× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Membangun Kebiasaan Belajar yang Efektif !

Yasinta Indrianti, Psikolog

 

Sumber : canva.com

Dear Yupiers,

Yeeayy… akhirnya kita semua bersiap untuk kembali bersekolah secara offline. Nah setelah sekian lama mengikuti sekolah online, bagaimana perasaanmu Yupiers?

Tahukah kamu bahwa ukuran sebenarnya dari keberhasilan menjadi siswa adalah ketika Yupiers mampu mempersiapkan diri mencapai tujuan akademik, tujuan pribadi, dan pada akhirnya mampu mencapai profesional di masa depan. Oleh karena itu sekolah menjadi sarana yang efektif dalam mengembangkan pengetahuan, rasa tanggung jawab, kemandirian, dan membangun jejaring dengan berbagai segmen di masyarakat luas.

Untuk sampai pada tujuan tersebut, maka sebagai siswa Yupiers perlu membangun cara belajar yang efektif baik di sekolah maupun dirumah.

Bagaimana caranya?

  • Get organized

Disamping membuat perencanaan untuk belajar, mengerjakan pekerjaan rumah, proyek, tes, maupun tugas. Yupiers juga perlu membuat dan mencermati rencana studi, sehingga kamu memiliki waktu dan persiapan yang cukup untuk memikirkan apa yang perlu dicapai dan bagaimana strategi untuk mencapainya.

  • Pay attention in class

Terlepas dari beragam metode pembelajaran yang dihadapi, baik offline maupun online maka Yupiers perlu untuk melatih meningkatkan perhatian dan fokus pada saat belajar. Kamu juga perlu berlatih mendengarkan secara aktif dengan berkonsentrasi dan menghindari distraksi ketika guru sedang berbicara.

  • Ask questions

Jangan lupa Yupiers, bahwa dengan menjadi siswa berarti kamu memiliki kesempatan yang sangat luas untuk menimba ilmu dan mencari tahu beragam hal yang masih belum kamu ketahui. Jika Yupiers tidak memahami sesuatu, ajukanlah pertanyaan. Jika kamu tidak merasa nyaman di depan semua orang, maka kamu dapat berbicara dengan guru setelah kelas atau minta waktu secara pribadi.

  • Study with a group

Yupiers, belajar berkelompok terbukti efektif dalam membantu meningkatkan kemampuan belajar. Karena kamu bisa belajar dari teman sebaya yang mungkin lebih nyaman karena seusia. proses ini akan memberi kamu kesempatan untuk menguji pengetahuan dan juga membantu meningkatkan kepercayaan diri satu sama lain.

Nah bagaimana, sudah siapkah Yupiers untuk menyambut masa baru di sekolah?

Oh ya Yupiers, Yupi’s Got talent 2022 sudah masuk ke tahap Voting bagi para Semi Finalis lhoo… Yuk Voting jagoan kalian agar bisa masuk ke tahap selanjutnya di www.yupiland.com/ygt/semifinal

Yumin tunggu yaaaa….

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .