cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Ketahui Berbagai Alasan Anak Menangis Terus dan Cara Mengatasinya

Anak menangis terus atau tantrum adalah sebuah tanda dari ledakan emosi yang ingin diungkapkan si anak. Saat seperti ini biasanya anak sedang dalam kondisi frustasi atau bingung. Namun bisa jadi anak menangis terjadi karena alasan lain. karena pada dasarnya menangis adalah cara anak untuk mengungkapkan keinginannya. Oleh karena itu sebagai orang tua kamu harus mengetahui alasan anak menangis terus dan cara mengatasinya.

Meski begitu pastinya kamu akan kebingungan dan pusing saat anak menangis terus menerus. Apalagi saat anak belum bisa berbicara, kamu akan semakin bingung dan tidak tahu penyebabnya. Namun sebisa mungkin cobalah untuk tenang karena kamu tidak sendiri. Selain itu kamu juga bisa menyimak pembahasan mengenai alasan anak menangis beserta cara untuk mengatasinya pada artikel ini.

Penyebab Anak Sering Menangis Terus

Pada dasarnya menangis adalah bahasa anak. Tangisan tersebut adalah sebuah cara bagi anak untuk berkomunikasi dengan kamu sebagai orang tuanya. Berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa anak menangis terus menerus:

  • Menginginkan Sesuatu

Anak kecil yang belum tahu cara menyampaikan keinginan lewat kata-kata akan mengungkapkan dengan tangisan. Anak belum bisa menyadari perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Oleh karena itu si anak akan mendesak keinginannya. 

Inilah yang kemudian menjadi alasan anak menangis terus dan cara mengatasinya adalah tidak boleh langsung menuruti.

Tujuannya supaya anak tidak selalu menggunakan tangisan untuk memanipulasi kamu. Sebaliknya kamu hanya perlu menunjukan rasa empati saja pada anak. Adapun caranya adalah dengan menyatakan jika kamu memahami kekesalan anak namun apa yang diinginkan tidak dapat dilakukan sekarang. 

Selain itu kamu juga bisa mengajarkan anak cara untuk mengatasi emosinya. Misalnya saja dengan mengajak anak belajar menggambar atau mewarnai. Disamping itu kamu juga memberi hiburan seperti bermain dengan Yupi atau memberi anak permen Yupi Gummy. 

  • Lapar

Salah satu penyebab umum yang membuat anak menangis secara terus menerus adalah merasa lapar. Untuk anak yang sudah berbicara pastinya akan dengan mudah bilang ingin makan. Namun bagi yang belum bisa berbicara menangis merupakan salah satu cara untuk menunjukan rasa laparnya. 

Inilah yang kemudian menjadi penyebab anak sering menangis. Anak akan lebih mungkin menangis karena merasa lapar jika jarak dari makan sebelumnya sudah sekitar 3 hingga 4 jam. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa memberikan anak camilan kesukaan seperti permen Yupi atau memberi susu agar tangisan anak karena lapar berhenti

  • Mencari Perhatian

Perlu kamu tahu kadang anak menangis karena ingin mendapat perhatian. Jika begini sebaiknya kamu jangan langsung memarahi anak hingga membentaknya. 

Namun cobalah untuk pura-pura tidak memperdulikan. Hindari melakukan kontak mata dan berbicara dengan si kecil. Hal ini dilakukan supaya anak tidak kebiasaan menggunakan tangisan untuk mencari perhatian kamu. 

Selain itu kamu juga bisa mengurangi perilaku anak yang suka menangis karena ingin mendapatkan perhatian dengan cara memberikan kasih sayang yang cukup tanpa membuat si kecil menangis. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberi pujian atau meluangkan waktu untuk anak. 

  • Merasa Kesakitan

Pada umumnya saat merasa kesakitan anak akan sering menangis. Bahkan tangisannya bisa terjadi terus menerus. Bila hal ini terjadi sebaiknya kamu coba untuk memeriksa tubuh si kecil mungkin ada yang salah. Periksa juga suhu tubuhnya untuk mengetahui apakah sedang demam atau tidak. 

  • Terlalu Terstimulasi

Lingkungan yang masih baru atau terlalu pada dan berisik ternyata juga bisa menjadi alasan anak menangis terus. Adapun tangisan tersebut terjadi karena si kecil merasa kewalahan dengan lingkungan sekitarnya. 

Untuk mengatasinya kamu bisa membawa si kecil ke tempat atau daerah lain yang lebih tenang. Selanjutnya biarkan anak duduk sebentar untuk menenangkan diri hingga lebih baik. Selain itu kamu juga bisa menghibur anak dengan mengajaknya main game Yupi.

Apalagi Yupi sendiri juga menyediakan beberapa pilihan game menarik yang bisa dimainkan oleh anak. Adapun contohnya adalah Yupi happy Gummy dan Yupi Aquarium. 

Selain hal di atas anak menangis juga bisa disebabkan oleh masalah lain seperti sedang stress, tidak ingin mengerjakan sesuatu, dan lain sebagainya.  Sebagai orang tua kamu harus mencoba berbagai cara yang tepat.

 Apa yg Harus Dilakukan Bila Anak Menangis

Jika kamu menemukan anak menangis secara terus menerus maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari penyebabnya. Baru setelah itu kamu bisa mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi atau menghentikan tangisan anak.

Cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi anak menangis juga cukup beragam. Cara yang paling mudah adalah dengan memberikan cemilan atau permen yang memiliki rasa yang enak dan bentuk yang lucu seperti Yupi. 

Namun apabila kamu sudah melakukan berbagai cara dan kesulitan untuk mengatasi tangisan anak maka bisa mencoba berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog demi mengetahui penyebab anak menangis dengan tepat. 

Apakah Boleh Membiarkan Anak Menangis

Untuk beberapa alasan atau penyebab kadang membiarkan anak menangis diperbolehkan. Misalnya pada kasus karena anak menginginkan sesuatu dengan cara memaksa dan menangis terus menerus. 

Selain itu untuk alasan karena sedang mencari perhatian. Untuk kedua alasan tersebut maka sebagai orang tua kamu boleh membiarkannya. Hal ini dilakukan untuk mengajari anak jika tidak semua hal bisa didapat dengan menangis.

Dengan begitu anak juga bisa belajar dan tidak menjadi kebiasaan mengandalkan tangisan untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Meski begitu kamu tetap harus mengawasi anak. 

Apa Sebab Bayi Menangis di Malam Hari

Selain lapar pada dasarnya ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab bayi menangis seperti:

  • Popok Penuh

Kondisi dan salah satu penyebab yang seringkali membuat bayi menangis adalah popoknya penuh dan harus segera diganti. Jika tidak maka bayi akan menangis terus dan rewel. 

Untuk itulah sebaiknya kamu rajin mengecek popoknya saat bayi menangis. Hal ini karena sebagian bayi akan langsung menangis sementara yang lainnya akan menunggu beberapa saat sebelum akhirnya menangis juga. 

  • Takut

Rasa takut ternyata juga bisa membuat bayi menangis terus menerus. Adapun rasa takut ini bisa terjadi karena bayi mimpi buruk. Selain itu bayi juga takut saat digendong oleh orang baru yang tidak pernah dilihat sebelumnya. 

  • Kelelahan

Ketika bayi merasa lelah mereka akan rewel dan bahkan menangis terus daripada tidur. Adapun tangisan karena lelah ini biasanya sangat keras. Tak hanya itu saja tangisan juga bisa berlangsung sangat lama. 

Banyaknya penyebab bayi atau anak menangis membuat kamu sebagai orang tua harus selalu waspada. Lebih dari itu kamu juga harus berusaha memahami anak dengan baik. 

Dengan begitu kamu bisa lebih mudah mengetahui alasan anak menangis terus dan cara mengatasinya dengan tepat. Namun jika ingin membuat anak selalu terhibur dan tidak menangis maka cara termudah yang bisa dilakukan adalah memberikan permen Yupi Gummy. Dengan permen ini anak akan selalu hepi dan pastinya penuh warna-warni.