× Back To Yupiland
Artikel YGT
Tips From Yumin

Belajar Efektif di Kelas

Dear Yupiers,

Bagaimana rasanya memulai tahun ajaran baru? Wah pasti seru dan menyenangkan ya.. akhirnya kita bisa bertemu dengan guru dan teman – teman di sekolah. Namun adakah diantara Yupiers yang merasa galau dan cemas karena sudah lama tidak belajar tatap muka?

Nah Yumin akan berikan tips agar Yupiers bisa tetap belajar secara efektif di kelas 

  • Get organized

Sebelum tugas semakin banyak, yuk buat dulu jadwal belajar sehingga kita tau target yang harus kita capai semester pertama ini. Dengan adanya jadwal, Yupiers juga belajar untuk mengatur waktu dengan baik dan efektif. 

Menjadi terorganisir juga akan membuat kita belajar menjadi lebih mudah. Merapikan kamar, letakkan dokumen di binder, merapikan buku catatan, dan buat folder. Ini membantu kita bekerja lebih cepat tanpa membuang waktu mencari barang. Atur tugas dan informasi kelas kamu berdasarkan mata pelajaran. Buat perencanaan juga untuk pekerjaan rumah, proyek, tes, dan tugas. 


  • Pay attention in class

Berlatih mendengarkan secara aktif dengan berkonsentrasi dan menghindari gangguan ketika guru sedang berbicara. Catat hal – hal penting yang disampaikan guru sehingga bisa membantu kita saat belajar di rumah. 


  • Ask questions

Belajar juga untuk aktif di kelas. Jika tidak memahami sesuatu, ajukan pertanyaan ke guru atau ke teman yang bisa membantu menjawab. Jika tidak merasa nyaman di depan semua orang, kita bisa belajar proaktif dengan menyampaikan ke guru setelah kelas.


  • Study with a group

Memiliki kelompok belajar akan sangat membantu Yupiers dalam belajar. Ini akan memberi kita kesempatan untuk menguji pengetahuan dan membantu meningkatkan kepercayaan satu sama lain. Memiliki kelompok belajar juga membantu kita menghindari penundaan. Kita juga akan terdorong berpikir kreatif dan membangun keterampilan komunikasi yang kuat yang dapat membantu kita dalam menyempurnakan pemahaman materi.

Mudah bukan Yupiers? Yuk jangan tunda lagi agar belajar di kelas lebih menyenangkan ???? 

Dan… seperti Yupi yang kenyalnya selalu bikin hepi, harapannya semoga Yupiers semua selalu bersemangat dan dapat menebarkan hal positif kepada orang lain.

Pantengin terus juga www.yupiland.com/ygt ya! dimana kamu dapat mengikuti keseruan peserta dalam sebuah wadah ajang pencarian bakat, Yupi’s Got Talent 2022. 

Jangan lupa untuk selalu Yupiness ya!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .