cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Perbedaan Permen Gummy dan Jelly

Hai Yupiers!

Kamu mungkin sebelumnya sudah sering mendengar atau menggunakan istilah jelly dan gummy untuk menyebut permen lunak yang kenyal dan bisa dikunyah. Banyak orang menganggap dua kata ini memiliki arti yang sama, padahal keduanya berbeda loh.

Seperti apa ya bedanya, ayo kita cari tahu sama-sama!

Perbedaan Jelly dan Gummy

Sejak beberapa tahun belakangan, banyak yang menganggap permen jelly dan permen gummy itu sama saja. Akhirnya, kedua istilah ini sering sekali digunakan untuk menyebut permen manis dan kenyal yang biasa kita kenal.

Nah, perbedaan antara jelly dan gummy itu ada pada bahan dasar pembuat dan teksturnya yang berbeda.

Gummy

Permen gummy terbuat dari bahan dasar protein hewani yang membuat bentuk awalnya adalah transparan, tanpa rasa, dan kenyal. Gummy ini nantinya barulah mengalami proses lagi untuk menambahkan rasa dan warna yang menarik seperti yang biasa kamu lihat sekarang.

Kebanyakan permen gummy ini tidak mengandung atau mengandung sedikit sekali lemak, jadi secara keseluruhan gummy ini memiliki kandungan kalori yang rendah.

Selanjutnya, untuk membedakan tekstur dari gummy dan jelly, kamu bisa mencoba untuk menarik permen itu tanpa perlu memakannya. Permen gummy bisa merenggang dengan mudah, tapi pada akhirnya akan putus juga.

Permen gummy akan putus dengan memberikan hasil patahan yang rapi dan rata. Permukaan permen gummy akan terasa lengket, tapi tidak akan sampai melekat pada jarimu atau permukaan lainnya.

Jika sudah dimakan, permen gummy akan memberikan tekstur kenyal yang khas. Di antara semua jenis permen yang lunak dan bisa dikunyah, permen gummy ini adalah yang memiliki tekstur terkenyal.

Jelly

Sedangkan untuk jelly, dia banyak disamakan dengan gummy karena tampilan dan rasanya yang juga berwarna-warni, transparan, dan memiliki aneka rasa. Tapi, ada sedikit perbedaan antara permen jelly dan gummy.

Jelly dipadatkan menggunakan karbohidrat, bukan protein seperti pada permen gummy. Kamu bisa membedakannya dengan melihat daftar kandungan dalam permen jelly yang biasanya mengandung berbagai jenis tepung yang kaya karbohidrat.

Untuk teksturnya, permen jelly juga mudah ditarik seperti permen gummy dan lama kelamaan akan putus jika ditarik terus. Tapi, patahannya masih akan meninggalkan beberapa bagian berserabut yang lengket dan saling terikat. Semakin empuk tekstur jelly, maka teksturnya akan semakin berserabut dan sulit dipisahkan dengan bersih.

Secara umum, permen jelly lebih lengket daripada permen gummy. Lengket di sini juga berarti permen jelly akan mudah menempel pada jarimu, lapisan plastik pembungkusnya, atau pada setiap permukaan yang mengenainya.

Sementara untuk teksturnya setelah dimakan, permen jelly bisa memiliki tekstur yang beragam. Ada juga jelly yang terasa kenyal, tapi tetap tidak akan sekenyal permen gummy.

Kalau kamu mau merasakan permen gummy dengan berbagai rasa dan bentuk karakter yang menarik, kamu pasti sudah tahu kan harus mencari di mana? Yap, di Yupi dong tentunya!

Ada banyak sekali pilihan warna, bentuk, dan rasa dari permen gummy Yupi yang pasti seru kalau kamu coba satu-persatu. Hayo, sudah pernah coba semuanya belum?

Kalau mau tahu lebih banyak tentang berbagai jenis permen Yupi, kamu bisa mengunjungi Yupiland.com. Di sini kamu bisa membeli permen dan merchandise Yupi dengan berbagai promo yang menarik, membaca berbagai artikel dengan informasi unik yang mungkin belum kamu tahu sebelumnya, sampai kamu juga bisa main game loh!

Seru kan? Makanya, ayo buruan kunjungi dan dapatkan lebih banyak #Yupiness !!