× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Membaca adalah Cara untuk Melihat Lebih dari Apa yang Bisa Dilihat (Yasinta Indrianti, Psikolog)

“Semakin banyak membaca, semakin tahu banyak hal. Semakin banyak yang dipelajari, semakin banyak tempat yang akan kita datangi.” - Dr. Seuss

Yupiers, tahukah kamu kutipan dari Dr Seuss diatas, seorang pengarang cerita anak ternama dari Amerika Serikat? Beliau memberikan pencerahan yang sangat menarik tentang pentingnya membaca. Membaca saat ini memiliki arti yang sangat luas, karena kita akan mendapat beragam informasi yang menambah pengetahuan kita.

Mungkin Yupiers pernah mendengar pada zaman dulu ada sebuah istilah yang sering menyebut bahwa buku adalah jendela dunia, saat ini teknologi telah memberikan berbagai media yang dapat membantu kita melihat lebih dari apa yang bisa kita lihat di dalam buku.

Apa saja manfaat membaca ?

1. Membangun pola pikir bertumbuh

Banyak orang memiliki pemikiran yang sempit sehingga merasa bahwa apapun yang ada dalam dirinya merupakan takdir yang tidak bisa diubah. Ini adalah pemahaman dari istilah pola pikir bersifat permanen. Dampaknya, mereka biasanya akan sulit berkembang karena lebih banyak mengatakan “tidak bisa ini, tidak mampu itu, tidak mungkin … dan masih banyak lagi”

Sementara pola pikir bertumbuh menjadi sebuah pola pikir dimana kita mampu melihat segala hal dalam sudut pandang yang obyektif, dan memungkinkan banyak hal bisa dikembangkan dengan usaha dan komitmen.

Nah Yupiers, terlepas dari apapun kondisi yang kita miliki dan alami saat ini, pribadi yang memiliki pola pikir bertumbuh akan lebih banyak mengatakan “saat ini saya bukan tidak bisa, tapi belum bisa. Jika saya berusaha, maka saya akan bisa melakukannya”

Peran dari membaca sangat besar dalam membangun pola pikir bertumbuh. Dengan membaca maka ada banyak pemahaman yang lebih luas yang bisa membuka wawasan maupun inspirasi bagi kita. Berbagai informasi, kejadian, fenomena yang kompleks yang kita peroleh dengan sendirinya mengasah kapasitas kita menjadi lebih luas dan obyektif.

2. Meningkatkan kualitas memori

Yupiers, kapasitas memori kita tidak sama seperti komputer yang memiliki batasan megabyte, gigabyte maupun terabyte. Tuhan memberikan anugerah luar biasa yaitu memori yang kita sendiri tidak bisa mengukur batasannya sampai dimana.

Anugerah ini tentu saja tidak akan berguna ketika kita hanya mengisi ruang penyimpanan memori kita dengan isi yang sangat minim. Karena memori merupakan tempat untuk menerima, mengelola dan menyimpan informasi sehingga menentukan bagaimana kita berpikir, merespon, dan bertindak.

Dengan minimnya informasi maka pemikiran yang dihasilkan pasti akan lebih sempit sehingga berdampak pada respon minim dan bisa jadi terwujud pada tindakan yang tidak tepat. Semakin banyak membaca dan melihat, berarti kita memasukkan informasi sebanyak – banyaknya dalam kapasitas memori kita sehingga memori kita akan memiliki dan mengelola informasi yang lebih banyak, luas dan beragam.

Dengan demikian, memori yang kita miliki pun akan meningkat kualitasnya yang mampu menjadikan kita lebih mengembangkan pemikiran yang obyektif, merespon segala sesuatu dengan lebih bijak dan bertindak secara lebih tepat.

3. Meningkatkan kesehatan mental

Kesehatan mental adalah sebuah kondisi dimana kita bisa merasa bahagia dan sejahtera baik secara fisik, emosi, psikologis dan secara sosial. Sehat secara mental berdampak pada kemampuan seseorang dalam mengelola tantangan dan tekanan sehingga meminimalisir terjadinya stres, kemampuan seseorang untuk beradaptasi, menghasilkan produktifitas dan memberikan manfaat positif bagi lingkungan dan orang – orang di sekitarnya.

Mengapa membaca menjadi penting, Yupiers ? Karena dengan melihat manfaat membaca pada poin satu dan dua, kedua hal tersebut menjadi pondasi penting untuk membangun dan meningkatkan kesehatan mental kita. Apalagi masalah umum yang menjadi isu kesehatan mental saat ini bagi remaja adalah dimulai dari overthinking atau berpikir secara berlebihan.

Oh ya Yupiers, Overthinking bisa menghasilkan produktifitas jika pikiran dan memori kita berisi banyak hal positif yang kita peroleh dari membaca. Namun overthinking akan berkembang menjadi masalah ketika pikiran dan memori kita didominasi oleh keterbatasan, pemikiran sempit dan terutama pola pikir permanen.

Dengan melihat manfaat membaca, yuk kita ubah dunia kita dari hal yang terkecil. Karena pikiran akan menjadi dasar dari ucapan dan perilaku, perilaku akan menjadi kebiasaan, kebiasaan akan menjadi dasar dari kehidupan yang kita jalani saat ini.

Semakin banyak membaca, semakin banyak kita tahu. Semakin banyak melihat, semakin banyak kita paham. Semakin banyak belajar, semakin banyak hal yang bisa kita ubah menjadi hidup yang lebih baik dan bermakna!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .