan teratas dalam rantai makanan yang banyak ditakuti oleh dinosaurus lainnya.

2. Brontosaurus
Dinosaurus Brontosaurus (1)

Kini kita beralih ke dinosaurus pemakan tumbuhan atau herbivora. Dari berbagai nama-nama dinosaurus yang termasuk hewan herbivora, Brontosaurus adalah dinosaurus herbivora yang paling terkenal.

Yupiers tentunya mengetahui hewan pada zaman ini yaitu jerapah, dan dikatakan Brontosaurus adalah nenek moyang dari jerapah. Hal tersebut karena keduanya memiliki kesamaan yaitu sama-sama memiliki leher yang sangat panjang.

Selain karena lehernya yang panjang, Brontosaurus juga terkenal karena ukurannya yang sangat luar biasa, baik untuk tinggi dan juga beratnya. 

Ukuran Brontosaurus dikatakan bisa mencapai tinggi 27 meter, dan untuk beratnya, Brontosaurus dikatakan bisa mencapai 38 ton.

3. Stegosaurus
dinosaurus Stegosaurus

Masih dari jenis dinosaurus herbivora, ada juga dinosaurus herbivora yang sangat unik, yaitu Stegosaurus. Keunikan Stegosaurus terlihat dari bagian punggungnya yang memiliki lempengan duri-duri dengan ukuran yang cukup besar.

Menariknya, lempengan duri-duri ini termasuk termasuk dari bagian kerangka atau tulang mereka. Selain itu juga, fungsi utama dari lempengan duri-duri ini adalah untuk menarik pasangan saat musim kawin tiba.

Ukuran Stegosaurus ini dikatakan memiliki tinggi bisa mencapai 9 meter dan memiliki berat bisa mencapai 3 ton.

4. Triceratops
Nama dinosaurus bertanduk Triceratops

Nama salah satu dinosaurus terkenal yang bertanduk adalah Triceratops. Jika Yupiers lihat, tentunya Triceratops hampir mirip dengan badak yang ada saat ini.

Triceratops adalah dinosaurus dengan ukuran kepala yang paling besar dibandingkan dinosaurus lainnya dan Triceratops terkenal karena adanya dua tanduk besar pada bagian kepala mereka.

Ukuran Triceratops dikatakan bisa mencapai 9 meter untuk tingginya, dan berat bisa mencapai 9 ton. Sebagian beratnya ini tentunya berada pada bagian kepala Triceratops.

5. Velociraptor
Nama nama dinosaurus pemakan daging atau karnivora

Nama nama dinosaurus pemakan daging atau karnivora selain Tyrannosaurus Rex adalah Velociraptor. Dinosaurus Velociraptor ini sekilas mirip T-Rex namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil. 

Velociraptor semakin terkenal sejak menjadi salah hewan dinosaurus utama pada beberapa film terakhir Jurassic Park belakangan ini yaitu Jurassic World.

Ukuran Velociraptor dikatakan memiliki tinggi sekitar 1,5 meter dengan berat sekitar 135 kg. Dengan ukuran  yang lebih kecil ini, membuat Velociraptor menjadi pemangsa yang mengandalkan kecepatan, kelincahan, dan bahkan kecerdasan.

Dikatakan juga bahwa kecepatan Velociraptor bisa mencapai 39 km per jam. Velociraptor juga termasuk hewan yang lebih senang berburu dalam jumlah anggota yang cukup banyak atau bisa juga dikatakan berkelompok.

6. Dilophosaurus
Dilophosaurus

Dari beberapa nama-nama dinosaurus yang terkenal saat ini, mungkin Yupiers belum mengetahui nama dinosaurus yang satu ini, namun sudah sering melihatnya dalam berbagai film dinosaurus.

Dilophosaurus adalah dinosaurus karnivora dengan rahang yang kuat dan memiliki keunikannya tersendiri. Keunikan tersebut berada pada kepalanya, dimana terdapat semacam sirip yang dapat terbuka atau menutup. 

Ukuran Dilophosaurus dikatakan adalah sekitar 6 meter untuk tingginya, dan beratnya adalah sekitar 400 kg.

7. Ankylosaurus
Ankylosaurus (1)

Hewan dinosaurus selanjutnya dalam nama-nama dinosaurus yang terkenal dari Yupi kali ini adalah Ankylosaurus. Ankylosaurus ini terlihat sangat mirip dengan kura-kura. Kemiripan Ankylosaurus dengan kura-kura adalah adanya cangkang keras pada bagian punggung mereka.

Cangkang pada bagian punggung ini sangat keras dan memiliki fungsi sebagai sebuah perisai. Namun tentunya berbeda dengan kura-kura, Ankylosaurus tidak bisa masuk ke dalam cangkang tersebut.

Ukuran Ankylosaurus dikatakan bisa mencapai 10 meter untuk tingginya, dan memiliki berat sekitar 5 ton.

8. Pterodactyl
Pterodactyl

Apa sih nama dinosaurus yang bisa terbang? Namanya yaitu Pterodactyl. Pterodactyl termasuk salah satu dari Pterosaurus atau yang memiliki arti kadal bersayap yang sama seperti beberapa jenis Pterosaurus lainnya yaitu Pteranodon dan masih banyak lagi.

Pterodactyl ini hidup pada sekitar 145 juta sampai 65 juta tahun yang lalu. Meskipun hidup pada masa hewan-hewan purba dinosaurus, namun banyak pendapat yang mengatakan bahwa Pterodactyl atau hewan-hewan dari jenis Pterosaurus lainnya tidak termasuk dalam golongan dinosaurus.

Hal ini karena para ahli mengatakan bahwa antara dinosaurus dan jenis Pterosaurus memang memiliki nenek moyang yang sama, namun berevolusi secara terpisah.

Hingga saat ini, baik Pterodactyl atau jenis Pterosaurus lainnya masih sangat sedikit informasinya, karena fosil jenis ini jarang ditemukan dan biasanya fosil yang ditemukan juga tidak dalam keadaan utuh atau baik.

9. Spinosaurus
Spinosaurus (1)

Nama dinosaurus yang gesit didalam air yaitu spinosaurus. Spinosaurus terkenal karena memiliki ciri unik pada punggungnya, yaitu adanya sirip besar yang membentang dari bagian punggung hingga ke pangkal ekornya.

Spinosaurus dikatakan memiliki tinggi hingga 18 meter dan berat bisa mencapai 7,6 ton. Dinosaurus Spinosaurus juga termasuk dinosaurus karnivora yang lebih suka memakan ikan dan hewan laut lainnya.

Meskipun termasuk hewan darat, namun Spinosaurus sangat gesit dalam berenang di dalam air dan menangkap mangsanya.

10. Corythosaurus
Corythosaurus

Hewan dinosaurus berikutnya yang cukup terkenal adalah Corythosaurus. Corythosaurus ini terkenal karena bentuk mulutnya, yaitu memiliki paruh dan ditambah adanya jengger pada bagian atas kepalanya. 

Jengger pada bagian kepalanya ini bisa berbunyi dan bisa menjadi peringatan bagi hewan pemangsa yang ada di dekatnya agar tidak mendekat.

Ukuran Corythosaurus ini adalah sekitar 9 meter untuk tingginya dan memiliki berat sekitar 3 sampai 4 ton.

11. Mosasaurus
Mosasaurus

Kita sedikit beralih ke dinosaurus di laut. Jika sudah berbicara tentang berbagai nama-nama dinosaurus di air khususnya di laut, Mosasaurus adalah salah satu dinosaurus laut yang sangat terkenal.

Mosasaurus semakin terkenal sejak muncul dalam film Jurassic World yang merupakan film lanjut dari film Jurassic Park. Mosasaurus adalah dinosaurus laut yang memakan segalanya, mulai dari hewan laut kecil sampai yang besar.

Ukuran Mosasaurus dikatakan bisa mencapai 17 meter, dimana tubuh mereka mirip seperti ikan paus, namun untuk bagian depannya tampak seperti buaya.

12. Thalassomedon
Thalassomedon (1)

Selain Mosasaurus, kini kita juga berkenalan dengan pesaing Mosasaurus di lautan, yaitu Thalassomedon. Jika di daratan nama dinosaurus leher panjang yaitu Brontosaurus, sedangkan dinosaurus dengan leher panjang di lautan adalah Thalassomedon.

Thalassomedon dalam bahasa Yunani memiliki arti “sea lord” atau yang lebih dikenal dengan “raja lautan”. Thalassomedon memiliki banyak sekali gigi yang keluar mulutnya yang membuat Thalassomedon semakin menyeramkan.

13. Tarbosaurus
Tarbosaurus

Kita kembali ke daratan, ternyata di asia sendiri ada dinosaurus yang mirip dengan T-Rex, yaitu Tarbosaurus. Baik dari ukuran dan bentuk, Tarbosaurus sangat mirip dengan T-Rex, dan bahkan banyak para ilmuwan yang mengatakan bahwan Tarbosaurus adalah T-Rex versi asia.

Meskipun terlihat sangat mirip dengan T-Rex, Tarbosaurus memiliki moncong atau mulut yang lebih sempit dan tangan yang lebih pendek dari pada T-Rex.

14. Megalosaurus
Megalosaurus

Dalam daftar nama-nama dinosaurus yang terkenal dari Yupi kali ini, tahukan Yupiers dinosaurus yang pertama kali ditemukan oleh para ahli yang bekerja dalam bidang paleontologi?

Fosil dinosaurus pertama yang ditemukan oleh para ahli paleontologi adalah fosil Megalosaurus pada tahun 1815 dimulai dari tulang belakang, kaki, pinggul, rahang bawah dan gigi. Kemudian nama Megalosaurus sendiri dinamai oleh William Buckland pada tahun 1822.

15. Sauropod
Sauropod

Sellers et al. dalam penelitiannya yang berjudul "March of the Titans: The Locomotor Capabilities of Sauropod Dinosaurs", menyebutkan bahwa Dinosaurus Sauropoda (Sauropod) adalah vertebrata darat terbesar yang pernah hidup di Bumi. Salah satu ciri khas Sauropoda adalah leher mereka yang panjang. Leher ini memungkinkan mereka mencapai daun-daun tinggi di pohon-pohon dan tanaman yang tidak dapat dijangkau oleh dinosaurus herbivora lainnya.


Sauropoda hidup selama periode Jura dan Kapur dalam sejarah Bumi, sekitar 180 hingga 66 juta tahun yang lalu. Mereka adalah salah satu kelompok dinosaurus yang paling mendominasi selama periode tersebut. Selain itu, beberapa bukti menunjukkan bahwa beberapa spesies Sauropoda mungkin hidup dalam kelompok sosial, yang berarti mereka berkumpul bersama dalam kelompok-kelompok selama hidup mereka.

Jenis-Jenis Nama Dinosaurus di Dunia, Pahami Klasifikasinya!

Berikut ini adalah nama dan jenis dinosaurus berdasarkan rentan waktu dan zamannya.

1. Trias

Masa awal dinosaurus ini diawali dengan munculnya reptil bersamaan dengan meningkatnya jumlah mamalia, amonit, reptil air, gastropoda, dan bivalvia.

2. Jura

Zaman dinosaurus ini cukup terkenal. Pada zaman rentan waktu ini, ada banyak jenis dinosaurus dan juga sudah ada jenis dinosaurus yang menguasai laut yaitu salah satunya adalah Mosasaurus dan dinosaurus yang menguasai langit yaitu Pterodactyl.

3. Kapur

Periode akhir zaman dinosaurus ini ditandai dengan bertambahnya gunung dengan cukup banyak dan bertambah banyaknya juga lempeng bumi yang aktif bergerak. 

Karena banyaknya gunung dan lempengan bumi juga aktif bergerak, maka pada akhirnya gunung-gunung ini akhirnya meletus dan menyebabkan punahnya dinosaurus.

Sejarah Dinosaurus

Melansir dari American Museum of Natural History, dinosaurus adalah hewan purbakala yang pertama kali muncul sekitar 245 juta tahun yang lalu atau pada periode Trias dan merupakan Vertebrata yang mendominasi bumi selama kurang lebih 135 juta tahun. Dinosaurus mulai mendominasi bumi sejak masuk periode masa Jura sampai berakhirnya periode Kapur.

Dikatakan juga bahwa dinosaurus adalah jenis spesies yang berpisah dari nenek moyang mereka yaitu Archosaurus yang hidup pada 230 juta tahun yang lalu.

Hingga saat ini, penyebab kepunahan dinosaurus masih menjadi misteri dan belum ada teori pasti tentang hal tersebut. Namun ada dua teori yang cukup terkenal tentang penyebab kepunahan dinosaurus.

Teori yang pertama adalah adanya peningkatan iridium yang merupakan unsur senyawa kimia yang berasal dari luar angkasa. Teori kedua adalah akibat adanya serangan vulkanik atau banyak gunung yang meletus, lalu magma dan material lainnya yang keluar tersebut menyebar dan membunuh dinosaurus darat maupun dinosaurus air.

Nikmati Petualangan Dinosaurus Lebih Seru dengan Yupi Vegasaurus!
vegasaurus

Yupi Vegasaurus adalah varian gummy vegan-friendly yang menggemaskan dengan bentuk dinosaurus, siap memberikan si kecil pengalaman petualangan hutan yang penuh keseruan. Terbuat dengan 15% sari buah apel, setiap kemasan Yupi Vegasaurus berisi 12 buah gummy dengan berat 12 gram per buahnya. Selain menawarkan cita rasa gummy kenyal yang memikat, Yupi Vegasaurus juga menjadi favorit bagi semua pecinta dinosaurus kecil yang memiliki imajinasi luar biasa.

Itulah beberapa nama-nama dinosaurus yang sangat terkenal, jenis-jenisnya, dan juga sejarahnya. Ohya, jika Yupiers penasaran bagaimana bentuk dinosaurus, Yupiers bisa melihat dan menikmatinya dalam varian produk Yupi yaitu
Yupi Dino Land. Kamu juga bisa menikmatinya dengan membaca cerita dinosaurus dan juga film Dinosaurus agar semakin seru!

Semoga informasi dari Yupi tentang beberapa nama-nama dinosaurus kali ini dapat menambah wawasan Yupiers.

Home Our Story Events Games Profile