menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Apa itu Musim Pancaroba? Ini Tips Sehat Dengan Yupi CDZ

Hai Yupiers! Akhir tahun ini jadi musimnya pancaroba nih! Ada yang tau ga apa itu musim pancaroba? Nah, kalau Yupiers belum tahu pengertian pancaroba, ciri-ciri, penyakit, hingga tips menjaga kesehatan dimusim pancaroba, simak pembahasan selengkapnya dibawah ini, ya!

Apa itu Musim Pancaroba?

Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara dengan iklim tropis. Nah, iklim tropis tersebut dibagi menjadi 3 siklus iklim antara lain musim kemarau, musim hujan, dan musim pancaroba.

Mungkin bagi kalian sudah tidak asing dengan musim kemarau dan musim hujan. Lantas apa yang dimaksud dengan masa atau musim pancaroba?

Pengertian musim pancaroba artinya adalah musim peralihan dari satu musim ke musim yang lain. Yang tadinya musim kemarau eh beralih jadi musim hujan ataupun sebaliknya. Musim ini juga sering banget dikaitkan dengan waktu yang tepat untuk datangnya berbagai jenis penyakit, lho! Bikin semua orang jadi kehilangan mood-nya.

Ciri-Ciri Musim Pancaroba

Pada umumnya musim pancaroba ditandai dengan cuaca yang tidak menentu. Misalnya angin yang kencang dibersamai dengan hujan yang deras.

Untuk menghadapi musim pancaroba, kita apa saja tanda-tanda memasuki musim pancaroba. Adapun beberapa ciri-ciri musim pancaroba antara lain :

  • Hujan deras dan diikuti dengan petir/kilat dengan durasi yang cepat.
  • Angin berhembus begitu kencang.
  • Terjadi puting beliung di beberapa daerah.
  • Adanya hujan es.
  • Terjadi angin ribut. 

Baca Juga : 7 Daftar Makanan Manis yang Menyehatkan Bagi Tubuh

Beberapa Penyakit yang Muncul Saat Musim Pancaroba

Seperti yang kita ketahui masa pancaroba adalah peralihan musim dari musim kemarau ke musim hujan atau musim hujan ke musim kemarau. Nah, perubahan cuaca ini bisa membuat tubuh kita jadi lebih rentan terkena penyakit, virus bertahan dan lebih cepat berkembang biak berkali lipat, apalagi di cuaca dingin kayak gini.

Selain itu, udara dingin juga bisa berdampak buruk pada kinerja sistem imun dalam melindungi tubuh dari virus-virus tersebut.

Lantas, penyakit pancaroba apa saja? Adapun beberapa penyakit yang menyerang tubuh saat musim pancaroba antara lain seperti :

  • Flu dan demam
  • Demam berdarah
  • Chikungunya
  • Ispa (Infeksi Saluran Pernapasan)
  • Diare
  • Sakit batuk dan pilek, dan masih banyak lainnya.

Walaupun kelihatannya cuma kayak batuk pilek, tapi di sini pasti gamau dong tubuhnya sakit? Yupi juga gamau Yupiers sakit dan ga #Yupiness lagi ?

Nah, untuk mengantisipasi penyakit dari masa pancaroba seperti yang sudah disebutkan diatas, Yupi punya tips menjaga kesehatan saat pancaroba dan apa yang harus dilakukan saat musim pancaroba.

Penasaran kan? Langsung saja simak di part selanjutnya dibawah ini, ya~

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Dari penjelasan diatas, kita sudah mengetahui alasan mengapa banyak orang yang terkena penyakit saat pancaroba dan beberapa penyakit yang sering menyerang sistem kekebalan tubuh kita saat musim pancaroba.

Nah terus gimana sih cara biar kita ga sakit pas musim pancaroba ini? Yupi Gummy kasih tips sehat di musim pancaroba nih!

  1. Bawa jaket, jas hujan atau payung. Karena bisa aja nih yang tadinya cuaca cerah, eh pas mau keluar rumah tiba-tiba hujan. Jadi harus jaga-jaga ya Yupiers!
  2. Penuhi kebutuhan asupan harian. Kalau Yupiers makan bergizi dan tepat waktu, sistem kekebalan tubuh Yupiers akan lebih kuat juga membantu tubuh untuk bekerja dengan maksimal melawan penyakit yang masuk.
  3. Konsumsi vitamin yang cukup dan jangan sampai kekurangan vitamin C. Vitamin bisa membantu jaga daya tahan tubuh kita, lho! Salah satu vitamin yang paling berpengaruh untuk imun kita adalah vitamin c yang bisa Yupiers temuin di buah-buahan dan sayur yang mengandung vitamin c.

Baca Juga : Sarapan Sehat Ala Yupi

Itulah pembahasan mengenai apa itu musim pancaroba, ciri-ciri, beberapa penyakit yang menyerang, dan tips sehat di musim pancaroba. Semoga bisa bermanfaat, ya!

Nah, kabar baiknya Yupi Gummy punya Yupi CDZ nih! Permen gummy dengan kandungan vitamin c, d, dan zinc yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh Yupiers. Jadi ga cuma sekadar enak, Yupi CDZ ini juga bisa bikin Yupiers jadi lebih sehat. Cara seru, sehat, dan #Yupiness banget untuk ngemil bukan?

Permen Yupi Gummy yang kenyal, healthy, dan bikin hepi ini bisa didapatkan di Yupi Gummy Store saat berada di Yupiland. Kamu bisa temukan Yupi favorit kamu secara lengkap di sini, gratis ongkir serta dapatkan banyak promo menarik lainnya! Permen Yupi Gummy juga punya merchandise yang ga kalah menarik, lho! Yuk intip di Yupi Gummy Store.

Dapatkan lebih banyak #Yupiness!

Home Our Story Events Games Profile