× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Bagaimana sih Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Dan Berlatih Mengasah Bakat

Yupiers, apakah kita atau kadang anak, kakak dan adik kita  merasa kesulitan untuk mengerjakan ulangan di sekolah? Atau tak bisa fokus belajar di dalam kelas? Atau sulit konsisten mengikuti latihan di sanggar - sanggar yang menjadi hobinya ? Bisa jadi yang dialami adalah kesulitan untuk berkonsentrasi. 

Sulit berkonsentrasi dapat membuat proses belajar menjadi lebih sulit. Tidak hanya dari sisi akademis saja, kehidupan sehari-hari juga bisa terdampak akibat buruknya kemampuan konsentrasi yang dialami.

Yupiers tidak perlu khawatir, sebab ada banyak cara melatif fokus yang dapat dicoba. Mulai permainan asah otak hingga berolahraga, berikut adalah beberapa cara yang dapat meningkatkan konsentrasi. 

1. Mencoba Permainan Melatih Konsentrasi 

Ada banyak permainan melatih konsentrasi yang seru untuk dimainkan, misalnya sudoku, catur,puzzle, hingga game lain yang menuntut pemainnya untuk mengingat.

Sederet permainan asah otak ini dapat membantu untuk meningkatkan konsentrasi. Selain melatih konsentrasi, bermain game asah otak juga bisa membantu untuk mempertajam daya ingat dan mengasah kemampuan untuk menyelesaikan masalah.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kurang tidur ternyata dapat mengganggu fungsi kognitif, seperti sulit berkonsentrasi, mengingat, hingga memerhatikan. Maka dari itu, cobalah evaluasi lagi pola tidur.

Saat kurang tidur, tubuhnya akan terasa lelah. Kelelahan ini dapat memperlambat refleks tubuhnya dan mengganggu kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Terdapat berbagai cara untuk meningkatkan kualitas tidur, misalnya:

  • Matikan televisi dan hindari penggunaan gawai (gadget) satu jam sebelum tidur

  • Atur suhu kamar senyaman mungkin

  • Tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya, termasuk di akhir pekan

  • Berolahraga secara teratur, tapi hindari terlalu dekat dengan jam tidur.

3. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur merupakan cara meningkatkan konsentrasi yang ampuh. Ada banyak olahraga ringan yang dapat dilakukan misalnya berlari, melompat, bermain bola, squat, push-up, hingga sit-up. Meski bermanfaat, kita tidak boleh memaksa / dipaksa untuk berolahraga secara berlebihan.

4. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Menjalani pola makan bergizi seimbang adalah cara ampuh untuk melatih konsentrasi . Sebab, buruknya asupan nutrisi dapat menyebabkan sulit berkonsentrasi.

Beberapa contoh makanan yang perlu dihindari adalah makanan yang tinggi gula dan lemak jahat, yang bisa menyebabkan sulit berkonsentrasi. Oleh karena itu, cobalah makanan sehat seperti telur, oat, hingga susu. Dapat juga menambahkan snack yang mengandung Gelatin dan vitamin - vitamin bermanfaat seperti yang terkandung dalam Yupi Gummy.  

5. Melakukan tugas kecil Setiap Harinya

Melakukan berbagai tugas dapat membuat lebih fokus dan lebih disiplin. Tugas bisa berbentuk pekerjaan rumah (PR) atau melakukan aktivitas membersihkan bersama dengan keluarga. 

6. Biasakan Deadline

Memberikan deadline saat sedang melakukan tugas - tugas kecil cukup efektif. Keberadaan deadline ini juga akan dianggap sebagai tantangan sehingga lebih fokus untuk menyelesaikan tugas - tugas tepat waktu. 

7. Jangan terlalu Banyak Memerintah Dalam Satu Waktu

Yupiers, tugas yang terlalu banyak dalam satu waktu membuat sulit berkonsentrasi, mendengarkan, dan mengingat. Berikanlah perintah dengan perlahan. Tunggulah satu perintah selesai, baru berikan lagi perintah yang baru 

8. Mencoba mindfulness

Mindfulness adalah kemampuan dasar manusia untuk hadir sepenuhnya di masa sekarang, menyadari di mana kita berada, apa yang sedang kita lakukan, dan tidak terdistraksi dengan apa yang ada di sekeliling kita.

Ternyata, terapi bagi mereka yang kurang konsentrasi ini dapat dipercaya dapat membantu untuk bisa berprilaku lebih baik, berkonsentrasi terhadap pelajaran dan PR yang diberikan oleh guru misalnya.

Satu cara untuk melatih mindfulness adalah duduk dengan tenang dan fokus terhadap pernapasan. 

9. Bertanya Mengenai Apa Yang Bisa Membuatnya Berkonsentrasi

Yupiers, tidak sedikit orang yang menggangap bahwa ada beberapa orang yang sulit berkonsentrasi mengidap gangguan mental. Padahal, belum tentu hal itu disebabkan oleh gangguan mental atau kondisi medis lainnya. Bisa jadi, hanya butuh ketenangan saat sedang mengerjakan sesuatu sehinga ia dapat berkonsentrasi.

Sebab, beberapa orang lebih mudah berkonsentrasi tanpa ada gangguan suara atau orang di sekitarnya.Maka dari itu, tanyalah pada anak, kakak, adik kita kondisi seperti apa yang dapat membuatnya berkonsentrasi sehingga dapat diketahui solusi tepat untuk melatih konsentrasi mereka.

10. Ajak Menikmati Indahnya Pemandangan Alam

Salah satu cara melatih fokus secara alami adalah mengajak liburan untuk menikmati indahnya pemandangan alam. Klaim ini didukung oleh penelitian dari tahun 2014. Sejumlah ahli percaya, dengan melihat bagian kecil dari alam saja, misalnya tumbuh-tumbuhan, dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas.

11. Mendengarkan suara alam

Dikutip dari Medical News Today, mendengarkan suara alam seperti rintik hujan, deruan ombak, hingga burung yang berkicau dipercaya bisa menjadi cara meningkatkan konsentrasi.

12. Mencoba suplemen

Berikut adalah beberapa suplemen yang dipercaya bisa dijadikan sebagai cara melatih fokus (untuk mereka diatas umur 4 tahun) :

  • Folat

  • Kolin

  • Vitamin K

  • Flavonoid

  • Asam lemak omega-3

  • Ekstrak biji guarana.

13. Melakukan olahraga konsentrasi

Olahraga konsentrasi ini dapat dilakukan dengan beberapa langkah, diantaranya:

  • Menggambar atau mencorat-coret di kertas selama 15 menit.

  • Bermain melempar balon atau bola kecil dengan orang lain di sekitarnya.

  • Kemudian, atur timer atau pengatur waktu selama 3-5 menit. Lalu minta untuk berkedip sedikit mungkin.

Anak dapat memilih salah satu aktivitas di atas. Jika sudah, mintalah untuk menulis ulasan singkat atau sketsa terkait bagaimana perasaan mereka selama melakukan aktivitas tersebut.

Saat mengutarakan momen di mana mereka kehilangan konsentrasi atau bagaimana mereka berusaha untuk mengembalikan fokusnya, hal ini dipercaya bisa melatih konsentrasi dan diharapkan bisa mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.

14. Memberikan Ruangan Untuk Beraktivitas

Memberikan ruangan yang tenang dan didekasikan untuk beraktivitas dinilai bisa dijadikan cara mengajari agar bisa melatih fokus. Jika memungkinkan, ruangan ini perlu terasa nyaman dan cukup sunyi agar tidak terganggu saat ia berusaha fokus atau berkonsentrasi. 

 

Sumber: https://www.sehatq.com/artikel/cara-meningkatkan-konsentrasi-anak-yang-tidak-sulit-dilakukan

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .