× Home Blog
Artikel YGT
Parenting

Mau Mengajak Anak Bermain di Alam Bebas? Perhatikan Ini Dulu Ya

Mengajak anak bermain di alam bebas memang banyak sekali manfaatnya. Beberapa manfaat mengajak anak bermain di luar ruang yang paling terlihat adalah adanya stimulus pada panca indera anak, mulai dari penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan, dan pengecapan. 


Selain itu, mengajak anak bermain di alam bebas juga bisa mendapatkan bonus Vitamin D dari matahari yang mana Vitamin D juga memiliki banyak manfaat untuk anak. Tapi, sebelum mulai keluar dan mengajak anak pergi ke alam bebas, kamu harus perhatikan dulu ya hal-hal ini.


Tips Mengajak Anak Bermain di Alam Bebas


  1. Survei Lokasi

Sebelum mengajak anak pergi, pastikan kamu sudah mensurvei lokasi yang akan didatangi ya, Yupiers. Ini menjadi penting agar nantinya kamu sudah mengetahui apa saja yang ada di lokasi tujuan. Jadi, nantinya bisa mempersiapkan segala hal dengan matang dan tidak bingung dengan apa yang harus dilakukan jika ada sesuatu yang terjadi. Saat ini zaman sudah canggih ya Yupiers. Kamu tidak harus melakukan survei langsung kok, informasi bisa didapatkan melalui internet, telepon, atau bahkan video call dengan pengelola tempat yang ingin kamu tuju.


  1. Cek Kondisi Fisik Anak

Ini merupakan yang paling penting. Sebelum bermain di alam bebas, pastikan kondisi anak dalam keadaan yang sehat. Tidur yang cukup dan asupan makanan yang bergizi perlu diperhatikan sejak beberapa hari sebelum kamu berangkat. Hal ini harus dilakukan dan menjadi perhatian khusus karena di luar ruang anak akan mengeluarkan energi yang lebih besar dari biasanya.


  1. Pilih Pakaian yang Tepat

Sesuaikan pakaian yang akan dipakai anak dengan tempat tujuan ya, Yupiers. Jika kamu memilih untuk pergi ke pantai, maka sesuaikan dengan pakaian yang cocok untuk bermain di pantai. Atau jika pergi ke tempat yang lebih banyak kawasan hutan dan daerah pegunungan, siapkan pakaian yang cocok seperti sepatu boots, jaket penahan dingin, dan sebagainya. Lihat juga ya saat kamu pergi sedang musim hujan atau kemarau, karena pakaian saat kedua musim tersebut juga harus disesuaikan.


  1. Siapkan Makanan dan Obat-Obatan

Bermain di alam terbuka berarti sudah harus paham dengan risiko yang bisa terjadi kapanpun. Jangan lupa untuk selalu membawa obat yang simple untuk demam dan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Jangan lupa juga siapkan snack kesukaan anak, seperti Yupi yang kenyalnya bisa bikin anak hepi saat bermain di alam bebas.


  1. Ajak Anak Bicara

Pastikan kamu telah mengajak anak bicara tentang ke mana kamu akan pergi, hal apa yang akan dilakukan di tempat tujuan, mengapa harus melakukan itu, dan sebagainya. Hal ini penting agar nantinya anak bisa melakukan banyak hal yang sesuai dengan keinginannya di alam bebas. Anak juga akan bisa diajak kerjasama ketika ia dilibatkan dalam merencanakan sebuah kegiatan atau liburan.


  1. Prepare for Another Plan

Jangan lupa selalu siapkan beberapa plan sebelum mengajak anak bermain ke alam bebas. Selalu ingat bahwa prinsipnya adalah alam tidak bisa ditebak, jadi kamu harus selalu memiliki rencana-rencana cadangan jika terjadi sesuatu.


Gimana Yupiers? Sudah siap untuk mengajak anak bermain ke alam bebas?

Artikel lainnya

Quotes Of The Day

Quotes of The Day . . .

Quotes Of The Day

Quotes of The Day . . .

Parenting

Tingkatkan Serotonin d . . .