× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Flu dan Batuk Pada Anak? Yuk, Coba Cara Alami Mengatasinya

September sudah tiba Yupiers! Di Indonesia yang merupakan negara dengan 2 musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau bulan-bulan dengan akhiran –ber, artinya Yupiers akan memasuki musim penghujan. Curah hujan akan lebih sering turun dan bertambah intensitasnya. Sayangnya, seiring dengan tibanya musim penghujan, jenis penyakit seperti batuk dan pilek biasanya juga mulai merebak. Nah, jika hal ini sampai terjadi di keluarga Yupiers, coba dulu pengobatan dengan cara-cara alami.

  1. Mengkonsumsi madu

Madu sejak dahulu kala sudah terbukti ampuh dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat madu adalah meredakan nyeri tenggorokan bahkan sangat bagus untuk meredakan batuk. Bahkan di salah satu riset lain, madu terbukti dapat membantu mengatasi kesulitan bernafas pada anak-anak akibat infeksi. Yupiers cukup menyediakan satu cup air hangat kemudian campurkan dengan satu sendok makan madu dan dapat ditambahkan perasan jeruk lemon. Madu juga dapat dijadikan olesan pada roti tawar dan kemudian langsung dimakan.

  1. Memaksimalkan waktu istirahat

Ketika anak-anak dilanda flu dan batuk, salah satu cara efektif lainnya untuk membantu penyembuhan mereka adalah dengan istirahat yang cukup. Dengan istirahat, sel imunitas tubuh akan meningkat dan bekerja dengan lebih efektif untuk menggantikan dan menghancurkan sel-sel tubuh yang terkena infeksi virus.

  1. Memanfaatkan uap air 

Yupiers dapat memanfaatkan uap air panas untuk membuat lega tenggorokan, membantu pernafasan serta dapat mengencerkan dahak. Siapkan air panas di ember atau wadah lebar, kemudian penderita duduk dengan wajah menghadap ke uap dari air panas tersebut sambil bagian kepalanya ditutup handuk. Dengan demikian, uap air langsung menuju ke wajah, Yupiers juga bisa menambahkan 3 tetes minyak kayu putih atau essential oil ke dalam air panas sehingga uap yang dihasilkan lebih berkhasiat lagi untuk meredakan flu dan batuk.

Cara meredakan batuk berdahak pada anak juga bisa memanfaatkan uap. Caranya mudah, menyalakan air panas di pancuran di kamar mandi dan tutup pintunya sehingga ruangan akan beruap. Kemudian, duduklah di kamar mandi bersama anak selama sekitar 20 menit. Uap akan membantu Si Kecil bernapas dengan lebih mudah, melegakan tenggorokannya, dan mengencerkan dahak. 

  1. Tetap penuhi cairan tubuh

Selama sakit, jangan lupa tetap minum air putih dan dalam keadaan hangat akan jauh lebih baik. Asupan cairan tubuh yang cukup akan membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan membantu meredakan rasa gatal di tenggorokan akibat terjadinya pengeringan di jaringan sinus. Selain air putih hangat, kaldu sup hangat juga dapat membantu.

Oke, Yupiers! Selamat menyambut musim penghujan dengan lebih optimistis. Jangan lupa konsumsi vitamin C lebih banyak untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh. Mau vitamin C yang enak? Permen yupi kenyal dan enak mengandung banyak vitamin C, lho. 

Dan… seperti Yupi yang kenyalnya selalu bikin hepi, harapannya semoga Yupiers semua selalu bersemangat dan dapat menebarkan hal positif kepada orang lain.

Pantengin terus juga www.yupiland.com/ygt ya! dimana kamu dapat mengikuti keseruan peserta dalam sebuah wadah ajang pencarian bakat, Yupi’s Got Talent 2022. 

Jangan lupa untuk selalu Yupiness ya!

 

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .