cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Kekurangan Vitamin C Pada Anak, Waspadai Tanda dan Gejalanya

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia baik orang dewasa maupun anak-anak. Karena Vitamin C sangat penting untuk tubuh, kali ini Yupi akan memberikan informasi lengkap mengenai Vitamin C mulai dari manfaat, sebab akibat bila tubuh kekurangan Vitamin C sampai dengan makanan dan buah yang mengandung banyak Vitamin C dan bermanfaat untuk tubuh Yupiers dan anak-anak.

Sebelum mengetahui beberapa informasi tersebut, ada baiknya Yupiers mengetahui terlebih dahulu mengenai Vitamin C. Vitamin C memiliki nama lain yaitu asam askorbat. Vitamin ini termasuk ke dalam vitamin antioksidan yang yang dapat menangkal radikal bebas.

Vitamin C memiliki karakteristik mudah teroksidasi oleh cahaya, panas, maupun logam dan mudah larut dalam air. Vitamin yang sangat penting bagi tubuh ini ternyata tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, karena hal tersebut maka Yupiers perlu mengkonsumsi makanan dan buah yang banyak mengandung Vitamin C.

Tingkat kebutuhan seseorang terhadap Vitamin C berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal ini dipengaruhi mulai dari usia, gaya hidup seseorang sampai dengan kebutuhan khusus lainnya.

Untuk anak-anak berusia 0 sampai 9 tahun adalah 40 mg sampai 50 mg perhari. Pada usia 10 sampai 12 tahun seseorang membutuhkan 50 mg Vitamin C perhari. Untuk laki-laki berusia 13 sampai 15 tahun 75 mg Vitamin C perhari, sementara untuk wanita pada usia tersebut membutuhkan 65 mg Vitamin C perhari.

Lalu pada usia 16 tahun sampai berumur lanjut usia, laki-laki membutuhkan 90 mg Vitamin C perhari sementara wanita mulai dari usia 16 tahun sampai berumur lanjut usia membutuhkan 75 mg Vitamin C perhari.

Sementara bagi seorang ibu yang sedang hamil dan menyusui, perlu mendapatkan tambahan Vitamin C sesuai dengan usia ibu tersebut dan masa kehamilan dan masa menyusui sang anak .

Untuk 3 bulan pertama masa kehamilan seorang ibu membutuhkan tambahan 10 mg Vitamin C perhari. Sementara saat masa menyusui pada 12 bulan awal pertama membutuhkan tambahan 25 mg Vitamin C perhari.

Baca Juga : Tips Sehat Selama Pancaroba – Yupi CDZ

Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh
manfaat vitamin c untuk tubuh kita

Setelah mengetahui tentang apa itu Vitamin C, selanjutnya adalah beberapa manfaat Vitamin C bagi tubuh.

Dengan mengetahui beberapa manfaat dan kelebihan Vitamin C berikut ini, maka bisa menjadi pertimbangan Yupiers agar tidak sampai pada kondisi kekurangan Vitamin C. Berikut ini adalah beberapa manfaat Vitamin C yang baik untuk tubuh :

1. Mengurangi Resiko Penyakit Kronis

Manfaat Vitamin C bagi tubuh yang pertama adalah mampu mengurangi resiko penyakit kronis seperti pengerasan pembuluh darah, kanker sampai penyakit jantung.

Vitamin C yang merupakan vitamin antioksidan sangat memiliki peran penting dalam mencegah radikal bebas agar tidak masuk ke dalam tubuh.

Mengkonsumsi Vitamin C secara rutin tentu dapat dilakukan sejak dini. Yupiers dapat mengajarkan anak-anak untuk mengkonsumsi Vitamin C secara teratur, dan nantinya hal ini akan menjadi kebiasaan yang baik bagi anak-anak hingga mereka dewasa. 

2. Meningkatkan Imunitas atau Kekebalan Tubuh

Manfaat Vitamin C bagi tubuh yang kedua adalah dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Hal ini dapat terjadi karena Vitamin C membantu memproduksi sel darah putih yang disebut limfosit dan fagosit. 

Vitamin C juga dapat memperkuat fungsi pertahanan kulit dalam menghalau zat-zat yang tidak baik apabila masuk ke dalam tubuh. Beberapa zat tersebut adalah seperti bakteri, Jamur atau mikroba berbahaya lainnya.

3. Mencegah Kekurangan Zat Besi

Manfaat Vitamin C bagi tubuh yang selanjutnya adalah dapat mencegah kekurangan zat besi. Zat besi sangat penting bagi sel darah merah agar sel darah merah dapat mengikat dan mengangkut oksigen yang kemudian diedarkan keseluruh tubuh. Kondisi kekurangan zat besi atau sel darah merah ini juga disebut dengan anemia.

Ada beberapa tanda kekurangan zat besi yang bisa terjadi pada siapa saja termasuk anak-anak. Beberapa tanda tersebut adalah seperti lelah dan sesak nafas, sering mengalami infeksi, lidah bengkak, rambut rontok sampai dengan kebiasaan mengkonsumsi hal yang tidak umum.

4. Menjaga Tekanan Darah

Vitamin C ternyata juga dapat membantu seseorang menjaga tekanan darahnya berada pada ada angka yang normal. Hal ini sangat baik untuk seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi atau mengalami penyakit darah tinggi yang disebut dengan hipertensi.

Namun yang perlu Yupiers ketahui bahwa Vitamin C hanyalah faktor pelengkap dalam menjaga tekanan darah seseorang, terutama orang yang memiliki penyakit darah tinggi. Orang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi juga harus dapat menjaga asupan garam ke dalam tubuh mereka.

Apa Boleh Minum Vitamin C Setiap Hari?

Saat ini banyak sekali suplemen atau produk Vitamin C yang ada di Indonesia. Beberapa dari suplemen atau produk Vitamin C tersebut bahkan bisa memberikan sampai 1000mg Vitamin C. Berdasarkan hal tersebut, mungkin akan terlintas dalam pemikiran Yupiers apakah boleh minum Vitamin C setiap hari.

Menurut beberapa sumber website kesehatan, mereka mengatakan bahwa kebutuhan Vitamin C yang paling utama adalah bisa memenuhi kebutuhan Vitamin C perhari dari masing-masing orang sesuai dengan usianya. 

Tubuh sendiri memiliki batasan maksimal mengkonsumsi Vitamin C pada angka 2000 mg perhari. Jika mengkonsumsi Vitamin C lebih dari angka tersebut, maka akan muncul efek samping atau masalah pada tubuh.

Beberapa efek samping atau masalah tersebut adalah seperti gangguan pencernaan, ginjal, ketidak seimbangan nutrisi dalam tubuh, asam urat, sampai dengan masalah pada organ hati manusia.

Berdasarkan hal tersebut, sangat penting bagi Yupiers untuk memperhatikan angka konsumsi Vitamin C yang masuk ke dalam tubuh agar tetap dalam batas aman dan tidak berlebih. Yupiers tentu tetap harus memenuhi kebutuhan Vitamin C perhari sesuai dengan usia Yupiers.

Sebenarnya minuman Vitamin C ini bisa dibuat sendiri dirumah, lho! Yuk, kreasikan keseruan kamu dengan membuat Minuman super #Yupiness ala Yupi Gummy (With Yupi CDZ).

Apa Akibat Bila Tubuh Kekurangan Vitamin C?

Dengan memahami apa saja akibat bila tubuh kekurangan Vitamin C, dapat membantu Yupiers mengetahui apa saja tanda yang akan muncul apabila anak kekurangan Vitamin C. Berikut ini adalah beberapa akibat jika manusia kekurangan vitamin :

1. Munculnya Masalah Kulit

Kekurangan Vitamin C dapat menyebabkan penyakit masalah kulit. Perlu Yupiers ketahui bahwa Vitamin C berguna untuk memproduksi kolagen bagi tubuh. Kolagen sendiri dibutuhkan untuk membentuk lapisan kulit dan jaringan ikat pada tubuh. 

Selain itu juga, Vitamin C yang merupakan vitamin antioksidan untuk memecah minyak dan protein. Beberapa masalah kulit yang bisa muncul adalah seperti kulit menjadi kasar dan kering, bahkan dapat membuat kuku menjadi rapuh, bergaris putih atau memunculkan titik-titik merah.

2. Luka Sulit untuk Sembuh

Kolagen yang telah disebutkan di atas ternyata juga memiliki fungsi untuk membantu proses penyembuhan luka. Luka yang sulit sembuh ini juga akan menjadi rentan terinfeksi jika tidak bisa segera diobati. Vitamin C juga dapat membantu neutrofil atau sejenis sel darah putih untuk melawan infeksi.

Hal ini akan menjadi suatu hal yang perlu Yupiers perlu perhatikan terutama pada anak-anak yang sedang aktif dalam bergerak dan beraktivitas. Jangan sampai anak-anak kekurangan Vitamin C, karena apabila dalam beraktivitas anak tersebut mengalami luka, maka luka tersebut akan sulit untuk sembuh dan muncul masalah yang serius.

3. Mudah Lelah

Kekurangan Vitamin C dapat mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah. Hal ini karena Vitamin C juga memiliki peran mengubah untuk mengubah lemak menjadi energi dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi. 

Zat besi sendiri memiliki banyak fungsi bagi pertumbuhan anak-anak seperti menjaga daya tahan tubuh dan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kemampuan motorik, kadar oksigen bagi tubuh, konsentrasi, kualitas tidur sampai membantu pembentukan sel darah merah pada tubuh anak-anak.

Vitamin C yang termasuk dalam vitamin antioksidan ini ternyata juga dapat menjaga mood seseorang termasuk anak-anak.

4. Gusi Mudah Berdarah

Vitamin C memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga kesehatan mulut dan gusi. Kekurangan Vitamin C dapat membuat seseorang termasuk anak-anak memiliki masalah mulut dan gusi seperti gusi mudah berdarah. 

Beberapa tanda lainnya yang dapat terlihat dari mulut dan gusi apabila kekurangan Vitamin C adalah warna gusi menjadi lebih ungu gelap daripada biasanya. Pertanda lainnya yang paling bisa terlihat adalah apabila muncul masalah sariawan pada mulut seseorang termasuk anak-anak

5. Mudah Sakit

Akibat dari tubuh yang kekurangan Vitamin C selanjutnya adalah tubuh menjadi lebih mudah sakit. Hal ini merupakan efek dari menurunnya sistem kekebalan tubuh. Seseorang dengan kondisi yang kekurangan Vitamin C akan lebih mudah terinfeksi beberapa penyakit seperti flu dan bahkan pneumonia atau radang paru-paru, infeksi kandungan kemih, anemia, dan bahkan sampai penyakit jantung.

Selain beberapa penyakit tersebut, bisa juga muncul penyakit hipertiroidisme yang dapat menyebabkan jantung berdebar-debar, gugup, tremor sampai dengan perubahan pola menstruasi pada wanita.

Orang yang Kekurangan Vitamin C Disebut Apa?

Selain beberapa penyakit yang telah disebutkan sebelumnya, saat seseorang mengalami kondisi kekurangan Vitamin C dalam jangka waktu yang cukup lama, maka hal ini akan menimbulkan penyakit yang bernama skorbut atau scurvy. Selain karena kekurangan Vitamin C, penyakit ini juga bisa muncul karena beberapa hal.

Beberapa hal tersebut adalah seperti kondisi tubuh yang menderita penyakit yang sulit untuk menyerap nutrisi, sedang menjalani pengobatan yang menyebabkan menurunnya nafsu makan seperti kemoterapi untuk menghentikan penyebaran sel kanker dalam tubuh atau karena sudah berusia lanjut.

Gejala yang timbul dari penyakit ini biasanya muncul setelah 4 minggu tubuh berada dalam kondisi kekurangan Vitamin C. Beberapa gejala yang muncul adalah seperti merasa lelah sepanjang waktu, tidak nafsu untuk makan, mudah untuk tersinggung, dan nyeri pada bagian tungkai atau tubuh bagian bawah mulai dari pangkal paha sampai mata kaki. 

Sementara gejala yang timbul dari penyakit ini pada anak-anak adalah anak menjadi lebih rewel, berat badanya sulit untuk bertambah, tidak nafsu makan, diare dan juga bisa demam.

Ketahui Makanan & Buah yang Mengandung Vitamin C
yupi fruit

Lalu, makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengganti kekurangan Vitamin C? Berikut ini adalah beberapa makanan dan buah untuk mencegah Yupiers dari kondisi tersebut.

1. Jeruk

Jeruk sangat terkenal untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam satu buah jeruk terdapat 70 mg Vitamin C yang dapat membantu memenuhi kebutuhan Vitamin C seseorang.

Selain itu juga dalam satu buah jus jeruk sendiri mengandung sekitar 120 mg Vitamin C. Selain Vitamin C, jeruk juga memiliki beberapa nutrisi dan mineral lainnya seperti serat, karbohidrat, kalium dan asam folat.

2. Strawberry

Selain jeruk, ada juga buah yang terkenal dapat mencegah Yupier kekurangan Vitamin C, buah tersebut adalah strawberry. Dalam satu mangkuk atau 150 gram strawberry terdapat sekitar 90 mg Vitamin C. Buah yang satu ini juga memiliki Vitamin B6, kalsium, folat, protein, serat, karbohidrat dan antioksidan yang tinggi dan dapat mencegah penyakit kanker, diabetes, serta demensia atau menurunnya daya ingat atau daya berpikir seseorang.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat dari buah strawberry dan memenuhi kebutuhan Vitamin C Yupiers, Yupiers dapat mengandalkan Yupi Bolicious Strawberry yang kaya akan Vitamin C dan memiliki rasa yang enak.

3. Brokoli

Makanan dan buah yang mengandung banyak Vitamin C selanjutnya adalah sayuran brokoli. Dalam secangkir brokoli, terdapat 51 mg Vitamin C yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu juga terdapat Vitamin E, Vitamin K, beta-karoten, zeaxanthin, lutein, serat, folat, dan mineral.

Makanan sehat yang satu ini bisa Yupiers berikan kepada anak-anak dalam semangkuk sayuran yang lezat. Yupiers juga dapat membuat berbagai variasi tampilan makanan yang menarik dari sayuran yang satu ini.

4. Leci

Makanan dan buah berikutnya yang banyak mengandung Vitamin C berikutnya adalah leci. Dalam satu buah leci terdapat 7 mg Vitamin C dan dalam 100 gram buah leci terdapat 72 mg Vitamin C. Selain Vitamin C, buah yang satu ini juga mengandung kalium, lemak omega 3 dan lemak omega 6 yang sangat baik bagi jantung, pembuluh darah dan pertumbuhan otak anak-anak.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah leci kini sangatlah mudah, Yupiers dapat menemukan berbagai manfaat dan berbagai vitamin termasuk Vitamin C dari buah leci melalui Yupi Bolicious Lychee yang memiliki rasa yang enak dan kaya akan nutrisi.

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai Vitamin C yang perlu Yupiers ketahui. Mulai dari beberapa manfaat Vitamin C bagi tubuh, sampai dengan makanan dan buah yang mengandung banyak Vitamin C. Semoga informasi tentang Vitamin C tersebut bermanfaat untuk Yupiers.