× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

5 Manfaat Menulis Buku Harian

Hai Yupiers, apakah kamu suka menulis buku harian atau diary? Menulis buku harian atau diary memang mengasyikkan ya, Yupiers. Hal ini bisa menjadi suatu wadah untuk kamu mengeluarkan semua perasaan dan apa yang telah kamu alami. Beberapa tokoh ternama juga sering menulis buku harian sejak dulu, bahkan dari buku harian tersebut dapat menjadi sumber catatan sejarah loh.


Selain itu, menulis buku harian juga bisa memberikan beberapa manfaat untuk kamu. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika senang menulis buku harian.


Manfaat Menulis Buku Harian


  1. Mengenal Diri Sendiri

Dengan menulis buku harian, kamu bisa mengenal diri kamu lebih dalam. Saat menulis buku harian, kamu bisa mengetahui apa yang kamu sukai, syukuri, angan-angan, bahkan cita-cita kamu yang belum tercapai. Hal ini akan membuat kamu lebih mengenal karakter kamu dan bisa menentukan cita-cita apa yang kamu inginkan.


  1. Latihan Menulis

Saat menulis buku harian, kamu harus melibatkan otak untuk berpikir tentang apa yang ingin kamu tulis dalam sebuah rangkaian kalimat. Ketika kamu tumbuh semakin dewasa, maka tulisan kamu akan lebih detail. Hal ini baik untuk melatih kamu dalam memproses dan mengkomunikasikan ide-ide yang kompleks secara efektif.


  1. Kesehatan Mental

Menulis buku harian juga bisa menghilangkan stres loh, Yupiers. Mengungkapkan apa yang kamu rasakan melalui tulisan adalah salah satu cara yang aman untuk meluapkan emosi. Karena pada saat kamu menulis buku harian, kamu dapat merekam dan menghidupkan kembali tentang hal apa yang kamu alami tanpa rasa takut.


  1. Lebih Terorganisir

Menulis buku harian bisa membantu kamu dalam memecah pengalaman kompleks menjadi sebuah informasi yang relevan dan berguna. Kamu juga bisa mengkategorikan masalah yang kamu alami dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan untuk tingkat yang lebih tinggi lagi, kamu dapat menganalisis masalah yang kamu alami dan menemukan cara untuk mengatasinya.


  1. Catatan Sejarah

Saat menulis buku harian, kamu bisa menuliskan tentang apa saja aktivitas yang telah kamu alami dan perasaanmu saat mengalami hal itu. Nantinya, buku harian ini akan bisa kamu lihat lagi tentang hal apa saja yang telah atau belum kamu capai di masa lalu. Dengan membaca kembali buku harianmu, bisa jadi motivasi juga nih agar kamu menjadi lebih baik lagi.



Itulah beberapa info dari Yumin tentang manfaat yang bisa kamu dapatkan saat kamu rutin menulis buku harian. Daripada waktu kosongmu dilakukan untuk hal yang kurang bermanfaat, menulis buku harian bisa jadi pilihanmu untuk mengisi waktu kosong ya Yupiers.

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .