× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Am I Self Smart [:Intrapersonal Intelligence]. …?

Yasinta Indrianti, Psikolog


Sumber : canva.com

Dear Yupiers,

Pernahkah kamu mendengar bahwa salah satu jenis multiple intelligence adalah SELF SMART (kecerdasan intrapersonal) ?

Bagi beberapa orang mungkin melihat mereka yang memiliki Self Smart yang tinggi dinilai sebagai pribadi yang introvert sehingga tidak terpikir bahwa ini juga merupakan sebuah kelebihan, sebuah kapasitas inteligensi yang tidak semua orang mampu memilikinya.

Self Smart merupakan kapasitas inteligensi yang melibatkan pengetahuan tentang berbagai aspek di dalam diri kita, seperti pengetahuan tentang perasaan, pemahaman atas respon emosional, pemahaman tentang proses berpikir, dan kemampuan dalam refleksi diri. Kecerdasan ini memungkinkan kita untuk mengamati diri sendiri bahkan mengevaluasinya. 

Self Smart bahkan memungkinkan kita untuk memahami perasaan, ketakutan, dan motivasi diri. Self smart menjadi bagian dari kecerdasan karena memungkinkan kita memahami siapa diri kita.

Bagi diantara Yupiers yang kuat dalam kecerdasan intrapersonal atau self smart akan cenderung menikmati refleksi dan analisis diri. Dan untuk perilakunya seringkali terlihat dalam bentuk melamun, mengeksplorasi hubungan dengan orang lain, dan menilai hubungan antar pribadi. Kita juga akan lebih banyak menghabiskan waktu sendirian, dan menikmati bekerja secara mandiri. Bahkan mungkin kita juga akan sangat menikmati menulis di diary, jurnal, blog atau apapun. 

Meskipun memiliki potensi self smart, namun kapasitas ini tetap perlu untuk diasah dan dikembangkan. Karena kekuatan pribadi self smart terletak pada kemampuan untuk bekerja mandiri, menetapkan tujuan pribadi, dan bekerja secara terorganisir. Bagaimana caranya?


  • Banyak membaca dan mempelajari tentang cara – cara pengembangan diri 
  • Berolahraga secara teratur untuk meningkatkan kualitas kesehatan secara fisik
  • Tidur yang cukup
  • Meningkatkan kesadaran bahwa hidup kita dan potensi kita sangat berharga
  • Buat jadwal untuk bisa mengatur skala prioritas
  • Kenali dan arahkan bakat alami yang kita miliki
  • Luangkan waktu untuk melakukan refleksi diri secara positif
  • Buat jurnal pribadi

Inteligensi yang sesungguhnya terletak pada seberapa mampu kita memahami diri kita dan menggunakannya. Karena pengenalan diri adalah pintu utama kita menuju hidup yang bahagia ????

So, untuk mengetahui kegiatan dan keseruan peserta Grand Final Yupi’s Got Talent 2022 dalam mewujudkan impian mereka, pantengin terus infonya di www.yupiland.com/Ygt/camp

Yumin akan terus berbagi info mereka dengan para Yupiers .. Don’t miss it !

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .