× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

A good leader starts with a good follower

Dear Yupiers,

Menjadi leader  tidak harus menunggu kita berusia dewasa. Menjadi leader  adalah sebuah proses yang bahkan bisa dimulai sejak dini.  Bahkan di masa sekarang ini sulit membedakan leader  dan pengikut dalam artian harfiah. Karena seorang leader  tidak hanya dianggap sebagai leader  ketika memiliki status atau jabatan yang lebih tinggi. Namun dalam keleader an, mereka yang berani mengambil resiko dan mendorong tim untuk maju melihat dan memanfaatkan berbagai peluang pun sudah bisa disebut sebagai leader .

Mengapa seorang leader harus menjadi follower yang baik?

Karena menjadi seorang leader  adalah sebuah proses. Leader  tidak dilahirkan namun dibentuk. Menjadi leader  harus mampu menginspirasi banyak orang yang seringkali pembentukan proses ini diperoleh saat menjadi follower. Bagaimana mereka menempatkan diri di dalam sebuah kelompok atau komunitas akan menentukan bagaimana mereka menerima dan diterima orang lain. Bagaimana mereka mengembangkan diri akan menentukan bagaimana mereka nantinya akan mengembangkan orang lain. 

Apakah follower yang hebat menjadi leader  yang hebat?

Follower memiliki peran penting dalam pencapaian dan keberhasilan sebuah tim. Tim yang hebat tidak hanya ditentukan oleh leader yang hebat, tapi salah satu yang terpenting justru bagaimana follower bisa memahami arah dan target yang ditetapkan leader sehingga bersama – sama mencapainya. Oleh karena itu, follower yang hebat dapat menjadi leader yang hebat ketika mereka tau cara melakukan yang terbaik dan mencapai yang terbaik dari insight yang mereka terima saat menjadi follower

Namun demikian ternyata tidak banyak orang yang berhasil memahami bagaimana menjadi leader yang baik dimulai dari menjadi follower yang baik. Karena seringkali banyak orang cenderung menggunakan kesempatan saat menjadi follower untuk lebih banyak mengkritik leader dan tidak mau berkembang bersama leadernya. 

Apa contoh follower yang baik?

  • Memiliki integritas dari kejujuran, kebaikan yang tulus dsb
  • Memiliki motivasi yang tinggi, komitmen dan mau terus berusaha 
  • Memiliki dan terus mau mengembangkan kompetensi 
  • Menghargai dan menghormati orang lain termasuk ketika pendapatnya tidak sesuai

Apa yang membuat seorang leader  menjadi baik?

  • Leader yang baik adalah mereka yang mampu memimpin dirinya sebaik mampu memimpin orang lain, demikian pula sebaliknya
  • Leader yang baik pada akhirnya mampu menciptakan dan memelihara leader  lain
  • Leader yang baik memiliki visi yang jelas, keberanian mengambil resiko, integritas dan kerendahan hati
  • Leader yang baik adalah mereka yang mampu mengambil hal – hal strategis, percaya pada tim dan mengutamakan kepentingan tim diatas kepentingan sendiri. 

Pada akhirnya bukan tentang siapakah kita saat ini. Karena meskipun saat ini kita menjadi follower yang terpenting adalah kedalaman hati kita sehingga nantinya kita pun akan menjadi leader yang hebat ????

Dan… seperti Yupi yang kenyalnya selalu bikin hepi, harapannya semoga Yupiers semua selalu bersemangat dan dapat menebarkan hal positif kepada orang lain.

Pantengin terus juga www.yupiland.com/ygt ya! dimana kamu dapat mengikuti keseruan peserta dalam sebuah wadah ajang pencarian bakat, Yupi’s Got Talent 2022. 

Jangan lupa untuk selalu Yupiness ya!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .