× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini Manfaat Musik untuk Perkembangan Anak!

Tidak dapat dipungkiri, musik tentu sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Faktanya tak hanya orang dewasa saja, anak-anak pun terbiasa mendengarkan musik dalam bentuk lagu sejak mereka kecil.

Mengutip CNN Indonesia, orangtua biasanya secara naluriah akan menggunakan musik untuk menghibur atau menenangkan anak. 


Masih banyak orang tua yang belum menyadari bahwa, mereka yang menciptakan suasana atau lingkungan yang penuh dengan alunan musik tidak hanya menghibur anak, tetapi juga mengasah berbagai kemampuan yang dimiliki oleh anak.


Selain itu, ternyata banyak juga lho manfaat musik bagi tumbuh dan perkembangan anak Yupiers. Penasaran apa saja? Yuk simak penjelasannya di bawah ini ya! 


  1. Meningkatkan Kemampuan Akademis

    Siapa sangka, musik ternyata bisa memberikan manfaat untuk kecerdasan atau Intelligence Quotient (IQ) anak.

Beberapa riset juga menyebutkan, anak yang sering mendengarkan atau bermain musik biasanya terlihat memiliki prestasi akademik yang lebih baik.

Tak heran, kini sudah banyak di beberapa sekolah telah menambahkan pelajaran musik untuk diterapkan di kurikulum. Selain itu, melalui musik anak juga dapat menemukan bakatnya, termasuk seni musik. 

  1. Menunjang Perkembangan Otak dan Fisik

Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Oxford, Inggris pada tahun 2016 menunjukkan, anak yang sering terpapar musik sejak dini dapat membuat perkembangan otaknya lebih maju, terutama di bagian kemampuan membaca dan penguasaan bahasa. 


Selain itu, bayi yang lahir secara prematur dan diberikan stimulasi musik klasik akan mengalami pertambahan berat badan yang signifikan. Kenapa demikian? Hal ini disebabkan musik klasik dapat membuat bayi merasa nyaman dan tidur lebih nyenyak.


  1. Mempertajam Kemampuan Berpikir

Berdasarkan sebuah penelitian, jumlah sinaps atau hubungan antar sel otak pada seorang musisi atau orang yang aktif bermusik cenderung lebih banyak daripada mereka yang jarang mendengarkan musik. Fakta yang menarik bukan, Yupiers? 


Melihat hasil penelitian tersebut, akan lebih baik apabila anak diberikan stimulasi melalui musik sejak dini ya Yupiers. Hal tersebut tidak lain bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikirnya.

Selain itu, bermusik juga akan meningkatkan jumlah sinaps dan aktivitas antar kedua belahan otak. Manfaatnya dapat membuat kinerja otak anak lebih cepat, kreatif dan efektif. 


  1. Membuat Mood Si Kecil Bahagia

Manfaat musik untuk si kecil yang tak kalah penting yaitu dapat membuat mood mereka kembali senang. Bila suasana hati mereka sedang tidak baik, sebagai orang tua Yupiers dapat mengajak mereka mendengarkan lagu sambil bernyanyi dan juga bermain.

5. Mendukung Perkembangan Motorik


Saat ada irama atau lagu kesukaan anak yang diputar, sontak ia akan bergoyang atau menari sembari mengikuti lantunan lagu tersebut. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk anak dalam mengembangkan keterampilan fisiknya. 


Manfaat lain apabila anak suka mendengarkan dan bermain musik seperti perkusi, dapat membantu mengembangkan koordinasi dan keterampilan motorik mereka. 


Manfaat musik bagi perkembangan si kecil ternyata banyak juga ya, Yupiers. Oleh karena itu, sebagai orang tua itu bisa banget ya mengenalkan sekaligus mengajarkan instrumen musik sejak dini kepada anak.

Siapa tahu seni musik merupakan salah satu bakat terpendam yang dimiliki oleh si kecil lho! 







Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .