× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Mengapa “self care” penting?

Dear Yupiers,

Self care bukan berarti memanjakan diri secara berlebihan. Self care berarti bahwa kita merawat diri sendiri untuk menjadi sehat secara fisik dan psikologis agar kita dapat menjalankan fungsi secara produktif. Sehat berarti kita bisa melakukan aktifitas dengan bahagia, membantu orang lain dengan sukacita dan dapat memenuhi kebutuhan yang positif bahkan menginspirasi orang lain dengan kehidupan kita. Dalam beberapa kasus, bahkan self care dapat menjadi solusi ampuh mengatasi kecemasan, ketegangan psikologis, stres maupun depresi. 

Ketika kita sudah memahami konsep dan makna penting dari self care, maka kita akan terbiasa membangun rutinitas secara positif. Self care memiliki dua dampak yaitu dampak jangka pendek dan dampak jangka panjang. Dampak jangka pendek adalah

  • Kita akan lebih merasa bersyukur
  • Lebih fokus saat melakukan kegiatan
  • Tidak mudah merasa lelah, frustasi atau marah 
  • Memiliki energi yang positif untuk melakukan hal – hal yang berguna 
  • Lebih mudah merasa bahagia 

Sedangkan dampak jangka panjang adalah

  • Meningkatkan ketahanan dalam menghadapi permasalahan
  • Lebih siap menghadapi perubahan sehingga tidak mudah stres
  • Memiliki gaya hidup yang sehat
  • memiliki peluang untuk mengalami masa tua yang bahagia karena kontribusi positif yang lebih banyak diberikan

Untuk bisa memperoleh manfaat tersebut, apa yang bisa kita lakukan?

Mulailah dengan hal – hal kecil setiap hari, misalnya menjaga rutinitas tidur yang teratur dengan waktu tidur yang cukup, memberi tubuh dengan asupan gizi dan makanan yang sehat, mensyukuri alam dan menikmati kebersamaan dengan alam, melakukan hobi yang kita sukai, dan mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang – orang terdekat. 

Self care dapat terlihat berbeda untuk setiap orang, tapi meskipun berbeda tidak ada salahnya untuk berusaha mengupakannya. Bukan agar sama dengan orang lain tapi sebagai investasi yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan kita di masa mendatang ????

Dan… seperti Yupi yang kenyalnya selalu bikin hepi, harapannya semoga Yupiers semua selalu bersemangat dan dapat menebarkan hal positif kepada orang lain.

Pantengin terus juga www.yupiland.com/ygt ya! dimana kamu dapat mengikuti keseruan peserta dalam sebuah wadah ajang pencarian bakat, Yupi’s Got Talent 2022. 

Jangan lupa untuk selalu Yupiness ya!

 

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .