× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Belajar Mengelola Waktu Yang Efektif (Yasinta Indrianti, Psikolog)

Dear Yupiers,

Time management merupakan salah satu life skills yang penting untuk di pelajari. Karena setiap orang memiliki batasan waktu yang sama namun memiliki perbedaan dalam mengelolanya.

Tahukah Yupiers, salah satu indikator yang bisa membantu kita menganalisa apakah kita memiliki time management yang baik bisa dilihat dari seberapa sering kita merasa terburu – buru oleh deadline. Seberapa tertekan kita dengan tuntutan tugas dari waktu ke waktu dan seakan – akan sudah melakukan banyak hal namun tidak ada satupun yang selesai dengan tuntas.

Time management merupakan sebuah seni mengelola waktu sehingga dapat mengerjakan banyak hal tanpa merasa stres. Bagaimana Yupiers bisa memanfaatkan waktu agar produktif dan efisien sehingga Yupiers mampu memiliki skala prioritas untuk to do list yang sedang di kerjakan.

Ada dua hal yang bisa Yupiers jadikan landasan dalam menentukan skala prioritas untuk menunjang skill time management, yaitu

  1. Tugas Mendesak / Urgent

Ini merupakan tugas – tugas yang harus segera diselesaikan. Seringkali tugas mendesak bisa terlihat penting maupun tidak penting namun mendominasi waktu Yupiers.

Contoh menjawab telepon dari teman. Saat telepon berbunyi, Yupiers harus segera mengangkat terlepas dari sedang melakukan tugas penting atau tidak. Dan jika tidak bisa membatasi diri, telepon dari teman bisa menghabiskan waktu yang cukup panjang sampai akhirnya waktu untuk melakukan tugas penting lainnya sudah tidak memungkinkan lagi.

Contoh lain adalah berselancar di media sosial yang mungkin sering Yupiers lakukan bukan karena hal yang penting namun ternyata menjadi hal yang mendesak yang pada akhirnya baru Yupiers sadari hal ini sudah menghabiskan banyak waktu tanpa memperoleh manfaat apapun.

  1. Tugas Penting / Important

Ini merupakan beragam tugas yang memiliki konsekuensi jika tidak Yupiers lakukan. Seringkali tugas ini memiliki jangka waktu yang lebih panjang namun rentan untuk Yupiers abaikan. Pengelolaan waktu yang tidak bijak akan membuat tugas – tugas ini kemudian menumpuk dan akan mengganggu alokasi waktu dalam menyelesaikannya. Akibatnya, Yupiers akan merasa stres dan tertekan karena tiba – tiba semua menjadi mendesak untuk diselesaikan.

Contohnya adalah tugas sekolah. Tugas sekolah biasanya memiliki tenggat waktu satu minggu. Artinya tidak harus diselesaikan saat itu juga namun jika tidak dikerjakan akan berdampak pada nilai dan perkembangan studi.

Yupiers, memahami landasan tersebut sangat penting dalam time management. Karena ini membantu Yupiers membuat skala prioritas untuk pengelolaan tugas-tugas.

Yuk, kita mulai buat skala prioritas agar waktu yang Yupiers miliki jadi lebih produktif dan efisien.  Ada tiga tips dari Yumin nih:

  • Pertama membuat to do list dengan rapi

Melihat daftar tugas yang tersusun rapi akan membantu Yupiers dalam membedakan mana tugas yang penting dan mana tugas yang mendesak. Bayangkan jika Yupiers tidak memiliki to do list yang rapi, mungkin Yupiers tidak menyadari ada berapa banyak tugas yang harus diselesaikan.

  • Kedua buat jadwal penyelesaian to do list

Menyambungkan to do list dengan jadwal pribadi sangat membantu Yupiers dalam time management. Saat ini ada banyak aplikasi yang bahkan bisa terkoneksi dengan kalender bahkan reminder di handphone Yupiers. Misalnya aplikasi Trello, Microsoft To Do, Google Calendar dsb.

  • Lash but not leash minimalisir menunda dan Multitasking

Dalam hal ini procrastination hanya akan memindahkan urutan tugas Yupiers dari awal menjadi menumpuk di belakang. Demikian juga multitasking hanya akan membuat Yupiers mengerjakan sesuatu tidak secara maksimal. Hindari kedua hal ini untuk mengurangi tekanan dan stres yang mungkin akan timbul di kemudian hari.

Yuk bangun kebiasaan yang positif dengan time management yang tepat agar kita bisa menikmati waktu dengan lebih menyenangkan.

Yupiers, prinsip yang baik adalah tanggung jawab kita untuk bisa mengoptimalkan kebiasaan positif didalam kehidupan kita sehari hari dan di dalam bersosialisai dengan lingkungan. Karena hal ini akan menimbulkan  kepercayaan dari orang lain pada saat kita ingin berkomitmen dalam segala hal.

Kalau bukan kita yang menanamkan prinsip kebiasaan positif pada diri kita, siapa lagi?

Yupiers, yuk bangun prinsip dan kebiasaan pada dirimu sendiri, mulai kenali dirimu, kembangkan potensimu dan bakatmu serta wujudkan prestasimu.

Oh ya Yupiers, untuk menunjukkan bakat dan prestasimu, Yupi permen favoritmu memiliki wadah yakni Yupi’s Got Talent yang kembali hadir di tahun 2022 ini, Yuk Yupiers catat tanggal registrasinya yakni 15 Maret – 20 May, jangan sampai ketinggalan daftar ya! Ayo tunjukkan bakat dan prestasimu disini . Info lengkap di www.yupiland.com/ygt.

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .