menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

4 Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Yuk Terapkan Hal Ini!

Ingin tahu bagaimana sih cara mengatasi anak yang susah makan? Tak perlu berkecil hati. Simak 4 cara praktis dalam artikel kali ini!

Anak yang tidak mau makan pastinya akan membuat orang tua merasa kesulitan. Lantas, anak susah makan apakah berbahaya? Nah, perlu diketahui bahwa anak yang tidak nafsu makan ini merupakan fase normal yang pada tahapan tumbuh kembang anak.

Lantas, apa penyebab anak tidak nafsu makan?Alasan anak susah makan biasanya dikarenakan menu makan yang tidak disukai si kecil. Mulai dari bentuk makanan, aroma, tekstur bahkan juga rasa makanan tersebut. Selain itu, saat anak sakit juga menjadi penyebab mengapa anak menjadi susah makan.

Sebagai orang tua jangan putus asa, ya. Upayakan terus mencoba berbagai tips dan cara agar si kecil mau menghabiskan makanannya.

Cara Mudah Mengatasi Anak Susah Makan

Tak banyak orang tua yang mengetahui alasan mengapa si kecil menjadi picky eater. Namun, bukan berarti perilaku ini mustahil untuk diubah.

Lantas, apa yang harus di lakukan ketika anak tidak mau makan? Dengan melakukan pendekatan pada buah hati dengan mengamati apa yang menjadi minat dan kesukaannya bisa menjadi sarana untuk menyiapkan strategi yang tepat agar anak mau makan.

Sebagai orang tua, kamu wajib tahu beberapa solusi yang bisa kamu upayakan untuk mengatasi masalah si kecil yang nggak doyan atau malas makan ini.

1. Sajikan Makanan dengan Tampilan Menarik
cara mengatasi anak yang susah makan

Bagaimana cara agar anak lahap makan? Anak biasanya menyukai segala hal yang memiliki tampilan lucu dan menarik.

Cara mengatasi anak yang tidak nafsu makan, kamu bisa mencoba menyajikan makanan dengan tampilan dan bentuk yang disukai oleh si kecil. Contohnya seperti bentuk hewan, tokoh kartun, atau mainan.

Coba perhatikan kira-kira apa tokoh kartun kesukaan si kecil? Lantas, selanjutnya kamu bisa membuat menu makanan dengan tampilan makanan yang menarik.

Misalnya seperti membentuk nasi dengan cetakan bentuk hewan, mobil, boneka, kemudian menghiasnya dengan sayuran, lauk, dan aneka topping sebagai aksesorisnya. Semakin lucu dan mirip dengan tokoh kesukaan si kecil, semakin bersemangat ia untuk menikmatinya, bukan?

Baca Juga : Tips Ampuh Mengatasi Anak Susah Tidur

2. Hindari Memberikan Minum Saat Makan

Anak umur 1 tahun memang cenderung susah makan. Nah, cara mengatasi anak susah makan nasi usia 1 tahun yaitu dengan menghindari memberikan minum atau ASI saat sedang makan.

Tak sedikit anak yang memiliki kebiasaan minum saat sedang makan dengan alasan haus. Jika anak melakukan hal ini, maka si kecil akan makan dalam porsi yang sedikit.

Akibatnya si kecil merasa sudah kenyang karena air dan justru malah membuat anak mengalami perut kembung.

Sebaiknya cegah hal ini dengan cara membatasi jumlah minum yang boleh dikonsumsi si kecil selama makan. Apabila ingin minum, kamu bisa memberikan sebelum makan atau setelah makanan sudah habis.

3. Beri Makanan Dalam Porsi Kecil Namun Sering

makanan ringan

Biasanya anak 2 tahun tidak mau makan sama sekali saat melihat makanan dengan porsi yang cukup besar. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan memberikan porsi makanan yang lebih sedikit, tetapi sering.

Berikan hidangan makanan dalam kurun waktu setiap tiga jam untuk anak bisa makan kembali. Solusi lainnya, dengan membagi waktu makan menjadi beberapa kali, yakni: makan pagi, camilan pagi, makan siang, camilan sore, dan makan malam.

Apabila hal tersebut dilakukan, maka anak bisa belajar mengetahui kapan lapar dan kapan kenyang. Jika dilakukan secara rutin masalah anak yang sulit untuk makan ini kemungkinan bisa teratasi dengan mudah.

Baca Juga : 10 Ide Menu Bekal Anak Sekolah Sederhana & Lezat

4. Variasikan Dengan Makanan Favorit Anak
puding coklat

Biasanya anak umur 2 tahun susah sekali makan nasi. Dengan memberikan variasi makanan kesukaan si kecil bisa dilakukan untuk memancing nafsu makan anak. Sehingga mau untuk makan. Misalnya dengan memberikan cemilan sehat yang bikin happy seperti permen Yupi Calci Bean setelah si kecil selesai menghabiskan makanannya.

Memberikan makanan kesukaan si kecil sebagai reward memang cukup ampuh untuk mendorong anak agar menghabiskan makanannya.

Namun kamu juga perlu mempertimbangkan nutrisinya dengan baik. Pilihlah makanan favorit anak yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup.

Tenang saja, permen Yupi memiliki kandungan nutrisi yang sehat untuk dikonsumsi si kecil. Misalnya saja Yupi CDZ yang mengandung vitamin C, D3 dan Zinc. 

Itulah beberapa cara mengatasi anak susah makan (picky eater) yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Jangan terlalu memaksa si kecil untuk makan, lebih baik jika melakukan pendekatan dengan si kecil dengan cara yang menyenangkan. Selamat mencoba dan dapatkan informasi yang menarik lainnya hanya disini.

Home Our Story Events Games Profile