cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Terapkan 4 Tips Mengatasi Anak Susah Makan Ini!

Ingin tahu bagaimana sih tips mengatasi anak yang susah makan? Tak perlu berkecil hati. Simak 4 cara praktis dalam artikel kali ini!

Anak yang susah makan pastinya akan membuat orang tua merasa kesulitan. Namun tahukah kamu bahwa anak yang susah makan ini merupakan fase normal yang dilakukan setiap anak pada masa perkembangan?

Alasan anak susah makan biasanya dikarenakan menu makan yang tidak disukai si kecil. Mulai dari bentuk makanan, aroma, tekstur bahkan juga rasa makanan tersebut. Sebagai orang tua jangan putus asa. Upayakan terus mencoba berbagai tips dan cara agar si kecil mau menghabiskan makanannya.

Ikutilah 4 Cara Mudah Atasi Anak Susah Makan

Tak banyak orang tua yang mengetahui alasan mengapa si kecil menjadi picky eater. Namun, bukan berarti perilaku ini mustahil untuk diubah. Melakukan pendekatan pada buah hati dengan mengamati apa yang menjadi minat dan kesukaannya bisa menjadi sarana untuk menyiapkan strategi yang tepat agar anak mau makan.

Sebagai orang tua, kamu wajib tahu beberapa solusi yang bisa kamu upayakan untuk mengatasi masalah si kecil yang nggak doyan atau malas makan ini.

Sajikan Makanan dengan Tampilan Menarik

Anak biasanya menyukai segala hal yang memiliki tampilan lucu dan menarik. Agar anak tidak lagi susah makan, kamu bisa mencoba menyajikan makanan dengan tampilan dan bentuk yang disukai oleh si kecil. Contohnya seperti bentuk hewan, tokoh kartun, atau mainan.

Coba perhatikan kira-kira apa tokoh kartun kesukaan si kecil? Lantas, selanjutnya kamu bisa membuat menu makanan dengan tampilan makanan yang menarik.  Seperti membentuk nasi dengan cetakan bentuk hewan, mobil, boneka, kemudian menghiasnya dengan sayuran, lauk, dan aneka topping sebagai aksesorisnya. Semakin lucu dan mirip dengan tokoh kesukaan si kecil, semakin bersemangat ia untuk menikmatinya, bukan?

Hindari Memberikan Minum Saat Makan

Tak sedikit anak yang memiliki kebiasaan minum saat sedang makan dengan alasan haus. Jika anak melakukan hal ini, maka si kecil akan makan dalam porsi yang sedikit. Akibatnya si kecil merasa sudah kenyang karena air dan justru malah membuat anak mengalami perut kembung.

Sebaiknya cegah hal ini dengan cara membatasi jumlah minum yang boleh dikonsumsi si kecil selama makan. Apabila ingin minum, kamu bisa memberikan sebelum makan atau setelah makanan sudah habis.

Beri Makanan Dalam Porsi Kecil Namun Sering

Biasanya anak akan menjadi malas saat melihat makanan dengan porsi yang cukup besar. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan memberikan porsi makanan yang lebih sedikit, tetapi sering. Berikan hidangan makanan dalam kurun waktu setiap tiga jam untuk anak bisa makan kembali. Solusi lainnya, dengan membagi waktu makan menjadi beberapa kali, yakni: makan pagi, camilan pagi, makan siang, camilan sore, dan makan malam.

Apabila hal tersebut dilakukan, maka anak bisa belajar mengetahui kapan lapar dan kapan kenyang. Jika dilakukan secara rutin masalah anak yang susah makan ini kemungkinan bisa teratasi dengan mudah.

Variasikan Dengan Makanan Favorit Anak

Memberikan variasi makanan kesukaan si kecil bisa dilakukan untuk memancing nafsu makan anak, sehingga mau untuk makan. Misalnya dengan memberikan camilan sehat seperti permen Yupi setelah si kecil selesai menghabiskan makanannya.

Memberikan makanan kesukaan si kecil sebagai reward memang cukup ampuh untuk mendorong anak agar menghabiskan makanannya. Namun kamu juga perlu mempertimbangkan nutrisinya dengan baik. Pilihlah makanan favorit anak yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup. Tenang saja, permen Yupi memiliki kandungan nutrisi yang sehat untuk dikonsumsi si kecil. Misalnya saja Yupi CDZ yang mengandung vitamin C, D3 dan Zinc. 

Itulah beberapa tips mengatasi anak susah makan (picky eater) yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Jangan terlalu memaksa si kecil untuk makan, lebih baik jika melakukan pendekatan dengan si kecil dengan cara yang menyenangkan. Selamat mencoba dan dapatkan informasi yang menarik lainnya hanya disini.