× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Membangun Healthy Relationship

Dear Yupiers,

Salah satu cara menjadi bahagia adalah ketika Yupiers memiliki hubungan yang sehat (healthy relationship). Healthy relationship sangat penting bagi remaja. Healthy relationship bagi remaja adalah di mana Yupiers sebagai remaja dapat dengan aman merasakan dan mengekspresikan rasa hormat terhadap diri sendiri dan orang lain pada saat menjalin hubungan. 

Healthy relationship akan membantu Yupiers memperoleh dan menghasilkan rasa saling percaya, kejujuran, komunikasi yang baik, pengertian dan ketenangan.

Apa dasar yang hubungan yang sehat?


  • Mutual Respect

Mutual respect menjadi pondasi hubungan yang sehat karena didasarkan pada rasa saling menghormati. Mutual respect merupakan perilaku positif yang kita lakukan kepada orang lain. Kita memperlakukan orang lain dengan cara yang bijaksana dan sopan. Kita tidak merendahkan, tidak menghina dan tidak menyakiti orang lain. Kita mau mendengarkan orang lain, memahami perasaan orang lain, menghormati batasan mereka, mendukung mereka, dan terbuka dengan orang lain.


  • Trust

Kepercayaan dalam suatu hubungan berarti kita bisa merasakan rasa aman dan loyalitas dalam berelasi. Kepercayaan memungkinkan kedua belah pihak merasa diterima sepenuhnya, sehingga dapat bebas berekspresi untuk membangun hubungan yang sehat dan bertumbuh.

Ketika ada kepercayaan, maka kita pun bisa mengandalkan orang lain karena kita juga merasa aman dengan mereka dan memiliki keyakinan bahwa mereka tidak akan menyakiti kita. Kepercayaan membantu kita untuk bisa  terbuka kepada orang lain tanpa harus melindungi diri sendiri secara defensif.


  • Honesty

Kejujuran adalah dasar sebuah hubungan agar hubungan terus berfungsi dan berkembang. Ketika kita bersikap jujur maka menunjukkan bahwa kita juga memberikan kepercayaan dalam berelasi sehingga orang lain pun akan mempercayai janji dan komitmen kita. 

Jujur berarti kita tidak berbohong, tidak mencuri, tidak menipu dengan cara apa pun. Jujur membantu kita menguatkan karakter karena berarti kita menyadari betapa berharganya kita dan sesama sebagai ciptaan Tuhan. yang memungkinkan kita untuk melayani sesama. Dengan jujur kita juga akan diberkati dengan kedamaian hati dan pikiran. 

Dalam sebuah hubungan, konflik dan masalah pasti akan tetap terjadi. Namun hubungan yang sehat akan membuat Yupiers belajar menghadapi masalah dan konflik dengan cara yang sehat ????

Dan… seperti Yupi yang kenyalnya selalu bikin hepi, harapannya semoga Yupiers semua selalu bersemangat dan dapat menebarkan hal positif kepada orang lain.

Yuk pantengin terus juga www.yupiland.com/ygt, dimana kamu dapat mengikuti keseruan peserta dalam sebuah wadah ajang pencarian bakat, Yupi’s Got Talent 2022. 

Jangan lupa untuk selalu Yupiness ya!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .