× Back To Yupiland
Artikel YGT
Quotes Of The Day

9 Steps to Positive Mental Health

Yasinta Indrianti, Psikolog

Sumber : canva.com

Dear Yupiers,

Siapa sih yang tidak mau memiliki kondisi kesehatan mental yang positif? Semua orang yang memiliki mimpi untuk hidup bahagia pasti ingin memiliki kesehatan mental yang positif. 

Tapi bagaimana caranya? Sementara hari – hari kita rasanya penuh dengan tekanan, stress, emosi dan situasi – situasi yang tidak menyenangkan.

Yuk, Yupi akan memberikan 9 tips yang bisa kita pakai untuk meningkatkan kondisi kesehatan mental kita agar positif.

  • Make social connection

Memiliki teman dan koneksi sosial sangat mendukung kesehatan dan kesejahteraan batik kita. Ini akan membantu kita mengatasi rasa kesepian atau terisolasi yang tentu saja dapat memengaruhi kesehatan mental, emosional, dan fisik kita. Orang yang tetap terhubung dengan orang lain dan memiliki hubungan yang kuat cenderung memiliki kualitas hidup yang lebih baik.


  • Stay active

Aktivitas fisik secara teratur adalah salah satu hal terpenting yang dapat kita lakukan untuk kesehatan kita. Di dalam badan yang sehat akan terdapat jiwa yang sehat pula.  Aktif secara fisik dapat meningkatkan kesehatan otak, membantu mengelola berat badan, mengurangi risiko penyakit, memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan kemampuan kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari.


  • Talk to someone

Berbicara dengan orang lain ternyata memiliki banyak manfaat, yaitu mengurangi stres dan membantu membangun persahabatan dan koneksi. Membicarakan sesuatu dengan orang lain juga membantu kita dalam memperoleh pandangan ketika kita perlu mengambil sebuah keputusan. Situasi ini akan memberikan jalan untuk memproses pikiran dan perasaan kita. 


  • Appeal to your senses

Ini berarti bahwa kita berusaha untuk mengaktifkan indera kita. Kita berusaha menikmati segala situasi di sekitar kita melalui indera kita. Pernahkah kita merasakan nyamannya saat merasakan hembusan angin sepoi – sepoi yang melewati kulit kita? Pernahnya kita merasa termotivasi saat mendengar suara burung di depan rumah melalui indera pendengar kita? Pernahkah kita merasa kagum dan ada perasaan bahagia saat melihat betapa indahnya langit di pagi hari yang bisa kita pandang dengan indera mata kita?


  • Take up a relaxation practice

Relaksasi merupakan sebuah kondisi dimana kita bisa mengatur diri kita agar bisa merasa tenang dan membangun ketenangan. Relaksasi dapat membantu kita mengelola stres atau kecemasan bahkan meningkatkan kepercayaan diri untuk menangani masalah. Salah satu cara termudah dalam relaksasi adalah menghirup nafas panjang dan menghembuskannya. Lakukan beberapa kali sambil mengatur agar pikiran dan emosi kita lebih tenang. 


  • Make leisure

Kita perlu memberikan waktu bagi tubuh kita untuk beristirahat dengan memberikan waktu luang. Manfaat yang paling nyata kita menyediakan waktu luang adalah dapat memungkinkan tubuh kita pulih dari stres dan aktivitas kehidupan sehari-hari. Waktu luang juga menyediakan waktu untuk merenung dan memikirkan apa yang terjadi dalam hidup kita sehingga kita pun akan lebih siap menghadapi berbagai rencana dan aktifitas selanjutnya. Nikmati setiap waktu luang yang kita miliki, ini adalah kesempatan yang sangat berharga bagi mental health kita. 


  • Eat a brain-healthy diet

Otak kita adalah komponen paling penting dalam kehidupan kita, sehingga kita pun perlu menjaganya dengan sangat baik. Makanan otak terbaik adalah makanan yang sama yang melindungi jantung dan pembuluh darah kita. Apa saja kah itu? Sayuran, buah, kacang – kacangan dan berbagai makanan sehat lainnya. Kita perlu memperhatikan makanan yang kita makan karena agar berfungsi secara maksimal, otak kita perlu makanan yang kaya akan nutrisi.


  • Don't skimp on sleep.

Tubuh kita membutuhkan tidur untuk beristirahat. Tidur sama pentingnya dengan udara untuk bernafas dan makanan untuk menghasilkan energi. Selama tidur, tubuh kita sedang berproses menyembuhkan dirinya sendiri dan mengembalikan keseimbangan kimiawinya. Otak kita akan membentuk koneksi pemikiran baru dan membantu retensi memori. Tanpa tidur yang cukup, otak dan sistem tubuh kita tidak akan berfungsi secara normal. Ini juga dapat secara dramatis menurunkan kualitas hidup kita. Jadi maksimalkan waktu tidur untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental kita.


  • Accept yourself

Penerimaan diri merupakan sebuah kondiri dimanan kita menerima secara mendalam dan total setiap aspek diri kita tanpa syarat dan tanpa kecuali. Untuk sampai pada titik ini, kita harus belajar menerima bagian diri Anda yang Anda anggap negatif atau tidak diinginkan. Menerima diri kita akan memberi kita lebih banyak kepercayaan diri dan membuat kita tidak terlalu rentan terhadap kritik. Kita tidak akan hidup dibawah bayang – bayang orang lain dan tentu saja kesehatan mental kita pun akan lebih berkualitas karena tidak ada yang perlu kita khawatirkan seperti apapun kondisi kita. 

Keberhasilan dari 9 tips ini tergantung kita namun akan mendukung kita membangun makna kebahagiaan. Happiness is the sum of small efforts repeated day in and day out ????


Dan untuk mengetahui kegiatan dan keseruan peserta di event ajang pencarian bakat Yupi Got Talent 2022, pantengin terus infonya di www.yupiland.com/Ygt/camp

Yumin akan terus berbagi info mereka dengan para Yupiers .. Don’t miss it!

Jangan lupa untuk selalu Yupiness ya … dengan selalu makan permen Yupi yang Kenyalnya Bikin Hepi!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .