× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Jangan Dianggap Sepele Bunda, Ini Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Anak

Terkadang masih menjadi pertanyaan, mengapa menjaga kesehatan mental anak menjadi hal penting yang perlu diperhatikan oleh orang tua?

Bukan tanpa alasan, anak yang memiliki kesehatan mental yang baik dan terjaga tentu berdampak positif bagi pribadi anak, seperti anak dapat berkonsentrasi, berpikir jernih, dapat mempelajari keterampilan yang baru lebih cepat, dan berkembang lebih baik secara sosial.

Mengutip data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 2020, sebanyak 10-20 persen anak dan remaja di dunia mengalami gangguan mental. Dari data tersebut, 50 persen anak-anak yang mengalami penyakit mental rata-rata berusia mulai dari 14 tahun.

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara menjaga kesehatan mental anak agar tetap baik? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut Yumin rangkum tipsnya untuk kamu. Simak baik-baik ya! 


  1. Jangan Lupa Ajak Anak Bermain

Bagi anak-anak, bermain tentu menjadi aktivitas yang menyenangkan. Dengan bermain, secara tidak langsung membantu anak-anak menjadi lebih kreatif, belajar keterampilan baru dalam menyelesaikan masalah, dan belajar untuk mengendalikan diri.

Salah satu permainan yang dapat dipraktekkan dengan si kecil yaitu seperti berlari dan berteriak. Kedua aktivitas tersebut faktanya bukan hanya menyenangkan saja lho, namun bisa membantu anak menjadi lebih sehat secara fisik dan juga mental.

  1. Melatih Anak untuk Mandiri


Membuat anak menjadi mandiri memang penting ditanamkan kepada si kecil sejak dini. Tujuannya apa? Hal ini bermaksud agar anak belajar menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab, dapat membuat keputusan sendiri, dan tahu apa yang diinginkan.

Terbiasa menjadi pribadi yang mandiri tentu akan menjadikan kesehatan mental anak lebih tangguh, dan juga membuat anak siap menghadapi segala sesuatu dengan percaya diri. 

Kemudian muncul pertanyaan, bagaimana cara melatih kemandirian anak? Kamu dapat menunjukan rasa bangga dan juga dukungan atas setiap tindakan positif yang ia lakukan, baik di sekolah atau di rumah. 


  1. Ajarkan Si Kecil Mengelola Emosi


Jika anak memiliki kesehatan mental yang baik, tentu mereka akan merasa senang dan juga memiliki pandangan yang positif terhadap dirinya sendiri. 


Sebagai orang tua, Yupiers perlu untuk mengajarkan untuk mengelola, mengekspresikan emosi yang positif kepada si kecil sejak dini. Hal ini bertujuan agar kelak di masa depan nanti ia dapat memiliki hubungan yang baik dengan keluarga dan juga teman-temannya. 


  1. Mulai Kenali Gangguan Kesehatan Mental Anak

    Sebagai orang tua, tentu kita tidak mau anak memiliki mental yang negatif, seperti mudah marah, menangis sampai gampang menyerah.

    Nah untuk mengatasi persoalan tersebut, kamu perlu menciptakan lingkungan yang positif di rumah dengan cara selalu memberikan contoh yang baik, tidak membentak anak, dan tidak memarahinya.

    Melalui berbagai tindakan tersebut, tentu mental si kecil pun dapat terbangun secara perlahan menjadi optimal sehingga ia bisa menjadi anak yang selalu happy.

Nah itulah di atas beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebagai orang tua dalam menjaga kesehatan mental anak.

Seperti kata pepatah “Mencegahnya tentu lebih baik daripada mengobati”, bukan? Agar anak dijauhkan dari gangguan kesehatan mental, yuk mulai dari sekarang terapkan beberapa tindakan preventif seperti tips di atas ya Yupiers!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .